KASKUS

Thumbs up Birau, Pesta Rakyat Warga Bulungan Kalimantan Timur

Spoiler for "No Repos":


Birau adalah sebuah kata dalam bahasa Bulungan yang artinya, “Pesta Besar”. Suatu tradisi pesta adat yang diselenggarakan oleh para Sultan Bulungan secara turun-temurun. Dulunya, Birau diselenggarakan pada perkimpoian putera-puteri sultan, khatam Al Qur’an, sunatan putera sultan, naik ayun dan injak tanah putera-puteri sultan, dan penobatan sultan.

Akan tetapi,seiring perkembangan jaman, Birau saat ini dirayakan setiap tanggal 10 Oktober bertepatan dengan hari jadi kabupaten bulungan.
Birau tahun ini akan dilaksanakan mulai tanggal 10-10-2012, dikarenakan tanggal 12 akan bertepatan dengan hari jumat.

Pembukaan Birau ditandai dengan penembakan meriam “Benua” (meriam yang saat ini masih dipajang di depan Museum Bulungan). Pada Birau itu akan dilaksanakan berbagai pergelaran seni budaya dari berbagai etnis di Bulungan serta pertandingan tradisional, antara lain sumpit, menombak, bermain logo, dayung serta gulat.

Berbagai kegiatan selama Birau secara umum terbagi tiga, yakni kegiatan olahraga (modern dan tradisional), seni budaya dan upacara puncak peringatan yang akan melibatkan ribuan massa.

Tujuan Birau selain untuk melestarikan dan menggali potensi adat dan seni budaya asli Kabupaten Bulungan, juga bertujuan memberikan hiburan kepada masyarakat dan penyampaian informasi hasil pembangunan daerah, serta sebagai media promosi pariwisata daerah dan upaya menarik wisatawan.

Dalam perayaan Birau, banyak sekali hiburan-hiburan yang ditawarkan, mulai dari kesenian adat seperti tari-tarian, adu sumpit sampai ke hiburan modern seperti wahana rumah hantu dan hiburan dari artis-artis ibu kota. pada Birau kali ini, artis yang ikut memeriahkan Birau antara lain, Vierra, Limbad, Regina Idol sampai si "raja" dangdut, H. Rhoma Irama.

Pada Birau tahun ini juga, Kabupaten Bulungan berhasil memecahkan rekor MURI dengan memecahkan rekor "Bermain Alat Musik Sampe' Terbanyak" dengan melibatkan sekitar 250 pemain musik.


Spoiler for "birau":


Spoiler for "birau":


Spoiler for "birau":


Spoiler for "birau":


Spoiler for "birau":


Spoiler for "birau":


Spoiler for "birau":


Sumber:
http://rahmanhumas.blogspot.com/2012...amai-dari.html
http://www.wisatakaltim.com/berita/perayaan-birau/
http://muhzarkasy-bulungan.blogspot....ahun-2008.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Birau
Quote:Original Posted By paktua8
Ngapain tu bule2.....


Itu Bule2 belajar nyumpit Gan,suku asli Bulungan salah satunya adalah dayak dan orang dayak itu jago mampus nyumpit gan
Quote:Original Posted By kasads3
meriah jg ya pesta nya gan



Meriah banget gan, ini pesta rencana nya diselanggarakan mulai tanggal 10-17 Oktober 2012 ini gan
mantab dari suku dayak yah?

Gan tadi ane di belakang rombongan ...

Ini Gan bukti ane tadi ikutan.... di belakang rombongan yang agan foto yang baju kuning2 .. ane yang ada rebananya ini buktinya gan...



Ini pas belakangnya dari SMKN Tanjungselor ...



Ini sama adikq




Mana nih agan2 dan aganwati yang di wilayah bulungan dan sekitarnyaaaa????

Ini gan tambahan dari temen, perjalanan dari Tarakan ke Tanjungselor Kab. Bulungan! Nanti malem ada Limbad ama regina lhohh... kemaren viera, besok penutupan mungkin Wali Band akan datang muga2 bisa foto bareng ....



Kerenn ternyata aa" Limbad...


lestarikan budaya indonesia




Best Regards,
WSSChanger