KASKUS

Quote:Original Posted By arritachu
Dear para sesepuh2 dan mastah2 pencintah ertiga..
ane mohon bantuan dan saran dan pencerahan dari para mastah..

ane walaupun ga gitu ngerti soal mobil2an, tapi gara2 jatuh hati sama ertiga, ane jadi rajin brosing2 soal mobil..
liat modelnya pertama kali dari brosur lgs jatuh hati,
apalagi begitu tau fitur2nya dengan harga terjangkau..

cuma skrg suami ane lbh milih ke new avanza tipe 1.3 G matic..
mungkin ini udah pernah di bahas di thread2 sebelumnya..
tapi ane masih bingung..
antara 1300cc matic avanza tipe 1.3G (RWD) di lawan sama ertiga matic tipe GL 1400cc (FWD) yang mana yg lebih narik yah?
rumah ane termasuk byk bukitnya bergunung2 dan kalau hujan deras suka banjir..

untuk ketahanan mobil, suami ane pilih new avanza krn menurut dia avanza lebih berpengalaman dan terbukti tahan bantingnya..
tapi ane tetep kekeuh sama ertiga krn segi interior dan fitur udah komplit bgt (apalagi udah jatuh hati, mana mau dipaksa ama yg lain)

suami ane ragu dan ga bnerani ambil resiko beli ertiga krn ertiga matic baru akan keluar setelah akhir april ini. Jd testdrivenya yg matic sama sekali belum ada di daerah ane..
kmrn suami ane nyoba yg manual sih.. dan suami ane bilan ertiga manual sih enak2 aja... hanay manual 1400cc dan matic 1400cc itu bakal berbeda.. dari segi tarikannya juga bakal berbeda..

suami ane berasumsi bahwa FWD 1400cc matic ga akan bisa naik bukit kalo misalnya full passenger (7oorg full) di dalam ertiga.. pdhl ane ada baca kesaksian para sesepuh mengenai ertiga dibawa jalan naik kapal sampe ke jambi..

kira2 agan2 sudah ada yg nyoba testdrive ertiga matic tipe GL?
mohon bantuannya mastah.. dan ane mohon maaf nih kalau ini udah pernah dibahas..





gini aja sist, sist beli Ertiga, suaminya beli avanza...


Quote:Original Posted By jajamiharja.jr
menurut gw intinya sebenernya udah dapet..
kalo pengen narik ditanjakan udah pasti yg manual lbh nendang dari matic...
kalo udah memuaskan pake yg manual ngapain pake yg matic??
toh kalo suatu saat kejebak macet, kopling manual mbak erti jg lembut senyaman sedan

soal FWD atw RWD, masing2 punya kekurangan dan kelebihan...
kalo FWD udah jelas dapet iritnya...

tinggal dicombine ajah, tanjakan masih oke + irit + kopling lembut + 1400 cc = R3 manula...eh manual..


Hahahaha.. Iya gan..
gini gan.. jadi ceritanya suami ane ga mau manual krn dia takut ane frustasi bawa mobil manual..
Maklum ane ini ga ada pengalaman naik manual sama sekali.. Ahahahah

Makasih gan buat masukannya yah..
Quote:Original Posted By del.korink
gini aja sist, sist beli Ertiga, suaminya beli avanza...


Hahahahah waduhh gann.. Ane budgetnya ga cukup... Klo beli dua..
Beli atu aja udah penuh perhitungan.. Ahhahahaha
Quote:Original Posted By jay82

ane malah awal2 bawa r3 kaya gt. naek parkiran mall, taro di gigi 3, mana tanjakannya panjang, tau2 abis napas... kelupaan, soalnya sebelumnya pake kijang diesel...

iya gan kalo di parkiran mall emang idealnya pake gigi 2 soalnya kan nanjaknya juga pela2, gag mungkin ngebut...
Kalo bensin mah jangan dibandingin ma diesel kalo ditanjakan, diesel kan emang jagonya tanjakan
Quote:Original Posted By arritachu


Hahahaha.. Iya gan..
gini gan.. jadi ceritanya suami ane ga mau manual krn dia takut ane frustasi bawa mobil manual..
Maklum ane ini ga ada pengalaman naik manual sama sekali.. Ahahahah

Makasih gan buat masukannya yah..

oh begitu...
tinggal bilang aja ke suami tersayang..."aku pake manual aja pah, sekali2 variasi kan boleh, biar gk monoton itu2 aja gayanya"...
Quote:Original Posted By nabra


Sama gan ...
Kudu hati2, apalagi setelah lampu merah, trus nikung ke kanan,
takut nyenggol motor ...


musti latihan nyetir APV dulu biar bisa dapet sela manuver ertiga

trust me it works... biasa nyetir futura ke APV nggak terlalu banyak berubah selain posisi duduk lebih tinggi + ekstra panjang bodi.. tapi dari APV ke ertiga tinggal penyesuaian setelan posisi duduk aja karena panjang bodinya mirip cuma ertiga lebih rendah aja

atau pasang corner pole marker yang ada lampu LED kaya gini :

[SPOILER=corner pole marker}

[/SPOILER]

itu asesoris jadul yang orang sering salah kaprah cara pasang & makenya
Barusan nemu artikel inih :
Spoiler for Saat Hujan, Double Blower Ertiga Tak Perlu Aktif:


Pinguin aja kedinginan, apa lagi orang....
Bener kata ari untung, kalo DB dinyalain, dinginnya tembus ke mobil di belakangnya
Quote:Original Posted By arritachu


Hahahaha.. Iya gan..
gini gan.. jadi ceritanya suami ane ga mau manual krn dia takut ane frustasi bawa mobil manual..
Maklum ane ini ga ada pengalaman naik manual sama sekali.. Ahahahah

Makasih gan buat masukannya yah..


bilang aja ama suaminya
"Papah ku sayanag, kata Om jajamiharja suruh beli ertiga"
Pas langsung dibeliin ertiga tuh,
Pesona Om jaja memikat semua kalangan..
Quote:Original Posted By ribet bener nih quote
Hujan masih mengiringi perjalanan kami menuju pintu keluar Tol Sadang. Kontur jalan menuju Kota Subang dilengkapi beberapa tanjakan dan tikungan. Sekali lagi, MPV yang diusung dapur pacu 1.500 cc ini mampu melibas semua rintangan yang ada di sepanjang jalur Purwakarta menuju Subang tersebut. Membuat keluarga kami tetap nyaman selama di perjalanan. Menjelang malam, kami pun tiba dengan aman di tempat yang kami tuju.

si om salah naek mobil kali yah??

Quote:Original Posted By akudoank
Salam kenal agan2,
Ane skrg make ertiga gx DB, baru dtg blm 9 hari yg lalu
Dibawanya asyik banget...skrg udah 600 km gitu deh..


Tapi siang ini ertiga ane ngadat..
Tiba2 itu wiper kaca depannyala sendiri dan ga bisa dimatiin..
Ane bingung dong penyebabnya, ane matiin mesin dan nyalain lagi, tetep wiper nya nyala.
Kemudian ane cabut aja dulu sekering wiper, itu..
Kan aneh, bekasi lagi terik mobil ane wiper nya nyala sendiri...

Skrg posisi ane lagi di bengkel cab bekasi..
Udah hampir 2 jam tuh 3 mekanik, ngotak2 ngatik sambil buka buku panduan ertiga.
Dan belum ada jawaban.
Mereka juga aneh.
Karena ini baru pertama kali kejadian.
Kira2 udah pernah agan yg ngalaminnya gak..

Mohon sharingnya...hatur nuhun sebelumnya


masalah baru nih kayaknya untuk r3..
gimana om untuk penyelesaian masalahnya?

uda ganti switchnya?

Quote:Original Posted By arritachu


Hahahaha.. Iya gan..
gini gan.. jadi ceritanya suami ane ga mau manual krn dia takut ane frustasi bawa mobil manual..
Maklum ane ini ga ada pengalaman naik manual sama sekali.. Ahahahah

Makasih gan buat masukannya yah..

tenang aja sis,
bokin ane aj bisa langsung bisa kog belajar r3..
koplingnya empuk

Quote:Original Posted By jajamiharja.jr

si om salah naek mobil kali yah??



kagak tau tuh om...
ane cuman copas dari otosia.com kog,,
wartawannya emg salah naek mobil kali yah
selamat siang suhu suhu

@kepin wogh pantes. ganti donk namanya greyr3

@tante aritachu matik masih lama launchingnya. manual aja enak serasa swift .

@um ajibakso ertiga mesin apv 1.5
Quote:Original Posted By 90Riderz
selamat siang suhu suhu

@kepin wogh pantes. ganti donk namanya greyr3

@tante aritachu matik masih lama launchingnya. manual aja enak serasa swift .

@um ajibakso ertiga mesin apv 1.5


Ane juga kagak tau nih, sejak kapan Ertiga ada varian mesin G15A
Quote:Original Posted By Jagung.Rebus

tenang aja sis,
bokin ane aj bisa langsung bisa kog belajar r3..
koplingnya empuk

ntar malah belajar yg laen lg...
Quote:Original Posted By ajibakso


Gara2 penjualan maret terjun bebas kali yah, buat nggenjot bulan april dikasihlah gps / cooling box
Kenapa kagak dari dulu aja sih,
kan kasian to mereka2 yang beli taon lalu..
Termasuk ane


Barusan liat iklan di koran, kayanya konfirm klo bonusnya Garmin Nuvi 30/50 (kurang jelas tulisannya. Mungkin yg biasa pake GPS bisa kasih review..??

Quote:Original Posted By jajamiharja.jr

iya premix keknya pilihan tepat, biar mengakomodir pengguna bbm campur...
dan kalo mo serious (bukan serious), untuk selanjutnya mobil2 pribadi dibuat aturan agar mesinnya bener2 berkompresi tinggi jd gk bisa minum premium sama sekali...bisa gk yah?


Mesin2 sekarang standarnya emang udah berkompresi tinggi oom, cuma timing pengapiannya dimundurkan sama pabrikan supaya bisa tetep minum premium. Klo timing pengapian ngga diubah dijamin mesin bakal bermasalah klo dipaksa minum premium..


Quote:Original Posted By korkin
biasa pk sedan..trus skrg pk ertiga sbg mpv pertama..brasa agak aneh..ga kliatan bagian dpn mobil trutama pojok kiri..pdhl kursinya dah ane tinggiin..
hrs maen feeling nih..
cm mslh kbiasaan aj kali ya..


Quote:Original Posted By solid_gear

kirain cuman ane aja yang ngerasiin seperti itu, ngga taunya ada yang lain.
kalo ane mau belok ke gang yang sempit kudu majuin badan ama kepala biar yakin kalo ngga mentok hehehe...



Bukannya yg pake sedan harusnya udah lebih terbiasa yha..? Soalnya driving position neng erti kan mirip sedan, secara dibangun dr sedan. Kl dr minibus baru deh kerasa banget bedanya, apalagi juga harus menyesuaikan dg ground clearance yg lebih rendah. Ane biasa pake Kijang yg joknya tinggi bawa Erti yg joknya rendah, awal2 juga kudu longak-longok dan sering melebar klo belok kiri, tapi sekarang sih udah biasa..feelingnya udah dapet..

Quote:Original Posted By korkin

ini cm di ertiga aja ato smw mpv emg gt ya gan??ky di duo kembar dll..
mklum br prtma kali pk mpv..


Duo kembar dan Spin lebih enak oom, krn posisi duduk lumayan tinggi. User Erti senasib sama user Grand Livina yg posisi duduknya sama2 rendah, tapi masih lebih enak Erti klo buat manuver, soalnya bodinya lebih pendek. Cuma ini soal kebiasaan aja, klo dah biasa sih ngga bakal jadi masalah lagi..
Quote:Original Posted By ajibakso
Ane juga kagak tau nih, sejak kapan Ertiga ada varian mesin G15A

kalo pake g15

ajib juga RWD jadi kaya ivi
Quote:Original Posted By 90Riderz
selamat siang suhu suhu

@kepin wogh pantes. ganti donk namanya greyr3

@tante aritachu matik masih lama launchingnya. manual aja enak serasa swift .

@um ajibakso ertiga mesin apv 1.5

Gosipnya akhir bulan april ini bro.. Harap harap cemas
Quote:Original Posted By mYo64

Barusan liat iklan di koran, kayanya konfirm klo bonusnya Garmin Nuvi 30/50 (kurang jelas tulisannya. Mungkin yg biasa pake GPS bisa kasih review..??

Mesin2 sekarang standarnya emang udah berkompresi tinggi oom, cuma timing pengapiannya dimundurkan sama pabrikan supaya bisa tetep minum premium. Klo timing pengapian ngga diubah dijamin mesin bakal bermasalah klo dipaksa minum premium..

Bukannya yg pake sedan harusnya udah lebih terbiasa yha..? Soalnya driving position neng erti kan mirip sedan, secara dibangun dr sedan. Kl dr minibus baru deh kerasa banget bedanya, apalagi juga harus menyesuaikan dg ground clearance yg lebih rendah. Ane biasa pake Kijang yg joknya tinggi bawa Erti yg joknya rendah, awal2 juga kudu longak-longok dan sering melebar klo belok kiri, tapi sekarang sih udah biasa..feelingnya udah dapet..

Duo kembar dan Spin lebih enak oom, krn posisi duduk lumayan tinggi. User Erti senasib sama user Grand Livina yg posisi duduknya sama2 rendah, tapi masih lebih enak Erti klo buat manuver, soalnya bodinya lebih pendek. Cuma ini soal kebiasaan aja, klo dah biasa sih ngga bakal jadi masalah lagi..


ini ceritanya mborong ya gan
emg kalo Nuvi 30/50 tu kalo beli di pasaran kira2 berapa yah?
Quote:Original Posted By 90Riderz

kalo pake g15

ajib juga RWD jadi kaya ivi


maksudnya FWD gan?
Quote:Original Posted By mYo64

Mesin2 sekarang standarnya emang udah berkompresi tinggi oom, cuma timing pengapiannya dimundurkan sama pabrikan supaya bisa tetep minum premium. Klo timing pengapian ngga diubah dijamin mesin bakal bermasalah klo dipaksa minum premium..

begitu maksud gw..mau kagak pabrikannya yah?? ya sebenernya kalo pemerintah serius (bukan serious) ya itu cara jitu untuk mengurangi penggunaan BBM bersubsidi..mau gk mau pabrikan harus sesuai aturan..

keknya berat jg yah...pabrikan mana mau rugi kl konsumen pengen ttp minum BBM bersubsidi, ya terpaksa jg tuh mesin masih kompresi tinggi jadi2an..

ahhh pusinglah bicarain negeri ini...mendingan ngomongin cherrybele'an..
go go