KASKUS

Membuat Pendingin Ruangan Sederhana

SELAMAT PAGI PARA KASKUSER TERCINTA


Dunia ini sudah semakin panas akibat global warming gan , tiap rumah minimal punya AC satu buah.

nah, disini newbie cuma mau share cara membuat pendingin ruangan sederhana. semoga newbie ga dan kalo repost tlng dimaafkan.
jangan lupa di walaupun agak panjang mohon dibaca dengan teliti gan (mana tau ada yang berminat mencoba)


siapkan alat-alatnya:
1.
Spoiler for Kotak styrofoam bekas:


2.
Spoiler for kipas CPU:


3.
Spoiler for heatsink pc / pendingin komputer:


4.
Spoiler for es batu:


Cara Kerja :

1. pertama pisahkan kotak styrofoam bagian atas dan bawah.
lalu lubangi bagian atas kotak styrofoam

a.lubang untuk masuknya udara
b.lubang untuk keluarnya udara melalui kipas
c.lubang untuk kabel

Spoiler for pemisahan kotak:

Spoiler for lubang masuknya udara:

Spoiler for lubang keluarnya udara melalui kipas dan lubang untuk kabel:


bentuk lubangnya engga harus kotak kaya gitu, mau bulet kotak atau apapun bentuknya, sesusai keinginan agan aja.
yang penting ukuran lubang untuk masuknya udara jangan terlalu besar, karena akan mengakibatkan udara tidak bisa berkumpul di dalam kotak nantinya.

2.langkah selanjutnya adalah pasang kipas cpu dan heatsink pc, di kotak styrofoam bagian atas yang udah dilubangi tadi.
gunakan lem dan potongan kardus sebagai media untuk menempelkannya!


Spoiler for kipas cpu dan heatsink pc:

Spoiler for kipas cpu dan heatsink pc:

Spoiler for kipas cpu dan heatsink pc:


3.selanjutnya isi kotak styrofoam bagian bawah dengan es batu dan sedikit air dingin

Spoiler for es batu dan air dingin :takut:


4.satukan kotak styrofoam bagian atas dan bawah

Spoiler for satukan kotak :D:


5.jika semua sudah selesai di lakukan, sambungkan dengan sumber energinya

ada beberapa sumber energy yang bisa di gunakan.
contohnya baterai

Spoiler for baterai:


atau gunakan port USB buat yang punya komputer atau laptop pribadi di rumah.
caranya dengan memodifikasi dulu (menyambungkan) kipas dan kabel USB seperti ini

Spoiler for usb:


ane lebih merekomendasikan untuk menggunakan sumber energi yang ini (buat yang punya komputer / laptop)

cara kerja mini air conditioner ini adalah seperti ini gan.
saat kita udah menyambungkan kipas dengan sumber energi, lalu kipas akan berputar, dan menyedot udara melalui lubang bagian belakang kotak. lalu udara tersebut akan melewati air, es batu, dan heatsink atau (pendingin cpu)

Spoiler for cara bekerja alat:


penjelasan: -udara luar masuk melalui lubang bagian belakang-
-melewati lambung kotak yang bersuhu -+10 (derajat celcius)-
-udara sejuk keluar melalui lubang kipas di bagian depan kotak-
(maka agan bisa menikmati udara sejuk seperti menggunakan ac)

ada hal yang harus agan ketahui. kipas angin tidak membuat udara menjadi sejuk, melainkan hanya membuat udara mengalir lebih cepat. jadi jika udara di dalam rumah 30(dc) maka udara yang keluar dari kipas anginpun akan tetap sama 30(dc).

berbeda dengan penggunaan mini air conditioner ini.
karena di dalam lambung kotak sudah di pasang heatsink pc(pendingin pc) dan es batu, jika udara di dalam ruangan sekitar 30(dc), maka udara yang di hasilkan mini air conditioner ini akan menjadi sekitar -+20(dc)

jadi jika dibandingkan dengan penggunaan kipas angin. selain udara yang dihasilkan mini air conditioner ini lebih sejuk, penggunaan mini air conditioner ini juga jauh lebih hemat energi dan efisien.


AC sudah jadi


demikian penjelasan dari TS, kalo ada yang menambahkan saran diterima dengan baik

TS sudah berusaha semampunya, apabila ada kesalahan mohon dimaafkan,

TS hanya mengharapkan dan gan biar TS ikut senang

thank's KASKUS

begitu caranya gan? ntar ane coba deh gan

:cendol big
Quote:JASA SMS BOMBER,PIN BOMBER
Ane mau nawarin jasa bomber SMS/PIN BB, bagi agan2 yg punya masalah HP nya sering diganggu, penipu di FJB kaskus, ngerjain temen sekantor/sekolah/sepermainan, dendam pribadi, hubungan anda yang di ganggu pihak ke-3, dll.
Ane akan membomber sms nomor yang mengganggu ente gan/sist

Paket :
500 SMS/PIN
1000 SMS/PIN
2000 SMS/PIN
5000 SMS/PIN
10000 SMS/PIN
20000 SMS/PIN
50000 SMS/PIN

Pemesanan :
Untuk Info PM aja gan atau SMS: 08972505641 PIN: 307E82F1 (SMS/BBM langsung Respon gan)
Masalah no yg pengen di bomber atau SMS apa yg pengen anda kirim bisa di bicarain setelah agan2 PM atau SMS ane


Peraturan :
• Satu Paket buat satu nomor HP
• Kerahasian agan sangat terjaga
• Pembayaran di lakukan sebelum target di bomber
• Tidak bertanggung jawab atas semua gejala yg terjadi pada korban
TS kreatif juga.... boleh coba dipraktekin nih....
wow ente kreatif banget gan, di perbanyak gan biar bisa di jual di FJB KASKUS jangan lupa di patenin nanti di tiru yang lain
wow TS nya keren ini...

ijin bookmark ah.... sapa tau bisa buat praktek coba"

Thumbs up 

wah keren banget nih gans.
ane mau coba
dinginnya sih lumayan tapi paru-paru basah entar

mending beli kipas angin aja deh
Boleh dicoba nih... yg post dulu2 pernah tapi versi big... nais post TS...
Kreatif Gan..
wah mantap bener tuh gan bisa di coba
sep gan bisa dicoba nih...
kreatif jg lo gan
Quote:Original Posted By Asep.Hidayat...

mending beli kipas angin aja deh
unik banget, keguaanya mengutungkan
mantabs nih infonya
ane coba buat gan
kpan2 coba ah, ane ctrl+d dulu ya gan

bagus

Quote:Original Posted By bambuwangi
Boleh dicoba nih... yg post dulu2 pernah tapi versi big... nais post TS...


susahx kalo es batu udah mncair gan...
airx repot tuh
kalo esnya sebanyak itu, bisa bertahan berapa lama gan?