Star FOTO : Jelajah Keunikan Suku Rumah Pohon Papua

Mungkin hanya suku Asmat dan Dani yang familiar sebagai penghuni pedalaman Papua. Namun, jauh di dalam hutan, sekitar 150 kilometer dari laut Arafura, wilayah Kaibar, Kabupaten Mappi, tinggal sekumpulan orang yang menamakan dirinya sebagai suku Korowai.
Suku ini ditemukan oleh misionaris Belanda pada tahun 1974. Sebelumnya, mereka benar-benar tidak mengenal orang diluar kelompoknya. Tidak seperti suku lain yang membangun rumah Honai sebagai tempat hunian, mereka justru tinggal di rumah pohon. Di pohon berketinggian 6, 12, dan bahkan 35 meter. Mereka sengaja tinggal di atas untuk menghindari nyamuk. Mereka juga percaya, jika semakin tinggi mereka tinggal, semakin mereka terjauh dari roh-roh jahat.











Orang-orang ini memilih pohon yang sudah berdiri kokoh sebagai pondasi rumahnya. Menggunduli pucuknya, dan mendirikan gubuk-gubuk teduh. Dinding dan atapnya terbuat dari ranting, yang dirangkai menggunakan ikatan rotan. Masing-masing rumah ini biasanya ditinggali oleh sepuluh orang lebih. Bayangkan, untuk menjangkau rumah saja mereka harus melalui pintu masuk yang panjang. Yakni tangga dari ranting dan tali untuk mendaki.
Kegiatan mereka sehari-harinya hanya untuk bertahan hidup. Bercocok tanam, dan berburu. Sesekali mereka juga menerima tamu. Para wisatawan yang ingin melihat dan ikut membaur bersama mereka.
Biasanya para turis ini mengisi liburan alamnya dengan trekking. Atau sekedar berkenalan dengan binatang-binatang cantik yang juga menghuni hutan ini. Kupu-kupu yang jarang ditemui, dan kesejukan "gudang oksigen" ini semakin membuat penasaran para penjelajah.
ebuset... tinggi amat rumah pohonnya.... ??
kalo kebelet boker bijimane tuh.....
btw nice foto...
wuiiihhhh, gmn donk gan kalo bertamu kesana, bisa jatuh donk kalo ga pinter manjat
ajegile 35 meter

bener2 suku primitif
wow, rumah pohonnya tinggi banget
threadnya bagus, TS
wah tinggi banget..
ga kesamber petir tuh
beuh tinggi banget rumahnya, hijau banget lagi hutannya juga
semoga kelestarian hutannya tetap terjaga dan tidak dikotori oleh manusia yang tidak bertanggung jawab.
kesambar petir mokad sekeluarga ckckck
hahaha, ada2 aja gan tuh rumah
bijimane ya?
woh woh woh
tinggi bener rumahnya, tpi enak kayaknya yg pict pertama, bisa nikmatin pemandangan terus dan meningkatkan adrenalin
apa ga jatuh atow ambruk tuh rumahny di atas pohon
ebuset... tinggi amat rumah pohonnya.... ??
kalo kebelet boker bijimane tuh.....
btw nice foto...
bantu nyundul gan
inilah indonesia yang kaya akan budaya dan suku bangsa
Waduh gak ada tali pengamannya gan
Kl ikut lomba panjat pinang bisa menangan tuh
wow, rumah pohonnya tinggi banget
threadnya bagus, TS
nice papua, btw pernah nonton nih di TV
jadi pingin coba naik gan..
Spoiler for khusus yg iso:

waw
tinggi bgt itu rumah,
susah klu mau k darat
naik turun,,