ane SETUJU BHS INGGRIS DIHAPUS DARI SD , beban anak SD bisa berkurang,

bukan hal kuantitas/jumlah jam/berapa tahun kita belajar bhs inggris, tapi kualitas kita belajar bhs inggrisnya itu loh yg perlu diperbaiki..
kelas 1-3 aja kan?kelas 4 pake lagi?
ya gapapa deh,ane dulu bahasa inggris juga mulai kelas 3 SD kok. lagian kalo liat anak SD sekarang,berat tasnya separo berat badannya. mau jadi pelajar atau kuli? .
gantinya kasih tuh pelajaran PPKn n kesenian.
kapan yak anak SD tinggal bawa tablet. tugas kumpulin via email. internet mereka dibatesin dari ISP berdasar umur.
setuju banget kl ane..
anak SD kelas 1-3 justru jangan diajarin bahasa lain dulu selain bahasa Indonesia... biar anak indonesia bisa berbahasa indonesia yang baik & benar dulu baru belajar bahasa asing..
setuju apa ndak sekarang liat aja kenyataaan, mampugak tuh siswa2 terhadap pelajaran b inggris ?
waktu SD dulu gak ada pelajaran bahasa inggris,
baru dapat pelajaran ini pas SMP,
tapi gw lebih banyak belajar dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan di sekolah,
sesuai porsinya aja gan bahasa inggrisnya

jangan dihapus yg berbau bahasa pokoknya, karena itu sangat penting buat komunikasi, apalagi dengan org dari negara lain
wah salah bgt, ane dlu dpt bahasa inggris kelas 3 SD, dan itu gk cukup bgt kalo perlu di terapkan dari TK
Ga usah dihapus, tapi ga usah dinilai. Happy happy fun aja. Sekedar nambah kosakata dengan bermain dan bernyanyi. Emang utk nguasai teknologi ga hrs bisa bhs asing, tapi utk ngejar ketertinggalan dgn bangsa lain ane kira siswa mau ga mau kudu bisa.
setuju... hapus aja dulu untuk SD tingkat dasar (1-3)
biasakan cantumkn sumber di BP gan ...
bhasa indo + inggris sama2 penting gan, jd semuanya harus ada ... just my humble opinion ...
jiah ngapain diapus,
lah wong bagus kok kalo bisa bahasa inggris sejak dini
ane aja dulu waktu sd paling seneng kalo pelajaran bahasa inggris



Posted with kaskusBetaQR
dihapus sih gpp, tapi jadikan bahasa kedua dalam sekolah, jadi kalau anaknya ketemu bule bisa berkomunikasi
memang belum porsinya gan
sekarang playgroup-TK sdh dibebani dengan belajar baca tulis Bahasa + English
seharusnya belajar baca tulis dimulai di SD
TK hanya pengenalan saja
kasihan anak2kita gan
Sukarno,Soeharto, Habibie aja blm bisa english waktu TK-SD sekarang lihat prestasinya
jangan dihapus gan..
harusnya ini english ditanamkan dari waktu baru masuk sekolah eh ini malah mau dihapus
keponakan ane aja yang masih TK disekolahnya udah belajar inggris mandarin gan.
biar nanti nya jadi terbiasa gan
Quote:Original Posted By muhas14
brada
menari itu kaitannya dgn motorik brada
justru itu yang penting brada buat anak SD
mungkin brada dulu g bisa nari brada
jadi dendam sama pelajaran tari brada


nari2 mah emang gak jelas. mending itu masuk jadi ekskul, jangan jadi pelajaran
gag setuju, soalnya bahasa inggris itu perlu, pas kecil emang sih gag terlalu butuh, tapi ntar kalo dah gede baru kerasa manfaatnya
ada baiknya dan ada buruknya, kalo gt gak usah diterapkan di setiap skolah, tergantung skolahnya mw ato kagak, gt aja kok repot
Wach ane kurang setuju tuch gan kalo bahasa asing (bahasa Inggris) di hapus dari mata pelajaran di sekolah dasar (SD), makin dini mempelajari bahasa inggris makin baik secara merupakan bahasa global atau universal.