KASKUS

Mata Pelajaran di SD Dipangkas Jadi 6 Buah



Enam mata pelajaran itu adalah Agama, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, serta Olahraga dan kesehatan.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Musliar Kasim, mengatakan kurikulum pendidikan sekolah dasar akan segera diubah menjadi hanya enam mata pelajaran, sehingga tidak terlalu memberatkan pelajar. Saat ini kurikulum pendidikan di SD sangat luas dan cukup banyak, sehingga menjadi tidak fokus atau seakan kehilangan arah.

Selain itu, siswa SD juga menjadi sangat terbebani dengan berbagai mata pelajaran, sehingga banyak kehilangan kesempatan untuk mengenali nilai-nilai lingkungan yang ada. Padahal mata pelajaran tersebut belum tentu sesuai dengan kebutuhan pendidikan untuk siswa setingkat sekolah dasar.

"Saya pernah mendapatkan masukan dari salah seorang tokoh nasional bahwa cucunya yang masih SD setiap berangkat sekolah harus membawa buku satu koper, karena banyaknya mata pelajaran yang harus mereka terima," kata Musliar, usai acara nonton film inspiratif bersama ratusan siswa dan guru di Banjarmasin, Rabu (3/10).

Saat ini Kemendikbud sedang menyusun kurikulum baru dengan menyederhanakan kurikulum yang ada menjadi hanya enam mata pelajaran, yaitu Agama, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, serta olahraga dan kesehatan.

http://www.beritasatu.com/nasional/7...di-6-buah.html

tanpa sains gmana mau maju ni bangsa
"Kesejahteraan materil suatu bangsa tergantung pada kemampuan bangsa itu dalam bidangsains, sebab sains merupakan dasar teknologi, sering disebut sebagai tulang punggung pembangunan."

Quote:Original Posted By


tanpa sains gmana mau maju ni bangsa


matematika kan sains gan

duh jadi pengen jadi SD lagi niih


wah kalo dipangkas jadi PELIjaran donk gan
IPA dan IPS di keluarin, pelajaran BS kayak agama dan PPKn tetep ada.
Mau dibawa kemana negri ini.
knp ngga ngeadopsi pendidikan barat aja?
Quote:Original Posted By priyatin


matematika kan sains gan

duh jadi pengen jadi SD lagi niih


sains tu ilmu alam gan
cabang2nya ada astronomi, biologi, ekologi, fisika, geologi. ilmu bumi, kimia dll.

tanpa itu semua ga bakal bisa maju ini bangsa
kemaren katanya 7 sekarang 6
besok ga usah ada pelajaran dah
Quote:
tanpa sains gmana mau maju ni bangsa
"Kesejahteraan materil suatu bangsa tergantung pada kemampuan bangsa itu dalam bidangsains, sebab sains merupakan dasar teknologi, sering disebut sebagai tulang punggung pembangunan."



bener banget gan, masa kita selamanya mau jadi bangsa babu. ga bisa bikin ini itu sendiri
beritanya kurang konprehensif nih.... bukannya IPA dan IPS sedang dibahas formatnya. itu menurut berita senada kemaren yg bilang pelajaran SD akan dipangkas jadi 7 bukan 6 seperti pada berita di atas.
Quote:Original Posted By Bryan Adams
beritanya kurang konprehensif nih.... bukannya IPA dan IPS sedang dibahas formatnya. itu menurut berita senada kemaren yg bilang pelajaran SD akan dipangkas jadi 7 bukan 6 seperti pada berita di atas.


berarti kurang satu yang belum masuk ya? kira2 yang satu tuh IPA atau IPS
ane setuju..
tambahin pelajaran pancasila juga bagus...

Quote:tanpa sains gmana mau maju ni bangsa
"Kesejahteraan materil suatu bangsa tergantung pada kemampuan bangsa itu dalam bidangsains, sebab sains merupakan dasar teknologi, sering disebut sebagai tulang punggung pembangunan."


IPA dan IPS bisa diberikan mulai SMP.
SMA langsung penjurusan IPA, IPS, Bahasa.
Universitas juga kan mempelajari sains tingkat advanced..

Quote:Original Posted By geblegh
IPA dan IPS di keluarin, pelajaran BS kayak agama dan PPKn tetep ada.
Mau dibawa kemana negri ini.


pelajaran anak SD jangan berat2..lebih baik ditekankan pada pendidikan moral dan akhlak. biar gedenya ga jadi koruptor, preman, tawuran mulu
Quote:Original Posted By Andreicht
pelajaran anak SD jangan berat2..lebih baik ditekankan pada pendidikan moral dan akhlak. biar gedenya ga jadi koruptor, preman, tawuran mulu

Pelajaran moral itu bukan pelajaran yang untuk dinilai dengan angka. Makanya namanya pelajaran BS.
Quote:Original Posted By


Enam mata pelajaran itu adalah Agama, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, serta Olahraga dan kesehatan.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Musliar Kasim, mengatakan kurikulum pendidikan sekolah dasar akan segera diubah menjadi hanya enam mata pelajaran, sehingga tidak terlalu memberatkan pelajar. Saat ini kurikulum pendidikan di SD sangat luas dan cukup banyak, sehingga menjadi tidak fokus atau seakan kehilangan arah.

Selain itu, siswa SD juga menjadi sangat terbebani dengan berbagai mata pelajaran, sehingga banyak kehilangan kesempatan untuk mengenali nilai-nilai lingkungan yang ada. Padahal mata pelajaran tersebut belum tentu sesuai dengan kebutuhan pendidikan untuk siswa setingkat sekolah dasar.

"Saya pernah mendapatkan masukan dari salah seorang tokoh nasional bahwa cucunya yang masih SD setiap berangkat sekolah harus membawa buku satu koper, karena banyaknya mata pelajaran yang harus mereka terima," kata Musliar, usai acara nonton film inspiratif bersama ratusan siswa dan guru di Banjarmasin, Rabu (3/10).

Saat ini Kemendikbud sedang menyusun kurikulum baru dengan menyederhanakan kurikulum yang ada menjadi hanya enam mata pelajaran, yaitu Agama, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, serta olahraga dan kesehatan.

http://www.beritasatu.com/nasional/7...di-6-buah.html

tanpa sains gmana mau maju ni bangsa
"Kesejahteraan materil suatu bangsa tergantung pada kemampuan bangsa itu dalam bidangsains, sebab sains merupakan dasar teknologi, sering disebut sebagai tulang punggung pembangunan."



warna ijo: nah ini ane setuju banget, biar anak SD punya lebih banyak waktu bermain dan tidak terlalu terbebani dengan materi2 yang belum mereka perlukan..

buat agan TS: menurut hemat saya,,sains (selain matematika dasar) itu sebaiknya baru diperkenalkan di pendidikan tingkat menengah dan didalami di tingkat perguruan tinggi,,kalo SD itu sebaiknya 50% belajar 50% bermain..bermain adalah wahana paling bagus membentuk kemampuan bersosialisasi --> tanggung jawab, kesetiakawanan, kejujuran, kecakapan dll...
wah SD sekarang udah gak dapet IPA lagi??

jaman gw dulu masih ada: IPA = Ilmu pengetahuan alam
mau pelajaran apa aja, yang penting lebih banyak praktek.
Dengan praktek siswa bisa lebih menerapkan ilmunya.
Bullshit banget kalau pendidikan dasar tanpa sains.
dari SD aja sudah nggak belajar IPA sama IPS.. bakal kesulitan tuh di SMP, bahannya dikebut..
terus nanti gurunya pada nganggur dong gan
aduuh
Quote:Original Posted By Andreicht
ane setuju..
tambahin pelajaran pancasila juga bagus...


IPA dan IPS bisa diberikan mulai SMP.
SMA langsung penjurusan IPA, IPS, Bahasa.
Universitas juga kan mempelajari sains tingkat advanced..



pelajaran anak SD jangan berat2..lebih baik ditekankan pada pendidikan moral dan akhlak. biar gedenya ga jadi koruptor, preman, tawuran mulu


ide jenius mudah2an si mendiknas goblok itu sadar dan mau mendengarkan ide agan
×