- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing & Research
[SHARE] Ingin Sukses Marketing? Pahami Dulu Rahasianya
TS
jpmi.info
[SHARE] Ingin Sukses Marketing? Pahami Dulu Rahasianya
Mau share nh gan
Banyak yang bilang memahami ilmu marketing itu gampang-gampang susah. Dikatakan gampang karena tebukti tidak sedikit para marketer yang berhasil mengantarkan bisnisnya memenangkan persaingan pasar. Namun, tak bisa kita pungkiri pula bila sekarang ini banyak pelaku pasar yang menemui jalan buntu, hingga akhirnya mereka menyerah di tengah jalan karena strategi marketing yang dijalankannya belum memberikan dampak maksimal bagi perkembangan roda bisnisnya.
Pengalaman seperti ini tentu sudah sering kita temui di lapangan. Lalu, bagaimana caranya agar pemasaran bisnis kita bisa terhindar dari jalan buntu? Pada kesempatan kali ini sengaja kami informasikan kepada agan mengenai empat faktor penting yang perlu diperhatikan dalam menjalankan strategi marketing.
1. Kenali Perilaku Konsumen
Ibarat kata orang Tak kenal maka tak sayang. Dalam berbisnis pun agan juga harus mengenal konsumen terlebih dahulu, sebelum akhirnya mendapatkan perhatian dari mereka. Faktor ini cukup penting, agar agan tidak salah sasaran dalam memberikan penawaran. Misalnya saja agan membidik konsumen anak muda, maka penawaran yang agan lempar juga harus sesuai dengan karakter anak muda yang biasanya cenderung dinamis, fun, dan enerjik.
2. Datanglah Pada Waktu yang Tepat
Selain mengenali karakter setiap konsumen, faktor kedua yang perlu agan perhatikan adalah memperhitungkan waktu atau momentum dengan cermat, tepat dan cepat. Meskipun agan mempromosikan produk dengan sangat meyakinkan, namun bila agan menawarkannya di waktu yang kurang tepat, maka hasil yang didapatkan juga belum bisa maksimal. Contoh sederhana bisa agan lihat dari pengalaman para pedagang es (minuman dingin) di musim penghujan, tentunya omset yang mereka dapatkan tidak sebanyak omset penjualan di musim kemarau (panas). Karena itu, pahami momentum yang ada dan tawarkan produk yang sekiranya potensial.
3. Berikan Penawaran yang Produktif
Faktor ketiga adalah memberikan penawaran yang produktif bagi konsumen. Yang dimaksudkan produktif disini yaitu mencakup kualitas produk yang ditawarkan, memberikan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan target pasar yang dibidik, serta memperhatikan kreativitas para pelaku pasar dalam menyusun strategi promosi yang menarik.
4. Sampaikan Pesan dengan Efektif
Yang terakhir, perhatikan komunikasi marketing yang agan sampaikan kepada calon konsumen. Poin ini menjadi salah satu faktor penting yang menentukan sukses tidaknya penawaran yang agan sampaikan. Bila agan bisa menyampaikan pesan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan bila pada akhirnya konsumen akan melakukan transaksi pembelian. Sekarang ini konsumen sudah sangat cerdas, karena itu bangun komunikasi dua arah agar keterikatan konsumen dengan agan selaku marketer bisa terjalin dengan baik.
Lebih lanjut, lihat JPMI
0
3K
22
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan