33 calon provinsi baru

semoga kagak

Dalam satu kesempatan SBY menyampaikan kengeriannya akan derasnya arus pemekaran daerah . Saat ini saja terdapat 178 Usul pemekaran Kabupaten Kota baru dan 33 usulan pembentukan propinsi baru. Kengerian SBY sangat wajar, karena membayangkan akan gemuknya struktur pemerintahan dan besarnya biaya yang dihabiskan jika usulan pemekaran tersebut dipenuhi. Banyak faktor dan motivasi yang melatar belakangi pemekaran tersebut mulai dari faktor etnisitas, politik jangka pendek, geografis sampai dengan alasan mengejar “kue pembangunan”. Tapi sangat jelas proses ini telah diboncengi dan ditunggangi elit lokal untuk memperoleh kekuasan dalam bentuk jabatan dan lahan proyek baru.

Berikut ini daftar usulan pemekaran 33 propinsi baru. Mungkin daerah anda termasuk di dalamnya. Cermati apakah proses pemekaran ini benar-benar dengan motivasi untuk menyejahterakan rakyat atau sekedar manuver elit lokal untuk mengejar kekuasaan dan jabatan! Bagaimana tanggapan anda? Layak atau tidakkah dimekarkan?

Spoiler for ini dia 33 provinsi tersebut::


kebayang gak gan kalau hal ini benar2 terjadi??
menurut ane 33 aja udah banyak banget apalagi nambah sampe 33 lagi, bakal susah ingatnya..

sama seperti TS lain, kalau berkenan ane minta ..

kalau ada yg salah kata tolong di koreksi.. jangan di

SUMBER
kok dikotak kotakin mulu nih wilayah indonesia...

oh ini toh maksudnya dari Bapak Reformasi dulu..
cuma memunculkan raja raja kecil di daerah...


btw itu provinsi apa kab/kota sih.... banyak amat propinsinya..
DIS =daerah istimewa [pakai telor] surakarta kok ga ada gan

sebenernya sih boleh-boleh aja buat desentralisasi. tapi kalo kelakuan pejabat daerahnya masih kayak sekarang, mending jangan deh. yang ada korupsi berjamaah pasti nanti.
Quote:14. Sidoarjo Banyuwangi

15. Surabaya Pacitan


ini serius ??

harusnya tambah 1 lagi yaitu Provinsi Malang Raya (Kotamadya Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu)
Banyak amat, Pasti si Gamawan pusing ngitung provinsi yang pantas buat indonesia

Menurut saya ini dulu yang prioritas....
Masa papua yang luas begitu cuma ada 2 provinsi???
31. Papua Tengah

32. Papua Selatan

33. Papua Barat Daya


Wanjeeng sumbernya kompasiana...
Quote:Original Posted By gigilumajuu
kok dikotak kotakin mulu nih wilayah indonesia...

oh ini toh maksudnya dari Bapak Reformasi dulu..
cuma memunculkan raja raja kecil di daerah...


btw itu provinsi apa kab/kota sih.... banyak amat propinsinya..


provinsi gan,, kata teman ane yang dari kaltim, kalimantan utara udah resmi jadi provinsi baru tuh..

Quote:Original Posted By 0ralucu
DIS =daerah istimewa [pakai telor] surakarta kok ga ada gan



haha,, lagi siapin daerah spesial pake daging x gan.. jadi nabung dulu karena lebih mahal..

Quote:Original Posted By pandu saksono
sebenernya sih boleh-boleh aja buat desentralisasi. tapi kalo kelakuan pejabat daerahnya masih kayak sekarang, mending jangan deh. yang ada korupsi berjamaah pasti nanti.


setuju banget gan, daerah yang lebih banyak butuh anggaran yang lebih banyak dan birokrasi yang banyak juga.. APBN utk 33 provinsi aja masih kurang, mesti ngutang sana sini apa lagi di tambah lagi..
kata dosen ane, 70% APBD buat belanja pegawai, bisa di bayangin harus berapa banyak lagi negara kasih dana buat daerah..

Pemekaran = Proyek

Ada daerah pemekaran baru, berarti ada proyek baru gan.
Bisa dibayangkan jika tiap pemekaran Kabupaten/Kota/Provinsi pasti nanti akan membangun sebuah infrastruktur baru. Seperti adanya rumah sakit, sekolah, kantor bupati, walikota, gubernur, dprd, stadion, kantor pemerintahan.

Selain itu juga akan merekrut pns-pns. Jadi semua bisa jadi duit
sebetulnya sih, propinsi baru itu bisa di nomordua kan....
yg di nomor satu kan harusnya org/pemimpin2 yg berpikiran sekaliber jokowi....
Quote:Original Posted By mmengong


ini serius ??

harusnya tambah 1 lagi yaitu Provinsi Malang Raya (Kotamadya Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu)


ada referensinya di bawah gan..
kalau 33 provinsi ini setengahnya jadi, ane rasa akan banyak daerah lain yang kemudian ikut2n buat memekarkan diri.. bisa jadi salah satunya malang raya..

Quote:Original Posted By Graft
Banyak amat, Pasti si Gamawan pusing ngitung provinsi yang pantas buat indonesia

Menurut saya ini dulu yang prioritas....
Masa papua yang luas begitu cuma ada 2 provinsi???
31. Papua Tengah

32. Papua Selatan

33. Papua Barat Daya


Wanjeeng sumbernya kompasiana...


kalimantan juga gan, kalimantan barat aja luasnya 1,5 X pulau jawa,, dari satu ujung k ujung yang lainnya jarak ny 24 jam perjalanan..

Quote:Original Posted By ahdisat


ada referensinya di bawah gan..
kalau 33 provinsi ini setengahnya jadi, ane rasa akan banyak daerah lain yang kemudian ikut2n buat memekarkan diri.. bisa jadi salah satunya malang raya..



kalimantan juga gan, kalimantan barat aja luasnya 1,5 X pulau jawa,, dari satu ujung k ujung yang lainnya jarak ny 24 jam perjalanan..



Di jawa udah cukup menurut saya, mending pulau papua aja dulu....
Kalau Kalimantan barat mau dipisah gimana gan ?
Quote:Original Posted By blue.victorious
Ada daerah pemekaran baru, berarti ada proyek baru gan.
Bisa dibayangkan jika tiap pemekaran Kabupaten/Kota/Provinsi pasti nanti akan membangun sebuah infrastruktur baru. Seperti adanya rumah sakit, sekolah, kantor bupati, walikota, gubernur, dprd, stadion, kantor pemerintahan.

Selain itu juga akan merekrut pns-pns. Jadi semua bisa jadi duit


setuju banget gan, dan utang kita pun semakin banyak gan..
yang sudah ada aja belum terusi dengan baik, apa lagi nambah sekian banyak..
apa salah kita punya wilayah terlalu luas..

Quote:Original Posted By kimbo555
sebetulnya sih, propinsi baru itu bisa di nomordua kan....
yg di nomor satu kan harusnya org/pemimpin2 yg berpikiran sekaliber jokowi....


y gan, intinya ada dipimpinannya gan..
kalau masalah sekaliber siapa ane no coment..
netral gan, soalnya ane juga belum tahu gmn kepemimpinan bapak jokowi..
Quote:Original Posted By blue.victorious
Ada daerah pemekaran baru, berarti ada proyek baru gan.
Bisa dibayangkan jika tiap pemekaran Kabupaten/Kota/Provinsi pasti nanti akan membangun sebuah infrastruktur baru. Seperti adanya rumah sakit, sekolah, kantor bupati, walikota, gubernur, dprd, stadion, kantor pemerintahan.

Selain itu juga akan merekrut pns-pns. Jadi semua bisa jadi duit


Ya asal proyeknya bermanfaat macam rumah sakit dan sekolah kenapa enggak? yang penting kepala daerahnya amanah... bukan ajang mencari kekuasaan dan pundi2..
setubuh berat dengan PROPINSI BANYUMAS :

selama ini, pemerintah PROPINSI JAWA TENGAH terlalu menganak tirikan
wilayah Jateng bagian Barat (mulai dari banjarnegara sampai wanareja-cilacap)

mulai dari saran dan prasarana jalan sampai sdm ga pernah diperhatikan :

dikit2 yg diurus semarang solo semarang solo semarang solo,
bolak balik kayak setrikaan :



kalo jadi pemekaran, makin banyak aja dong propinsi di Indonesia ini

anak sekolah makin puyeng disuruh ngapalin nama-nama propinsi di Indonesia

dari yang dulu cuman 27 propinsi sekarang jadi berapa tuh jadinya
Quote:Original Posted By Graft


Ya asal proyeknya bermanfaat macam rumah sakit dan sekolah kenapa enggak? yang penting kepala daerahnya amanah... bukan ajang mencari kekuasaan dan pundi2..


kita liat realita sekarang aja gan gimana,, bukannya negatif thinking, tapi peluang untuk "ajang mencari kekuasaan dan pundi2" kemungkinannnya masih sangat besar..

Quote:Original Posted By GayusTambunan.
setubuh berat dengan PROPINSI BANYUMAS :

selama ini, pemerintah PROPINSI JAWA TENGAH terlalu menganak tirikan
wilayah Jateng bagian Barat (mulai dari banjarnegara sampai wanareja-cilacap)

mulai dari saran dan prasarana jalan sampai sdm ga pernah diperhatikan :

dikit2 yg diurus semarang solo semarang solo semarang solo,
bolak balik kayak setrikaan :





ada diskriminasi rupanya y gan..
tapi kalau kita ambil solusi memekarkan diri, justru akan seperti yang agan d atas bilang, kita akan semakin terkotak..

kok makin banyak siiih ..... ,

apa biar gampang korupsinya.
Melihat dan menunggu, mau pecah jadi berapa keping negara ini ...
sumbernya 26 June 2011
bakal susah nih ntar anak sekolahan disuruh ngafal seluruh propinsi plus ibukotanya.