TRUNOJOYO PAHLAWAN ATAU PENGHIANAT ?

Pemkab Sampang sudah berusaha beberapa kali untuk memperjuangkan agar Pangeran Trunojoyo sebagai Pahlawan tetap saja kandas

Spoiler for Usaha Pemkab Sampang:


Spoiler for Sejarah Perjuangan Pangeran Trunojoyo1677 – 1680:


SIAPAKAH AMANGKURAT I



Spoiler for LANJUTAN TRUNOJOYO:

SUMBER

Nama Jalan hampir di tiap Propinsi pasti ada Jalan Trunojoyo kurang yakinkah Departemen terkait tentang Trunojoyo ?
apa yg menyebabkan Trunojoyo tidak diangkat pahlawan, padahal Untung Suropati yg notabene juga pemberontak pada era yg hampir sama sudah mendapat gelar pahlawan pada tahun 1975.

sama2 beroperasi dari Jawa Timur, dan sama2 juga memusuhi Mataram yg diboncengi VOC.
Quote:Original Posted By topx666
apa yg menyebabkan Trunojoyo tidak diangkat pahlawan, padahal Untung Suropati yg notabene juga pemberontak pada era yg hampir sama sudah mendapat gelar pahlawan pada tahun 1975.

sama2 beroperasi dari Jawa Timur, dan sama2 juga memusuhi Mataram yg diboncengi VOC.


Justru karena itu, sementara yang saya ketahui alasannya Trunojoyo memberontak pada pemerintahan Amangkurat I dan Amangkurat II dari Mataram. Padahal Kedua Raja tersebut Sahabat VOC
Spoiler for ANTEK VOC:


Quote:Original Posted By aviep


Justru karena itu, sementara yang saya ketahui alasannya Trunojoyo memberontak pada pemerintahan Amangkurat I dan Amangkurat II dari Mataram. Padahal Kedua Raja tersebut Sahabat VOC
Spoiler for ANTEK VOC:




nah makanya saya bertanya, apakah yg menyebabkan Untung Suropati sudah diangkat pahlawan, sedangkan Trunojoyo belum?

apakah ada sentimen2 lain?
Quote:Original Posted By topx666


nah makanya saya bertanya, apakah yg menyebabkan Untung Suropati sudah diangkat pahlawan, sedangkan Trunojoyo belum?

apakah ada sentimen2 lain?


wah masalah sentimen tanya saja pada Ketua Dewan Pemberi Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan RI Djoko Suyanto

Pernah dalam sarasehan tentang Trunojoyo ada peserta menanyakan seandainya ahli waris ( keturunan ) Trunojoyo berkeberatan tentang penggunaan nama jalan. apa bisa menggugat ?

Quote:Original Posted By aviep


Justru karena itu, sementara yang saya ketahui alasannya Trunojoyo memberontak pada pemerintahan Amangkurat I dan Amangkurat II dari Mataram. Padahal Kedua Raja tersebut Sahabat VOC



Mungkin perbedaannya disitu gan. Untung Suropati pemberontakannya langsung kepada VOC. Diawali dengan kaburnya dia sebagai tahanan VOC dan menjadi buronan. Keterlibatan Kartasura,Madura dan Surabaya dalam penumpasan Untung dikarenakan ketiga kerajaan tersebut merupakan sekutu dari VOC. Namun Amangkurat II hanya setengah hati, dan hanya berpura-pura dalam membantu VOC .
Sedangkan Trunojoyo melakukan pemberontakan kepada Amangkurat I dan Amangkurat II dari Mataram. Keterlibatan VOC dikarenakan dimintai bantuan oleh Mataram untuk menumpas Trunojoyo. VOC bersedia membantu dengan tujuan supaya Mataram mempunyai hutang budi kepada mereka.
Trunojoyo bergabung dengan Galesong dengan tujuan untuk memerangi Mataram, bukan VOC. Pemberontakan berlangsung sangat hebat, sehingga memaksa Mataram meminta bantuan ke VOC dengan perjanjian tertentu.
Setelah Trunojoyo berhasil ditumpas, hutang peperangan yang ditanggung Mataram kepada VOC sangat besar, sehingga memaksa Amangkurat II untuk menyerahkan daerah pesisir utara Jawa (termasuk Semarang) kepada VOC sebagai pembayar hutang.
Dan inilah awal dari cengkraman VOC di Jawa, padahal sebelumnya hanya berkuasa di Batavia dan Banten saja. Apakah pemberontakan Trunojoyo yang menyebabkan itu semua? Analisa saja sendiri.

just share opinion

Quote:Original Posted By semprul99


Mungkin perbedaannya disitu gan. Untung Suropati pemberontakannya langsung kepada VOC. Diawali dengan kaburnya dia sebagai tahanan VOC dan menjadi buronan. Keterlibatan Kartasura,Madura dan Surabaya dalam penumpasan Untung dikarenakan ketiga kerajaan tersebut merupakan sekutu dari VOC. Namun Amangkurat II hanya setengah hati, dan hanya berpura-pura dalam membantu VOC .
Sedangkan Trunojoyo melakukan pemberontakan kepada Amangkurat I dan Amangkurat II dari Mataram. Keterlibatan VOC dikarenakan dimintai bantuan oleh Mataram untuk menumpas Trunojoyo. VOC bersedia membantu dengan tujuan supaya Mataram mempunyai hutang budi kepada mereka.
Trunojoyo bergabung dengan Galesong dengan tujuan untuk memerangi Mataram, bukan VOC. Pemberontakan berlangsung sangat hebat, sehingga memaksa Mataram meminta bantuan ke VOC dengan perjanjian tertentu.
Setelah Trunojoyo berhasil ditumpas, hutang peperangan yang ditanggung Mataram kepada VOC sangat besar, sehingga memaksa Amangkurat II untuk menyerahkan daerah pesisir utara Jawa (termasuk Semarang) kepada VOC sebagai pembayar hutang.
Dan inilah awal dari cengkraman VOC di Jawa, padahal sebelumnya hanya berkuasa di Batavia dan Banten saja. Apakah pemberontakan Trunojoyo yang menyebabkan itu semua? Analisa saja sendiri.

just share opinion


Justru itu yang mengganjal, Pangeran Trunojoyo adalah PENGHIANAT bagi MATARAM ( amangkurat I, II ) Beliau memberontak karena Kekejaman Mataram .
dan PAHLAWAN Kerajaan MATARAM Adalah VOC BELANDA
cmiiw


Quote:Original Posted By aviep



Justru itu yang mengganjal, Pangeran Trunojoyo adalah PENGHIANAT bagi MATARAM ( amangkurat I, II ) Beliau memberontak karena Kekejaman Mataram .
dan PAHLAWAN Kerajaan MATARAM Adalah VOC BELANDA
cmiiw



dengan dasar apa pemerintah belum memberikan gelar pahlawan mereka yg jelas hrs jawab. Tp adalah fakta seosuai kisah trunojoyo diatas bahwa "diawal kisah" Yg dilawan Trunojoyo adl mataram bukan vOC.

Spoiler for SIAPAKAH AMANGKURAT I:


Quote:Original Posted By Sarikaya221

dengan dasar apa pemerintah belum memberikan gelar pahlawan mereka yg jelas hrs jawab. Tp adalah fakta seosuai kisah trunojoyo diatas bahwa "diawal kisah" Yg dilawan Trunojoyo adl mataram bukan vOC.



Sementara kabar yang saya terima, Trunojoyo adalah Pemberontak
Graaf, H.J. de. 1976 [1952]. Capture and death of Raden Truna Jaya, December 1679 - January 1680. In: Islamic States in Java 1500-1700, Th. Pigeaud & H.J. de Graff, 82-84. Verhandelingen van het KITLV 70. The Hague: Martinus Nijhoff.
Ini sejarah versi Penjajah Belanda
Tambahan.......... dengan harapan Para ahli sejarah ikutan share disini
Spoiler for BABAD TANAH JAWA:

SUMBER
wahh klo imo ,tidak semua pahlawan yang kita percayai selama ini adalah karena melawan penjajah, membela negri
Tapi karena ada yang rebutan warisan, kekuasaan, wanita, yang mana di pihak lain minta bantuan kumpeni
Quote:Original Posted By kanggelandaftar
wahh klo imo ,tidak semua pahlawan yang kita percayai selama ini adalah karena melawan penjajah, membela negri
Tapi karena ada yang rebutan warisan, kekuasaan, wanita, yang mana di pihak lain minta bantuan kumpeni


Apakah elit kekuasaan dapat membalik sejarah, sejarah dibelokkan sesuai dengan keinginan ?

Apakah dengan mengkaburkan peristiwa yang sebenarnya terjadi lewat tulisan tulisan agar keinginannya membalik sejarah dapat tercapai ?

Apakah bisa mengakui sebuah peristiwa dengan ikhlas walau kenyataannya buruk ?

Mudah mudahan era Reformasi ini mampu menjawabnya

kenapa trunojoyo bukan pahlawan?? jawabannya adalah sama seperti kenapa aru palaka bukan pahlawan versi kebalikan karena dia mengambil alih kekusaaan cakraningrat 2 meskipun hal itu dikehendaki rakyat... dan melawan bos besar madura waktu itu mataram, meski saat itu dipimpin raja yang lalim.... (melawan negeri sendiri) kalo perlawanan dipusatkan jihad lawan belanda dengan perang lawan mataram unsur sampingannya sih mungkin bisa jadi pahlawan, tapi karena sebaliknya ya ga jadi pahlawan.... seperti aru palaka yang memerdekakan bone dari tindasan makassar meski harus minta bantuan belanda, dan sebagai ongkosnya dia kudu menghancurkan kota pariaman untuk VOC... meski kemudian orang sulsel ga begitu ada masalah dengan aru palaka, karena ia juga akhirnya menyatukan seluruh kerajaan2 bugis di sulsel dengan politik pernikahan anggota2 keluarganya dengan seluruh kerajaan yang ada di sulsel, dan akhirnya pahlawan nasional sulsel adlh sultan hassanuddin meski bagi masyarakat bone khususnya dia dianggap penjajah

kunjungi trit ane di forsex yg terbaru Suku Bugis

sepi trit ane gan
Quote:Original Posted By hilalalquds
kenapa trunojoyo bukan pahlawan?? jawabannya adalah sama seperti kenapa aru palaka bukan pahlawan versi kebalikan karena dia mengambil alih kekusaaan cakraningrat 2 meskipun hal itu dikehendaki rakyat... dan melawan bos besar madura waktu itu mataram, meski saat itu dipimpin raja yang lalim.... (melawan negeri sendiri) kalo perlawanan dipusatkan jihad lawan belanda dengan perang lawan mataram unsur sampingannya sih mungkin bisa jadi pahlawan, tapi karena sebaliknya ya ga jadi pahlawan.... seperti aru palaka yang memerdekakan bone dari tindasan makassar meski harus minta bantuan belanda, dan sebagai ongkosnya dia kudu menghancurkan kota pariaman untuk VOC... meski kemudian orang sulsel ga begitu ada masalah dengan aru palaka, karena ia juga akhirnya menyatukan seluruh kerajaan2 bugis di sulsel dengan politik pernikahan anggota2 keluarganya dengan seluruh kerajaan yang ada di sulsel, dan akhirnya pahlawan nasional sulsel adlh sultan hassanuddin meski bagi masyarakat bone khususnya dia dianggap penjajah

kunjungi trit ane di forsex yg terbaru Suku Bugis

sepi trit ane gan


bisa jadi ya gan .... hanya karena melawan sebangsa sendiri walau yang di lawan itu penguasa lalim.
apa mesti membiarkan penguasa lalim yang berkongsi dengan penjajah kemudian berjuang sendiri melawan VOC. Masalahnya jaman dulu mereka berjuang melawan kelaliman juga ngga berharap dijadikan PAHLAWAN di masa kini ...
Quote:Original Posted By hilalalquds
kenapa trunojoyo bukan pahlawan?? jawabannya adalah sama seperti kenapa aru palaka bukan pahlawan versi kebalikan karena dia mengambil alih kekusaaan cakraningrat 2 meskipun hal itu dikehendaki rakyat... dan melawan bos besar madura waktu itu mataram, meski saat itu dipimpin raja yang lalim.... (melawan negeri sendiri) kalo perlawanan dipusatkan jihad lawan belanda dengan perang lawan mataram unsur sampingannya sih mungkin bisa jadi pahlawan, tapi karena sebaliknya ya ga jadi pahlawan.... seperti aru palaka yang memerdekakan bone dari tindasan makassar meski harus minta bantuan belanda, dan sebagai ongkosnya dia kudu menghancurkan kota pariaman untuk VOC... meski kemudian orang sulsel ga begitu ada masalah dengan aru palaka, karena ia juga akhirnya menyatukan seluruh kerajaan2 bugis di sulsel dengan politik pernikahan anggota2 keluarganya dengan seluruh kerajaan yang ada di sulsel, dan akhirnya pahlawan nasional sulsel adlh sultan hassanuddin meski bagi masyarakat bone khususnya dia dianggap penjajah

kunjungi trit ane di forsex yg terbaru Suku Bugis

sepi trit ane gan


Memang gelar pahlawan yang asli adalah melekat pada penduduk lokal masalahnya banyak buku yang meng elu-elukan Trunojoyo.

Dan betapa kurang eloknya jika nama universitas, nama jalan yang diambil dari nama seorang yang bukan apa apa menurut negara

Quote:Original Posted By menirnjah.ifoel


bisa jadi ya gan .... hanya karena melawan sebangsa sendiri walau yang di lawan itu penguasa lalim.
apa mesti membiarkan penguasa lalim yang berkongsi dengan penjajah kemudian berjuang sendiri melawan VOC. Masalahnya jaman dulu mereka berjuang melawan kelaliman juga ngga berharap dijadikan PAHLAWAN di masa kini ...


Berarti Pemkab Sampang kurang membaca kriteria pencalonan

Quote:Original Posted By hilalalquds
kenapa trunojoyo bukan pahlawan?? jawabannya adalah sama seperti kenapa aru palaka bukan pahlawan versi kebalikan karena dia mengambil alih kekusaaan cakraningrat 2 meskipun hal itu dikehendaki rakyat... dan melawan bos besar madura waktu itu mataram, meski saat itu dipimpin raja yang lalim.... (melawan negeri sendiri) kalo perlawanan dipusatkan jihad lawan belanda dengan perang lawan mataram unsur sampingannya sih mungkin bisa jadi pahlawan, tapi karena sebaliknya ya ga jadi pahlawan.... seperti aru palaka yang memerdekakan bone dari tindasan makassar meski harus minta bantuan belanda, dan sebagai ongkosnya dia kudu menghancurkan kota pariaman untuk VOC... meski kemudian orang sulsel ga begitu ada masalah dengan aru palaka, karena ia juga akhirnya menyatukan seluruh kerajaan2 bugis di sulsel dengan politik pernikahan anggota2 keluarganya dengan seluruh kerajaan yang ada di sulsel, dan akhirnya pahlawan nasional sulsel adlh sultan hassanuddin meski bagi masyarakat bone khususnya dia dianggap penjajah

kunjungi trit ane di forsex yg terbaru Suku Bugis

sepi trit ane gan


masalah2 seperti ini yang bikin gw kurang sreg dengan istilah "adu domba" yang dilakukan penjajah. IMO bahkan sebelum bangsa2 kulit putih datang ke sini masing2 suku bangsa dan entitas2 politik di sini memang dari awal punya kepentingannya sendiri2 dan sudah saling berkonflik satu sama lain.
Quote:Original Posted By PanembahanRama


masalah2 seperti ini yang bikin gw kurang sreg dengan istilah "adu domba" yang dilakukan penjajah. IMO bahkan sebelum bangsa2 kulit putih datang ke sini masing2 suku bangsa dan entitas2 politik di sini memang dari awal punya kepentingannya sendiri2 dan sudah saling berkonflik satu sama lain.


gue sepakat devide et empera emang dilakukan penjajah.... cuma kebanyakan bukan membikin perselisihan di dalam suasana damai... tapi memancing di air keruh dengan menjadi kompor bagi salah satu pihak dalam konflik dengan berbagai imbalan2 tertentu tapi di lain sisi seringkali belanda emang yang cari gara2 dengan membuat konflik internnal kerajaan tentang siapa yang menjadi raja berikutnya