KASKUS

Quote:Original Posted By nanggala402


Kalau ngga dicoba maka selamanya mereka selalu memandang rendah kepada kita....trust me!.


gapapa di anggap rendah
kita dianggap rendah karena militer kita dinilai lemah
untuk saat ini ke depannya, biarkan saja sambil menunggu MEF tercapai. yang penting kita udah siap bila ada hal yang terburuk (sisi militer)

justru dengan pandangan tersebut, mereka akan menjadi lengah dan terlalu PD

lagian ga perlu serem serem lah..
Pakistan ama India aja perbatasannya bisa di jual ke wisatawan

Quote:Original Posted By nanggala402


Kalau ngga dicoba maka selamanya mereka selalu memandang rendah kepada kita....trust me!.


ga ada untungnya dicoba. amrika, rusia dan china aja yang anggaran militernya bejibun ga berani bermain2 dengan anggaran perangnya.
mendingan anggaran perang coba2 itu dibeliin alutsista baru yang deterent dan mumpuni.
Quote:Original Posted By suromenggolo


gapapa di anggap rendah
kita dianggap rendah karena militer kita dinilai lemah
untuk saat ini ke depannya, biarkan saja sambil menunggu MEF tercapai. yang penting kita udah siap bila ada hal yang terburuk (sisi militer)

justru dengan pandangan tersebut, mereka akan menjadi lengah dan terlalu PD

lagian ga perlu serem serem lah..
Pakistan ama India aja perbatasannya bisa di jual ke wisatawan

[QUOTE=gmmvgx;509b767fe474b48921000137]

ga ada untungnya dicoba. amrika, rusia dan china aja yang anggaran militernya bejibun ga berani bermain2 dengan anggaran perangnya.
mendingan anggaran perang coba2 itu dibeliin alutsista baru yang deterent dan mumpuni.


Justru inilah kelemahan kita selama ini yang dimanfaatkan oleh mereka sebaik2nya untuk memperluas wilayah mereka....
bukannya ane seneng perang gan, tapi kita juga coba untuk merenungi apa yang sudah dilakukan oleh bapak bangsa kita Ir. Soekarno...
tapi bukan cara kerasnya yang kita ambil tapi cara tegasnya dalam mempertahankan hak dari bangsa dan negeri ini....
liat aja apa terjadi ketika itu mereka kencing di celana gan...
sekali lagi bukan perangnya ya gan, tapi itulah nilai penggentar yang kita mainkan. Bukan surat2 cinta lagi sekarang ini jamannya

sorry just my opinion.....
Tanpa ada provinsi baru pun utk pertahanan sdh sepantasnya dilengkapi. Jadi menurut saya gak ada hubungannya antara provinsi baru dgn pengembangan pertahanan. Provinsi baru lebih kepada administrasi pemerintahan shg rakyat disana tidak merasa Malaysia sebagai rumahnya dan segera kembali ke ibu pertiwi.

Quote:Original Posted By kayakura
Gak se7, jelek singkatannya , Jadi KALUT


Singkatannya bukan KALUT, Tapi kaltara. Baca lagi ya gan ...
Quote:Original Posted By Rapihmas
Tanpa ada provinsi baru pun utk pertahanan sdh sepantasnya dilengkapi. Jadi menurut saya gak ada hubungannya antara provinsi baru dgn pengembangan pertahanan. Provinsi baru lebih kepada administrasi pemerintahan shg rakyat disana tidak merasa Malaysia sebagai rumahnya dan segera kembali ke ibu pertiwi.



==================
bro, bukannya pertahanan itu bukan hanya dilihat dari segi militer saja. tetapi di lihat dari kesejahteraan, pendidikan rakyat di provinsi itu. jadi paling enggak, dengan terbentuknya provinsi baru, maka akan menaikan taraf ekonomi dan menumbuhkan cinta tanah air. juga bagi TNI akan lebih mudah untuk pertahanan semesta bila terjadi clash dengan utara.
Quote:Original Posted By betano


==================
bro, bukannya pertahanan itu bukan hanya dilihat dari segi militer saja. tetapi di lihat dari kesejahteraan, pendidikan rakyat di provinsi itu. jadi paling enggak, dengan terbentuknya provinsi baru, maka akan menaikan taraf ekonomi dan menumbuhkan cinta tanah air. juga bagi TNI akan lebih mudah untuk pertahanan semesta bila terjadi clash dengan utara.


yakin dengan terbentuknya provensi baru ini ekonomi meningkat ? ini kan baru prediksi aja kalau nanti ada pembangunan.
tapi yang sudah pasti adalah,.. akan ada kodam baru, kodim baru polda baru, polres baru... ini yang real
Quote:Original Posted By suromenggolo


yakin dengan terbentuknya provensi baru ini ekonomi meningkat ? ini kan baru prediksi aja kalau nanti ada pembangunan.
tapi yang sudah pasti adalah,.. akan ada kodam baru, kodim baru polda baru, polres baru... ini yang real


kodam baru buat kaltra??? kekna baru niat korem dah... *n menurut pangdam mulawarman,, untuk sekarang belom butuh.. coz mulawarman aja udah cukup.. *
^^^
ini ya
Quote:
http://kaltim.antaranews.com/berita/...aru-di-kaltara


Sangatta (ANTARA Kaltim) - Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman mengatakan TNI masih mengkaji kemungkinan pembentukan Korem baru di wilayah Kalimantan Utara, untuk memperkuat pertahanan dan keamanan wilayah perbatasan.

Menurut Pangdam Mayjen Dicky Wainal Usman, Senin (12/11), kemungkinan besar tingkat Korem akan dibentuk, jika Provinsi Kalimantan Utara sudah terbentuk.

Pangdam mengatakan, untuk Kodam tidak perlu lagi, cukup Mulawarman saja, namun untuk Korem akan dibentuk kalau Provinsi Kalimantan Utara tersebut sudah resmi.

"Kodam VI Mulawarman sudah cukup untuk membawahi Provinsi Kalimantan Utara, namun untuk tingkat Korem itu sangat memungkinkan dibentuk, dan ini sedang dikaji dan TNI menunggu resminya Provinsi baru Kalimantan Utara," tegas Panglima berbintang dua itu, saat berada di Sangatta.

Pangdam mengatakan hal itu saat tiba di Bandara Tanjungbara, Sangatta Kutai Timur, Kalimantan Timur, untuk meninjau kesiapan lokasi Latihan Gabungan (Latgab) TNI di Sekerat Bengalon, Kutai Timur.

"Saya kira kira keamanan di wilayah perbatasan sebagai serambi terdepan perbatasan dengan negara tetangga akan semakin terjaga kalau ada Korem," kata Pangdam didampingi Asisten Operasi (Asops) Kodam VI Mulawarman Kolonel Inf Teguh, saat berada di Bandara Tanjungbara, Sangatta, Senin (12/11).

Pangdam Mayjen TNI Dicky W Usman yang tiba di Bandara Tanjungbara menggunakan Helikopter MI nomor Penerbangan HA 5160, dengan Pilot Letnam PNB Agung dan Co Pilot Lettu Kusnadi dan Letda Kalek, dalam rangka meninjau lokasi latihan gabungan (Latgab) di Sekerat Kutai Timur Kaltim.

Usai meninjau lapangan, sekitar pukul 12.15 wita, Pangdam mengakan jamuan makan siang di Coffe Tanjungbara, dengan didampingi Wakil Bupati Ardiansyah Sulaiman dan para perwira TNI dari Kodam VI Mulawarman dan Kodim, Lanal Sangatt dan Kapolres, serta Ashok Mitra CFO PT Kaltim Prima Coal dan Hasrul Sani, Manager External Relation dan jajarannya.

Usai makan siang, Panglima meninjau Mess Enggang, di Tanjungbara, yang nantinya akan digunakan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono menginap saat Latgab nanti.

Kemudian sekitar pukul 13.50 Wita, Pangdam dan rombongan kembali bertolak ke Balikpapan dari Bandara Ttanjungbara, Sangatta, menggunakan helikopter MI milik TNI AD. (*)
Editor: Arief Mujayatno

Quote:Original Posted By 18s


kodam baru buat kaltra??? kekna baru niat korem dah... *n menurut pangdam mulawarman,, untuk sekarang belom butuh.. coz mulawarman aja udah cukup.. *


Ya itu kan menurut terawangan pangdam, jadi boleh lah dan sah juga kalo dia yang berbicara.
Di jadikan setingkat korem juga bagus kok. Karena dibanding sebelumnya artinya ada peningkatan. Dari koramil ke korem.
Untuk sekarang kemungkinan saja belum butuh, tapi lihat perkembangan dari pemikirian di mabes dan kemenhan. Semua ada plus minus dan paparannya.

Quote:Original Posted By kajaraja
^^^
ini ya


eh pernah liat,, dulunya direktur zeni ya...
Quote:Original Posted By princeville
sblm bicara pertahanan,
  1. ada yg tw kondisi geografis nya disana yg berbataan keluar seperti apa ? tanah datar keras, tanah datar rawa, rawa2, berbukit, berbukit dan bersungai, berbukit, bersungai dan berawa, hutan lebat, hutan lebat berbukit bersungai berawa atau bagaimana?
  2. potensi ancaman dari sisi luar yang mungkin timbul seperti apa ?
  3. potensi lokal yang mw dikembangkan di daerah sana seperti apa ?


dari sini baru bisa dipertimbangkan pengembangan konsep pertahanan di sana, apakah berbasis infantri motoris base, infantri mekanik base, ar cav base, arty n cavalary support only, atau lainnya. jangan sampai ngusulin penempatan 2 yon Leo tp ternyata kondisi existingnya rawa dan sungai, kan jadi nggk lucu aja
Boleh nimbrung ya kebetulan ane di Tarakan Kaltara
Jadi begini gan, jangan bayangkan di Kaltara akan dibangun Konsep Pertahanan seperti yg kita impikan.
Karena utk memenuhi kebutuhan pokok sehari2 saja susah. Infrastruktur hampir tidak ada, geografis Gunung, dataran tinggi yg curam, sungai dan laut yg masih asli.

Jd kondisi inilah yg membuat Kalimantan Utara lebih menyanjung dan melakukan aktivitas ekonomi dgn negara tetangga. Ambil contoh daerah Krayan daerah yg berbatasan langsung dgn Malaysia. Di Krayan harga Bensin per botol bs mencapai Puluhan bahkan ratusan ribu, semen juga. Kenapa karena Geografisnya kampung dikelilingi dataran tinggi yg sulit dijangkau.
Lucunya justru ke Malaysia aksesnya gampang dan lebih mudah.

Oleh sebab itulah Pemerintah Kabupaten Kota setempat bersama DPRD Kaltim dan Pusat berjuang utk membentuk Provinsi baru ini.
Harapannya pembangunan ekonomi yg merata. Kamj di sini belum memikirkan sesuatu yg canggih seperti di Jawa dan Sumatra. Masih menikmati kesulitan ekonomi dan masalah lainnya.

Sy rasa pembentukan Kaltara ini salah satu bukti Bangsa ini akan maju walaupun terlambat.

Salam dari kami di Pedalaman Kaltara


Quote:Original Posted By hobas.pps
Boleh nimbrung ya kebetulan ane di Tarakan Kaltara
Jadi begini gan, jangan bayangkan di Kaltara akan dibangun Konsep Pertahanan seperti yg kita impikan.
Karena utk memenuhi kebutuhan pokok sehari2 saja susah. Infrastruktur hampir tidak ada, geografis Gunung, dataran tinggi yg curam, sungai dan laut yg masih asli.

Jd kondisi inilah yg membuat Kalimantan Utara lebih menyanjung dan melakukan aktivitas ekonomi dgn negara tetangga. Ambil contoh daerah Krayan daerah yg berbatasan langsung dgn Malaysia. Di Krayan harga Bensin per botol bs mencapai Puluhan bahkan ratusan ribu, semen juga. Kenapa karena Geografisnya kampung dikelilingi dataran tinggi yg sulit dijangkau.
Lucunya justru ke Malaysia aksesnya gampang dan lebih mudah.

Oleh sebab itulah Pemerintah Kabupaten Kota setempat bersama DPRD Kaltim dan Pusat berjuang utk membentuk Provinsi baru ini.
Harapannya pembangunan ekonomi yg merata. Kamj di sini belum memikirkan sesuatu yg canggih seperti di Jawa dan Sumatra. Masih menikmati kesulitan ekonomi dan masalah lainnya.

Sy rasa pembentukan Kaltara ini salah satu bukti Bangsa ini akan maju walaupun terlambat.

Salam dari kami di Pedalaman Kaltara



kami saudara sebangsa agan yang tinggal jauh dari kaltara...sedikit banyak bisa membayangkan bagaimana susahnya kehidupan di tempat agan
semoga dengan rencana pembentukan satuan koter ini...bisa mengangkat potensi daerah dan memperbaiki kesehjahteraan masy. disana...InsyAllah gan
anda tidak pernah sendiri....meskipun sulit bagi kami membantu secara langsung kesusahan yang dialami saudara-saudara kami disana, tapi yakinlah...doa kami selalu terselip permohonan untuk kebaikan bagi seluruh saudara sebangsa setanah air

salam buat rekan-rekan di kaltara...
Quote:Original Posted By hobas.pps
Boleh nimbrung ya kebetulan ane di Tarakan Kaltara
Jadi begini gan, jangan bayangkan di Kaltara akan dibangun Konsep Pertahanan seperti yg kita impikan.
Karena utk memenuhi kebutuhan pokok sehari2 saja susah. Infrastruktur hampir tidak ada, geografis Gunung, dataran tinggi yg curam, sungai dan laut yg masih asli.

Jd kondisi inilah yg membuat Kalimantan Utara lebih menyanjung dan melakukan aktivitas ekonomi dgn negara tetangga. Ambil contoh daerah Krayan daerah yg berbatasan langsung dgn Malaysia. Di Krayan harga Bensin per botol bs mencapai Puluhan bahkan ratusan ribu, semen juga. Kenapa karena Geografisnya kampung dikelilingi dataran tinggi yg sulit dijangkau.
Lucunya justru ke Malaysia aksesnya gampang dan lebih mudah.

Oleh sebab itulah Pemerintah Kabupaten Kota setempat bersama DPRD Kaltim dan Pusat berjuang utk membentuk Provinsi baru ini.
Harapannya pembangunan ekonomi yg merata. Kamj di sini belum memikirkan sesuatu yg canggih seperti di Jawa dan Sumatra. Masih menikmati kesulitan ekonomi dan masalah lainnya.

Sy rasa pembentukan Kaltara ini salah satu bukti Bangsa ini akan maju walaupun terlambat.

Salam dari kami di Pedalaman Kaltara




Semoga kedepan setelah pembentukan maka kebutuhan mendasar lebih mudah terjangkau. Amin

Minimal, kami ikut dalam mendoakan kebaikan bagi sodara disana..

Jogja
Ikut nyumbang doa, semoga kedepan kaltara lebih baik dan lebih maju lg..amin

Bogor,
Quote:Original Posted By hobas.pps
Boleh nimbrung ya kebetulan ane di Tarakan Kaltara
Jadi begini gan, jangan bayangkan di Kaltara akan dibangun Konsep Pertahanan seperti yg kita impikan.
Karena utk memenuhi kebutuhan pokok sehari2 saja susah. Infrastruktur hampir tidak ada, geografis Gunung, dataran tinggi yg curam, sungai dan laut yg masih asli.

Jd kondisi inilah yg membuat Kalimantan Utara lebih menyanjung dan melakukan aktivitas ekonomi dgn negara tetangga. Ambil contoh daerah Krayan daerah yg berbatasan langsung dgn Malaysia. Di Krayan harga Bensin per botol bs mencapai Puluhan bahkan ratusan ribu, semen juga. Kenapa karena Geografisnya kampung dikelilingi dataran tinggi yg sulit dijangkau.
Lucunya justru ke Malaysia aksesnya gampang dan lebih mudah.

Oleh sebab itulah Pemerintah Kabupaten Kota setempat bersama DPRD Kaltim dan Pusat berjuang utk membentuk Provinsi baru ini.
Harapannya pembangunan ekonomi yg merata. Kamj di sini belum memikirkan sesuatu yg canggih seperti di Jawa dan Sumatra. Masih menikmati kesulitan ekonomi dan masalah lainnya.

Sy rasa pembentukan Kaltara ini salah satu bukti Bangsa ini akan maju walaupun terlambat.

Salam dari kami di Pedalaman Kaltara




Betul itu, makany sblm ngomong berbusa-busa soal bikin kodam, naruh mbt, naruh kavalery dll, ya d lihat dlu bagaimana kondisi real lapangan ny. Mka ny gw bilang d atas ad yg tw tdk kondisi medan d sana, ancaman ny srperti ap? Jngn asal latah. Gw sepakat bhwa pmbngunan infrastruktur dan transportasi serta distribusi mnjdi ptioritas d sana.....
Quote:Original Posted By griffin.clone


Betul itu, makany sblm ngomong berbusa-busa soal bikin kodam, naruh mbt, naruh kavalery dll, ya d lihat dlu bagaimana kondisi real lapangan ny. Mka ny gw bilang d atas ad yg tw tdk kondisi medan d sana, ancaman ny srperti ap? Jngn asal latah. Gw sepakat bhwa pmbngunan infrastruktur dan transportasi serta distribusi mnjdi ptioritas d sana.....

Kalau dr kacamata sipil, keterangan mas Hobas.pps memang sangat benar. Kemakmuran rakyat hrs diutamakan. Masy mintanya ndak muluk2, cuma kpingin bisa makan dan cari rejeki.
Tapi kalau dr segi hankam, prov ini menurut saya kok salah satu yg penting ya. Berbatasan langsung dengan negara asing. Sama pentingnya seperti Papua, NTT. Bukan ndak mungkin ancaman kedaulatan di perbatasan datang sewaktu-waktu.
Kalau hemat saya, ya diambil jalan tengahnya, dilakukan kedua-duanya. Ya infrastruktur & transportasi, ya penguatan militer perbatasan. Saya rasa pemerintah sanggup kok, asal ada kemauan.
jangan lupa gan infrastrukturnya.. o iya saran aja sih, lebih baik bila dibangun jalur kereta sipil untuk angkut barang komoditas sembako dari stau daerah ke daerah lain ga cuman di kaltara doang tapi di semua provinsi di pulau Kalimantan.,

lebih efisien dan hemat ketimbang make truk besar yg beratin jalan.. ujung2xnya tu jalan rusak karna beban yg terlalu berat + cuaca
Quote:Original Posted By hobas.pps
Boleh nimbrung ya kebetulan ane di Tarakan Kaltara
Jadi begini gan, jangan bayangkan di Kaltara akan dibangun Konsep Pertahanan seperti yg kita impikan.
Karena utk memenuhi kebutuhan pokok sehari2 saja susah. Infrastruktur hampir tidak ada, geografis Gunung, dataran tinggi yg curam, sungai dan laut yg masih asli.

Jd kondisi inilah yg membuat Kalimantan Utara lebih menyanjung dan melakukan aktivitas ekonomi dgn negara tetangga. Ambil contoh daerah Krayan daerah yg berbatasan langsung dgn Malaysia. Di Krayan harga Bensin per botol bs mencapai Puluhan bahkan ratusan ribu, semen juga. Kenapa karena Geografisnya kampung dikelilingi dataran tinggi yg sulit dijangkau.
Lucunya justru ke Malaysia aksesnya gampang dan lebih mudah.

Oleh sebab itulah Pemerintah Kabupaten Kota setempat bersama DPRD Kaltim dan Pusat berjuang utk membentuk Provinsi baru ini.
Harapannya pembangunan ekonomi yg merata. Kamj di sini belum memikirkan sesuatu yg canggih seperti di Jawa dan Sumatra. Masih menikmati kesulitan ekonomi dan masalah lainnya.

Sy rasa pembentukan Kaltara ini salah satu bukti Bangsa ini akan maju walaupun terlambat.

Salam dari kami di Pedalaman Kaltara



Jadi inget kejadian masukin ambulans buat pkm krayan induk liwat malaysia.... wkkkwwkkkkk wuaseemmm.. pait pait terpakse lahhh

×