KASKUS

Ajukan Pembubaran Parpol ke MK, Pong dan Ridwan Saidi Salah Alamat.



Sejumlah orang yang kecewa terhadap kasus korupsi yang menyeret sejumlah elit Partai Demokrat meminta kepada Mahkamah Konstitusi untuk merevisi Undang-Undang Partai Politik, agar masyarakat diberi hak mengajukan pembubaran partai politik.

Uji materi Undang-Undang Partai Politik hasil revisi nomor 2 tahun 2008 itu diajukan oleh bekas aktor film Pong Hardjatmo dan mantan politisi Ridwan Saidi.

Pong dan Ridwan serta beberapa pihak, didampingi tim kuasa hukumnya, mendatangi Mahkamah Konstitusi dan mempersoalkan pasal dalam undang-undang itu yang menyebut hanya pemerintah yang berhak mengajukan pembubaran partai politik melalui lembaga peradilan.

Pong mengatakan seharusnya masyarakat diberi hak mengajukan gugatan pembubaran partai pada lembaga peradilan karena mereka ikut memilih partai tersebut.

“Menambah satu poin lagi karena hanya pemerintah yang dapat membubarkan partai, sedangkan partai yang berkuasa adalah partai pemerintah dan ketua pembina adalah presiden, ya gak mungkin, ketua pembina membubarkan partainya sendiri,” kata Pong.

“Rakyatlah diberi hak sebagai pengontrol partai itu. Dia berhak memilih kok tidak berhak menurunkan,” tambahnya.

Pong juga menyinggung bahwa pengajuan uji materi ini tidak terlepas dari kasus tuduhan korupsi yang melilit sebagian elit pimpinan Partai Demokrat, yang disebutnya mengecewakan para pemilihnya dalam pemilu lalu.

Pong mengatakan sekarang ini tidak ada mekanisme hukum yang bisa menjamin para pemilih untuk meminta pertanggungjawaban partai politik tersebut.

Sementara itu, politisi senior Partai Demokrat, Achmad Mubarok tidak bersedia menanggapi pengajuan uji materi Undang-Undang Partai Politik tersebut, yang disebutnya tidak serius.

Materi yang diajukan oleh Pong Hardjatmo dan Ridwan Saidi itu mesti dipelajari dahulu oleh Mahkamah Konstitusi sebelum diputuskan untuk ditindaklanjuti atau tidak.

Tetapi menurut ahli hukum tata negara dari Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Ibnu Tricahyo, usulan uji materi yang diajukan itu salah alamat.

Ibnu mengatakan usulan penambahan pasal itu termasuk dalam kategori merevisi atau memperbaiki undang-undang, yang menjadi tanggungjawab DPR atau pemerintah.

“MK hanya menguji apa yang ada dalam undang-undang…MK tidak boleh menambahi ketentuan di UU, MK hanya boleh menguji kemudian mengatakan bertentangan tidak dengan yang ada di UUD,” kata Ibnu.

Undang-undang Partai Politik mengatur bahwa partai politik hanya dapat dibubarkan oleh lembaga peradilan, kalau ideologi yang dianut partai itu melanggar UUD 1945 dan Pancasila.

Menurut Ibnu, masalah tuduhan korupsi yang menimpa elit Partai Demokrat tidak bisa dijadikan alasan untuk membubarkan partai tersebut.

SECOM


Ngapain demokrat doang, bubarin aja semua partai yang ada di Indonesia

Talking 

image parpol di Indonesia udah jelek banget

habis mau gimana lagi memang seperti itu keadaannya
Moga-moga aja berhasil biar parpol gak bisa ngimbulin rakyat.

Talking ....

Parpol di Indonesia itu aneh...
Jumlahnya banyak tapi ujung ujungnya koalisi-oposisi.
knapa gk 2 partai aja, masing masing dibikin unik, n punya goal masing-masing.

luar negeri paling 2 biji cukup, yang satu pemenang, satu lagi oposisi.
Quote:Original Posted By wisnubali
image parpol di Indonesia udah jelek banget

habis mau gimana lagi memang seperti itu keadaannya




Ya betul gan. tapi Ridwan Saidi juga lupa kalau dia dibesarkan dari Parpol


bocah tua nakal
lha, terus ntar gmn pemilu nya, pake Individu gitu, model artis2 Goblog pada jadi anggota dewan, makin anucr............
Quote:Original Posted By konterjogja


bocah tua nakal



kirain bocah tua provokator, gan )
Quote:Original Posted By minzi cool
lha, terus ntar gmn pemilu nya, pake Individu gitu, model artis2 Goblog pada jadi anggota dewan, makin anucr............




Yang milih presidennya Pong, dan yang memilih wakil presidennya Ridwan Saidi, Gan. Gimana sih. hahaha
seru juga kalo parpol2 anj1ng itu dibubarin
jangn cuma partai penguasa semua partai aja..
busuk semua itu..mementingkan kepentingan golongan aja..

Emang Pemerintah Punya Daya untuk Membubarkan ...?

Apalagi membubarkan parpol, sedang menghadapi ormas yang penuh dengan kekerasan saja pemerintah tak berdaya, apalagi membubarkannya.
partai cuma buat ajang cari duit pengurusnya

Quote:Original Posted By gero8
jangn cuma partai penguasa semua partai aja..
busuk semua itu..mementingkan kepentingan golongan aja..



Betul Gan. Sikat habis sekalian semua partai itu. termasuk PDIP, GOLKAR, PPP.
Quote:Original Posted By MemeComic
seru juga kalo parpol2 anj1ng itu dibubarin



ya, gan. spanduk-spanduk tidak melulu mengotori ruang lingkup publik.
mang ada negara demokrasi tanpa parpol....

tapi mang aneh kalo pembubaran parpol cuma bisa diusulkan oleh pemerintah harusnya rakyat juga berhak donk mengusulkan pembubaran parpol.....
yg disalahin kok partainya, sistem kok disalahin...yg disalahin oknum nya!!!!

masa ada dasar kepartaian = ayo korupsi!!!
PONG...Artis tua yang sudah tidak laku lagi. cuma cari sensasi, ga ada tuh parpol yg mau pake dia, jadi nya yah ribut ribut gt sukanya.
Quote:Original Posted By orangsussah
PONG...Artis tua yang sudah tidak laku lagi. cuma cari sensasi, ga ada tuh parpol yg mau pake dia, jadi nya yah ribut ribut gt sukanya.




Atau mungkin dengan cara itu (berdemo) dia bisa mendapatkan duit ya, gan.
si pong terinspirasi dari artis holywood ...ikut jadi aktivis...
cuma kalo di Indonesia mah nanti juga ketahuan kalo pong..punya "maksud" tertentu yang selalu "vokal"...terhadap pemerintah dan DPR...

tetapi jalur yang dipilih oleh Pong untuk menggugat ke MK..lebih intelektual dibandingin naik ke gedung KPK...
tumben waras.ni.mantan aktor....