KASKUS

[Jika Rel Pantura Beres]Kemenhub Bersiap Garap Proyek Jalur Ganda Lintas Selatan Jawa

Quote:Rampung mengerjakan proyek jalur ganda kereta api lintas utara Jawa pada 2013, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menargetkan langsung membangun rel ganda lainnya di lintas Selatan Jawa.

Untuk mendukung dananya, akan diterbitkan Sukuk senilai Rp1,6 triliun khusus untuk pembangunan ruas Cirebon-Prupuk.

"Kami targetkan double track (jalur ganda) kereta api (KA) lintas utara Jawa rampung pada 2013, setelah itu kami langsung pindah untuk mengerjakan double track KA lintas Selatan yang melalui Cirebon ke Kroya dan tembus ke Surabaya," kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Tundjung Inderawan hari ini, Kamis (18/10/2012).

Dia menambahkan jalur ganda KA lintas Selatan Jawa ini akan melalui Cirebon-Prupuk-Purwokerto-Kroya-Kutoarjo-Yogyakarta-Solo-Madiun-Surabaya sepanjang kurang lebih 800 kilo meter (km). Dari jalur-jalur tersebut, yang sudah jalur ganda hanya lintas Prupuk-Purwokerto dan Kutoarjo-Yogyakarta.

Untuk lintas Cirebon-Prupuk, imbuh Tundjung, pembiayaannya diupayakan dari penerbitan surat utang negara berbentuk Sukuk senilai total Rp1,6 triliun. "Penerbitan Sukuk untuk pembiayaan infrastruktur ini akan dijadikan pilot project."

Tundjung menjelaskan dari Rp1,6 triliun itu, sekitar Rp800 miliar akan sudah dianggarkan pada tahun anggaran Ditjen Perkeretaapian pada 2013, sisanya pada 2014.

"Untuk lintas Kutoarjo-Kroya sepanjang 76 km, lanjutnya, akan segera dilelang. Untuk jalur ganda lintas Purwokerto-Kroya kemungkinan baru dilaksanakan pada 2014.

"Pembangunan jalur ganda tersebut akan dilaksanakan setelah jalur ganda pantura. Tetapi yang jelas pembebasan tanah sudah dikerjakan," ucapnya.

Tundjung menjelaskan biaya pembangunan jalur ganda ruas Purwokerto-Kroya akan menggunakan dana pinjaman dari Jepang karena membutuhkan biaya lebih besar, mengingat perlu teknoligi tinggi yakni perlu dibangunnya rel disamping dam.

"Kalau lancar soal pendanaan, konstruksinya bisa langsung dikerjakan setelah lelang dilaksanakan untuk ruas-ruas itu," tuturnya.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan pihaknya terus mempercepat realisasi jalur rel KA ganda sebagai salah satu upaya untuk menciptakan pengangkutan barang maupun penumpang melalui KA secara lebih optimal.

"Jadi selain menggenjot realisasi jalur rel KA ganda lintas utara yang tuntas 2013, kami juga mengupayakan jalur rel KA ganda lintas selatan Pulau Jawa bisa tuntas pada 2016," katanya. (sut)


http://www.bisnis.com/articles/rel-k...s-selatan-jawa

Semoga semuanya lancar, kalau bisa Sumatera relnya juga disambung...
bakal makin prima aja nih layanan KA untuk jalur selatannya
jawa aja yg diurusin. tuh indonesia timur, kalimantan, sumatera masih banyak jalur transport yg rusak, masih banyak yg terisolir dah 67 tahun kita merdeka.
wih udah bukan dana pinjaman pemerintah china lagi sekarang
Abis pantura, trus pantai selatan, lintas sumatera, kalimantan. ekonomi bakal bergerak cepet.
Quote:"Untuk lintas Kutoarjo-Kroya sepanjang 76 km, lanjutnya, akan segera dilelang. Untuk jalur ganda lintas Purwokerto-Kroya kemungkinan baru dilaksanakan pada 2014.

ah...kampreeed masih lama ternyata
kroya-kutoarjo itu setau gue juga jalur sibuk soalnya ada kereta dari/ke arah bandung juga cmiiw
di maos sedang di garap jembatan anyar di sisi utara jembatan lama, ada yg tau untuk apa ?
Paling ganti presiden plannya berubah atau batal
berita zombie lagi