PROSES PEMBUATAN SENAPAN ANGIN KOMPA, PER DAN PCP

Hallo agan2 and sis semua, kemarin ane ada penelitian tentang senapan angin. di sini ane dapet ilmu tentang pembuatan senapan angin. Nah sekarang ane mau share nih tentang pembuatan senapan angin.
1. PERSIAPAN BAHAN
Persiapan bahan berupa besi – besi pipa, besi buta (tanpa rongga), dan besi batangan. Kemudian besi-besi tersebut dipotong sesuai ukuran dan sesuai kebutuhan.
Spoiler for besi-besi:

2. PEMBUATAN KOMPONEN
Pembuatan komponen ini meliputi : tabung dart depan, tabung dart tengah, tabung dart belakang (rumahan hammer, dudukan trigger + rumahan nya, dan menjadi ruang penyimpanan angin), trigger, hammer, chemer, side lever + pendorong pluru, cincin (belakang, tengah, depan), rumahan trigger. Untuk pohpor dan laras diproduksi di tempat lain.
Spoiler for komponen-komponen:

3. PERAKITAN AWAL
Perakitan awal ini setelah komponen-kompenen selesai dibuat. Perakitan awal meliputi : pengikiran, penghalusan, pemboran untuk lubang-lubang baut, dan pengeprisan). Perakitan awal bertujuan untuk pengepasan antar komponen yang akan di rakit.
Spoiler for proses-proses:

4. PEMBONGKARAN
Setelah komponen-komponen sudah dihaluskan dan komponen-komponen sudah pas satu dengan yang lainnya, pembongkaran dilakukan untuk proses selanjutnya.
5. PENGHITAMAN / BLONIR
Setelah komponen dibongkar, komponen dihitamkan untuk proses finishing. Proses penghitaman dilakukan di tunggku yang sudah dipanaskan dan deberi cairan kimia seperti nitrit, nitrat dan soda api. Perbandingan antara ketiga bahan tersebut yaitu, nitrat = 1 KG, nitrit = 1KG, soda api = 4KG. Proses pencelupan dilakukan selama 30 – 60 menit. Setelah itu komponen yang sudah dihitamkan di keringkan sampai dingin.

Spoiler for pewarnaan:

6. PERAKITAN KEMBALI
Setelah komponen-kompenen kering, komponen-komponen tersebut dirakit kembali untuk proses selanjutnya.
7. PERSIAPAN POHPOR
Sebelum ke proses selanjutnya, persiapan pohpor untuk penggabungan antara mesin yang sudah dirakit dengan pohpor yang menjadi dudukan mesin. Pohpor yang telah dibentuk kemudian di ampelas sampai halus. Setelah pohpor halus kemudian pohpor di finishing dengan cara di plitur, setelah itu tunggu sampai pohpor mengering.

Spoiler for pohpor:

8. PENGGABUNGAN
Setelah mesin dan pohpor sudah di finishing kemudian digabungkan dengan baut-baut yang sudah tersedia, agar komponen terpasang dengan kuat.
9. PENGECEKAN SENAPAN
Pengecekan senapan bertujuan untuk mengecek ketepatan tembak. Ketepatan tembak sangat penting sekali agar tidak terjadi cedera ketika menembak.

Spoiler for senapan :


hahaha mungkin cukup sekian dulu gan, pegel nih ngetik nya. thanks yang udah mampir, jangan lupa yang udah iso minta cendolnya gan
hehehe


Cocoknya di Forum Sports saja

http://www.kaskus.co.id/forumdisplay.php?f=35
Nais Inpoh gan
Nice info gan..
Selama ini ane pengen tau caranya ngebronir. Itu tadi zat kimianya udah bener gan??
ini home made, indonesia sebelah mana gan ?
ajibbb benerrrrrr
matabelo
Quote:Original Posted By mursyid_n
Nice info gan..
Selama ini ane pengen tau caranya ngebronir. Itu tadi zat kimianya udah bener gan??


sory gan baru bales, sibuk kuliah nih hahahaha,
kata tukang nya sih gitu, dia ga ngerti rumus kimia nya, tapi yg dia tau kayak gitu. hehehe, maklum
Quote:Original Posted By sir.cantona
ini home made, indonesia sebelah mana gan ?
ajibbb benerrrrrr


ini di daerah cipacing dan cikeruh kabupaten bandung, dkt jatinangor, perbatasan sumedang, hehehe
udah jelas2 salah room masih ada yg reply? mau naikin postingan ato apa? potong jadi NOL lagi nanti smua yg posting :