KASKUS

Kalau Indonesia Diserang Saat Ini, Siapkah TNI? Ini Jawaban KSAD

Pada era 1960-an, militer Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Padahal, saat itu baru 10 tahun Indonesia merdeka di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno.

Saking kuatnya, Indonesia saat itu dijuluki Macan Asia. Seiring perkembangan waktu, kemampuan militer Indonesia berbalik. Apalagi setelah diembargo, banyak peralatan militer Indonesia tidak bisa digunakan dan usang.

Militer Indonesia kini dipandang sebelah mata. Indonesia tidak lagi ditakuti seperti dulu. Pertanyaannya, jika Indonesia diserang negara lain, mampukah Indonesia menang?

"Dengan kondisi seperti ini lama tidak lama tergantung rakyat. Mau panjang apa pendek. Seperti di Irak berapa lama? Kalau rakyat dan tentara bersatu mereka kuat. Di Vietnam, mereka kuat," kata Kepala Staf TNi Angkatan Darat Jenderal Pramono Edhie Wibowo di Markas Besar Angkatan Darat Jakarta, Kamis (4/10).

Menurut Pramono, Indonesia saat ini sudah kuat militernya. Apalagi, Indonesia pernah punya pengalaman mengalahkan penjajah. "Otak ada pemikiran dan hati ada semangat yang tidak pernah mati jadi alat bisa kalah tetapi semangat tidak bisa dikalahkan. Bisa bertahan silakan datang coba, Indonesia kuat karena merebut kemerdekaan," ujar Pramono.

"Siapapun datang silakan, kita bisa bertahan selamanya (perang). Intinya kita harus waspada, ada kawan ada lawan," ujarnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, TNI terus memperbarui persenjataannya. Selain mendatangkan pesawat tempur seperti Sukhoi dan Super Tucano, TNI juga akan mendatangkan kapal selam, Tank Leopard dan berbagai peralatan tempur canggih lainnya.

sumber: http://www.merdeka.com/peristiwa/kal...apkah-tni.html

=========================

siap gak siap, harus dilawan
Jangan lupa Vietnam kuat karena ada senjata dan ammo TAK TERBATAS yg disuplai RRT dan SOVYET
kita juga punya suplai bambu runcing tak terbatas yg disupply oleh kebon
Quote:Original Posted By merkapa
Jangan lupa Vietnam kuat karena ada senjata dan ammo TAK TERBATAS yg disuplai RRT dan SOVYET


yup banyak yang cuma liat gerilya vietcongnya... padahal MiG-21 n SA-2 dll Vietnam selalu dapet versi paling baru dan rajin diupgrade sampe ada lomba upgrade antara skadron wild weasel USAF vs satuan SAM vietcong
Quote:Original Posted By merkapa
Jangan lupa Vietnam kuat karena ada senjata dan ammo TAK TERBATAS yg disuplai RRT dan SOVYET


dan untuk Indo skr ini, sptnya bekingannya gak selevel bekingan Vietnam pd masa itu deh..
Sishankamrata setrooong :

Siap itu kewajiban, mampu itu persoalan lain
Quote:Original Posted By merkapa
Jangan lupa Vietnam kuat karena ada senjata dan ammo TAK TERBATAS yg disuplai RRT dan SOVYET


kalo dikita mah...... sehari juga habis cadangan yang ada
Quote:Original Posted By kabei
kalo dikita mah...... sehari juga habis cadangan yang ada


bukan rahasia lagi ya mbah..................
Quote:Original Posted By kabei
kalo dikita mah...... sehari juga habis cadangan yang ada


menurut pertaminax, suplai BBM kita terbatas hanya 1 hari.....
Quote:Original Posted By dionhaiz
dan untuk Indo skr ini, sptnya bekingannya gak selevel bekingan Vietnam pd masa itu deh..


BBM kurang apalagi cadangan senjata....
wajar sich kita belum bisa bikin sendiri alutsista vital kayak SAM, Frigate ma Corvette, apalagi pespur beserta suku cadangnya....
hmm... keknya jawabannya ga pd neh, pertanyaan "mampu menang ga ?" "dijawab kemampuan bertahan...." ato mo pake cara bertahan habis2an sambil menunggu sampai musuh bangkrut lalu pergi..

ato salah yang nanya kali ya, coba wartawannya lebih detil, misalkan : kalau diserang malay bisa maneng ga pak ?, klo di serang ausi gimana pak ? atau klo diserang TL butuh berapa jam pak ?
Kalau ada penjajah sih siap nggak siap, pasti dilawan...tp kalau disamain dng Irak, sepertinya beda ladang deh, Indonesia berhutan gunung lembah, kepulauan, irak gurun pasir, lembah pasir....indonesia kalau dr segi nasionalisme kalau sudah menyangkut konfrontasi negara lain, bisa kuat, kalau Irak setengah hati lawan penjajah
bukannya julukan macan asia tu krena sepak bola?
Quote:Original Posted By wahyubison
BBM kurang apalagi cadangan senjata....
wajar sich kita belum bisa bikin sendiri alutsista vital kayak SAM, Frigate ma Corvette, apalagi pespur beserta suku cadangnya....


waktu itu memang Vietnam Utara sudah bisa manufaktur sam, mbt, pt-76, artys, small arms, pespur dkk itu ?
gak, tp banjir alutsista tsb dari USSR & China..

yg gw masalahkan keberadaan bekingan yg setara dgn bekingan Vietnam Utara wkt perang Vietnam dulu sesuai dgn konteks waktu yg digunakan dlm perbandingan dlm artikel tsb..
Quote:Original Posted By wahyubison
BBM kurang apalagi cadangan senjata....
wajar sich kita belum bisa bikin sendiri alutsista vital kayak SAM, Frigate ma Corvette, apalagi pespur beserta suku cadangnya....


Lha kalaupun kita bisa bikin sendiri alutsista vital macem SAM, Frigate, dan Corvette, tapi BBM-nya tetep kurang lha ya sami mawon tho, mas bison

Mending alutsista impor tapi BBM ama amunisi tinggal ambil.

Quote:Original Posted By littlesophie24
Kalau ada penjajah sih siap nggak siap, pasti dilawan...tp kalau disamain dng Irak, sepertinya beda ladang deh, Indonesia berhutan gunung lembah, kepulauan, irak gurun pasir, lembah pasir....indonesia kalau dr segi nasionalisme kalau sudah menyangkut konfrontasi negara lain, bisa kuat, kalau Irak setengah hati lawan penjajah


Beda lagi, orang Irak biasa pegang AK-47, bahkan sampai cewek-ceweknya dilatih nembak pake Kalashnikov. Lha kalau kita kan lebih kebiasa pegang batu, bendho, ama celurit.

Lagian soal rakyat Irak setengah hati itu bukan salah rakyat Irak juga, orang rakyatnya sendiri udah empet ama Saddam Hussein. Itu aja habis isi istana Saddam Hussein dibeberin, malah ada yang komentar gini: "Kalau tahu yang di dalam istana isinya kayak gini, nggak perlu nunggu Amerika udah kita serang sendiri."

Kalau posisinya gitu gimana nggak setengah hati?
Quote:Original Posted By kimi mabok
yup banyak yang cuma liat gerilya vietcongnya... padahal MiG-21 n SA-2 dll Vietnam selalu dapet versi paling baru dan rajin diupgrade sampe ada lomba upgrade antara skadron wild weasel USAF vs satuan SAM vietcong


enggak S-75 Vietnam itu mah cuman diupgrade jadi S-75MK..nambahin Optical tracker

Kalau yang dapet baru itu Mesir dulu dapet S-75M3
kalo soal senjata rahasia... kita banyak gan.....

salah satu nya :

Spoiler for :
Quote:Original Posted By kenyot10

"Siapapun datang silakan, kita bisa bertahan selamanya (perang). Intinya kita harus waspada, ada kawan ada lawan," ujarnya.



ane demen bgt sama bahasanya siapapun silahkn datang
ngomongin soal daya tahan, brp lama ya stok bbm kita?
Quote:Original Posted By kenyot10

"Siapapun datang silakan, kita bisa bertahan selamanya (perang). Intinya kita harus waspada, ada kawan ada lawan," ujarnya.



ane demen bgt sama bahasanya siapapun silahkn datang
ngomongin soal daya tahan, brp lama ya stok bbm kita?
Menurutku, titik rawan kita bukan dari ancaman bersenjata negara lain. Hanya pihak asing yang bodoh, mau menyerang Indonesia secara terbuka. Ancamannya justru menyerang ideologi dan konstitusi kita yang selanjutnya mengontrol resource kita.
Peran intelejin nasional perlu ditingkatkan supya berperan sebagai buffer dan filter penyusupan asing yang menggrogoti..