StuntGirlShopAvatar border
TS
StuntGirlShop
Cara jualan efektif lewat social media
CARA JUALAN EFEKTIF LEWAT SOCIAL MEDIA
Sekedar share ilmu dan pengalaman yg saya peroleh selama 2 thn jualan dgn omset lumayan hanya dengan jualan lewat twitter, facebook dan BBM siapa tau bisa bantu agan-agan lain.

1.Twitter
Pengguna twitter di indo masuk 10 besar dunia, hal ini bisa dimanfaatkan untuk trit jualan...
a.\tCara pertama bisa ngiklan via mention akun publik yg tidak dikenakan biaya sperti @forumbandung @followbandung @promobandung atau akun publik lain yg followersnya lumayan banyak. (maklum penulis tinggal dibandung jadi taunya akun publik dgn basis followers bandung) sertai gambar dan keterangan yg jelas namun singkat dan menarik perhatian, ingat calon pembeli terpancing membeli dengan “mata” mereka. Gunakan kamera yg bagus dan mumpuni klao bisa pake DSLR atau kamera poket supaya hasilnya maximal
b.\tCara efektif kedua untuk mendongkrak penjualan lewat twitter adalah melalui twit berbayar, banyak akun publik yg bisa dimanfaatkan, tinggal pilih berdasarkan dagangan yg kita pilih supaya target marketnya kena, contoh: julalan kaos musik bisa ngiklan di @soal_musik (punya penulis hehe) atau yg punya lapak jualan tas bisa manfaatin akunpublik yg berbau cewe, tinggal serach aja pasti banyak dan harganya variatif dari mulai 100ribu sampai 1juta.
Pengalaman saya dgn twit berbayar saya bisa dapet banyak PIN BB calon pembeli yg bisa dikonversi jadi pelanggan, memang tak semua yg nginvite jadi beli tapi setidaknya mereka pembeli potensial bisa kita raih... dulu modal 200rb saya nekat ngiklan di @infobandung kalo ga salah jaman doi followersnya 100rb an. 200rb untuk 3x twit.. hasilnya saya dapet PIN Dicky Sm*sh yg kemudian ngorder sepatu, selesai transaksi dgn Dicky tak lama kemudian personel sm*sh yg lain Rafael dan Bisma ikutan beli, coba hitung marjin cost untuk iklan dan laba yg dihasilkan, lihat juga efek posisitif lain dimana “ikan besar” atau pelanggan potensial biasanya bermain dengan “ikan besar” lainnya, mereka saling mempengaruhi dan memberi referensi mengenai OL shop terpercaya.
Iklan berbayar juga secara signiikan menambah followers, dimana fungsi followers di twitter bagi Olshop adalah sebagai “pangkat” kalo di kaskus kan newbie, kaskuser, kaskus addict dan lain seterusnya.. followers yg banyak juga meningkatkan trust calon pembeli dimana nyawa OL shop adalah TRUST,,, banyak kasus OL shop yg nipu bikin calon pembeli kapok.

2.\tFacebook
Gunakan facebook sebagai katalog, jika punya modal sih lebih bagus website.. facebook berguna sebagai katalog dan ajang ijab kabul serta tawar menawar yg efektif dibanding via mention di twitter yg biasanya kelelep.. satu hal yg saya lakukan di facebook adalah saya tidak pernah nge-tag jualan saya ke org lain, logikanya: rejeki sudah ada yg ngatur jadi ga usah ganggu lapak orang dgn barang dagangan kita, notifikasi bisa mengganggu orang lain. Jika kita punya USP (unique selling point) calon pembeli akan mampir sendiri ke katalog dagangan kita di FB

3.\tBBM
Setelah melakukan promosi habis2an di twitter kita dapet PIN calon pembeli, sapa mereka dgn bahasa yg ramah, tanya apa need mereka, setelah ditanya baru rename dan kategorikan nama mereka sesuai neednya, contoh: saya nyari sepatu docmart size 43 8lubang, rename nama BBM dia sesuai neednya, ini berfungsi ketika barang yg mereka inginkan ada kita bisa langsung follow up. Seperti yg sudah saya bahas di atas tak semua yg nginvite BBM adalah calon pembeli potensial, maka dari itu kategorikan (rename nama) mereka kedalam 4golongan
1.\tPembeli kelas A; pembeli loyal yg tanpa banyak tanya langsung transfer, ini adalah aset terbaik yg harus terus di follow up, sapa mereka, simpen database hari ulangtahun, musik favorit atau apapun yg berbau emosial tentang mereka. Ingat pembeli kelas A biasanya bermain dgn pembeli kelas A dan ini lumbung emas bagi pedagang
2.\tPembeli kelas B; pembeli ini banyak nanya walau akhirnya beli
3.\tPembeli kelas C; pembeli yg ribet, nanya ini itu, nanya spek dan lain-lain, walaupun akhirnya mereka beli, pembeli tipe ini bisa ngabisin energi pedagang
4.\tPemebeli kelas D; banyak nanya atau bahkan Cuma nginvite PIN BBM doang, atau broadcast ga jelas, limit kontak BBM skitar 2000 kontak, dan jika kontak sudah full calon pembeli ini wajib hukumnya di delete contact atau ignore future invitation
Prinsip yg saya gunakan adalah: JANGAN BRAODCAST DAGANGAN! Orang sudah males baca BBM warna ungu, percuma pasti di end chat. kalo kontak BBM udah banyak, ga usah cape-cape Brodcast, tinggal ganti DP aja mereka nawar sendiri, ga cape kan hehe...

Thx buat agan-agan yg udah mampir baca, semoga trit saya bermanfaat, kalo ada salah maklum ya msh newbie. Bahan ini pernah saya presentasikan di fakultas Ilmu Kounikasi Unersitas Garut jurusan Public Relation, rencananya mau saya presentasikan juga bln depan di kuliah terbuka NHI Bandung dan FIKOM Universitas Garut jurusan jurnalistik

PS; penulis sedang kuliah pasca sarjana di UNISBA, kebetulan lg nyusun thesis tentang OL shop, barangkali agan-agan punya bahan masukan silahkan di trit, nuhun
0
13.1K
158
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan