KASKUS

Bagaimana Nasib Pendidikan Indonesia Kalau UU Nya Bertentangan Dengan UUD 45

Selamat Datang Di Thread Ane





Klik Banner Untuk Berkunjung ke Markas The ReBOrn atau Kakap Merah

Selamat Membaca
Semoga Menambah Wawasan Agan2 Semua



Quote:Sesuai dengan Undang Undang Dasar 1945 Indonesia adalah negara kebangsaan dan negara kesejahteraan yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, namun kenyataannya banyak terjadi kesalahan dalam penerapan tujuan tersebut entah disengaja atau memang kurang memahami makna UUD 1945, bahkan banyak UU yang bertentangan dengan UUD 1945 lantas apa yang dijadikan landasan UU di negara Indonesia kalau UUD 1045 saja udah dilanggar satu hal yang membuat saya prihatin akan dunia pendidikan di Indonesia adalah UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menurut akal pikiran yang sehat melanggar UUD 1945, silahkan disimak



Quote:UUD 1945
BAB XIII PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Pasal 31


(1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.

(2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya .

(3) Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan Undang-Undang.
Dst


Quote:UU No. 20 Tahun 2003
BAB XIII PENDANAAN PENDIDIKAN
Bagian Kesatu Tanggung Jawab Pendanaan
Pasal 46


(1) Pendanaan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat .

(2) Pemerintah dan pemerintah daerah bertanggung jawab menyediakan anggaran pendidikan sebagaimana diatur dalam Pasal 31 ayat (4) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Dst


Quote:Perhatikan yang saya bold merah dalam Pasal 31 ayat (2) UUD 45 sudah jelas pemerintah wajib membiayai biaya pendidikan Revisi Kritik SopirMetromini sebagai contoh dengan munculnya UU BHP yang di tolak Mahkamah Konstitusi
dalam pasal 46 UU No. 20 Tahun 2003 dalam pembiayaan tertulis (1) Pendanaan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat.
bagaimana menurut agan UU No 20 Tahun 2003 bertentangan bukan sama UUD 1945 yang sudah jelas-jelas mewajibkan pemerintah membiayai pendidikan tapi dalam kenyataannya UU tersebut mewajibkan masyarakat ikut bertanggung jawab juga dalam hal pembiayaan masih banyak terjadi pungutan liar dari sekolah-sekolah yang ini agan pasti dah sering denger beritanya bagaimana bisa maju dan merata pendidikan kita kalau masih seperti ini


Quote:bagaimana pendidikan kita bisa maju kalau UU pendidikan aja bertentangan UUD 1945
gimana nasib masa depan anak2 Indonesia
TS berharap semoga pemerintah makin baik dalam hal manajemen sistem pendidikan nasional biar gak ada lagi anak-anak yang gak sekolah
dan makin maju pendidikan kita





No sumber gan
beberapa ada kalimat potongan dari tulisan Undang Undang No.20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS Makna dan Dampaknya Terhadap Peyelenggaraan Pendidikan Nasional Prof. Dr. Soedijarto, MA (Guru Besar UNJ)
mohon kritikan san sarannya


jangan lupa komeng dan nya
maaf mod kalau salah room delete aja


Kritik & Saran Yang Membangun Dapet

Quote:Original Posted By SopirMetromini
Kritik Ane:
Ente pegawai Universitas Negeri Jakarta, berarti ente PNS. Baru setaon, posting ente udah 11 ribuan, lalu kapan ente kerjanya ? Sebelum ente kritik UU Sisdiknas no 20 tahun 2003 yang notabene juga adalah produk para prof sejawat atasan ente, mending ente introspeksi diri sendiri dulu. Ane sebagai pembayar pajak yang ikut ngebayar gaji ente merasa sangat keberatan.

Tentang UUD 45:
Coba dibaca lagi, bahwa yang menjadi tanggung jawab pemerintah adalah pendidikan dasar, sedangkan pada UU sisdiknas yang disebutkan adalah pendidikan secara umum termasuk pendidikan tinggi, tempat kerja ente. Apakah pemerintah sanggup membiayai pendidikan hingga pendidikan tinggi. Kalau pendidikan dasar bukan nya sudah gratis, untuk sekolah negeri?

Quote:Original Posted By primula
memang dilematis, kalo pengambil kebijakan malah melemahkan tanggung-jawabnya sebagai negara, membiarkan anak bangsanya bertarung secara terbuka dengan kemampuan finansial masing2. lalu buat apa ada negara ?

untung MK sudah membatalkan, lalu gimana dgn pihak2 yg berkepentingan terhadap UU BHP ?. padahal mereka sudah susah-payah menggolkan UU itu dgn pengorbanan & perjuangan yg tidak sedikit? pasti mereka akan melawan dgn macam2 muslihat. sebagai negara yg berdaulat, tinggal menunggu saja siapa & apa perbuatan mereka yg melanggar hukum.


Quote:Original Posted By Abigail.N.G.L
kebanyakan undang2 gan jadi bingung sendiri...emank dipelosok2 nga ada sekolah gratis (ada tp nga menyeluruh kesemua anak) contohnya diNTT khususnya di Rote ndao (ini tempat asal saya jd saya tau )wajib belajar 9 thn tp rta2 pada lulus sd doank mw lanjutin ke smp ortunya uda nga sanggup lagi apalagi lanjutin ke SMA

ayoo berbena diri
masa bodo ah gan masa gw hrus nyilem kedasar sungai sambil bilang woaoww gitu ,
bwah ane nih teu :reques
TS'nya anak UNJ
Quote:Original Posted By MonO21
masa bodo ah gan masa gw hrus nyilem kedasar sungai sambil bilang woaoww gitu ,
bwah ane nih teu :reques

parah ki
Quote:Original Posted By adi cruise
TS'nya anak UNJ

ane anak klonengan gan
akibat liberalisasi dan neo-komunis yg sedang menggerogoti indo nih
mereka kan anti UUD

coba di telaah deh
wajib belajar 12 tahun

Quote:Sesuai dengan Undang Undang Dasar 1945 Indonesia adalah negara kebangsaan dan negara kesejahteraan yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, namun kenyataannya banyak terjadi kesalahan dalam penerapan tujuan tersebut entah disengaja atau memang kurang memahami makna UUD 10945, bahkan banyak UU yang bertentangan dengan UUD 1045 lantas apa yang dijadikan landasan UU di negara Indonesia kalau UUD 1045 saja udah dilanggar satu hal yang membuat saya prihatin akan dunia pendidikan di Indonesia adalah UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menurut akal pikiran yang sehat melanggar UUD 1945, silahkan disimak
nyimak dlu gan

ada yg salah ketik tuh

jarinya jempol semua yak
Quote:Original Posted By adi cruise
TS'nya anak UNJ

posting muk smene thok didelet vbot lho om mengko
Quote:Original Posted By .VOC
parah ki

ane anak klonengan gan

iya nih gan parah beud sumpah
Quote:Original Posted By O.bby
akibat liberalisasi dan neo-komunis yg sedang menggerogoti indo nih
mereka kan anti UUD

coba di telaah deh

iya gan mesti di kaji ulang UUnya
Quote:Original Posted By 1920354
wajib belajar 12 tahun


nyimak dlu gan

ada yg salah ketik tuh

jarinya jempol semua yak




kampret
salah ketik gw
Quote:Original Posted By MonO21
posting muk smene thok didelet vbot lho om mengko

iya nih gan parah beud sumpah

terharu ane gan
ternyata masih tumpang tindih ya
semoga kedepannya bisa di benerin
ya om
Quote:Original Posted By .VOC
beberapa ada kalimat potongan dari tulisan Prof. Dr. Soedijarto, MA (Guru Besar UNJ) yang kebetulan atasan ane dikantor
mohon kritikan san sarannya



Kritik Ane:
Ente pegawai Universitas Negeri Jakarta, berarti ente PNS. Baru setaon, posting ente udah 11 ribuan, lalu kapan ente kerjanya ? Sebelum ente kritik UU Sisdiknas no 20 tahun 2003 yang notabene juga adalah produk para prof sejawat atasan ente, mending ente introspeksi diri sendiri dulu. Ane sebagai pembayar pajak yang ikut ngebayar gaji ente merasa sangat keberatan.

Tentang UUD 45:
Coba dibaca lagi, bahwa yang menjadi tanggung jawab pemerintah adalah pendidikan dasar, sedangkan pada UU sisdiknas yang disebutkan adalah pendidikan secara umum termasuk pendidikan tinggi, tempat kerja ente. Apakah pemerintah sanggup membiayai pendidikan hingga pendidikan tinggi. Kalau pendidikan dasar bukan nya sudah gratis, untuk sekolah negeri?
Emangnya pemerintah sekarang gak membiayai pendidikan?
Itu dana triliunan lu panggil apa?
Yang nggaji guru/dosen lu pikir sapa? Duid SPP? Mana cukup tong!
ya begitulah gan, gak sesuai







.MnNm™ post ©2012
Follow @mnnm_shop "Better Place for Shopping"
terus anggaran pemerintah yang 20% itu kemana gan?
padahal kalo dikelola dengan baik, kayaknya cukup tuh buat sekolah gratis? cmiiw
terus anggaran pemerintah yang 20% itu kemana gan?
padahal kalo dikelola dengan baik, kayaknya cukup tuh buat sekolah gratis? cmiiw
terus anggaran pemerintah yang 20% itu kemana gan?
padahal kalo dikelola dengan baik, kayaknya cukup tuh buat sekolah gratis? cmiiw
Quote:Original Posted By chuchay
ternyata masih tumpang tindih ya
semoga kedepannya bisa di benerin
ya om

sip dah om
Quote:Original Posted By SopirMetromini
Kritik Ane:
Ente pegawai Universitas Negeri Jakarta, berarti ente PNS. Baru setaon, posting ente udah 11 ribuan, lalu kapan ente kerjanya ? Sebelum ente kritik UU Sisdiknas no 20 tahun 2003 yang notabene juga adalah produk para prof sejawat atasan ente, mending ente introspeksi diri sendiri dulu. Ane sebagai pembayar pajak yang ikut ngebayar gaji ente merasa sangat keberatan.

Tentang UUD 45:
Coba dibaca lagi, bahwa yang menjadi tanggung jawab pemerintah adalah pendidikan dasar, sedangkan pada UU sisdiknas yang disebutkan adalah pendidikan secara umum termasuk pendidikan tinggi, tempat kerja ente. Apakah pemerintah sanggup membiayai pendidikan hingga pendidikan tinggi. Kalau pendidikan dasar bukan nya sudah gratis, untuk sekolah negeri?

wew makasih kritikannya send kalo dah mateng
ane bukan PNS juga bukan kerja di UNJ
ane kerja di LSM di cikini yang mengkritisi kebijakan2 pemerintah
LSM ane non politik
dan Prof. Soedijarto adalah penliti di LSM ane
sori ya justru Prof ane yang slalu ngritik pemerintah buat menaikkan anggaran pendidikan biar pendidikan Indonesia makin maju
-
apa hubungannya trid ane ma post ane
dasar ababil
Quote:Original Posted By HonGisFirE
Emangnya pemerintah sekarang gak membiayai pendidikan?
Itu dana triliunan lu panggil apa?
Yang nggaji guru/dosen lu pikir sapa? Duid SPP? Mana cukup tong!

masih kurang kalo menurut ane
gw acungin jempol pendidikan sekarang memang sudah bagus dalam pembiayaan
tapi masih kurang sana2 sini
cek aja sekolah2 yang di pelosok apa itu namanya pemerintah membiayai semua pendidikan
Quote:Original Posted By .MnNm
ya begitulah gan, gak sesuai

—.MnNm™ post ©2012
Follow @mnnm_shop "Better Place for Shopping"

moga kedepan makin maju pendidikan kita
Quote:Quote:Original Posted By vikiejeleek
terus anggaran pemerintah yang 20% itu kemana gan?
padahal kalo dikelola dengan baik, kayaknya cukup tuh buat sekolah gratis? cmiiw


Quote:Original Posted By vikiejeleek
terus anggaran pemerintah yang 20% itu kemana gan?
padahal kalo dikelola dengan baik, kayaknya cukup tuh buat sekolah gratis? cmiiw


Quote:Original Posted By vikiejeleek
terus anggaran pemerintah yang 20% itu kemana gan?
padahal kalo dikelola dengan baik, kayaknya cukup tuh buat sekolah gratis? cmiiw


gak tau kemana gan
ya berdoa aja semoga makin baik pendidikan Indonesia
"pemerintah wajib membiayainya"
yang kena dikit doang,sisanya entah kemana,mau guru kek,pemerintah kek,kalo ada kesempatah kor**** embat aja
TS ganteng :
Quote:Original Posted By AdolfHitler666
"pemerintah wajib membiayainya"
yang kena dikit doang,sisanya entah kemana,mau guru kek,pemerintah kek,kalo ada kesempatah kor**** embat aja
TS ganteng :


sesuai UUD 45 lho
kan dasar pemerintahan dan hukum UUD 45
-
tau aja gw ganteng
lo cantik yak :