KASKUS

[share] Info Rute dan Angkutan Ke Sawarna

Newbie nyoba share ini gan...kalau salah kamar mohon dinginatkan,

Sawarna pantai yang ada di Banten Selatan. Kata yang sudah pada kesana sih keren-keren, coba search aja di kaskus banyak banget thread perjalanannya. .

Nah Buat teman-teman yang mau ke Sawarna tapi masih bingung soal jalannya, mungkin info ini bisa membantu. Dan bagi yang sudah pernah ke Sana Tambahin dong ya boleh

Rute Menuju Sawarna Lewat Serang Menggunakan Angkutan Umum dan Pribadi


Rute Menuju sawarna tentu saja melalui Serang Banten seperti terlihat dari Peta diatas. Dari Merak, Jakarta dan Tangerang kita menuju Serang Banten.

Untuk mobil pribadi yang hedak menuju serang bisa menggunakan Tol Jakarta Merak kemudian keluar di Tol Serang Timur menuju ke arah terminal Pakupatan. Dari terminal lurus dan di lampu merah pertama dekat dengan Pom Bensin Pertamina belok Kiri menuju Pandeglang.

Untuk yang menggunakan Angkutan umum bisa dari terminal Kampung Rambutan, Kalideres dan Tanjung Priuk, atau bisa juga menunggu di Slipi Jaya di Sebrang Rumah sakit Harapan kita. Dari sana kita naik Bus menuju Merak tapi turun di terminal Pakupatan Serang.

Ongkos Bisnya berbeda-beda, jika ingin lebih murah bisa naik Murni atau Asli, tapi biasanya hanya dari Kali Deres. Jika naik Arimbi atau primajasa sekitar 17 ribu dihari biasa untuk AC, itu dari Kampung rambutan dan Pulo Gadung.

Dari Pakupatan- Serang, kita bisa naik ELP atau Dambri menuju Bayah. ELP (angkutan ukuran 3/4 lebih kecil dari BIs Kopaja atau metro mini di Jakarta) ini kebanyak hanya sampai Malingping saja, ada juga yang ke Bayah tapi tak terlalu banyak ketimbang ke Malingping.

Elp dari Serang ke Malingping, bayah dan Binuangeun biasanya terakhir itu Jam 7 malam dan baru ada lagi sekitar jam 2 pagi. Sedangkan Dambri itu terkahir maksimal jam 4 sore.

Untuk Dambri, tak setiap jam ada. hanya ada di Jam-jam tertentu yaitu jam 7 pagi, 1- 2 siang dan 3- 4 sore. Dambri ada yang ke Binuangeun dan Ke cikotok, jika naik yang ke cikotok kita bisa turun di bayah tapi jika naik yang ke binuangen kita akan di turunkan di Malingping.

Lantas berapa ongkos dari Serang ke Malingping?. Untuk ELP di hari biasa hanya 25 hingga 30 ribu rupiah, sedangkan hari libur lebih mahal.

Seandainya saja hanya mendapatkan Elp atau Dambri yang sampai Malingping saja, bagaimana? Jangan takut dari Malingping ada angkot menuju bayah. Jarak tempuh kurang lebih satu jam dengan ongkos kurang lebih 5000 Rupiah. Sepanjang jalan Malingping menuju Bayah ini kita akan menemukan pantai-pantai indah tepi jalan.

Dari Bayah kita bisa naik angkota menuju pintu gerbang sawarna. Atau jika banyak orang bisa sewa angkot sekalian. Dari pintu gerbang sawarna bisa naik ojek, dulu sekitar 15 ribu rupih perjalanan sekitar 30 menit.

Rute Menuju Sawarna Lewat Serang Menggunakan Motor

Tentang Perjalanan ke Sawarna adalah perjalanan yang tidak mudah, karena ia jaraknya yang cukup jauh dan kendaraan yang masuk kesana pun terbatas. Dan salah satu pilihan berwisata kesana adalah dengan Touring atau berkendara dengan motor. Berikut Rute yang akan menggunakan sepeda Motor dengan rute Jakarta – Serang – Bayah – Sawarna.

Jadi, sebaiknya berangkatlah dipagi hari atau siang hari. Hindari pergi ke Sawarna sore atau malam hari, terutama untuk wisatawan yang belum terlalu tahu kondisi wilayah yang akan dilewati, karena medannya sepi dan gelap tanpa penerangan lampu jalan. Selain itu masih adanya beberapa titik yang dianggap rawan dan melewati hutan – hutan yang cukup panjang.

Apabila kita berangkat dari Jakarta arahkan motor anda menuju Jakarta Barat, lebih tepatnya Kali Deres. Dari situ terus melaju ke Tangerang. Di Tangerang pilih yang arah ke Serang. Perjalan ke Serang menempuh waktu kurang lebih 2 -3 jam dengan kecepatan rata – rata 60 KM/Jam dan tidak terlalu banyak berhenti. Perkiraan ini pun apabila anda tidak terkena macet di Tangerang yang seringkali banyak kendaraan besar pengangkut barang dari pabrik – pabrik yang banyak di daerah itu.

Rute yang akan dilewati untuk ke Serang dari Jakarta antara lain: Cikupa – Balaraja – Cikande – Serang. Pada dasarnya jalannya tidak terlalu sulit, karena cenderung lurus (tidak berbelok), mungkin yang agak sedikit membingungkan di Tangerangnya.


Dari perempatan sesuai peta di atas, pilihlah jalan yang lurus mengikuti Jalan Daan Mogot (bukan ke arah Serpong/BSD/ Jalan Jenderal Sudirman) -> ditandai dengan line warna merah.



Kemudian akan ada perempatan, pilih ke arah Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna -> Jalan Siswa Dalam -> Jalan Windu Karya -> hingga kembali ke Jalan Daan Mogot.


Dari Jalan Daan Mogot, akan ada 2 percabangan, pilihlah yang menuju Jalan Medan Merdeka. Setelah itu, Anda hanya perlu lurus menuju Serang sesuai dengan arahan sebelumnya.

Dari Jalan Daan Mogot, akan ada 2 percabangan, pilihlah yang menuju Jalan Medan Merdeka. Setelah itu, Anda hanya perlu lurus menuju Serang sesuai dengan arahan sebelumnya.

Ketika Anda sudah sampai di Serang, tidak jauh dari perbatasan. Ada akan menemukan petunjuk Jalan yang akan mengarahkan Anda ke Rangkas Bitung/Pandeglang. Pilihlah jalur itu. Selanjutnya Anda akan menemukan jalan yang menuju Petir -> Sampay -> Cileles -> Gunung Kencana -> Malingping -> Bayah.

Untuk kecepatan rata – rata 60 KM/Jam, Anda dapat tiba di Bayah kurang lebih 3 – 4 Jam dari Serang.

Sumbernya dari sini
thanks gan, nais inpoh banget nih
dishare biayanya juga dong gan.

Thumbs up 

Gan kalo pake mobil sedan bisa nggak ya? Kondisi jalannya gimana Gan bisa nyangkut nggak ya Dibandingin lewat cibadak gimana Gan?
Berguna banget buat liburan ! Ijin bookmark gan
Gila bagus banget gan....
Ngak nyangka ya kalau tempat yang indah itu ada disekitar kita...
matabelo
Quote:Original Posted By sofuan
Gan kalo pake mobil sedan bisa nggak ya? Kondisi jalannya gimana Gan bisa nyangkut nggak ya Dibandingin lewat cibadak gimana Gan?


Ga usah khawarir gan, jalannya rata rata udah mulus dari serang - petir - gn kencana - malingping - bayah.. kecuali mobil ente ceper..
Quote:Original Posted By Cungrhink


Ga usah khawarir gan, jalannya rata rata udah mulus dari serang - petir - gn kencana - malingping - bayah.. kecuali mobil ente ceper..


Ane pernah baca katanya ada jalan yg lewat bogor - cibadak bisa lebih dekat gan ?
itu gmn? agan pernah gak lewat jalan situ?
kayanya seru nih backpacker kesana ...
info2 kaya gini nih ane demen

mantap gan
mantab gan info nya, cukup jelas, kpn2 ane mo nyobain pake motor ah..
info yang berguna gan
request info rute dan angkutan ke "surga tersembunyi" lainnya donk gan.

Perkiraan rute ane + durasi



206 km dari jaksel ke bayah

+- error nyasar+belok2 = 240km

misal speed 60km/jam, 240/60=4jam, +toleransi macet 2jam,
total 6jam (tanpa berhenti)
keren gan infonya....

Lengkap banget
rute dari bandung gan
kalo soal rute itu pertanyaan ane yang kedua mungkin, pertanyaan pertamanya mungkin " disana ada berapa banyak dan berapa jenis dan berapa kisaran biaya utk penginapannya " ? hehe maap kalau OOT tapi kyknya penting jg ditanyakan, jangan sampai jauh2 kesana tapi gak ada yg mau nampung, dan mungkin lanjutan pertanyaannya " kalo long weekend kira2 bakal penuh semua gak tuh penginapan2nya? " hehe mohon dijawab buat yg sudah pengalaman kesana
naik kereta api juga bisa

naik kereta dari stasiun Tanah Abang yang jurusan Rangkasbitung (kereta rangkas jaya) atau jurusan serang juga bisa nanti turun di Rangkasbitung, kereta ada pagi jam 6-8 atau sore (kalo gak salah rangkas jaya jam 17.00) murah kok tiketnya nggak sampe 10000

nah dari stasiun rangkasbitung nanti bisa naik angkot ke terminal mandala pake angkot warna merah yang biasanya udah pada mangkal di dekat pintu keluar stasiun. Disini hati2 soalnya biasanya nih angkot bakal nurunin kita bukan di terminal tapi di deket pom bensin yang dimana banyak elf menuju sawarna mangkal , tapi dari situ kalau mau jalan ke terminal tetep bisa kok lumayan deket laah .. dari situ bisa naik bis ke arah Bayah langsung ada, atau juga bisa nyari elf (di terminal ngetemnya nggak selama yg di pom bensin)

estimasi perjalanan ke Bayah dengan bis/elf normalnya adalah 3-4 jam melalui daerah malingping, jangan tidur karena view saat setelah melewati malingping akan sangat menyegarkan

setelah sampai di Bayah, satu2nya transport ke sawarna adalah ojek, harus tawar menawar dulu ya jangan mau lebih dari 20rb-25rb, nah dari Bayah sini ke Sawarna dengan ojek maksimal perjalanan (yang ngebut ) adalah 20 menitan dan selamat datang di sawarna (setelah nyebrang jembatan tentunya hehehe)

Nah untuk pulangnya bisa lewat rute yang sama seperti rute berangkat (tinggal dibalik aja) atau naik angkot ke pelabuhan ratu dulu, sayangnya menurut warga sana angkotnya cuma ada jam 6 pagi aja

kalau masalah penginapan disana cukup banyak guesthouse atau bisa juga nginep di rumah warga murah2 kok , long weekend kesana? gak masalah saya kesana pernah pas long weekend kalo dibilang rame ya nggak rame2 banget kok

oh iya sekedar saran, kalau mau berangkat pagi kalian akan sampai sana paling cepat sore hari (selepas ashar) tapi kalau berangkat naik kereta sore kalian bisa nginep dulu di kota rangkasbitung dan kemudian naik elf paling pagi ke sawarna (jam 5an)

ATM dan pertokoan berakhir di Bayah jadi perbekalan bisa dibeli disana atau disiapkan sebelumnya .. sekian

enjoy your adventure
patut dicoba
patut dicoba nih.
seru banget buat liburan murah tapi asri.
tapi masalah penginapannya guest house sama rumah warga aja ya?
berarti masih belum kesentuh banget nih.

Rute menuju Sawarna Lewat Rangkasbitung Banten

Quote:Rute menuju Sawarna Lewat Rangkasbitung Banten menggunakan angkutan umum

Rute dan angkutan umum menuju Sawarna Lewat Rangkasbitung Banten bisa menjadi pilihan karena jalannya relatif lebih bagus ketimbang jalan Serang- banten. Akan tetapi anda harus siap juga dengan jalan yang berkelol-kelok dan perbukitan.

Untuk ke sawarna dengan menggunakan angkutan umum daria Jakarta atau dari bogor bisa ke Terminal Mandala Rangkasbitung terlebih dahulu. Dari bogor menuju rangkasbitung bisa naik dari Terminal baranang siang Mandala, ada juga Bis Rudi dari Bogor menuju bayah tapi hanya di jam-jam tertentu saja.

Dari Jakarta ke rangkasbitung bisa menggunakan bis ataupun menggunakan kereta. Jika menggunakan kereta bisa naik dari Tanah Abang, ada kereta Rangkas jaya, dari stasiun rangkasbitung bisa naik angkot ke Stasiun Mandala.Jika naik bis bisa ke kalideren, Kampung rambutan atau menunggu di slipi dengan tujuan terminal mandala.

Dari Stasiun Mandala Rangkasbitung bisa menggunakan ELP atau masyarakat sekitar menyebutnya PS (PeEs). Ada banyak PS menuju bayah, tarifnya sekitar 20 -30 ribu jika hari biasa tapi bisa naik ketika hari libur utamanya libur lebaran. Terkadang ada ELP yang hanya sampai Malingping saja, nah saran naiklah ELP yang akan menuju Cikotok. Ada juga Bis Rudi sebesar Metro mini jika di Jakarta, tapi adanya hanya di Jam-jam tertentu.

Dari bayah bisa naik ojek meuju sawarna, tarifnya sekitar 20 ribu rupiah. Jika banyak orang, bisa juga untuk sewa angkot menuju sawarna. Atau bisa juga nego dengan pengemudi ELPnya agar diantarkan menuju sawarna.

Perkiraan biaya jika dari Jakarta menggunakan kereta:
Jakarta – rangkas: RP.6000; rangkas jaya, Angkot Stasiun Rangkas- Mandala RP 2000;, Mandala Sawarna RP 25.000, ojek ke sawarna RP 20.000, jadi total kurang lebih Rp.53.000;.
Rute menuju Sawarna Lewat Rangkasbitung Banten menggunakan angkutan pribadi

Menggunakan angkutan pribadi menuju sawarna lewat rangkasbitung ini bisa menggunaka motor dan mobil. Perbedaanya hanya dari Jakarta Menuju Balaraja saja, selebihnya sama.

Menggunakan Motor menuju sawarna dari Jakarta menuju Rangkasbitung melalui Tangerang terlebih dahulu. Perjalan ke Rangkasbitung menempuh waktu kurang lebih 2 -3 jam dengan kecepatan rata – rata 60 KM/Jam dan tidak terlalu banyak berhenti.

Dari Jakarta bisa ke jalan Daan mogot Jakarta Barat. Setelah di Jalan Daan Mogot Kita bisa menuju Tangerang Kota ( pemeritahan Kota tangerang). Setelah sampai di Tangerang kota kemudian mencari arah yang Cimone, di jalan ini agak ribet karena kita harus muter terlebih dahulu ke dalam kotanya.

Setelah sampai cimone, bisa menuju ke Cikupa Kabupaten Tangerang. Dari Cikupa perjalanan berlanjut menuju balaraja kemudian ke Cikande. Sepanjang jalan Cimone menuju cikande ini harus berhati-hati karena kita akan menemui banyak kendaraan besar pengangkut barang dari pabrik – pabrik dengan kapasisitas besar.

Untuk yang menggunakan Mobil pribadi dari Jakarta bisa masuk Tol Jakarta merak. Keluar di pintu tol balara Timur kemudian menuju pertigaan Cikande.

Setelah sampai pertigaan cikande, Ambil Jalan ke Jalan cikande Rangkasbitung untuk menuju terminal mandala di rangkasbitung. Jalannya kurang bagus hanya pertigaan cikande dan mendekati terminal mandala saja yang kurang bagus. Selebihnya jalan beton mendekat terminal mandala.

Setelah sampai termnal mandala ambil kiri, sebelum jembatan kemudian ambil akana untuk menuju Cileles. Dari situ tingal mengikuti jalan saja sampai ke warung Gunung. Setelah di warung Gunung kemudian ambil kanal menuju Gunung kencana dan Sukamaju dari sana tinggal cari jalan menuju Malingping.

Setelah sampai di malingping, tepatnya di pasar malingping kemudian ambil ke arah bayah. Ada banyak pantai indah dan keren sepanjangan jalan Bayah Malingping ini.

Rute menuju Sawarna Lewat Pelabuhan Ratu

Quote:
Oke untuk yang pertama kita share angkutan umum menuju sawarna dari Jakarta via Bogor kemudian ke pelabuhan ratu. Dari jakarta kita bisa ke Bogor, banyak pilihan dari Jakarta menuju bogor.

Bisa menggunakan Bis dari dari Lebak bulus, Kampung rambutan dan berbagai daerah lainnya di Jakarta, banyak angkutan dari Jakarta menuju terminal Baranangsiang Bogor.

Dari Jakarta menuju bogor bisa juga menggunakan kereta api, Kita bisa naik KRL Commuter Jakarta-Bogor, berhenti di stasiun Bogor. Dari stasiun kereta Api Bogor, kita menuju stasiun Baranangsiang dengan menggunakan angkot.

Setelah di Terminal Baranangsiang, kita cari angkutan menuju Pelabuhan Ratu. Bisa naik Bus MGI AC ke Pelabuhan Ratu dengan tarik kurang lebih (tariff 25.000 – 30 RIbu). Perjalanan sekitar 3,5 jam hingga 4 jam tiba di Pelabuhan Ratu.

Dari Pelabuhanratu kita bisa bisa naik ELP. Perjalanan dari terminal Pelabuhan Ratu ke Bayah memakan waktu dua jam. Disarankan di di depan atau samping jendela karena anda akan melewati pendangan yang indah khas pinggir pantai yang menyergap, Angin sepoi dan aroma laut.

Akan tetapi jangan terlena terlalu dengan pemandangan karena kita harus berhenti persimpangan (pintu Gerbang) jalan menuju Sawarna, kalau tidak nanti baru berhenti di terminal bayah.

Dari persimpangan itu, kita bisa naik ojek menuju Lokasi pantai sawarna. Bisanya tarifnya RP 15 ribu. Rutenya berliku, naik turun, dan jalanannya masih belum begitu mulus.
Rute menuju Sawarna Lewat Pelabuhan Ratu Menggunakan Kendaraan Pribadi


Sedangkan cara kedua bisa dengan menggunakan kedaraan pribadi baik mobil atau motor dari Jakarta menuju sawarna lewat bogor dan pelabuhan ratu. Dari Jakarta bisa ke jalan raya bogor menuju bogor.

peta-menuju-sawarna-2Dari Bogor kemudian ke menuju ciawi. Selanjutnya dari Ciawi perjalanan bisa menuju Cicurug lantas terus ke Parung kuda. Dari Parungkuda perjalanan berlanjut menuju Cikidang.

Perjalanan selanjutnya berlanjut dari Cikidang menuju Pelabuhan ratu. Dari Pelabuhan Ratu perjalan dilanjutkan menuju cisolok. Setelah dari cisolok tinggal menuju sawarna.

Di jalur Cikidarng – Pelabuhan ratu dan Dari pelabuhan ratu menuju sawarna medan cukup berat karena menanjak dan berkelok-kelok membuat kita ekstra hati-hati. Tapi nikmatilah karena akan ada banyak juga pemandangan indah disini.


info soal sawarna dari mulai destinasi, rute dan lainnya coba cek disini
go
×