- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Strategi CEO Apple , "Mohon Maaf" dan "Terima Kasih", kepada Pelanggan dan Pesaing


TS
kmachmud
Strategi CEO Apple , "Mohon Maaf" dan "Terima Kasih", kepada Pelanggan dan Pesaing
Ada tanda-tanda sikap baru yang berasal manajemen apple untuk, memperluas seluruh hubungan manajemen kepada pelanggan Apple dan pesaing.
Salah satu dari dua hal yang paling penting yang dapat dijelaskan adalah katakan "Maafkan aku." dan "Terima kasih." Kegagalan untuk mendapatkan kata maaf kepada seseorang boleh jadi diartikan sebagai sombong dengan orang-orang, sehingga dengan perusahaan - untuk apa sejauh mereka memiliki hubungan pribadi dengan pelanggan mereka. Dalam kasus Apple, pelanggan terbaik pasti merasa secara pribadi terlibat dengan, produk etos perusahaan dan pemimpin.
Kekuatan personal utama Apple adalah CEO-nya. Bahwa individu mengelola kedua koneksi dengan pelanggan dan hubungan kompetitif dengan pemain industri lainnya. Sekarang, menyusul permintaan maaf yang tidak biasa kepada pengguna, Apple mengejutkan unplugs salah satu dari tuntutan hukum Android terhadap pesaing, dan perubahan kepribadian yang mendalam tampaknya berlangsung. Apple tidak meminta maaf untuk kemarahan sejarah Android. Tapi temperamen resmi merek mungkin berubah pada intinya, dengan perusahaan kemungkinan menjadi aktor yang lebih damai di lapangan.
Kepribadian dalam sejarah Apple, sebagai perpanjangan dari Steve Jobs, dipamerkan beberapa aspek. Dalam identitas korporasi yang kompleks, kesombongan adalah deskriptor tak terhindarkan. Mempromosikan aura superioritas adalah branding yang baik bagi sebagian besar perusahaan (terlepas dirayakan "Kami hanya # 2 jadi kita berusaha lebih keras" tagline Avis yang diciptakan pada tahun 1962 dan turun hanya beberapa bulan yang lalu). Dalam kasus Apple, kemilau dari eminensia tentu cocok sikap CEO, dan diperpanjang dari itu.
Gaya maaf Steve Jobs 'adalah egosentris, setidaknya sejauh itu ekspresi pribadi nyaman berpusat di orang pertama. Dia terkenal tertunda meminta maaf untuk antena iPhone 4 dengan mengerahkan pembelaan diri, cemoohan dan bahkan menyalahkan - mengakibatkan abadi "Kau memegang salah" meme, sebuah kesaksian dari keangkuhan Apple jika memang ada.
Salah satu yang paling revealingly eksplisit Jobs '"Aku minta maaf" saat itu throwdown berkerak setelah memotong harga iPhone asli oleh, ketiga hanya dua bulan setelah peluncuran produk pada tahun 2007. Semuanya bernilai tersandung menyusuri jalan memori untuk. Sebuah beberapa pengamatan:
Pernyataan itu merupakan screed argumentatif yang meletakkan tiga papan filosofis seperti dalam argumen penutup dari seorang pengacara. Pesan utama adalah bahwa pelanggan Apple yang salah.
Kata "Maaf" tidak dimasukkan di mana saja, tapi "maaf" tidak muncul dalam paragraf keenam dan terakhir.
Kebanyakan audaciously, Jobs kuliah bahwa pemotongan harga sakit diterima dengan baik bagi pelanggan iPhone. (Dia punya titik, tapi mungkin tidak bijaksana untuk membuatnya.)
Jobs menggunakan orang pertama "Saya" untuk argumen, dan mundur ke kurang pribadi "kita" ketika menggambarkan rabat yang akan datang. Kesan? Rebate itu tidak tawarannya, sialan. (Catatan: Jika Anda berpikir penggunaan bahasa mengungkapkan kepribadian sejati dan niat, Anda mungkin ingin "The Secret Life of Pronomina," oleh James W. Pennebaker.)
(Catatan lain sisi:. Bloomberg BusinessWeek memiliki analisis mendalam dari permintaan maaf harga iPhone, dan membandingkannya titik-demi-titik dengan baru-baru ini Tim Cook MappleGate penebusan)
Apakah strategi yang baik bagi perusahaan untuk meminta maaf, pernah? Dalam beberapa kasus itu merupakan pengendalian kerusakan diperlukan. Dengan Apple, kesombongan kesempurnaan memiliki nilai pasar. Mengakui penyok di krom mengilap (mungkin itu kata yang salah) dapat menarik perhatian terhadap kekurangan yang tidak perlu. Banyak pakar bereaksi curiga ke lutut Tim Cook, dengan satu pengamat partisan meluncurkan pernyataan mengamuk bahwa Jobs akan memecat Masak jika dia bisa.
Masak tidak perlu meminta maaf atas kekacauan Apple Maps, atau murah hati merekomendasikan produk peta bersaing, seperti yang dia lakukan, dan mungkin Jobs tidak akan melakukannya. Aku bisa membayangkan Jobs menuduh pengguna mengemudi ke tujuan yang salah jika Apple Maps mengecewakan mereka. Tapi Masak melakukan minta maaf, dan dia menggunakan S-kata ("sangat menyesal"), dan itu di paragraf pertama, dan ia tidak biaya pelanggan dengan kebodohan, atau menegur mereka dengan cara apapun. Jadi, itu berbeda. Dan kemudian ia menembakkan dua eksekutif nya - salah satu dari mereka, dilaporkan, karena dia tidak bekerja sama dengan permintaan maaf. Itulah yang saya sebut dua kali lipat di atas mengatakan Anda menyesal.
Jika Steve Jobs adalah megah dan tak kenal ampun kepada pengguna akhir, ia adalah pembakar pesaingnya, terkenal menjanjikan "perang termonuklir" pada Google Android. Orang memiliki masalah kemarahan. Tapi kemarahannya memiliki dasar, mengingat paralel antara model lisensi terbuka Android dan tahun identik Microsoft strategi sebelumnya, kedua kasus yang melibatkan turunan Apple diperdebatkan. Jobs 'biografi, Walter Isaacson, percaya dengan tegas bahwa Jobs didedikasikan untuk menghancurkan Android, menyangkal pernyataan Larry Page bahwa Jobs' retorika fisi adalah untuk moral pasukan. By the way, kembali pada bulan April, Isaacson meramalkan bahwa Tim Cook akan menyelesaikan tuntutan hukum warisan Jobs '.
Annnd ... yang membawa kita hingga saat ini. Apple vs HTC: Mantap. Jika ada yang membual bahwa mereka mengharapkan resolusi ini tampaknya damai dari pertempuran termonuklir, saya belum mendengar hal itu. Pengumuman resmi hampir tidak bisa lebih tajam, dihiasi dengan 39 kata gabungan dikutip dari CEO. Mereka kutipan adalah janji hampir identik inovasi baru. Kedua pria terdengar seperti kombatan kelelahan, tapi aku yakin Peter Chou, HTC exec kepala, adalah lebih terkuras. Apple dapat menari sepanjang malam. Dan bahkan dalam penyelesaian (sebagai Ansel Halliburton mengusulkan) HTC diduga membayar porsi yang lebih berat dari apa yang dibingkai sebagai perjanjian lisensi bersama.
Strategi penyelesaian Apple tidak jelas, tetapi tampaknya seperti pergeseran dari neraka-membungkuk balas dendam terhadap penderitaan produktif rasa sakit terus menerus. Ditumpuk-up kewajiban paten menghambat operasi pesaing, baik dengan memaksa biaya lisensi tambahan dan mengurangi margin, atau dengan menginduksi biaya pengembangan baru untuk melarikan diri melalui penemuan asli. (UPDATE:. The per-unit biaya lisensi ke Apple diperkirakan sini untuk menjadi enam sampai delapan dolar Juga mencatat: HTC sudah membayar Microsoft an lima dolar diperkirakan per smartphone yang menggunakan IP dipatenkan.)
Bisakah resolusi Samsung menjadi berikutnya? Apple mungkin akan bersenang-senang terlalu banyak bereksperimen dengan genre maaf di ajang itu, memamerkan merek tertentu playful pasca-Jobs pembangkangan sebelum hakim Eropa. Tetapi jika strategi menyeluruh Tim Cook adalah untuk mundur dari pemusnahan Android dijanjikan ia mewarisi, menyelamatkan kita semua dari kelelahan grinding sengketa paten misterius dan mematahkan semangat pengacara di seluruh dunia, dan jika ia mengeksekusi pertukaran strategis baru dari biaya hukum untuk pendapatan lisensi , ia akan benar-benar telah mengambil mantel inovasi - inovasi ruang rapat, setidaknya - dan mengubah Apple selamanya.
di tulis oleh :Brad Hill adalah mantan Wakil CEO Steve Jobs
sumber : endgadget.com
Diubah oleh kmachmud 13-11-2012 08:28
0
2.6K
5


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan