KASKUS

Burung "MASTER" Cililin

BURUNG CILILIN

Tangkar ongklet (Platylophus galericulatus),(inggris=crested jay): jambul panjang, leher berbercak putih.
P. g. galericulatus = Java
P. g. lemprieri = utara Borneo
P. g. coronatus = sumatra dan borneo
P. g. malacensis = semenanjung malaya


namun di indonesia hanya dikenal dengan CILILIN COKLAT dan CILILIN HITAM

Spoiler for CILILIN COKLAT:


Spoiler for CILILIN HITAM:


Spoiler for Video:
perawatan burung CILILIN (hasil search)

Banyak pemilik burung cililin mengeluh : “Kenapa burung cililin itu sensitif gampang mati sih Om?”, bahkan ada yang sampai kapok memelihara burung masteran cililin ini karena menurut ceritanya dia sudah 2 kali memiliki cililin tetapi tiba2 mati begitu saja, “Matinya dadakan Om”. Ini beberapa tips rawatan burung cililin yang kami dapat berdasarkan pengalaman pahit yang pernah kita alami juga.

Pertama : memberi makan burung cililin yang sudah ngevoor tidak boleh kekenyangan atau bahkan kekurangan karena kalau kekenyangan cililin akan malas berbunyi tapi juga jangan kekurangan karena akan mengakibatkan kematian. Standar pemberian jangkriknya (EF) pagi jam 08.00 sebanyak 8-10 ekor dan sore jam 15.30 juga 8-10 ekor, siang hari jam 12.00 alangkah baiknya dikasih kroto segar sebanyak 1 sendok makan jika ini tidak memungkinkan maka bisa diganti dengan pemberian jangkrik lagi sebanyak 4 ekor saja.

Apabila kita membeli seekor cililin yang sudah ngevoor total dari seseorang alangkah baiknya kita tanyakan menu makannya karena kadang ada yang memberikan makan jangkriknya sampai 20 ekor setiap waktu makannya, nah kalau sampai segitunya begitu kita take over menu makannya langsung kita rubah saja perlahan-lahan seperti yang kami sebutkan diatas karena pemberian makan jangkrik yang berlebihan bisa membuat si burung lebih banyak diamnya atau bahkan bisa mengakibatkan kematian juga, disamping itu juga pemborosan yang sia2.

Kedua : penjemuran cililin cukup singkat saja sekitar 10 menit atau paling lama 15 menit. JANGAN LEBIH! Dan itu tidak harus setiap hari, cukup 1 minggu 2- 3 kali saja. Survei membuktikan cililin yang jarang di jemur justru lebih bertahan hidup dari pada yang sering dijemur. Apabila jadwal penjemuran tiba dan angin agak bertiup kencang lebih baik niat menjemurnya di urungkan saja karena (terutama) cililin sangat peka terhadap angin, sama halnya dengan murai batu.

Ketiga : penempatan cililin di dalam rumah jangan di posisi angin lewat, misal lurus di antara dua pintu atau jendela. Akan lebih baik apabila kita taruh di salah satu sudut ruangan. Di malam hari tidak usah di kerodong.

Keempat : cepuk/tempat air minum harus sering di periksa karena hampir semua cililin yang sudah makan voor akan rakus makannya, jadi sehabis makan voor dia akan langsung minum setelah minum dimana kondisi paruhnya sedang dalam keadaan basah dia langsung melanjutkan makan voor lagi dan begitu seterusnya, otomatis kondisi air minumnya akan menjadi keruh tercampur voor.

Kalau kondisi air minum tidak terkontrol (kotor) dikhawatirkan cililin tersebut tidak mau minum yang akhirnya kalau kondisi ini terus menerus berlanjut otomatis bisa mengakibatkan kematian. Menjelang malam hari cepuk pakan voornya harus di kontrol kalau ternyata berkurang harus segera di tambahkan, kadang ada cililin yang suka main2 dengan voor atau dia memilih-milih voor yang mau dimakannya sehingga voor bertebaran kemana-mana dan voornya akan berkurang drastis tanpa sepengetuhan kita.

Semoga ulasan kami ini bisa bermanfaat apabila ada kekurangan2 mohon di tambahkan saja…
membedakan CILILIN JANTAN dan BETINA

sumber : https://www.facebook.com/photo.php?f...type=1&theater

minta ijin sama om eddy udah copas gambar sama share ilmunya

Spoiler for penangkaran cililin:


sekedar sharing: CILILIN JANTAN
1. Badan dan kepala cenderung lebih besar
2 Warna lebih coklat hitam/tua
3. Bintik putih di alis mata lebih kecil
4. Bulu putih di leher lebih tebal dan terlihat jelas warna hitam tanda pemisah/lis
5. Posisi badan lebih tegak
6. Suara lebih panjang dan kasar
7. Variasi suara Kompresor sering dan rapat
8. Gaya mengangguk dan tidak terlalu ngeper

CILILIN BETINA
1. Badan dan kepala cenderung lebih kecil
2. Warna lebih pirang/muda
3. Bintik putih di alis mata lebih besar
4. Bulu putih di leher lebih tipis dan terlihat kurang jelas warna hitam tanda pemisah/lis
5. Posisi badan lebih datar/horisontal
6. Suara lebih pendek/putus2 dan halus/kristal
7. Variasi suara Kompresor jarang dan tidak rapat
8. Gaya ngeper
tak gajul sik om. trit apik
pernah punya 3x, modar semua
sekalian nubi numpang tanya
1. saya punya kenalan seorang pemikat, pemikat tersebut berkata pemberian UH bagus d berikan kepada cililin yg akan menempuh perjalanan jarak jauh. benarkah seperti ini?
2. dari segi suara konon cililin coklat lebih bagus dari cililin hitam, benarkah seperti itu?
3. untuk mencegah cililin modar selama proses pengevoeran, ada metode dengan pemberian anak ikan, baikkah metode ini?
4. di alam liar saya pernah mendengar suara burung ini, tp durasinya bener2 pendek. bagaimana untuk memanjangkan durasi dari suara cililin ini om tanpa harus d goda pakai tangan, setau saya seharusnya masteran itu berbunyi sendiri tnp harus d goda.
5. sistem moulting pada cililin bagaimana? saya terus terang belum pernah menghadapi situasi molting pada cililin. baik penanganan pra moulting, saat moulting maupun pasca moulting.
6. benarkah ada beberapa tipe suara pada cililin? ada yg cenderung pedes n pendek, ada yg cenderung agak2 nglagu dsb.
7. kalau misalnya ada beberapa tipe suara cililin, suara kompresor, kerapatan, kepedasan, volume dsb. mana yg sebaiknya saya pilih? sederhananya suara ideal seperti apa yg sebaiknya saya gunakan. anggap saja saya memaster murai dengan tingkat kecerdasan rata2
8. gosip yg beredar, saat menggunakan cililin sbg masteran jgn terlalu dekat dengan burung yg akan di master krn akan mengakibatkan burung yg d master down, benarkah seperti ini?
suwun om, pertanyaane rodo akeh

trytrm a

Sama ikut menunggu jawabannya juga.. coz ada cililin bahan dirumah baru rawat 11 hari, udah full buka krodong dan burung masih giras klo kandang dipegang selebihnya burung rajin bunyi klo liat ada orang (kayaknya bunyi ketakutan).
Rawatan sampai saat ini:
1. Mandi Jemur seminggu 2 kali
2. Voer ayam, voer lele, vancy kasar sama halus dicampur jadi 1 cepuk ditambah dengan kroto
3. Jangkrik pagi 10, sore 10
4. UH pagi 10 sore 15 (kata pedagangnya harus dikasih terus sampai mau makan voor)

Udah bener gak yah rawatan ane..

1 lagi, bukannya yg jantan ukuran body biasanya lebih kecil tapi panjang ya?
Quote:Original Posted By rdian.jkt
Sama ikut menunggu jawabannya juga.. coz ada cililin bahan dirumah baru rawat 11 hari, udah full buka krodong dan burung masih giras klo kandang dipegang selebihnya burung rajin bunyi klo liat ada orang (kayaknya bunyi ketakutan).
Rawatan sampai saat ini:
1. Mandi Jemur seminggu 2 kali
2. Voer ayam, voer lele, vancy kasar sama halus dicampur jadi 1 cepuk ditambah dengan kroto
3. Jangkrik pagi 10, sore 10
4. UH pagi 10 sore 15 (kata pedagangnya harus dikasih terus sampai mau makan voor)

Udah bener gak yah rawatan ane..

1 lagi, bukannya yg jantan ukuran body biasanya lebih kecil tapi panjang ya?


idem nunggu jawaban om
cek sempak :
Oh iya gan kalo beli cililin bahan atau blum ngepur, jagan di jemur kalo bisa taro dalam rumah atau taro di tempat yg sejuk,, itu akan memperbesar prrsentase cililin untuk hidup, karna cililin tidak bisa kena panas gan,,
Mohonn maaf kalo nubie ada yg salah
wee. udh ada penangkaranny jg ya...

eh gan ane dapet info dari jambul bs jg membedakan jantan & betina, yang
betina jambulny 2 yang jantan 1 jambul..
apakah bnr thu??
Quote:Original Posted By setelkendow
idem nunggu jawaban om
cek sempak :


Makasih Om... pantes aja ada yg seger2...
Quote:Original Posted By Petrick123
Oh iya gan kalo beli cililin bahan atau blum ngepur, jagan di jemur kalo bisa taro dalam rumah atau taro di tempat yg sejuk,, itu akan memperbesar prrsentase cililin untuk hidup, karna cililin tidak bisa kena panas gan,,
Mohonn maaf kalo nubie ada yg salah


So far sih cililin ane masih aman2 aja Om,,, saban mandi di keramba pasti dijemur agak lamaan coz bulunya lumayan tebel jadi lama keringnya, apa cililin ane keturunan YS kali yah ,,
kasian klo jemur sebentar.

Cuma mau ngurangin jatah krotonya masih ngeri-ngeri,, takut amarahum
Spoiler for ask:


maaf ni baru nongol,,
bokap sakit jadi harus gantiin dulu kerjaan bokap..
duh, sebelumnya minta maaf ni, ane juga masih nubie banget, malah bisa dibilang O besar
justru, ane bikin thread ini biar bisa cari tau tentang perawatan Cililin, sebulan lalu beli cililin , masih bahan sih.. ga kuat 2 minggu hidupnya.. sekarang udah almarhum cililin ane :sad
makanya cari ini mau cari tau dulu tentang cililin baru hunting lagi

maaf ya klo ane juga ga bisa jawab.. ane masih minim pengetahuan..
mungkin ada suhu - suhu yang berkenan memberi info lengkap tentang cililin
Setelah kehilangan ciliin pertama (minggu kmaren modar nya), skrg ada 1 ekor lagi ane coba rawat seperti pengarahan penjual di kios.

dengan tidak memberikan jangkrik, jadi cukup voer ayam 511 + tahu (tawar) yg sudah dikukus di hancurkan + kroto dan sesendok UH diberikan tiap pagi dan tiap sore.

Lainnya klo ane perhatiin, di kios tuh tuh burung cililin tiap sore pasti disemprot embun, ane gak nanya kenapa dan apakah harus jadi ritual rutin juga atau tidak..,

Nubi harap ada para master yg bisa menjelaskannya,....

Salam..
Quote:Original Posted By rdian.jkt
Setelah kehilangan ciliin pertama (minggu kmaren modar nya), skrg ada 1 ekor lagi ane coba rawat seperti pengarahan penjual di kios.

dengan tidak memberikan jangkrik, jadi cukup voer ayam 511 + tahu (tawar) yg sudah dikukus di hancurkan + kroto dan sesendok UH diberikan tiap pagi dan tiap sore.

Lainnya klo ane perhatiin, di kios tuh tuh burung cililin tiap sore pasti disemprot embun, ane gak nanya kenapa dan apakah harus jadi ritual rutin juga atau tidak..,

Nubi harap ada para master yg bisa menjelaskannya,....

Salam..


nubi ijin memantau trit bagus om
saya juga kurang paham om, baik pakan yg seharusnya n tidak boleh. pola rawatan pakem juga saya tanya kanan kiri belom ada yg berani kasih jaminan. tp kata penjeratnya d kasih ikan kecil, rebon atau anak lele.
wah ternyata susah juga ya pelihara bahan cililin..
Suhu-suhu cililinnya belum ada yang dateng nih
mana sekarang harga cililin bahan naik lagi
dari 1000k sekarang jadi 2000k
Quote:Original Posted By benBONEN
wah ternyata susah juga ya pelihara bahan cililin..
Suhu-suhu cililinnya belum ada yang dateng nih
mana sekarang harga cililin bahan naik lagi
dari 1000k sekarang jadi 2000k


masak sih Gan... akhirnya ane menyerah rawat bahan, udah beli yang mapan CL coklat dan Hitam (sumatra) lumayan bikin berisik

Mau dikeluarin salah satu nih..ada yg minat ?
Quote:Original Posted By rdian.jkt


masak sih Gan... akhirnya ane menyerah rawat bahan, udah beli yang mapan CL coklat dan Hitam (sumatra) lumayan bikin berisik

Mau dikeluarin salah satu nih..ada yg minat ?


pm coklat n iteme mas
Keren nih burung
masteran kelas berat nih... ikut mantau aja, belum sanggup momong cililin
ane ngk brani coba nihh pelihara burung...karena kurang waktu untuk merawatnya...takut mokat dan rugi dehh kantong, utk mensiasatinya klo buat master cukup puter mp3 cililin aja sore sampe pagi

sambil nyimak gan
Quote:Original Posted By rdian.jkt


masak sih Gan... akhirnya ane menyerah rawat bahan, udah beli yang mapan CL coklat dan Hitam (sumatra) lumayan bikin berisik

Mau dikeluarin salah satu nih..ada yg minat ?


CL Coklat sudah pindah rumah,,, tinggal yang Hitam dan ane mau keep aja coz tipe suara paling cocok sama ane.
×