(Curhat) Pinjaman dana untuk Sekolah kedokteran

halo semua agan agan sekalian saya ingin minta pencerahan gan dari agan semua...
saya seorang pria yang bercita cita untuk bisa menjadi dokter gan, sungguh ini cita cita saya sejak kecil dan sampai sekarang saya masih terus berjuang untung menggapai cita cita saya gan, namun sayang kondisi ekonomi keluarga saya kurang mendukung gan untuk membiayai saya gan.
kemarin saya lulus di Fakultas Kedokteran salah satu PTN di sumatera gan, tetapi karna dana pembangunan yang di bebankan sebesar 50jt dan tidak bisa di cicil orangtua saya gak sanggup gan, padahal saya sudah bertekad bagaimapun caranya saya akan berusaha untuk bisa membayar uang kuliah semesteran saya nanti yang 2,5jt gan tapi karna orangtua gak sanggup saya juga tak berdaya gan...sungguh itu merupakan peristiwa yang membuat saya down banget gan .....tahun ini saya masih ingin berjuang untuk dapat duduk di bangku salah satu FK di negeri ini gan.. karena itu saya mau mencari orang atau lembaga yang bersedia memberikan pinjaman pendidikan buat ane gan yang akan dikembalikan saat saya sudah bekerja nanti atau cicilan pertahun gan...saya kemarin mencoba mencari informasi pinjaman pendidikan DANA SISWA dari Djarum.. tapi belom ada informasi konkrit nya gan...saya terutama terbeban dalam pembayaran uang pembangun di gan...rentangnya 50 - 100jt..
kalau agan agan sekalian ada info mohon bantuannya gan karena saya optimis bisa melanjut ke FK tahun depan gan.
Terimakasih banyak agan semua
nyari pinjaman yah gan.......

klo yg itu ane nda bisa bantu cuman ane bisa kasih solusi laen......

coba agan nembak FK-Unhas tahun depan .....lewat jalur tes yah ( kuotanya cuman 60 )
SPPnya cuman 600rb +POMD 600rb.......
Uang masuk 1,5 juta.......

jd total 2,7 jt buat maba smester 1......

soal biaya hidup masih lebih murah daripada di bandung ato jakarta....

di doaan semoga tercapai gan

sebenernya klo masuk PTN biasanya banyak beasiswa gan yang nawarin contoh coba liat web nya UI, www.fk.ui.ac.id/?page=file.download_process&id=88 atau http://bem.fk.ui.ac.id/blog/2012/09/...a.detail&id=10 ada juga UGM atau unair ane lupa salah satunya ada yang bayaran masuk di sesuaikan dengan pendapatan Ortu misal klo pendapatan di bawah 1,5 jt sumbangan cuma 10 jt, atau UNS di solo ga pake sumbangan masuk yg ane tau dari internet juga coba aja agan konfirmasi, tapi klo cari beasiswa gitu harus di PTN biar lebih enak applynya gn, temen ada juga yang masuk kedokteran swasta setelah dia gawe dan nabung, dan banyak sambil gawe ko... doa dan usaha lah smangat aja... soalnya klo nyari dana talangan agak susah gan, ga sedikit orang yg mau sekolah ga ada dana gan, tingal tergantung usaha kerasnya aja yg bedain..so semangat
Quote:Original Posted By twhie
nyari pinjaman yah gan.......

klo yg itu ane nda bisa bantu cuman ane bisa kasih solusi laen......

coba agan nembak FK-Unhas tahun depan .....lewat jalur tes yah ( kuotanya cuman 60 )
SPPnya cuman 600rb +POMD 600rb.......
Uang masuk 1,5 juta.......

jd total 2,7 jt buat maba smester 1......

soal biaya hidup masih lebih murah daripada di bandung ato jakarta....


makasih banyak infonya gan..
Quote:Original Posted By myearth
sebenernya klo masuk PTN biasanya banyak beasiswa gan yang nawarin contoh coba liat web nya UI, www.fk.ui.ac.id/?page=file.download_process&id=88 atau http://bem.fk.ui.ac.id/blog/2012/09/...a.detail&id=10 ada juga UGM atau unair ane lupa salah satunya ada yang bayaran masuk di sesuaikan dengan pendapatan Ortu misal klo pendapatan di bawah 1,5 jt sumbangan cuma 10 jt, atau UNS di solo ga pake sumbangan masuk yg ane tau dari internet juga coba aja agan konfirmasi, tapi klo cari beasiswa gitu harus di PTN biar lebih enak applynya gn, temen ada juga yang masuk kedokteran swasta setelah dia gawe dan nabung, dan banyak sambil gawe ko... doa dan usaha lah smangat aja... soalnya klo nyari dana talangan agak susah gan, ga sedikit orang yg mau sekolah ga ada dana gan, tingal tergantung usaha kerasnya aja yg bedain..so semangat


iya gan...ane juga mikir gitu gan mau gawe seklaian kuliah...semoga tuhan buka jalan gan...terimakasih ya gan sarannya
coba cari beasiswa aja gan
atau nyambi dlu tahun ini
keren banget gan
bagus banget tu
TS boleh share sedikit utk tes masuk FK nya? trus gmn caranya dpt keringanan biaya. PM ane aja. Ane jg pengen banget msk FK, cuma dlu jaman 2004 biayanya mahal benerrr akhirnya ane kul yg lain. skrg udah lulus, tp ane tetep pengen realisasikan cita2 ane dr kecil..
Quote:Original Posted By r1lakkuma
TS boleh share sedikit utk tes masuk FK nya? trus gmn caranya dpt keringanan biaya. PM ane aja. Ane jg pengen banget msk FK, cuma dlu jaman 2004 biayanya mahal benerrr akhirnya ane kul yg lain. skrg udah lulus, tp ane tetep pengen realisasikan cita2 ane dr kecil..


mirip sama ane gan.. malah ane udah sampe S2 nih kuliah di Ilmu Komputer tapi tetep aja keinginan buat jd dokter ga pernah hilang. ente kul dimana?? kali aj bisa berjuang bareng??
kalo PTN paling masuk FK international tapi gan karena lulus SMA'ny kan udah lebih dari 3 tahun,
Quote:Original Posted By dhafiDRIM
mirip sama ane gan.. malah ane udah sampe S2 nih kuliah di Ilmu Komputer tapi tetep aja keinginan buat jd dokter ga pernah hilang. ente kul dimana?? kali aj bisa berjuang bareng??
kalo PTN paling masuk FK international tapi gan karena lulus SMA'ny kan udah lebih dari 3 tahun,


ente udah belajar persiapan dirumah buat tes taun ini? ane belonan gan. oia ane kul di jakarta gan, tu dia ane ude tua. ada kga ya yg mao nerima umur udah 25? kalopun nabung dr hasil kerja, kga mungkin jg dapet tempat, orang gaji ane kecil
Quote:Original Posted By r1lakkuma


ente udah belajar persiapan dirumah buat tes taun ini? ane belonan gan. oia ane kul di jakarta gan, tu dia ane ude tua. ada kga ya yg mao nerima umur udah 25? kalopun nabung dr hasil kerja, kga mungkin jg dapet tempat, orang gaji ane kecil


bisa Univ. swasta kok gan ga ad batasan umur, atau kalo PTN masuk FK International gan. ane nanya sama anak FK UI international kata dia Maba'ny ada yg umuran 35tahun.
ane kelarin S2 ane dulu. sambil bangun usaha. sekarang umur ane jg udh 22.
ane ikut berjuang gan
Quote:Original Posted By dhafiDRIM


bisa Univ. swasta kok gan ga ad batasan umur, atau kalo PTN masuk FK International gan. ane nanya sama anak FK UI international kata dia Maba'ny ada yg umuran 35tahun.
ane kelarin S2 ane dulu. sambil bangun usaha. sekarang umur ane jg udh 22.


gmn gan? jadi ngejar FK nya gan?
Gan yg dikata uang masuk itu sesuai penghasilan orang tua tu FK Unair.
Jadi ada 4 kelas gan,
kelas pertama bebas biaya full....
Kelas kedua cuman bayar spp doank (ane lupa kurang lebih 1,2 jt/semester)
Kelas ketiga bayar spp (sama) dan uang sop sekali masuk (15jeti)
Kelas keempat bayar spp (sama) dan uang sop sekali masuk (50jutaan)
Sekali lagi ini yg masuk lewat SNMPTN ato SBNMPTN
kalo lewat yg umum ya jangan liat dah...
Ingat SNMPTN dan SBMNPTN saingannya banyak. Tapi kalau ada niat, strategi belajar yg bagus dan tentu berkat Tuhan,tiada yg mustahil.

Ane angkatan 2008, syukr dah lulus,
Biaya ane persemester 750.000 (selama 10 semester)
Biaya SOP 10.000.000 (saat pertama saja dan bs dcicil)
Beasiswa ya banyak.. malah kosong yang ngambil cz emang bagian kemahasiswaanya sangat selektif untuk anak tidak mampu.


Pesan buat agan2 yg MASIH pengen masuk kedokteran WALAU SUDAH KERJA ATO SUDAH S2 : Gan, mending jangan diteruskan keinginannya, cz sekolah kedokteran ngga sesimpel yg agan kira, setelah lulus selesai pun untuk praktek ngga sesimpel yang agan kira. Daripada buang2 uang, dan waktu mending uang agan buat nurutin hobby agan aja. Mungkim ane ga bs critain semua cz ni thread org lain... Dan pesan saya, jangan dipaksain anaknya agan2 ntar kalo bsok SMA untuk jd dokter, biar si anak yg memilih... cz klo terpaksa bakal jelek hasilnya
Waduh Klo usia udah 25tahun mending kembangin diri untuk cari duit aj bray

kuliah kedokteran gk hanya modal kemauan tapi jg hrs punya modal mental, fisik, dan kecerdasan yg lumayanlah

Apalagi klo umur 25 thn it kan biasanya pada mau married waduh tambah pusing mikirin keluarga ditambah waktu pendidikannya lama sekitar 6thn blom ditambah program internsip setaun.

Profesi dokter di indo kurang dihargai gan beda ma di luar
Tapi biar gitu2 ada kebanggaan tersendiri dan banyak kenangan hidup slama koas :