KASKUS

{HOT} Mengenal Tari Bumbung, Tari Erotis dari Tanah Dewata (update)



Quote:


Quote:

MENGENAL TARI BUMBUNG

Quote:Joged Bumbung merupakan tari pergaulan yang sangat populer di Bali, tari ini memiliki pola gerak yang agak bebas, lincah dan dinamis, yang diambil dari Legong maupun Kekebyaran dan dibawakan secara improvisatif.

Biasanya dipentaskan pada musim sehabis panen, hari raya, dan hari penting lainnya. Tari joged ini merupakan tarian berpasangan, laki-laki dan perempuan dengan mengundang partisipasi penonton. Tarian ini juga membutuhkan kelincahan gerak tubuh dan mata dari penarinya, dengan sesekali penarinya bergoyang ala dangdut.

Tarian ini diiringi dengan gamelan Tingklik bambu berlaras Slendro yang disebut Grantang atau Gamelan Gegrantangan. Tarian ini muncul pada tahun 1946 di Bali Utara dan kini Joged Bumbung dapat dijumpai hampir di semua desa dan merupakan jenis tari joged yang paling populer di Bali.

Semua tari Joged (kecuali Joged Pingitan yang memakai lakon Calonarang), selalu ada bagian paibing-ibingannya yaitu tarian bermesraan. Diawali dengan penari joged memilih penonton laki-laki yang diajak menari bersama-sama di atas pentas.


Quote:Untuk Instrument, Tari Bumbung menggunakan gamelan. Gamelan ini termasuk barungan madya, yaitu sebuah barungan gamelan yang dipergunakan untuk mengiringi tari Joged Bumbung, sebuah tari pergaulan di Bali yang dibawakan oleh seorang penari remaja putri yang pada bagian tarinya mengundang penonton untuk menari bersama (ngibing).

Spoiler for Gamelan atau Rindik:


Gamelan Joged Bumbung sering kali juga disebut gamelan Gegrantangan, karena instrumen pokoknya terdiri dari tingklik bambu berbentuk gerantang (semacam tabung). Gamelan ini berlaras slendro lima nada (sama seperti gender wayang) dan untuk memainkan instrumen gerantang penabuh memakai 2 panggul, yang kanan memainkan kakembangan (ornamentasi), sedangkan yang kiri memainkan melodi pokok.

Di beberapa tempat gamelan Joged Bumbung juga di lengkapi dengan beberapa Kepyak (sepasang tabung bambu yang pecah) dan juga reyong. Mengenai repertoire Gamelan Joged Bumbung diambil dari lagu-lagu rakyat, tabuh-tabuh Gong Kebyar, lagu-lagu Pop dan Gegandrangan (pengiring tarian bersama antara penari dan pengibing).




tapi . . .
Spoiler for buka gan:



Quote:Ini dia gan Pict nya

Quote:
Spoiler for penari bumbung menarik salah seorang penonton:


Quote:
Spoiler for tari Bumbung, banyak anak anak nonton gan:


Quote:
Spoiler for tari Bumbung - - - Ngibing:


Quote:
Spoiler for tari Bumbung---tawa canda bersama:


Quote:
Spoiler for tari Bumbung--- udah di "modifikasi":


Quote:
Spoiler for tari Bumbung---nyosor....:


di tempat terpisah . . .
Quote:
Spoiler for tari Bumbung---tawa canda bersama:


Quote:
Spoiler for tari Bumbung---tawa canda bersama:


Quote:
Spoiler for tari Bumbung---tawa canda bersama:





Spoiler for :




Spoiler for komeng agan kaskuser:


Spoiler for Terimakasih gan...:



Sangat menerima Cendol Gan Gan . .

Silahkan meninggalkan Komeng dan jangan lupa di Rate 5 Juga
UPDATE


Spoiler for tapi gan....:




Quote:
Spoiler for ekspresi penari bumbung, Ganti Kehidupan:


Spoiler for ekspresi penari bumbung, bercermin:


Spoiler for ekspresi penari bumbung, di ruang tata rias:


Spoiler for ekspresi penari bumbung, . . . Siap:



semuanya untuk . . .

Spoiler for penonton yang kegirangan:


Spoiler for ekspresi penari bumbung, menjadi tontonan untuk menghibur:



Spoiler for dan bahkan untuk ini...:


dan...


Quote:
Spoiler for untuk mereka...:





Spoiler for tambahan:
koq sepi sih ? bingung
wah kayanya ane pernah liat videonya nih di youtube..
Ane jadi pengen ikutan tari bumbung nich.
Quote:Original Posted By J.H.Balcazar14
Ane jadi pengen ikutan tari bumbung nich.


sama gan,, ane juga pengen ikutan.......
kok jd erotis begini tariannya, dasar manusia, otaknya mesum mulu nih...
klo menurut ane itu bukan "porno" atau "panas" sih,, emang itu kebudayaan asli sono, mau gimana lagi? patung2 Hindu di Bali juga pada telanjang dada, banyak relief Hindu yang menonjolkan seks. Dewa Siwa sendiri dewa seks.

dalam masyarakt yang "asli Indonesia" agraris, justru kesuburan (=seks) itu hal yang utama dan "baik" lho.

Yang bikin kita "merasa itu porno" dan "porno itu salah" apalagi "seks itu salah" menurut ane adalah sesuatu yang disebut "adat ketimuran" yang sebenernya malah bersumber dari "salah satu agama tertentu"



iy bnr tuh gan...
jd panas wkwkwkw
Quote:Original Posted By xcrashx
wah kayanya ane pernah liat videonya nih di youtube..


iya, ada emang gan , . .

Quote:Original Posted By J.H.Balcazar14
Ane jadi pengen ikutan tari bumbung nich.




Quote:Original Posted By elangjawa2307


sama gan,, ane juga pengen ikutan.......


ada ada aja neh si agan . . .

Quote:Original Posted By shoifey
kok jd erotis begini tariannya, dasar manusia, otaknya mesum mulu nih...


... bawah ente ada jawabannya tuh gan
ngomong2 kenapa dinamain tarian bumbung ya gan? padahal ga keliatan ada unsur bumbung sama sekali di tariannya (ane kirain tadi penarinya waktu nari dimasukin ke dalam bumbung. atau pake kostum menyerupai bumbung gitu gan)
Quote:Original Posted By DawnOfHostility
ngomong2 kenapa dinamain tarian bumbung ya gan? padahal ga keliatan ada unsur bumbung sama sekali di tariannya (ane kirain tadi penarinya waktu nari dimasukin ke dalam bumbung. atau pake kostum menyerupai bumbung gitu gan)



itu mungkin karena pake instrumen gamelan yang dari bambu gan, , . .


baru tau gw ada yg beginian di bali
Quote:Original Posted By tiffannio
baru tau gw ada yg beginian di bali


hehehe..
ada videonya di yutup gan . . .
wah baru tau ad tarian kek gitu.
Nah lho gan, dibantah tuh, susah juga kalo bantahannya kayak gitu.
sdh diklarifikasi gan, orang bali sedang mencari pelaku penistaan seni budaya bali ampe kemana pun nih orang - orang gak akan tenang.
wah ane blum pernah liat
tpi pas kebali blum kesampean liat beginian, kerja terus

menurut ane sih, tarian begini udah banyak Gan...

kalo di sunda, jaipong juga seringkali "disalahgunakan"...
kalo ada yang bilang ini bukan pornoaksi, menurut ane sih pornoaksi... kalo tari bali pake kemben, itu uda biasa, tapi kalo sampe memperlihatkan kemaluan, pake ngangkangin penonton trs ngablak-ngablakin anunya, itu jelas penyimpangan...

hal yang seharusnya jd tradisi, malah jadi erotisme...
o my God, uda makin rusak nih generasi bangsa... mana ada yang peduli ma budaya kalo yang diliat "BUDAYA PORNO"...
Quote:Original Posted By mrfroodo
wah baru tau ad tarian kek gitu.


Quote:Original Posted By b3assasin
Nah lho gan, dibantah tuh, susah juga kalo bantahannya kayak gitu.


Quote:Original Posted By Luckysial
sdh diklarifikasi gan, orang bali sedang mencari pelaku penistaan seni budaya bali ampe kemana pun nih orang - orang gak akan tenang.


Quote:Original Posted By IIlIlIlIlIlIlII
wah ane blum pernah liat
tpi pas kebali blum kesampean liat beginian, kerja terus



Quote:Original Posted By rannma
menurut ane sih, tarian begini udah banyak Gan...

kalo di sunda, jaipong juga seringkali "disalahgunakan"...
kalo ada yang bilang ini bukan pornoaksi, menurut ane sih pornoaksi... kalo tari bali pake kemben, itu uda biasa, tapi kalo sampe memperlihatkan kemaluan, pake ngangkangin penonton trs ngablak-ngablakin anunya, itu jelas penyimpangan...

hal yang seharusnya jd tradisi, malah jadi erotisme...
o my God, uda makin rusak nih generasi bangsa... mana ada yang peduli ma budaya kalo yang diliat "BUDAYA PORNO"...



Kayaknya kalo dari aslinya emang gak se porno itu deh gan...
emang udah di modifikasi ama orang2 yang gak ngerti kebudayaan,,

syukur deh kalo emang udah di usut sama masyarakat bali,,,

×