KASKUS

Trolley di Carrefour Rungkut (Surabaya) Serasa Menarik Sapi

Pada hari Jumat, 26 Oktober 2012 saya dan istri berbelanja ke Carrefour Rungkut. Sudah hampir 1 tahun saya menghindari belanja di Carrefour mengingat kondisi trolley yang sangat buruk (susah digerakkan). Namun apa daya karena sudah terlanjur akhirnya saya tetap masuk dengan berharap adanya perubahan (selama 1 tahun masakan tidak ada perubahan).

Dan ternyata harapan saya hanyalah menjadi mimpi di siang hari. Ketika istri mengambil trolley (waktu itu saya sedang parkir kendaraan) dan sudah agak bagian dalam saya rasakan trolley sudah sukar digerakkan. Saya pikir ya sudahlah, tapi ternyata ketika semakin diberi beban berupa belanjaan kondisi roda semakin susah digerakkan. Cukup mengherankan jika mengingat beberapa waktu sebelumnya saya pernah mengirimkan email ke Carrefour Rungkut perihal trolley ini. Saya rasa trolley ini hanya memerlukan perbaikan / perawatan pada kondisi roda-rodanya. Tapi kenapa begitu lama dan seolah tidak ada tindakan ? Menarik/ mendorong kereta di Carrefour Rungkut serasa menarik sapi. Bahkan mungkin lebih mudah menarik sapi.

Dan ketika saya bersusah payah membelokkan keranjang tiba-tiba terdengar suara keras komplain dari seorang Bapak yang intinya beliau menanyakan kenapa di koran ada promo, stok saya lihat ada (di rak bagian teratas) namun tidak diturunkan oleh pegawai carrefour rungkut ? Padahal staf ada (bahkan beberapa SPG berwarna kuning sempat ditanyai oleh Bapak tersebut dan dengan posisi hendak makan siang dan saya lihat menjawab seenaknya). Dari beberapa cerita yang pernah saya baca/ dengar seringkali ada promo namun ketika didatangi stok dinyatakan habis. Dan pernah saya dengar stok tersebut sengaja di hilangkan namun oleh bagian internal / dalam disimpan untuk jatah mereka. Entah benar atau tidaknya hal ini mungkin bisa di lakukan audit menyeluruh oleh pihak Carrefour demi kepuasan pelanggan. Bahkan ketika sampai di kasir saya sempat berbincang dengan pelanggan yang di depan saya, seorang ibu, beliau juga mengeluhkan tentang pelayanan Carrefour Rungkut. Singkat cerita dari hasil ngobrol kami di dapatkan hasil lebih baik berbelanja di tempat lain.

Heran dan cukup heran. Dari 2 hal diatas. Apakah fungsi dari Manager Operasional dari Carrefour Rungkut ? Trolley tidak diperbaiki dan keluhan pelanggan (bahkan sampai ramai waktu itu) kenapa tidak langsung di tangani oleh manager ? Bukankah ada rekaman CCTV ? Kenapa tidak langsung menghampiri jika ada suatu kendala ? Perihal stok promo buatlah sebuah sistem dimana kondisi promo terupdate. Buat tulisan di depan apakah stok promo masih ada atau tidak dan usahakan hal ini dikerjakan oleh managemen. Sehingga managemen mengetahui dengan pasti kondisi promo.
Terserah bagi pihak Carrefour Rungkut. Namun, bagi saya ke dua hal ini membuat saya akan berpikir beberapa kali sebelum berbelanja di Carrefour Rungkut.

*saya bingung jika ditanya perihal buktinya karena ada larangan mengambil gambar di dalam carrefour. namun saya ada struk pembelian, apakah mendukung jika saya lampirkan bukti berupa struk pembelian ?

Update: Per hari Selasa, 30 Oktober 2012 19:49 saya dihubungi oleh staf Carrefour. Sempat orangnya berbicara panjang (sepertinya dengan nada kecapekan karena sudah sore). Dan saya tanyakan dengan siapa ini. Ternyata keluhan saya di tanggapi oleh bagian kasir dimana seharusnya hal ini sudah masuk ke tanggung jawab Manager Operasional. Saya minta Manager Operasional yang menangani masalah ini agar jajaran managemen tahu bahwa memang benar ada masalah di store dan di lakukan perbaikan (semoga tidak menjadi mimpi siang bolong lagi).
Quote:Original Posted By lunar1980
Pada hari Jumat, 26 Oktober 2012 saya dan istri berbelanja ke Carrefour Rungkut. Sudah hampir 1 tahun saya menghindari belanja di Carrefour mengingat kondisi trolley yang sangat buruk (susah digerakkan). Namun apa daya karena sudah terlanjur akhirnya saya tetap masuk dengan berharap adanya perubahan (selama 1 tahun masakan tidak ada perubahan).

Dan ternyata harapan saya hanyalah menjadi mimpi di siang hari. Ketika istri mengambil trolley (waktu itu saya sedang parkir kendaraan) dan sudah agak bagian dalam saya rasakan trolley sudah sukar digerakkan. Saya pikir ya sudahlah, tapi ternyata ketika semakin diberi beban berupa belanjaan kondisi roda semakin susah digerakkan. Cukup mengherankan jika mengingat beberapa waktu sebelumnya saya pernah mengirimkan email ke Carrefour Rungkut perihal trolley ini. Saya rasa trolley ini hanya memerlukan perbaikan / perawatan pada kondisi roda-rodanya. Tapi kenapa begitu lama dan seolah tidak ada tindakan ? Menarik/ mendorong kereta di Carrefour Rungkut serasa menarik sapi. Bahkan mungkin lebih mudah menarik sapi.

Dan ketika saya bersusah payah membelokkan keranjang tiba-tiba terdengar suara keras komplain dari seorang Bapak yang intinya beliau menanyakan kenapa di koran ada promo, stok saya lihat ada (di rak bagian teratas) namun tidak diturunkan oleh pegawai carrefour rungkut ? Padahal staf ada (bahkan beberapa SPG berwarna kuning sempat ditanyai oleh Bapak tersebut dan dengan posisi hendak makan siang dan saya lihat menjawab seenaknya). Dari beberapa cerita yang pernah saya baca/ dengar seringkali ada promo namun ketika didatangi stok dinyatakan habis. Dan pernah saya dengar stok tersebut sengaja di hilangkan namun oleh bagian internal / dalam disimpan untuk jatah mereka. Entah benar atau tidaknya hal ini mungkin bisa di lakukan audit menyeluruh oleh pihak Carrefour demi kepuasan pelanggan. Bahkan ketika sampai di kasir saya sempat berbincang dengan pelanggan yang di depan saya, seorang ibu, beliau juga mengeluhkan tentang pelayanan Carrefour Rungkut. Singkat cerita dari hasil ngobrol kami di dapatkan hasil lebih baik berbelanja di tempat lain.

Heran dan cukup heran. Dari 2 hal diatas. Apakah fungsi dari Manager Operasional dari Carrefour Rungkut ? Trolley tidak diperbaiki dan keluhan pelanggan (bahkan sampai ramai waktu itu) kenapa tidak langsung di tangani oleh manager ? Bukankah ada rekaman CCTV ? Kenapa tidak langsung menghampiri jika ada suatu kendala ? Perihal stok promo buatlah sebuah sistem dimana kondisi promo terupdate. Buat tulisan di depan apakah stok promo masih ada atau tidak dan usahakan hal ini dikerjakan oleh managemen. Sehingga managemen mengetahui dengan pasti kondisi promo.
Terserah bagi pihak Carrefour Rungkut. Namun, bagi saya ke dua hal ini membuat saya akan berpikir beberapa kali sebelum berbelanja di Carrefour Rungkut.

*saya bingung jika ditanya perihal buktinya karena ada larangan mengambil gambar di dalam carrefour. namun saya ada struk pembelian, apakah mendukung jika saya lampirkan bukti berupa struk pembelian ?


sama nih, dulu juga pernah sering trouble dengan trolleynya carrefour, kalo gak berat, suka berat ke kiri/kanan.

berhubung saya udah jarang banget ke carrefour, kirain udah berubah, ternyata sama aja sekarang.


iya nih...kok kayaknya semakin kesini, carrefour agak kalah bersaing dengan hypermart. udah jarang juga belanja di carrefour. padahal sahamnya udah dibeli sama pak CT...
Gak di rungkut doank di carrefour cempaka mas pun seperti itu
menurut ane pertama karena carrefour skarang lebih ke franchise, kalo hypermart punya grup lippo,.
yg kedua carrefour mayoritas pengunjung contoh kalo di kota ane banyakan orang dusun, orang daerah, yg kebiasaan mereka ini belum bayar minum dulu, belum bayar dibuka dulu makanannya, barang ga jadi beli ditaroh sembarangan, WC baunya minta ampun ada bau khas, otomatis nular jg ke pelayanan carrefour lainnya mungkin seperti troly dipakai ngasal jadi cepet rusak
lah... kalo saya di carrefour lebak bulus biasanya jarang ada masalah... mungkin karena kantor pusatnya juga di situ..

kalo permainan barang promo (stock habis) rata-rata gak cuman carrefour kok, banyak tempat lain yang juga kayak gitu... perhatikan juga tanggal kadaluarsa kalo ada barang-barang discount gede (makanan dan minuman) biasanya barang yang mau habis/udah dekat masa kadaluarsa di kasih discount gede...(kayak gak niat kasih dicsount, tapi mau buang stock karena tanggal kadaluarsanya udah dekat )
Quote:Original Posted By kountop
lah... kalo saya di carrefour lebak bulus biasanya jarang ada masalah... mungkin karena kantor pusatnya juga di situ..

kalo permainan barang promo (stock habis) rata-rata gak cuman carrefour kok, banyak tempat lain yang juga kayak gitu... perhatikan juga tanggal kadaluarsa kalo ada barang-barang discount gede (makanan dan minuman) biasanya barang yang mau habis/udah dekat masa kadaluarsa di kasih discount gede...(kayak gak niat kasih dicsount, tapi mau buang stock karena tanggal kadaluarsanya udah dekat )


daripada rugi gan mereka lebih milih jual tuh barang dengan diskon gede yang penting dapet penghasilan
trik marketing emang macem-macem gan

Wah, jujur sebelum baca tret ini ane nggak begitu merhatiin kondisi troli di supermarket. Tapi setelah dipikir-pikir, ternyata iya juga, troli di Giant lebih enak didorong. Malah sering juga kalo lagi belanja ane gaya-gayaan dulu, troli didorong, tangan dilepas, terus trolinya jalan sendiri. Beruntung nggak pernah sampe nabrak orang
Sepertinya sejak franchise cf dipegang oleh manajemen CT bukan membaik malah menurun ya? Terutama yg di luar Jakarta. Baru2 ini ada yg complain buat cf buah batu bandung jg.

Oiya, di depan cf cempaka putih Jakarta juga ada demo seminggu ini, kayaknya yg demo pegawai cf. Sampe2 di depan pagernya ada spanduk bahwa (walaupun ada demo dan mobil polisi yg berjaga2 di depannya) cf tetap buka seperti biasa.

Padahal pencitraan CT di tv kenceng banget sebagai pengusaha sukses, sayang banyak minusnya di real life perusahaannya (cf, bank, taman bermain, dan tvnya jg ikutan sekarang2 ini).


Quote:Original Posted By kinichi
Gak di rungkut doank di carrefour cempaka mas pun seperti itu


kalau cf cemas, trolley cuma dikit dan banyak yg rusak karena sering dipake toko2 se-cemas buat angkut barang2 dagangan mereka. tapi sekarang mulai ada spanduk peringatan kalau pemilik tenant ga boleh pake trolley cf lg. moga2 aja membaik.

yg nyebelin dari cf itu, antrean kasirnya panjang bener...tp kasir tambahan ga dibuka sesuai janji mereka. :

sayang deket situ ga ada saingan cf, dua2nya cf
Quote:Original Posted By lunar1980
Pada hari Jumat, 26 Oktober 2012 saya dan istri berbelanja ke Carrefour Rungkut. Sudah hampir 1 tahun saya menghindari belanja di Carrefour mengingat kondisi trolley yang sangat buruk (susah digerakkan). Namun apa daya karena sudah terlanjur akhirnya saya tetap masuk dengan berharap adanya perubahan (selama 1 tahun masakan tidak ada perubahan).

Dan ternyata harapan saya hanyalah menjadi mimpi di siang hari. Ketika istri mengambil trolley (waktu itu saya sedang parkir kendaraan) dan sudah agak bagian dalam saya rasakan trolley sudah sukar digerakkan. Saya pikir ya sudahlah, tapi ternyata ketika semakin diberi beban berupa belanjaan kondisi roda semakin susah digerakkan. Cukup mengherankan jika mengingat beberapa waktu sebelumnya saya pernah mengirimkan email ke Carrefour Rungkut perihal trolley ini. Saya rasa trolley ini hanya memerlukan perbaikan / perawatan pada kondisi roda-rodanya. Tapi kenapa begitu lama dan seolah tidak ada tindakan ? Menarik/ mendorong kereta di Carrefour Rungkut serasa menarik sapi. Bahkan mungkin lebih mudah menarik sapi.

Dan ketika saya bersusah payah membelokkan keranjang tiba-tiba terdengar suara keras komplain dari seorang Bapak yang intinya beliau menanyakan kenapa di koran ada promo, stok saya lihat ada (di rak bagian teratas) namun tidak diturunkan oleh pegawai carrefour rungkut ? Padahal staf ada (bahkan beberapa SPG berwarna kuning sempat ditanyai oleh Bapak tersebut dan dengan posisi hendak makan siang dan saya lihat menjawab seenaknya). Dari beberapa cerita yang pernah saya baca/ dengar seringkali ada promo namun ketika didatangi stok dinyatakan habis. Dan pernah saya dengar stok tersebut sengaja di hilangkan namun oleh bagian internal / dalam disimpan untuk jatah mereka. Entah benar atau tidaknya hal ini mungkin bisa di lakukan audit menyeluruh oleh pihak Carrefour demi kepuasan pelanggan. Bahkan ketika sampai di kasir saya sempat berbincang dengan pelanggan yang di depan saya, seorang ibu, beliau juga mengeluhkan tentang pelayanan Carrefour Rungkut. Singkat cerita dari hasil ngobrol kami di dapatkan hasil lebih baik berbelanja di tempat lain.

Heran dan cukup heran. Dari 2 hal diatas. Apakah fungsi dari Manager Operasional dari Carrefour Rungkut ? Trolley tidak diperbaiki dan keluhan pelanggan (bahkan sampai ramai waktu itu) kenapa tidak langsung di tangani oleh manager ? Bukankah ada rekaman CCTV ? Kenapa tidak langsung menghampiri jika ada suatu kendala ? Perihal stok promo buatlah sebuah sistem dimana kondisi promo terupdate. Buat tulisan di depan apakah stok promo masih ada atau tidak dan usahakan hal ini dikerjakan oleh managemen. Sehingga managemen mengetahui dengan pasti kondisi promo.
Terserah bagi pihak Carrefour Rungkut. Namun, bagi saya ke dua hal ini membuat saya akan berpikir beberapa kali sebelum berbelanja di Carrefour Rungkut.

*saya bingung jika ditanya perihal buktinya karena ada larangan mengambil gambar di dalam carrefour. namun saya ada struk pembelian, apakah mendukung jika saya lampirkan bukti berupa struk pembelian ?


carrefour goci seingatku kurang lebih sama gan, terakhir kesana trollynya dah jelek2x & jg pernah dapat trolly yg rodanya rusak, akhirnya aq ambil trolly baru.

aq dah kapok kalo masalah promo tp product gak ada.
3thnan yg lalu sempat 2x kejadian , waktu promo popok bayi ...
kejadian pertama, dateng pagi2x jam 9an, pdhal masi sepi, tp dah 'habis'.
kejadian ke 2, waktu ada promo kebetulan kantorku ada buka booth di carrefour & aq kebagian tugas jaga.....dr pagi ampe tutup gak keliatan popok yg lg promo di display.

Quote:Original Posted By TheLostSoul
Sepertinya sejak franchise cf dipegang oleh manajemen CT bukan membaik malah menurun ya? Terutama yg di luar Jakarta. Baru2 ini ada yg complain buat cf buah batu bandung jg.


memang,. kalau diperhatikan sejak diambil alih oleh pak Chairul Tanjung rasanya kok pelayanannya menurun. pernah seorang teman saya yang kerja di Bali mengatakan, di Indonesia jika tidak ada investor maka susah untuk majunya. Jika ada investor asing mereka membawa SOP, contoh kerja dan menerapkan disiplin tinggi.
heran juga sama CF, jelas2 sudah dimasukkan ke kotak SARAN, sudah di emailkan namun sampai 1 tahun tidak ada perubahan. padahal cuma roda doang.
Quote:Original Posted By kountop
lah... kalo saya di carrefour lebak bulus biasanya jarang ada masalah... mungkin karena kantor pusatnya juga di situ..

kalo permainan barang promo (stock habis) rata-rata gak cuman carrefour kok, banyak tempat lain yang juga kayak gitu... perhatikan juga tanggal kadaluarsa kalo ada barang-barang discount gede (makanan dan minuman) biasanya barang yang mau habis/udah dekat masa kadaluarsa di kasih discount gede...(kayak gak niat kasih dicsount, tapi mau buang stock karena tanggal kadaluarsanya udah dekat )


kalau buang stok saya pernah kena gan. di hypermart waktu itu. discount kopi, kadaluwarsa nya tinggal 3 bulan lagi. sudah terlanjur beli ya sudah saya kasih ke satpam sebagian. itung2 rejeki mereka.
kalau masalah stok mungkin cerita lama tapi herannya ini CF rungkut membereskan trolley saja tidak beres2. saya mempertanyakan fungsi manager disana apa ya ? apa hanya berupa pajangan foto dan sebagai status saja ? waktu kejadian ada bapak2 marah itu sama sekali tidak ada staf CF yang mencoba memberi penjelasan. bahkan bapak2 itu ditenangkan oleh pengunjung yang lain. saya bahkan sempat berbincang dengan ibu2 di samping saya.
Troli di Careffour memang jelek2 gan.. nggak enak dibawa.. yg lebih parah kadang di eskalator rodanya nggak jepit.. bikin pegel tangan buat nahan agar nggak meluncur..
sekarang kalau belanja lebih enak di Giant, trolinya bagus dan enak dipakai..

kalau soal barang promo biasanya sudah diborong sama kelompok2 tertentu yg borong sampai bertroli2.. padahal sudah dibatasin tapi tetep saja mereka bisa bergantian keluar masuk.. yg bikin ane kesel itu waktu kehabisan promo popok dan susu anak.. kesel banget lihat orang yg kemaruk dimasukkan dulu ke dalam troli biar orang lain nggak kebagian.. dikasir baru mereka gantian keluar masuk bayarnya..
Quote:Original Posted By jarnoko
iya nih...kok kayaknya semakin kesini, carrefour agak kalah bersaing dengan hypermart. udah jarang juga belanja di carrefour. padahal sahamnya udah dibeli sama pak CT...


Kalau kalah sama hypermart sih saya yakin tidak..,masih tetap menang carrefour kalau per store nya yah..kalau secara total ngga tau..hypermart lbh banyak kah tokonya?

Mungkin ini manajemen nya yg sekarang agak mengendur pengawasannya.
Quote:Original Posted By narji
Troli di Careffour memang jelek2 gan.. nggak enak dibawa.. yg lebih parah kadang di eskalator rodanya nggak jepit.. bikin pegel tangan buat nahan agar nggak meluncur..
sekarang kalau belanja lebih enak di Giant, trolinya bagus dan enak dipakai..

kalau soal barang promo biasanya sudah diborong sama kelompok2 tertentu yg borong sampai bertroli2.. padahal sudah dibatasin tapi tetep saja mereka bisa bergantian keluar masuk.. yg bikin ane kesel itu waktu kehabisan promo popok dan susu anak.. kesel banget lihat orang yg kemaruk dimasukkan dulu ke dalam troli biar orang lain nggak kebagian.. dikasir baru mereka gantian keluar masuk bayarnya..


yang kemarin saya lihat ini stoknya ada di rak atas tapi ketika karyawannya diminta turunin (diminta oleh banyak pengunjung) eh malah karyawannya ngeloyor pergi.

Quote:Original Posted By supertramp


Kalau kalah sama hypermart sih saya yakin tidak..,masih tetap menang carrefour kalau per store nya yah..kalau secara total ngga tau..hypermart lbh banyak kah tokonya?

Mungkin ini manajemen nya yg sekarang agak mengendur pengawasannya.


kebetulan di dekat rumah saya ada super indo dan lainnya bro. cuma pas kemarin dapat voucher belanja carrefour. mau ndak mau ya ke carrefour (padahal sudah ga minat sama sekali sebenarnya).
cctv mah cuma buat ngawasin kalo ada maling.....
Quote:Original Posted By kabei
cctv mah cuma buat ngawasin kalo ada maling.....


iya ya. seharusnya mereka bisa liat kerepotan pelanggan ketika menarik trolley lewat cctv. toh mereka mengawasi terus cctv nya.
kalau security di bagian depan pintu masuk sih baik. seringkali mereka membantu memilihkan trolley tapi setelah beberapa kali mencoba hampir semuanya kondisi rusak (ada yang sedikit lebih baik tapi tetap saja rusak/ jalannya miring).
Quote:Original Posted By narji


kalau soal barang promo biasanya sudah diborong sama kelompok2 tertentu yg borong sampai bertroli2.. padahal sudah dibatasin tapi tetep saja mereka bisa bergantian keluar masuk.. yg bikin ane kesel itu waktu kehabisan promo popok dan susu anak.. kesel banget lihat orang yg kemaruk dimasukkan dulu ke dalam troli biar orang lain nggak kebagian.. dikasir baru mereka gantian keluar masuk bayarnya..


waktu itu aq jg lg jaga booth di carrefour seharian lho gan & aq ngincar popok bayi yg lg promo jd sering2x lewat ke rak nya... gak pernah ada isinya.
kalo ada yg tanya, ama pegawai carrefour dijawab memang dikeluarkan scr bertahap...kenyataannya gak pernah liat ada di rak.

Quote:Original Posted By akagimaru


kalo ada yg tanya, ama pegawai carrefour dijawab memang dikeluarkan scr bertahap...kenyataannya gak pernah liat ada di rak.



yang saya bold adalah jawaban yang juga saya dengar dari beberapa konsumen yang katanya sudah berbicara langsung dengan SPG Carrefour. sepertinya jawaban klasik bukan ?
ambil sisi positifnya aja gan... anggap aja pihak carrefour ternyata punya program baru yaitu "program belanja sehat..." jadi selain belanja kebutuhan pokok, konsumen juga sekalian olah otot untuk menjaga kebugaran tubuh, dengan mendorong trolley yang sengaja di beri beban... (faedah-nya dapat mengencangkan otot lengan, pinggang dan dan kaki...) dari pada jadi member celebrity fitness...