Thumbs up [ide wagub] DKI Akan Beli Armada Metromini dan Kopaja



Quote:JAKARTA (Pos Kota) – Pemprov DKI Jakarta memiliki gagasan membeli seluruh armada Metromini dan Kopaja sebagai upaya perbaikan kualitas angkutan umum karena banyak yang tidak laik jalan.

Sistem setoran akan dihapus dan diganti dengan gaji. Sopir dan kondektur akan memperoleh penghasilan sekitar Rp3,5 juta hingga Rp5 juta. Dengan sistem ini, diharapkan ulah tidak disiplin pengemudi angkutan umum yang sering dikeluhkan warga bisa dikurangi.

Menurut Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama, rencananya armada juga akan diganti dengan bus yang lebih besar. “Bisa saja nanti busnya seperti busway sehingga bisa mengambil penumpang di halte busway,” ujar Basuki, di Balaikota, Rabu (17/10).

Alternatif lain dalam pemenuhan armada ini, tidak menutup kemungkinan pihaknya melibatkan perusahaan swasta. “Misalnya saja perusahaan A yang biasanya memasang iklan hingga Rp1,5 miliar kita arahkan uangnya lebih baik dibelikan bus saja. Nanti di bus tersebut tertera produk dari perusahaan tersebut,” jelasnya.

PEREMAJAAN

Secara terpisah, Gubernur DKI, Joko Widodo, menyatakan peremajaan terhadap angkutan yang tak layak operasi perlu dilakukan demi kenyamanan dan keamanan para penumpangnya.

“Kita sudah diskusi dengan Kepala Dinas Perhubungan soal peremajaan bus kota ini. Apakah polanya berupa hibah atau subsidi. Masih dikaji dulu. Yang pasti kita harus membangun nilai-nilai baru, sistem yang baru dan perlu kontroling di lapangan yang ketat,” ujar Jokowi saat meninjau ke Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, kemarin.

Dalam kunjungannya, Jokowi banyak menemukan bus kota berusia di atas 15 tahun. Banyak pula kondisi armada Kopaja yang remnya tidak berfungsi normal, body keropos, dan tidak memiliki speedometer. Bahkan sejumlah awak bus tampak tidak mengenakan seragam sehingga membuat bingung. Apakah itu sopir batangan atau sopir tembak?

“Coba, ini di ibukota negara loh. Perlu ada peremajaan total. Gak tahu itu pakai pola subsidi atau pola hibah. Jangan suruh mereka untuk beli, gak mungkin, Sampai kapan pun gak mungkin,” ucap Jokowi didampingi Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono.

MEMBAHAYAKAN

Menanggapi hal ini, Ketua Umum Koperasi Angkutan Umum Jakarta (Kopaja), Nanang Basuki, mengatakan, saat ini memang banyak armada Kopaja yang kondisinya memprihatinkan. Perlu diremajakan. Jika dibiarkan dikhawatirkan membahayakan keselamatan bagi penumpang.

Dalam catatan Nanang, saat ini seluruh armada Kopaja yang ada 1.479 unit, 70 persen di antaranya usianya sudah di atas 15 tahun. Dari yang 70 persen itu banyak bus tidak layak operasi namun tetap beropasi.
“Peremajaan sebenarnya telah dilakukan di sejumlah trayek. Kami juga keinginan melakukan peremajaan tapi kalau oleh Kopaja sendiri jelas tidak mungkin. Perlu ada bantuan dari Pemprov DKI dan perbankan,” jelasnya.

Pihaknya berharap, jika terjadi peremajaan maka pola yang diterapkannya berupa hibah. Selain biayanya sangat ringan prosesnya mudah, ada bantuan dari pemerintah. Namun sebelum peremajaan, perlu perubahan sistem terlebih dulu.

RP1,5 TRILIUN

Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ), Azas Tigor Nainggolan, menyatakan setuju dengan langkah Pemprov DKI tersebut. Namun, untuk merealisasikan butuh biaya tinggi. Misalnya saja sesuai data, di Jakarta terdapat 4.944 unit armada Kopaja dan Metromini.

Dari jumlah tersebut hampir 70 persen armada telah berusia uzur. Artinya hampir sekitar 3 ribu unit perlu diremajakan. Jika setiap bus harganya Rp500 juta diperlukan dana sekitar Rp1,5 triliun. “Ini yang harus dipikirkan. Apakah mungkin dana sebesar ini bisa digelontorkan melalui dana hibah,” ujar Azas.

MRT TERANCAM

Sementara itu, impian warga Jakarta bisa menikmati transportasi massal modern dan canggih seperti Mass Rapid Transit (MRT) terancam tertunda. Hal ini menyusul langkah Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Jokowi yang akan mengkaji ulang proyek itu.

Wagub Basuki mengatakan pemaparan ulang dilakukan karena pihaknya menerima hasil kajian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Dari hasil kajian MTI, terlihat pembangunan MRT Jakarta sangat mahal.

“Karena itu kita akan meminta PT MRT Jakarta untuk paparan ulang. Kami ingin melihat apakah sudah sesuai atau belum. Prinsipnya gubernur kan sederhana kalau bisa membuktikan itu tidak mahal ya jalan, toh bukan duit kita kok. Tetapi itu harus dihitung,” jelas Basuki. (guruh/yulian/ak/o)


MRT gagal ga masalah yang penting angkutan masal yang aman, nyaman & banyak 24 jam itu yang di perlukan warga
kerjaan yang lumayan menantang nh.. tpi klo berhasil bakal dijadikan contoh buat kota kota lain..
Quote:Original Posted By m4ndiri




MRT gagal ga masalah yang penting angkutan masal yang aman, nyaman & banyak 24 jam itu yang di perlukan warga


bener banget gan, jakarta gak butuh kendaraan yang canggih ato apalah, yang penting itu aman dan nyaman, dan tersedia 24 jam, kan enak jadinya, mungkin lebih milih naek kendaraan umum ke timbang pribadi
1. perhatikan juga management pengelola angkutannya harus di buat profesional karena amat mempengaruhi pemeliharaan, peremajaan, sopir-sopirnya dan keamanan pengguna angkutan.

2. bekerja sama kapolda metro untuk menjamin keamanan para pengguna angkutan umum, dengan menindak tegas para pelaku kejahatan di angkutan umum seperti perkosaan, perampokan, penodongan dan pencabulan.
supaya tercipta jaminan keamanan bagi pengguna angkutan umum

3. menertibkan ruas jalan, kembalikan fungsi jalan dan tratoar, hak pengguna jalan menjadi jalanan bukan menjadi lahan parkir, tempat ngetem, tempat berjualan , tempat menaruh sampah.
Tugas yg tidak gampang..

Semangat terus Jokowi AHok..
ada yang aneh disini...

metromini dan kopaja, adalah pengusaha swasta yang bergerak dibidang transportasi......

selama usaha, apa ga ada keuntungan, kok malah minta hibah segala.....udah kebalik2 orang jompo baru minta bantuan.....
Udah dari jaman Bang Yos yang namanya angkutan Metro Mini dan Kopaja itu banyak yang gak layak jalan..coba aja cek body mobilnya apa lagi ban luar yang dipake kebanyakan pada botak malah udah rusak tp ttp dipaksa buat cari uang..
Belum lagi supirnya pada Ugal-Ugalan berasa Gosht Rider semua
Berasa main Game aja bawa mobil kalo nabarak tinggal insert coin

Ngeri dah klo naik Metro sana Kopaja, ibaratnya bertaruh sama nyawa sendiri
Semoga masalah transportasi ini bisa diselesaikan dengan cara paling baik
hayo percepat selesai masalah angkutan umum... biar kami para pengawal jakarta baru siap untuk memarkirkan motor motor kami

dan kami siap untuk naik angkutan umum lagi................


sueerrrrr
ide nya menarik..
dengan membeli metro mini di pasang iklan...jadi ada pemasukan dari iklan produk..
menurut gw masyarakat sekarang, butuh MRT karena cepat dan tidak macet.

kalau metromini dibagusin, orang2 jg tetep males naeknya, selain sering ngetem dan juga terjebak macet
Quote:Original Posted By m4ndiri


MRT gagal ga masalah yang penting angkutan masal yang aman, nyaman & banyak 24 jam itu yang di perlukan warga


Quote:Original Posted By 12inmyheartz
bener banget gan, jakarta gak butuh kendaraan yang canggih ato apalah, yang penting itu aman dan nyaman, dan tersedia 24 jam, kan enak jadinya, mungkin lebih milih naek kendaraan umum ke timbang pribadi


buseeetthh 24 jam ?
di kota2 maju aja ga sampe 24 jam juga kalii brrooo...
di singapore, tokyo, seoul, melbourne dll juga rata2 cuma sampe jam 12.. kalo uda d atas jam 12, cuma aada taxi,
soalnya kalo udah larut malem, masalah keamanan juga jadi pertimbangan, misal jam 1 pagi ente naek metro mini dan penumpangnya cuma ente sendirian, kalo ente cowo ya berisiko d palakin preman, kalo ente cewe ya di perkaos + d palakin.. inget kata bang napi, kejahatan ada bukan karena ada niat pelakunya, tapi karena ada kesempatan..
Quote:Original Posted By tukang.bubur
menurut gw masyarakat sekarang, butuh MRT karena cepat dan tidak macet.

kalau metromini dibagusin, orang2 jg tetep males naeknya, selain sering ngetem dan juga terjebak macet


bukan barangnya doang gan yg dibagusin

tapi sistemnye kan diganti jadi gaji bukan setoran

otomatis para supir bakal ikut aturan.

jadi gk usah takut gk dapet penumpang toh ujung2nya digaji.
Quote:Original Posted By tukang.bubur
menurut gw masyarakat sekarang, butuh MRT karena cepat dan tidak macet.

kalau metromini dibagusin, orang2 jg tetep males naeknya, selain sering ngetem dan juga terjebak macet


kalo sistemnya di gaji ngga setoran ngapain juga ngentem gan?
gaji sopir 3.5 juta - 5 juta... itu buruh2 yang demo mau pada jadi sopir ga.. lulusan s1 fresh juga bakal kalah sama gajinya sopir...
wah mantap tuh, jadi uang yang biasanya masuk untuk bayar reklame bisa diakai buat maintenance dan perbaikan kendaraan umum

hayo apa yang dulu gk sempat mikir ide ini
MRT batal? hebat bener batalin proyek nasional
dulu janjinya mrt dilanjutkan...
yang penting angkutan yang aman nyaman dan murah
Quote:Original Posted By black_
gaji sopir 3.5 juta - 5 juta... itu buruh2 yang demo mau pada jadi sopir ga.. lulusan s1 fresh juga bakal kalah sama gajinya sopir...



IPKnya harus 3 bro klo mau jd sopir Kopaja
ane setuju MRT di pending dulu
jikalau proyek MRT lanjut bersamaan dengan peremajaan Metromini dan Kopaja maka yang di takutkan akan kekurangan dana, bisa saja akan membuat proyek mandeg
jadi kalau misalkan MRT jalan dan Metromini Kopaja masih dengan keadaan sekarang apa bedanya, angkutan umum masih tetap buruk dan tidak layak.
jikalau Metromini Kopaja yang sekarang ini masih beroperasi di perbaiki sistemnya maka otomatis akan ada yang beralih ke kendaraan umum (sudah layak pakai)
masih ada waktu untuk melanjutkan MRT kalau Metromini dan Kopaja sudah di perbaiki, begitupula Busway dan kereta.

masalah transportasi semakin terlihat cerah
semoga semua berjalan lancar tanpa ada masalah
satu dua tiga empat