- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing & Research
Ilmu menjaga pelanggan yang Royal
TS
rryndud
Ilmu menjaga pelanggan yang Royal
Memiliki pelanggan yang loyal bukanlah hal yang mudah, sebab memiliki kepercayaan pelanggan bukanlah sesuatu yang diperoleh dengan cepat. Perlu waktu untuk membina hubungan yang baik antar sales dan pelanggan. Pelanggan yang loyal merupakan asset, sebab itu harus dijaga untuk pelanggan tetap loyal dan tidak berpindah ke kompetitor.
Arti sederhana dari loyalitas itu sendiri adalah kesetiaan. Banyak faktor sesungguhnya yang mempengaruhi loyalitas tersebut. Diantaranya suasana yang aman dan nyaman bagi pelanggan. Bukan hanya lingkungan dalam arti sebenarnya yaitu lokasi atau lingkungan dimana pelanggan itu berada. Dapat diartikan juga kondisi perusahaan yang bersangkutan. Jika banyak sekali berita buruk atau image buruk tentang perusahaan tersebut tentu hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan pelanggan. Dan itu dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan. Banyak perusahaan yang menganggap bahwa pelanggan harus loyal, tetapi sangat kurang untuk memperhatikan apa yang diinginkan oleh pelanggan tersebut. Misalnya tidak ada service yang memuaskan, atau hak-hak pelanggan yang diabaikan. Hal tersebut dapat membuat pelanggan berpindah kepada kompetitor.
Para pebisnis berkinerja tinggi juga harus senantiasa mencari cara baru plus inovatif agar pelanggan kembali datang, dan bahkan menggaet pelanggan baru. Studi menunjukkan eratnya keterkaitan antara inovasi dan mempertahankan bisnis berkinerja tinggi. Perusahaan-perusahaan seperti Nokia, Samsung, Southwest Airlines, Wall-Mart, Dell dan IKEA selalu berinovasi walau dalam kondisi pasar menurun pada 1990-an, dan mereka berada dalam posisi yang beruntung ketika pasar kembali mencuat. Perusahaan-perusahaan ini memang berobsesi memenangkan pertandingan dalam mempertahankan pelanggan.
Mereka merangkul teknologi dan berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk memperbaiki operasionalnya. Untuk menstimulasi permintaan, mereka menerapkan kampanye pemasaran secara efektif, selalu mencari jalan menurunkan harga, dan memperkenalkan produk atau layanan baru ke pasar konsumen. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk tetap mempertahankan loyalitas pelanggan :
Buat lengkapnya langsung di klik aja nich gan:
http://managedaily.co.id/column/inde...rketing/2506/0
Arti sederhana dari loyalitas itu sendiri adalah kesetiaan. Banyak faktor sesungguhnya yang mempengaruhi loyalitas tersebut. Diantaranya suasana yang aman dan nyaman bagi pelanggan. Bukan hanya lingkungan dalam arti sebenarnya yaitu lokasi atau lingkungan dimana pelanggan itu berada. Dapat diartikan juga kondisi perusahaan yang bersangkutan. Jika banyak sekali berita buruk atau image buruk tentang perusahaan tersebut tentu hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan pelanggan. Dan itu dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan. Banyak perusahaan yang menganggap bahwa pelanggan harus loyal, tetapi sangat kurang untuk memperhatikan apa yang diinginkan oleh pelanggan tersebut. Misalnya tidak ada service yang memuaskan, atau hak-hak pelanggan yang diabaikan. Hal tersebut dapat membuat pelanggan berpindah kepada kompetitor.
Para pebisnis berkinerja tinggi juga harus senantiasa mencari cara baru plus inovatif agar pelanggan kembali datang, dan bahkan menggaet pelanggan baru. Studi menunjukkan eratnya keterkaitan antara inovasi dan mempertahankan bisnis berkinerja tinggi. Perusahaan-perusahaan seperti Nokia, Samsung, Southwest Airlines, Wall-Mart, Dell dan IKEA selalu berinovasi walau dalam kondisi pasar menurun pada 1990-an, dan mereka berada dalam posisi yang beruntung ketika pasar kembali mencuat. Perusahaan-perusahaan ini memang berobsesi memenangkan pertandingan dalam mempertahankan pelanggan.
Mereka merangkul teknologi dan berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk memperbaiki operasionalnya. Untuk menstimulasi permintaan, mereka menerapkan kampanye pemasaran secara efektif, selalu mencari jalan menurunkan harga, dan memperkenalkan produk atau layanan baru ke pasar konsumen. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk tetap mempertahankan loyalitas pelanggan :
Buat lengkapnya langsung di klik aja nich gan:
http://managedaily.co.id/column/inde...rketing/2506/0
0
1.3K
6
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan