- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
VIPmenurutinstruksipresiden inilah kendaraan khas indonesia kalo kurang share disini
TS
harmoko.
VIPmenurutinstruksipresiden inilah kendaraan khas indonesia kalo kurang share disini
Quote:
aturan main trit VIP
- dong gan
- jangan sakit tau
- tapi jga bleh
- meti komen tapi jangan ngejunk :armu
- ngejunk tak bantai sampeyan
Quote:
[indonesia dengan keragaman budaya dan pesonanya. termsuk juga transportasinya yang has dan unik tentunya . trnsportasi ini ada yang khusus di daerah tertentu ada yang di setiap daerah juga memilikinya dan berikut kendaraan khas indonesia ranguman teesnya
Bentor adalah kendaraan khas masyarakat Gorontalo. Ide kendaraan ini adalah becak yang di beri sepeda motor di bagian belakangnya. Walaupun secara hukum pihak berwajib (DLLAJR) provinsi Gorontalo tidak memberikan izin beroperasinya kendaraan ini, namun jumlah kendaraan ini dari hari ke hari makin bertambah.
iCidomo atau kadang disebut Cimodok adalah alat transportasi tenaga kuda khas pulau Lombok, secara fisik kendaraan ini mirip dengan delman atau andong yang terdapat di pulau Jawa Perbedaan utamanya dengan delman atau andong adalah alih-alih menggunakan roda kayu, cidomo menggunakan roda mobil bekas sebagai rodanya. Sampai saat ini alat transportasi ini masih menjadi sarana utama transportasi terutama pada daerah-daerah yang tidak dijangkau oleh angkutan publik dan daerah-daerah sentra ekonomi rakyat seperti pasar.
Cidomo merupakan singkatan dari cikar, dokar, dan mobil (Montor dalam bahasa Sasak). Asal-muasal cidomo sendiri kurang tau persis sejak kapan ada di pulau lombok, Kendaraan ini bermula dari alat transportasi tradisonal yang bernama Cikar atau biasa diketahui sebagai kendaraan tradisonal yang ditarik oleh kudakan tapi di khusus kan untuk mengangkut barang bukan penumpang.
Dokar sendiri merupakan alat transportasi tradisonal yang ditarik oleh kuda tetapi di khususkan digunakan untuk mengangkut penumpang. Dokar banyak juga ditemukan dibeberapa daerah di indonesi nama lain dari dokar di beberapa daerah adalah Delman.
Tapi yang membuat Cidomo ini begitu unik adalah karna penggunaaan Ban Mobil sebagai Roda, seperti yang kita ketahui delman atau dokar menggunakan roda dari bahan kayu. Pada zaman dulu juga dokar yang ada di pulau lombok menggunakan roda dari kayu yang didisain khusus sesuai dengan kondisi dokar tersebut.
Perahu klotok merupakan salah satu varian atau salah satu jenis alat transportasi air yang ada di kampung mbah daur tepatnya desa bungur,tanjung tirto kec.way bungur purbolinggo lampung timur,selain perahu kecil / sampan dan juga kapal kapal besar seperti yang pernah mbah daur ulas sebelumnya.
Sebutan Perahu Klotok ini diperuntukan bagi perahu yang memiliki mesin diesel sebagai mesin penggerak,karena bunyi dari mesin diesel yang berbunyi klotok klotok inilah perahu dengan mesin tunggal sebagai penggeraknya disebut perahu klotok.
Spesifikasi dari perahu/kapal klotok ini memang berbeda beda tergantung kegunaan dan fungsinya,ada yang berukuran panjang 4m lebar 2,5 meter ada yang panjang mencapai 6 meter dengan lebar hanya 1 meter,sekali lagi tergantung dari kegunaan dan fungsinya,sudah barang tentu perahu klotok atau ketek untuk mencari ikan lebih kecil dari perahu klotok untuk keperluan dagang atau berlayar lainya.
Perahu Klotok disebut juga perahu ketek atau perahu gethek bagi sebagian besar warga desa bungur tempat mbah daur tinggal,unik memang cara warga desa bungur menyebut alat transportasi air yang satu ini,atau malah ada rekan mbah daur yang membaca tulisan ini berasal dari daerah lain yang memiliki nama lain...?
Apapun nama dan sebutan untuk perahu dengan mesin tunggal yang disebut perahu klotok,perahu ketek atau perahu getek yang jelas inilah panorama kampung bungur dengan alat transportasi perahunya,semoga kita akan terus melihat perahu perahu klotok tersebut eksis di kampung halaman mbah daur desa bungur dan sekitarnya. amiin Description: Perahu Klotok.
Becak (dari bahasa Hokkien: be chia "kereta kuda") adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Menjadi pengemudi becak merupakan salah satu cara untuk mendapatkan nafkah yang paling mudah, sehingga jumlah pengemudi becak didaerah yang angka penganggurannya tinggi akan menjadi sangat tinggi. Becak dilarang di Jakarta sekitar akhir dasawarsa 1980-an. Alasan resminya antara lain kala itu ialah bahwa becak adalah “eksploitasi manusia atas manusia”, dan becak digantikan dengan Bajaj, Helicak.
Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan:
Becak dengan pengemudi di belakang. Jenis ini biasanya ada di Jawa.
Becak dengan pengemudi di samping. Jenis ini biasanya ditemukan di Sumatra. Untuk becak jenis ini dapat dibagi lagi ke dalam dua sub-jenis, yaitu:
Becak kayuh - Becak yang menggunakan sepeda sebagai kemudi.
Becak bermotor/Becak mesin - Becak yang menggunakan sepeda motor sebagai penggerak.
Di beberapa negara lain masih ada becak yang pengemudinya berada di depan, sebagaimana dikembangkan di India, Pakistan dan Bangladesh, konsep ini yang kemudian dikembangkan dalam oleh bajay yang diambil dari India pada tahun 1970an.
Delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. Variasi alat transportasi yang menggunakan kuda antara lain adalah kereta perang, kereta kencana dan kereta kuda.
Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya, yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda.[1] Orang Belanda sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama dos-à-dos (punggung pada punggung, arti harfiah bahasa Perancis), yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi. Istilah dos-à-dos ini kemudian oleh penduduk pribumi Batavia disingkat lagi menjadi 'sado'.[2]
Spoiler for bentor:
Bentor adalah kendaraan khas masyarakat Gorontalo. Ide kendaraan ini adalah becak yang di beri sepeda motor di bagian belakangnya. Walaupun secara hukum pihak berwajib (DLLAJR) provinsi Gorontalo tidak memberikan izin beroperasinya kendaraan ini, namun jumlah kendaraan ini dari hari ke hari makin bertambah.
Spoiler for cidomo:
iCidomo atau kadang disebut Cimodok adalah alat transportasi tenaga kuda khas pulau Lombok, secara fisik kendaraan ini mirip dengan delman atau andong yang terdapat di pulau Jawa Perbedaan utamanya dengan delman atau andong adalah alih-alih menggunakan roda kayu, cidomo menggunakan roda mobil bekas sebagai rodanya. Sampai saat ini alat transportasi ini masih menjadi sarana utama transportasi terutama pada daerah-daerah yang tidak dijangkau oleh angkutan publik dan daerah-daerah sentra ekonomi rakyat seperti pasar.
Cidomo merupakan singkatan dari cikar, dokar, dan mobil (Montor dalam bahasa Sasak). Asal-muasal cidomo sendiri kurang tau persis sejak kapan ada di pulau lombok, Kendaraan ini bermula dari alat transportasi tradisonal yang bernama Cikar atau biasa diketahui sebagai kendaraan tradisonal yang ditarik oleh kudakan tapi di khusus kan untuk mengangkut barang bukan penumpang.
Dokar sendiri merupakan alat transportasi tradisonal yang ditarik oleh kuda tetapi di khususkan digunakan untuk mengangkut penumpang. Dokar banyak juga ditemukan dibeberapa daerah di indonesi nama lain dari dokar di beberapa daerah adalah Delman.
Tapi yang membuat Cidomo ini begitu unik adalah karna penggunaaan Ban Mobil sebagai Roda, seperti yang kita ketahui delman atau dokar menggunakan roda dari bahan kayu. Pada zaman dulu juga dokar yang ada di pulau lombok menggunakan roda dari kayu yang didisain khusus sesuai dengan kondisi dokar tersebut.
Spoiler for klotok:
Perahu klotok merupakan salah satu varian atau salah satu jenis alat transportasi air yang ada di kampung mbah daur tepatnya desa bungur,tanjung tirto kec.way bungur purbolinggo lampung timur,selain perahu kecil / sampan dan juga kapal kapal besar seperti yang pernah mbah daur ulas sebelumnya.
Sebutan Perahu Klotok ini diperuntukan bagi perahu yang memiliki mesin diesel sebagai mesin penggerak,karena bunyi dari mesin diesel yang berbunyi klotok klotok inilah perahu dengan mesin tunggal sebagai penggeraknya disebut perahu klotok.
Spesifikasi dari perahu/kapal klotok ini memang berbeda beda tergantung kegunaan dan fungsinya,ada yang berukuran panjang 4m lebar 2,5 meter ada yang panjang mencapai 6 meter dengan lebar hanya 1 meter,sekali lagi tergantung dari kegunaan dan fungsinya,sudah barang tentu perahu klotok atau ketek untuk mencari ikan lebih kecil dari perahu klotok untuk keperluan dagang atau berlayar lainya.
Perahu Klotok disebut juga perahu ketek atau perahu gethek bagi sebagian besar warga desa bungur tempat mbah daur tinggal,unik memang cara warga desa bungur menyebut alat transportasi air yang satu ini,atau malah ada rekan mbah daur yang membaca tulisan ini berasal dari daerah lain yang memiliki nama lain...?
Apapun nama dan sebutan untuk perahu dengan mesin tunggal yang disebut perahu klotok,perahu ketek atau perahu getek yang jelas inilah panorama kampung bungur dengan alat transportasi perahunya,semoga kita akan terus melihat perahu perahu klotok tersebut eksis di kampung halaman mbah daur desa bungur dan sekitarnya. amiin Description: Perahu Klotok.
Spoiler for becak:
Becak (dari bahasa Hokkien: be chia "kereta kuda") adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Menjadi pengemudi becak merupakan salah satu cara untuk mendapatkan nafkah yang paling mudah, sehingga jumlah pengemudi becak didaerah yang angka penganggurannya tinggi akan menjadi sangat tinggi. Becak dilarang di Jakarta sekitar akhir dasawarsa 1980-an. Alasan resminya antara lain kala itu ialah bahwa becak adalah “eksploitasi manusia atas manusia”, dan becak digantikan dengan Bajaj, Helicak.
Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan:
Becak dengan pengemudi di belakang. Jenis ini biasanya ada di Jawa.
Becak dengan pengemudi di samping. Jenis ini biasanya ditemukan di Sumatra. Untuk becak jenis ini dapat dibagi lagi ke dalam dua sub-jenis, yaitu:
Becak kayuh - Becak yang menggunakan sepeda sebagai kemudi.
Becak bermotor/Becak mesin - Becak yang menggunakan sepeda motor sebagai penggerak.
Di beberapa negara lain masih ada becak yang pengemudinya berada di depan, sebagaimana dikembangkan di India, Pakistan dan Bangladesh, konsep ini yang kemudian dikembangkan dalam oleh bajay yang diambil dari India pada tahun 1970an.
Spoiler for delman:
Delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. Variasi alat transportasi yang menggunakan kuda antara lain adalah kereta perang, kereta kencana dan kereta kuda.
Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya, yaitu Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda.[1] Orang Belanda sendiri menyebut kendaraan ini dengan nama dos-à-dos (punggung pada punggung, arti harfiah bahasa Perancis), yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi. Istilah dos-à-dos ini kemudian oleh penduduk pribumi Batavia disingkat lagi menjadi 'sado'.[2]
Quote:
sekali lagi jangan lupa gan
0
2.6K
Kutip
12
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan