KASKUS

foto-foto suasana gunung Gunung Merbabu tahun 1910

Bismillah semoga ane gak repost sama salah kamar,sebelumnya maap ya

langsung aja ane mau share foto-foto suasana gunung Gunung Merbabu tahun 1910 dan suasana sekitar Merbabu sebelum dan sedudah tahun 1900.

Gunung Merbabu sejak jaman dahulu sudah didokumentasikan oleh Belanda, mulai dari sebelum adanya tehnologi fotografi sehingga dokumentasinya berupa lukisan.

Spoiler for gereja:


Gambar di atas adalah lukisan Sebuah gereja di kota Salatiga dengan latar belakang gunung Merbabu pada tahun 1883. Sedangkan lukisan di bawah ini adalah lukisan deretan gunung berapi Telomoyo, Merbabu, Merapi yang dilukis pada tahun 1865.

Spoiler for telomoyo:


Spoiler for kereta api:


Foto awal tahun 1900 ini adalah jalur kereta api bergerigi yang merayap mendaki menuju Ambarawa yang terletak di sebelah barat gunung Merbabu.

Spoiler for villa:


Gambar di atas adalah sebuah villa di Kopeng pada awal tahun 1900. Sedangkan gambar di bawah adalah rumah penduduk di lereng gunung Merbabu.

Spoiler for rumah:


Spoiler for berkuda:


Bule-bule eropa ini berkuda di Kopeng pada tahun 1914. Sejak jaman Belanda wilayah Kopeng sudah terkenal sebagai tempat istirahat dan rekreasi orang-orang eropa.

Spoiler for 1930:


Foto di atas gunung Merbabu tahun 1930 sementara foto di bawah adalah hutan lebat yang ditumbuhi tumbuhan paku-pakuan di kaki gunung Merbabu.

Spoiler for tumbuhan paku:


Spoiler for keluarga:


Keluarga Eropa ini sedang melakukan pendakian gunung Merbabu pada tahun 1914. Hutan yang cukup lebat masih tampak di lereng gunung Merbabu.

Spoiler for keluarga 2:


Spoiler for jalur:


Jalur pendakian yang masih berhutan pada tahun 1910. Suasana hutan masih tampak rindang di sepanjang jalur pendakian.

Spoiler for jalur berhutan:


Spoiler for lereng:


Lereng terjal sering menjadi kekaguman para pendaki yang melewatinya, mereka biasanya berhenti dan menikmati pemandangan lereng-lereng terjal di jalur Kopeng ini.

Spoiler for lereng 2:


Spoiler for jurang:


Gambar jurang yang lerengnya diselimuti hutan lebat ini adalah jalan aliran lahar kawah Merbabu. lokasi jurang ini di sebelah kanan jalur Wekas. Jurang ini membentuk aliran sungai yang menjadi sumber air utama masyarakat Merbabu.

Spoiler for kenteng songo:


Foto di atas adalah puncak Kenteng Songo pada tahun 1910 yang difoto dari puncak Syarif.

Spoiler for puncak syarif:


Foto di atas suasana di puncak Syarif gunung Merbabu pada tahun 1910 yang masih banyak ditumbuhi pepohonan. Foto di bawah adalah pondok di puncak Syarif gunung Merbabu pada tahun 1910.

Spoiler for pondok 1:


Spoiler for pondok 2:


Pondok di puncak gunung Merbabu pada tahun 1910 dan di bawah adalah para porter yang membantu para bule mendaki dan membuka jalur menuju puncak gunung Merbabu.

Spoiler for porter:


Spoiler for awan gelap:


Suasana awan gelap di puncak gunung Merbabu pada tahun 1910 dan suasana kumpulan awan putih dari puncak gunung Merbabu pada tahun 1912.

Spoiler for merbabu:


Spoiler for merapi:


Foto di atas adalah pemandangan Gunung Merapi dari puncak Gunung Merbabu yang diambil pada tahun 1918. Lukisan di bawah ini dibuat oleh Junghuhn pada tahun 1800-an yang menggambarkan gunung Merapi dari puncak Gunung Merbabu. Junghuhn adalah peneliti dan pendaki eropa yang banyak mengunjungi gunung-gunung di pulau Jawa.

Spoiler for junghuhn:


Spoiler for selo:


Jalan Raya Selo yang menghubungkan kota Boyolali dengan kota Magelang, melintasi tengah-tengah antara gunung Merapi dan gunung Merbabu. Foto tahun 1910 tersebut menunjukkan betapa masih sempit dan sepinya jalan raya Selo.

Spoiler for selo:


Foto bule sekeluarga di atas ini diambil pada tahun 1920 di sebuah jembatan di Selo. Sedangkan keluarga Eropa di bawah ini sedang bersantai di Selo pada tahun 1921.

Spoiler for selo:


Spoiler for pesanggrahan:


Foto di atas adalah tempat Pesanggrahan Susuhunan PB.X Raja Surakarta yang di foto pada tahun 1922. Pesanggrahan ini terletak di Selo di lereng gunung Merbabu. Di sini juga di tanam kebun sayuran milik keraton surakarta.

Spoiler for bapak marsekal:


Bapak Marsekal Imam Tjahjadi pada tanggal 14 Agustus 1965 mendaki puncak gunung Merbabu, dan di atas puncak gunung Merbabu terdapat pohon besar, beliau beramai-ramai memanjat pohon tersebut. Menurut beliau pada tahun 1965 hutan di gunung Merbabu masih sangat lebat.

sekali lagi semoga gak , sama

nice share gan
cakep dan masih adem seger gan. lanjutkan foto2nya lagih dong
mantap gan...
andaikan ada dokumentasi juga dari bapak marsekal Imam Tjahjadi, pasti keren tuh...

nice share gan...
cek kolor
ternyata begitu rindang dan masih lebatnya hutan merbabu.
tapi kenapa skrg gersang ya

nice gan infonya
Nias share gan...
Kalo liat foto2 ini jadi malu kalo pas naikgunung suka ngeluh jalan becek kek, hutan masih lebat banget kek, musim kemarau terlalu dingin kek....hehehhe...alesan aja karena sebenernya males berangkat...
Quote:Original Posted By k13m
cakep dan masih adem seger gan. lanjutkan foto2nya lagih dong


cuma dpet itu doang gan..

Smile 

merbabu memang menyimpan sejuta kenangan dan keindahan, insya allah akhir tahun kesana lg ah untuk yg ketiga kali
Quote:Original Posted By kareesnikoray
mantap gan...
andaikan ada dokumentasi juga dari bapak marsekal Imam Tjahjadi, pasti keren tuh...

nice share gan...
cek kolor


thankyou buat nya gan,,,
sblmnya ane pernah baca di situs merb***.com nih nga
untung ane pernah mejeng di puncak merbabu mesti udah tahun 2002

Quote:Original Posted By teroris05
sblmnya ane pernah baca di situs merb***.com nih nga


emang dari situ gan
mantap gan .. sekedar berbagi info sejarah ... ternyata indonesia memang istimewa .. namun sayang ,,, sudah terjajh dr dulu hingga sekkarang ,,
Quote:Original Posted By tjapkijang
mantap gan .. sekedar berbagi info sejarah ... ternyata indonesia memang istimewa .. namun sayang ,,, sudah terjajh dr dulu hingga sekkarang ,,


yap, betul sekali..
bagi kita yang sekarang melihat bahkan mendaki merbabu mungkin kita katakan indah. tpi coba tanya sama orang" tua yg dulunya pernah mendaki merbabu, pasti di bilang sekarang udah jelek.
contoh: ane sering di ajak bapak keliling pantai daerah gunung kidul. hampir semua pantai di bilang udah jelek ga kya dulu jaman bapak masih muda, walaupun pada jaman itu klo ingin ke pantai harus jalan kaki dari rumah dan nerobos gua".

berarti kebayang dong indah pemandangan indonesia jaman dulu.
mantab....
ga pernah bosan nih ane naik ke merbabu...
nice share gan,, cek kulkas
Quote:Original Posted By zeroex
bagi kita yang sekarang melihat bahkan mendaki merbabu mungkin kita katakan indah. tpi coba tanya sama orang" tua yg dulunya pernah mendaki merbabu, pasti di bilang sekarang udah jelek.
contoh: ane sering di ajak bapak keliling pantai daerah gunung kidul. hampir semua pantai di bilang udah jelek ga kya dulu jaman bapak masih muda, walaupun pada jaman itu klo ingin ke pantai harus jalan kaki dari rumah dan nerobos gua".

berarti kebayang dong indah pemandangan indonesia jaman dulu.


sama gan,bokap ane juga bilang gtu..
tp ttep
Quote:Original Posted By vienzz1234
mantab....
ga pernah bosan nih ane naik ke merbabu...


sama gan,ane juga
Quote:Original Posted By mubee
nice share gan,, cek kulkas

tengkyu nya gan,,,