Exclamation Bagaimana melawan Polisi yang semena-mena?

Ini saya punya cerita.. ketika saya bertamu ke rumah kawan saya. karena ketika saya sampai ke rumah kawan saya, dia lagi keluar beli rokok dan saya akhirnya menunggu. namun ketika kawan saya kembali dari beli rokok.. tiba2 sekelompok kira2 8 -10 orang polisi langsung menangkap kawan saya ketika dia keluar dari mobil-nya. ternyata kawan saya adalah pemakai narkoba. dan saya turut di geledah dan di"angkut". kita berdua di tes urin dan saya lolos dan di perbolehkan pulang setelah menginap di polres yang janggalnya adalah para polisi ini menunjukkan surat perintah penangkapan tapi tak memperbolehkan saya untuk membacanya (ketika saya baru buka surat-nya salah satu dari mereka langsung menarik surat itu dari tangan saya) lalu mereka menggeledah kamar kawan saya, karena tidak menemukan apa2, kita berdua di bawa ke polres dan menginap disana. Karena hasil tes urin saya negatif saya di perbolehkan pulang esok harinya.. dan kawan saya pulang 2 hari kemudian setelah orang tuanya menebus dengan sejumlah uang. Bagaimana melawan atau menuntut balik para polisi ini? janggalnya proses penangkapan :
1. Penangkapan tidak di dampingi RT setempat.
2. Surat penangkapan yang tidak boleh dibaca hingga tidak jelas asli atau
tidaknya.
3. Apakah penggeledahan kamar kawan saya yang dilakukan polisi itu sah
dan tidak perlu surat perintah? bisakah mereka masuk ke properti orang
sipil dan tanpa izin pemilik properti dengan dalih " polisi punya indikasi"
saja?
4. Apakah polisi bisa menangkap dan memenjarakan tersangkanya hanya
dari tes urin saja? karena mereka tidak menemukan bukti2 yang kuat.
5. Bisakah kita menuntut ke "Oknum" polisi yang melakukan tindak
kekerasan atau melanggar "Code of Conduct" profesi polisi? dalam
melakukan pekerjaannya?
mohon kawan2 kaskuser yang tau Hukum mau bantu menjawab pertanyaan saya. Thanx!
kayanya agan . ke forum melek hukum dh gan
Gan bagusnya trit ente pindahin ke Forum Melek Hukum deh, lebih tepat kalo dibuat disana
Kalo dilawan secara real susah gan, tp kalo dulu ane pernah tinggal di daerah pedalaman & ada anggota yg suka sewenang2....warga ada yg kesel,trus diguna2 sampe gila + disantet sampe mati gan, hasilnya berhasil tuh gan ....tp kalo mau dapet jawaban yg bener masukin ke forum melek hukum gan
Quote:Original Posted By depe3153
kayanya agan . ke forum melek hukum dh gan

Okay gan. thanx atas bimbingannya.
Gua kenal beberapa orang yang MEREKAM (dengan BB lah, kamera saku lah) pada saat mereka bersinggungan dengan pihak yang berwajib dan mereka merasa bahwa mereka BENAR...(kalau salah ya jangan, ngaku aje lu salah).

Boleh percaya boleh nggak, hampir semua oknum pihak berwajib tersebut akhirnya undur dan minta maaf.

yang penting lu yakin lu bener dan lu berani berargumen.

Kalau dibilang ndak boleh merekam, suruh mereka tunjukin pasal atau ayat dalam perundang2an mana yang tidak memperbolehkan masyarakat sipil mengabadikan aparat keamanan.

Pasti lansung mingkem.

Kalau sudah ada rakaman, tinggal kasi ke TV.
Beres kan?
Rekam gan.

Lalu ke media massa.

Dijamin bakal kaing kaing itu oknum
Lawan aja polisinya. Argumen versus argumen. Kalau mereka ngotot, lapor ke PROPAM. Tunggu 3-5 hari, kalau nggak ada follow up yang memuaskan segera tulis surat ke suara pembaca. Masukkan ke koran-koran skala nasional. Setelah itu segera ke LBH sambil undang wartawan lalu beberkan semuanya. Terakhir, jangan pernah mau kalau ada yang datang untuk meminta masalah ini diselesaikan secara kekeluargaan (damai). Tuntut para polisi tadi ke pengadilan dengan dakwaan tindakna tidak menyenangkan. Selesai.
ane sih sering banget temuin polisi yang kaya beginian

Quote:Original Posted By Caverim
Lawan aja polisinya. Argumen versus argumen. Kalau mereka ngotot, lapor ke PROPAM. Tunggu 3-5 hari, kalau nggak ada follow up yang memuaskan segera tulis surat ke suara pembaca. Masukkan ke koran-koran skala nasional. Setelah itu segera ke LBH sambil undang wartawan lalu beberkan semuanya. Terakhir, jangan pernah mau kalau ada yang datang untuk meminta masalah ini diselesaikan secara kekeluargaan (damai). Tuntut para polisi tadi ke pengadilan dengan dakwaan tindakna tidak menyenangkan. Selesai.



Ini jawaban paling tempat, ane setuja gan
udah gan, yang penting selama di kantor gak diapa2 in sama polisikan? berlapang dada aja. kasih bsaran yang membangun aja, gak usah pedulikan pandangan orang kalau enet gak salah, cuek beibeh aja
Saran aku sich.............beeri uang aja ganDilihat dri kasus agan ne kayak nya memang itu yg dimaui pak polis