Pembentukan Provinsi Kalimantan Utara (KALTARA) Disetujui


Mohon di ya juragan, biar semua kaskuser tau provinsi baru akan lahir dan mohon doanya agar Provinsi Kalimantan Utara bisa menjadikan daerahnya lebih baik.
kalo mau kasih ane juga akan sangat bersyukur


Ane orang asli Kota Tarakan yang tergabung di Provinsi Kaltara yang sudah disetujui ini. Beberapa tahun lalu ane pernah beberapa kali ikut rapat dan studi tentang kelayakan Kaltara untuk jadi Provinsi. Alhamdulillah Kaltara udah disetujui gan. Ini daerah yang juga hobi diganggu Malaysia, semoga kedepannya setelah dibentuknya Provinsi ini Kehidupan warga Kalimantan bagian Utara akan lebih baik, dan bisa membuat Indonesia lebih disegani negara tetangga. sebelum cekidot beritanya, liat dulu sejarah Kaltara gan!

Semoga saja ini tidak jadi lahan kerajaan baru bagi para oknum gan, doakan kami putra daerah bisa mengawalnya dengan baik

Oia, perlu diketahui juragan, luas Kalimantan Timur itu 1,5x Pulau Jawa, bayangkan bagaimana ngurusnya daerah seluas itu, itulah salah satu alasan dari berbagai alasan Kalimantan Timur harus dipecah menjadi dua, maka lahirlah Kalimantan Utara.

Spoiler for SEJARAH SINGKAT PROVINSI KALTARA:


Pembentukan Provinsi Kalimantan Utara (KALTARA) Disetujui
Quote:
Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat dan Kementerian Dalam Negeri menyepakati pembentukan lima daerah otonomi baru. Salah satu provinsi baru yang disetujui dalam rapat kerja antara Komisi dengan Menteri Dalam Negeri adalah Provinsi Kalimantan Utara. "Kami menggunakan berbagai pendekatan, termasuk efektivitas pelayanan publik," kata Ketua Komisi Pemerintahan DPR, Agun Gunanjar, di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin, 22 Oktober 2012.

Agun menyatakan Dewan tidak hanya menggunakan Peraturan Pemerintah Tahun 1978 Tahun 2007 tentang Pemekaran Daerah. Pendekatan lain yang digunakan antara lain politik, geostrategis, dan potensi daerah. Selain Kalimantan Utara, DPR dan pemerintah juga menyepakati empat kabupaten lain, yaitu Pangandaran di Jawa Barat, Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak di Papua Barat, dan Pesisir Barat di Lampung.

Selain yang sudah disepakati, Panitia Kerja Daerah Otonomi Baru sempat mengusulkan empat kabupaten lain sebagai daerah otonomi baru, yaitu Musi Rawas Utara, Mahakam Ulu, Malaka, dan Mamuju Tengah. Namun, setelah melalui lobi dengan pemerintah, keempat daerah tersebut tidak jadi dimekarkan menjadi daerah baru.

Daerah-daerah yang batal ini akan dibahas pada masa sidang selanjutnya bersama 10 daerah lain yang belum mendapat persetujuan pemekaran. Kesepuluh daerah tersebut yakni Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan; Pulau Taliabu, Maluku Utara; Banggai Laut, Sulawesi Tengah; dan Morowali Utara, Sulawesi Tengah. Selain itu ada enam kabupaten di Sulawesi Tenggara yaitu Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Buton Selatan, Buton Tengah, Muna Barat, serta Kota Raha.

Ketua Panitia Kerja Daerah Otonomi Baru, Abdul Hakam Naja, menyatakan pemerintah memang masih menerapkan moratorium pemekaran. Tapi, mereka akhirnya menerima usulan pemekaran dengan selektif agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, seperti perbatasan wilayah, bagi hasil kekayaan alam, pemindahan aset, personel, dan dana daerah.

"Daerah induk dan pemekaran harus duduk bersama," kata dia. Hakam menjelaskan, dalam undang-undang juga diperinci secara jelas dana perasional dan bantuan dana untuk menghadapi pilkada pertama. "Dulu ada perjanjian lisan, sekarang ada hitam di atas putih."

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menjelaskan, ada beberapa terobosan dalam proses pemekaran ini. Misalnya, kewajiban penyerahan aset dari daerah induk ke daerah pemekaran dalam waktu lima tahun. Peraturan ini juga mengatur sanksi bagi daerah yang tidak melakukan itu. "Pemerintah pusat bisa memberi sanksi," kata dia. Gamawan menjelaskan, pemerintah tetap mengevaluasi pembentukan daerah baru ini.

Dia mencontohkan, daerah yang terbentuk tidak langsung memilih pemimpin daerah tapi ditunjuk penjabat sementara. DPRD baru akan dibentuk setelah Pemilu 2014 dan pemilihan kepala daerah setahun kemudian. "Ada masa tiga tahun persiapan," ucapnya. Pemerintah, kata Gamawan, tetap menyeleksi secara ketat daerah yang ingin memekarkan diri.

SUMBER TEMPO.CO.ID

Kaltara Diketok Bareng 8 DOB Lainnya

Quote:SAMARINDA - Sesuai jadwal ditetapkan Badan Musyawarah DPR RI, pada Rabu (24/10) mendatang, DPR akan mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) pembentukan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) bersamaan delapan daerah pemekaran lainnya di Indonesia, termasuk Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) di Kutai Barat untuk menjadi Undang-Undang.
"Semoga, jadwal pengesahan RUU Kaltara menjadi UU tak bergeser lagi. Kabarnya, dari 19 DOB diajukan DPR sebagai hak inisiatif DPR pada 14 April lalu ke presiden, hanya 9 yang disahkan menjadi DOB untuk tahap pertama 24 Oktober nanti. Sedangkan tahap kedua, akan disahkan pada Desember mendatang," jelas Ketua Masyarakat Kaltara Bersatu (MKB) Yusuf SK kepada Koran Kaltim belum lama ini.
Hal senada juga disampaikan Kepala Biro Perbatasan, Penataan Wilayah dan Kerjasama Setprov Kaltim, Tri Murti Rahayu, bahwa semua persyaratan administrasi menyangkut Kaltara sudah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri. Jika seluruh persyaratan terpenuhi, maka Kaltara dipastikan akan disahkan pada 24 Oktober 2012.Dalam pengesahan Kaltara dan Mahulu, Anggota Komisi I DPRD Kaltim bersama Tim MKB dan Mahulu akan turut hadir bersama 7 DOB lainnya. Kehadiran mereka untuk menyaksikan momen bersejarah pengesahan terbentuknya daerah pemekaran baru di Indonesia. "Komisi I DPRD Kaltim akan hadir saat pengesahan Kaltara dan Mahulu menjadi DOB di Indonesia," ucap Wakil Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Yefta Berto usai menutup rapat dengar pendapat dengan Tim MKB dihadiri Yusuf SK, Philipus Gaing, Soehartono Soetjipto, Mayjend Pol (Purn) Abdul Rahman dan Aji Sofyan Effendi terkait pembahasan dana hibah Kaltara yang direkomendasi Komisi I senilai Rp1 triliun setiap tahun pada Senin (15/10) lalu. (sua)


SUMBER KORAN KALTIM

Oiya, Selamat juga untuk warga Pangandaran di Jawa Barat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak di Papua Barat, dan Pesisir Barat di Lampung atas terbentuknya daerah baru tersebut. Semoga akan membuat daerah lebih baik.

Sila baca ini juga: Mengenal Budaya Unik Iraw Tengkayu Kota Tarakan Kaltim
BEST COMMENTS
PRO KONTRA
TERBENTUKNYA KALIMANTAN UTARA



Spoiler for best Comments:









udah banyak contoh, pemekaran malah bikin kerajaan baru.
palu sudah diketuk, smg jd provinsi yg berkembanglah

ane bantu rate, gan
semoga karena emang karena kebesaran daerahnya,
bukan karena pingin buat dinasti kerajaan :
wah selamat gan, ane ikut seneng gan karena daerah sana menurut berita yang ada sering jadi lahan gangguan negara tetangga, semoga setelah jadi provinsi pengawasan dan administrasi daerahnya makin solid ya..

keren si agan ikut rapat pembentukan provinsi,
Quote:Original Posted By batu.merah


udah banyak contoh, pemekaran malah bikin kerajaan baru.


Semoga saja ini bisa lebih baik gan, optimis

Quote:Original Posted By gajinov
palu sudah diketuk, smg jd provinsi yg berkembanglah

ane bantu rate, gan


Amin.. makasih gan.

Quote:Original Posted By galuhsuda
semoga karena emang karena kebesaran daerahnya,
bukan karena pingin buat dinasti kerajaan :


Amin... thanks komennya gan
siap siap nepotisme aja seperti propinsi yang lain
yah bagus, ladang korupsi, dinasti dan kerajaan baru, para pejabat-pejabat mental korup pasti sangat senang, setelah dana bantuan di kucurkan dari pemerintah, maka saat itulah pertumpahan darah, perebutan kekuasaan, rebutan proyek pembangunan dan yg paling utama KKN dimulai...

kasihan buat rakyatnya yg masih kolot di bodohi sama orang daerah sendiri...
moga dengan adanya pemekaran wilayah ini kesejahteraan sodara2 ane di sana makin meningkat dan diperhatikan
semoga dengan ini daerah agan bisa lebih maju lagi
ane udah menyaksikan langsung betapa jelasnya perubahan, khususnya infrastruktur setelah terjadi di pemekaran provinsi di daerah ane,
bisa dibilang serasa merdeka.
Quote:Original Posted By laksanama
wah selamat gan, ane ikut seneng gan karena daerah sana menurut berita yang ada sering jadi lahan gangguan negara tetangga, semoga setelah jadi provinsi pengawasan dan administrasi daerahnya makin solid ya..

keren si agan ikut rapat pembentukan provinsi,


makasih gan, mohon doanya semoga setelah ini daerah Kalimantan Utara akan semakin baik.
ane orang balikpapan gan.. ikut masuk provinsi mana neh?
Emang pembentukan kaltara bagus,,
ibukota kaltim kan di bawah,, jauh dengan bagian utara
jadi susah buat d urusnya tuh bagian utara

tapi ada jeleknya juga nih..
daerah baru.. kerajaan baru
mark up bakalan menggila nih.. apalagi bakalan byk proyek ntar
Quote:Original Posted By dikcil
siap siap nepotisme aja seperti propinsi yang lain


KKN ga bisa dihindari gan, diminimalisir mungkin bisa, mohon doanya gan

Quote:Original Posted By Pongasi
yah bagus, ladang korupsi, dinasti dan kerajaan baru, para pejabat-pejabat mental korup pasti sangat senang, setelah dana bantuan di kucurkan dari pemerintah, maka saat itulah pertumpahan darah, perebutan kekuasaan, rebutan proyek pembangunan dan yg paling utama KKN dimulai...

kasihan buat rakyatnya yg masih kolot di bodohi sama orang daerah sendiri...


Hehe.. Ini masukan buat ane utk jaga daerah ane dari oknum2 yg kayak gitu gan.. thanks kritisinya gan

Quote:Original Posted By orenazionale
moga dengan adanya pemekaran wilayah ini kesejahteraan sodara2 ane di sana makin meningkat dan diperhatikan


Amin.. Ane doakan gan..

Quote:Original Posted By haesman
semoga dengan ini daerah agan bisa lebih maju lagi
ane udah menyaksikan langsung betapa jelasnya perubahan, khususnya infrastruktur setelah terjadi di pemekaran provinsi di daerah ane,
bisa dibilang serasa merdeka.


Nahh ini salah satu yg daerahnya maju akibat pemekaran, semoga daerah ane kayak daerah agan ya

Quote:Original Posted By Kurani
ane orang balikpapan gan.. ikut masuk provinsi mana neh?


Balikpapan tetap Kaltim gan, kita pisah tapi tetap
Quote:Original Posted By reinzel
Emang pembentukan kaltara bagus,,
ibukota kaltim kan di bawah,, jauh dengan bagian utara
jadi susah buat d urusnya tuh bagian utara

tapi ada jeleknya juga nih..
daerah baru.. kerajaan baru
mark up bakalan menggila nih.. apalagi bakalan byk proyek ntar


Pasti ada plus minusnya gan.. Proyek bakal banyak, itu utk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat juga kan, hehe tp kalo mark up menggila siap2 aja oknum pejabatnya dikasih
bisa jadi daerah maju tuh gan, secara banyak juga tambangnya
kok nama singkat provinsinya Kaltara bukan Kalut
berbeda dengan kota jakarta dan pulau lain mengunakan singkatan "ut" untuk utara
Dedengkot underground-nya Kaltara udah mulai mengontrol pemda untuk mengutamakan pembangunan jalanan dari perbatasan Berau sampai Malaysia untuk membuka akses ke Krayan.

So, dana ratusan milyaran (sedang diusulkan 1 T /tahun) kucuran kaltim akan diamankan untuk jalanan bukan untuk bikin kantor-kantor baru.

FYI, maksud gw dedengkot nih tokoh yg bisa menggerakkan massa dari smua etnis di KALTARA
sudah saatnya hasil sumber daya alam setiap daerah dikelola oleh putra2 daerah sendiri,
jangan mau di"gosip"kan dengan isu2 raja2 kecil

sebagai contoh, apabila hasil SDA di peroleh 100, cukup 5 atau 6 saja yg disetorkan ke jawa,
baik itu hasil PAJAK nya maupun keuntungannya