surat terbuka untuk Murni Putra Mas (dealer resmi honda) margonda

perkenalkan, saya Indra, baru saja melakukan transaksi pembelian unit motor honda vario techno PGM-FI di showroom honda murni putra mas margonda.

dan saya sangat kecewa dengan pelayanan yang showroom tersebut berikan.
saya beli motor secara kredit, dan proses transaksi dilakukan langsung di showroom tersebut, dengan langsung mengisi seluruh form yang di butuhkan untuk proses pembelian secara kredit, dan petugas yang terdiri atas 2 orang tersebut mengatakan semua proses sementara selesai, tinggal melengkapi fc ktp dan KK yang akan diambil oleh petugas sekalian melakukan proses survei.

namun apa yang terjadi, di hari berikutnya tiba2 salah satu petugas menelpon saya dan minta untuk bertemu, mendadak, di hari kerja pula, saat saya sedang meeting!! dia mengatakan ada dokumen yang membutuhkan tanda tangan saya, sedangkan saya ingat betul perkataan sebelumnya bahwa semua dokumen sudah selesai di tanda tangani.

saya bingung, lalu saya menghubungi petugas yang satu lagi, ternyata dia tidak tahu apa-apa dan menganggap mungkin ada lembar terahir untuk proses leasing yang lupa saya tanda tangani.

akhirnya permintaan ketemu pada hari itu saya tolak dan saya minta petugas tersebut untuk datang ke rumah saya keesokan pagi sebelum saya berangkat kerja, sekalian mengambil sisa dokumen yang harus saya lengkapi.

keesokan pagi si petugas tersebut datang, dan ternyata dia bilang bahwa sebenarnya dokumen yang sebenarnya sudah lengkap tersebut (menurut dia) diambil oleh atasan nya dan dia harus melakukan proses tersebut dari awal (yang berarti sebetulnya tidak ada dokumen yang kurang dari saya) dan dia meminta supaya tidak memberitahukan hal ini kepada petugas yang satu lagi.

jujur saya sangat terganggu dengan ketidak becusan proses administrasi petugas tersebut, dan saya sampai bilang "kalo emang seribet ini, saya ga jadi beli motor nya deh mas, uang tanda jadi nya dianggap angus juga ga apa-apa"

petugas tersebut meminta maaf dan memohon supaya proses transaksi tetap berjalan dan menjanjikan motor akan secepat nya datang.

dan dia menepati janji nya, seminggu kemudian motor datang, saya sedang bekerja, tidak ada di rumah, yang menerima ayah saya.

namun apa yang terjadi, ketika saya pulang dan memeriksa motor tersebut ternyata tidak tampak seperti motor baru, karena banyak lecet pada beberapa bagian body motor, saya punya bukti foto nya. dan juga banyak coretan (yang mungkin Qc check) yang sangat mengganggu dan susah untuk di hilangkan!!

dan yang lebih parah nya lagi ternyata ketika stnk sudah jadi saya harus ngambil sendiri ke showroom, bukan nya diantar ke rumah saya!! ketika saya tanya kenapa tidak diantar, petugas tersebut beralasan "lagi ga ada kurirnya mas"

ini ketiga kali nya saya beli motor honda (vario 2007, scoopy 2010) dan ini pertama kali nya saya beli di murni putra mas.

pengalaman saya sebelum nya beli motor honda di dealer lain, proses nya sangat mudah, saya di samperin ke rumah, langsung isi dokumen lalu tinggal menunggu motor datang (dan motor datang dalam keadaan sangat mulus), dan ketika stnk jadi, petugas dealer tersebut (bukan kurir) mengantar ke rumah saya.

dan jujur saya sangat menyesal melakukan transaksi kredit motor di murni putra mas, dengan PETUGAS YANG SANGAT TIDAK PROFESIONAL.


salam,
Indra