KASKUS

[Travelista] Pasar Ikan muara angke Surganya penggemar seafood


Quote:

Langsung aja gak pake basa basi deh, Pada tau dong negara kita disebut negara bahari memiliki pasokan makanan hasil laut yang berlimpah. Karena itu tidak heran di setiap kota memiliki pasar ikan yang menjual beragam jenis ikan dan seafood lainnya, termasuk Pasar Ikan Muara Angke, yang memasok persediaan seafood di seluruh kota Jakarta dan sekitarnya.


Quote:
Quote:Lokasinya ada di Jakarta Utara, tidak jauh dari kawasan Pluit. Jika Anda naik kendaraan umum, ada banyak angkutan dari terminal Grogol menuju ke sini.


Quote:

walaupun tempat-tempat makan yang berlokasi di Muara Angke menyediakan jasa untuk berbelanja sehingga kita tidak perlu capek-capek menawar dan membawa bahan makanan yang serba amis ini. Namun, di situlah sebenarnya keasyikannya. Berburu bahan makanan sepuasnya dan mengasah ketrampilan menawar.

Spoiler for Ps Muara angke:

Penjual seafood ini sangat banyak, dari dekat gerbang masuk hingga mendekati pusat jajanan serba laut. Yang dijual pun beragam mulai dari segala jenis ikan laut seperti kakap, tongkol, baronang; aneka jenis kerang seperti kerang dara, kerang susu, kerang ijo; kepiting; udang mulai udang galah yang seperti lobster dan udang windu; hingga cumi-cumi. Anda tinggal menyebutkan seafood apa yang Anda inginkan dan berapa harganya. Setelah si penjual menyebutkan harganya per kilogram, nah di sinilah ketrampilan Anda menawar diuji. Jangan takut untuk menawar. Harga di sini jauh lebih murah daripada harga di pasar ataupun supermarket, jadi pastikan dulu Anda mengetahui harga pasaran seafood saat ini. Dan berdasarkan pengalaman, Anda harus jeli melihat timbangan karena terkadang ada saja penjual yang nakal dalam mengatur timbangan, sehingga Anda rugi beberapa ons.


Setau ane Pasar Ikan Muara Angke lebih murah dan lebih segar jika Anda berani masuk ke dalam pasar daripada berbelanja di pinggir-pinggir pasar. Seafood yang dijual di sini adalah yang benar-benar masih fresh. Memang di sini jauh lebih becek dan berbau amis, namun Anda akan dapat memuaskan nafsu berbelanja seafood dengan lebih optimal.


Quote:
Nih ane kasih tips untuk mendapatkan yang fresh

Ciri ikan segar:

- mata ikan bening dan menonjol, tidak keruh/kusam, dan tidak mendelep
- daging ikan keras/kenyal, tidak lembek, terutama di dinding perut
- insang berwarna merah segar, bukan pucat, kehitam-hitaman, kelabu, apalagi berlendir. Untuk ini harus hati-hati juga, karena pedagang mungkin sekali memakai pewarna untuk membuat insang ikan jadi merah. Yeah, sad to hear that
- sisik mengkilap/terang/cerah, masih utuh, tidak banyak yang lepas

Ciri udang segar:

- Warna udang segar, jernih, tidak ada bintik-bintik hitam
- Terlihat kekar/keras bila ditekan
- Kaki, kulit, serta kepalanya tidak mudah lepas

Ciri kerang segar:

- Jika membeli kerang dalam cangkang, pastikan cangkang banyak yang
terbuka, ini menunjukkan kerang tersebut masih hidup
- kalau membeli kerang yang lepas dari kulit cangkangnya pilihlah dagingnya masih padat dan terlihat utuh
- Warna daging kerang belum berubah dari aslinya

Ciri-ciri cumi segar:

- Badannya kenyal dan kokoh bila ditekan
- Cumi-cumi kecil badannya berwarna keunguan dengan bintik-bintik hitam, sementara cumi-cumi besar berukuran >20 cm, badannya berwarna putih dengan sedikit bintik hitam.
- Cumi segar dilapisi selaput lendir jernih.

Ciri-ciri kepiting/rajungan segar:

- Kepiting umumnya dijual dalam keadaan hidup karena itu biasanya diikat,
sedangkan rajungan dijual dalam keadaan sudah mati
- Untuk kepiting pilihlah yang matanya bergerak keluar-masuk, itu
menandakan kepiting masih hidup
- Pilih kepiting/rajungan yang masih lengkap jari-jari termasuk capitnya.
- Tekan dengan jari pada bagian belakang bila terasa keras berarti
kepiting/rajungan itu gemuk dan sehat
- Untuk membedakan kepiting/rajungan yang gemuk bisa juga dilakukan
dengan cara mengangkat badannya. Bila terasa ringan berarti dagingnya
kurang padat

cara paling gampang membedakan barang segar adalah dari baunya. Tapi cara ini tidak mungkin dilakukan di Muara Angke karena kalah dengan bau-bau yang lain. Anyway, Kios Bu Imah itu masaknya lumayan juga. Apalagi Cumi saos padangnya Jadi terobatilah rasa lapar kami, walaupun akhirnya semua ikan yang kami beli tidak dimakan.



Quote:Inilah tips dari ane jika para juragan hendak kesana

- Siapkan sepatu karet atau sandal jepit untuk berbelanja ikan, cumi, kerang dan lainnya di pasar ikan, sebab kondisi pasar biasanya becek.

- Jika berniat membeli hasil laut segar untuk dibawa pulang, lebih baik siapkan baskom, ember, atau cool box. Tas plastik dari penjual ikan sering bocor sehingga air merembes ke alas mobil dan bisa memunculkan bau amis. Siapkan pula koran bekas untuk alas baskom dan kotak es agar titik air dari es tak membasahi mobil.

- Jangan tergesa-gesa memilih ikan, lebih baik melihat-lihat dulu untuk memastikan hasil laut mana yang akan dibeli.

- Periksa kesegaran ikan dan hasil laut lain agar mendapat ikan yang benar-benar segar sehingga lebih nikmat disantap.

- Keluarkan jurus menawar, karena pedagang biasanya memasang harga tinggi. Jika pandai menawar, kita akan mendapat harga terbaik dan pantas.

- Sebaiknya, bawalah teman untuk lebih dulu memilih warung mana yang akan dipilih. Ini untuk menghindarkan diri dari 'serbuan' karyawan warung yang beramai-ramai menawarkan tempatnya kepada tamu.

Quote:Quote:Demikian sedikit share pencerahan dari ane, semoga bermanfaat dan budayakan komen apalagi
model2 kaya pantai depok di laut selatan nich

harganya gimana gan... ?
Quote:Original Posted By zepun
model2 kaya pantai depok di laut selatan nich

harganya gimana gan... ?


harga lebih miring gan cz ini kan di Tempat pelelangannya
Quote:Original Posted By kaskusmaniac1
ane banget gan penggemar seafood


yeah ente udahn ngiklan aja pagi2 gini,
[QUOTE=8135vm;757863290]ih deket rumah ane nehh.. cuma males ksononya, becek gitu gan



Pake sendal jepit ato sepatu karet gan
pernah dengar tempat masak disana sudah kurang kualitasnya.
ada oknum jahil disana, jadi hati hati saja
sudah pernah ada yang bahas
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=12750367
Go pasar traditional...
Klo di jogja mirip pantai depok/kuwaru ini gan..
Goodluck buat tread competitionnya..

Agan2 tahu blm??
Quote:Web Translate Bahasa Jawa
widih banyak pilihannya ya gan
Quote:Original Posted By simbrothers
Go pasar traditional...


bener gan karena berkesan bgt kalo kita belanja dipasar tradisional
Quote:Original Posted By anakrimba.
Klo di jogja mirip pantai depok/kuwaru ini gan..
Goodluck buat tread competitionnya..

Agan2 tahu blm??


thanks gan
komplit bener tuh segala macam ikan ada
Quote:Original Posted By Apeglie
komplit bener tuh segala macam ikan ada


iya betul gan ngiler ane

Bisnis untuk karyawan dan mahasiswa ! Komisi di bayar perminggu

Peluang usaha dropship tanpa modal, untung sampe 300ribu per item, klik gambar sirine gan


KOMISI DI BAYAR MINGGUAN






Quote:NB : check login lagi setelah 1 jam ...
liat apa yg terjadi di member area !!
LUAR BIASA Pokoknya!!! Yg Pinter pasti dah taw maksudnya ..
yg pernah baca Buku DONAL TRUMP pasti ngerti mksdn ane




Quote:


Spoiler for PINTU REZEKI ANE YG LAIN :
Quote:Original Posted By Apeglie
komplit bener tuh segala macam ikan ada


iya tinggal pilih sesuka hati gan,
jadi kipingin ke muara angke nih
×