KASKUS

Deposito di Bank syariah , aman / tidak?

Siang agan"..

saya posisi sedang menanam uang deposito di bank BNI syariah, yang saya ingin tanyakan, mereka kan menyebut sistem nya bagi hasil dan di jamin oleh LPS, tetapi bunga rata" yang mereka kasih itu 6,5-7% / tahun...

Nah sedangkan LPS kan hanya menjamin dana yang disimpan dengan bunga tdk lbh dari 5,5%

Setelah saya mina info dari CS nya bank, mereka bilang kalau aturan itu tdk berlaku di bank syariah, memang limit seperti 2 miliyar tetap ada , tetapi untuk sistem pembagian bank syariah bunga seperti bunga, tetapi melainkan bagi hasil...


@_____@ jadi bingung deh, secara saya buka masalah keuangan dan perbankan...

Menurut agan" yang lbh ahli, gmn ya?aman atau tidak deposito di bank syariah? setau saya sih di bank" konvensional lainnya bunga cuma 3,5-4,5% aja....

Thumbs up 

betul gan di bank syariah ngga ada bunga, tapi bai hasil , jadi jumlah bagi hasil yg bakal agan terima tuh ngga seallu sama jumlahnya, bisa besar bisa keil, tergantung keuntungan yg bank dapatkan tahun itu,

kalo bank konvensional kan bunganya jelas misal 5%, kalo bank syariah ngga tentu , kalo lagi untung banknya kita bisa dpt bagi hasil yg banyak, tapi kalo lg seret ya bisa dapet bagi hasil yg dikit juga..

semoga membantu..
Iya , betul gan, saya juga dapet penjelasan seperti itu, jadi dana kita yang kita depositokan tetap di jamin LPS ya ? -
Quote:Original Posted By MyHob
Iya , betul gan, saya juga dapet penjelasan seperti itu, jadi dana kita yang kita depositokan tetap di jamin LPS ya ? -


ane bantu jawab ya gan

setiap bank yg termasuk dalam LPS, LPS hanya menjamin bunga max 5,5% (untuk saat ini) dan maksimal 2M perorang

jadi misalnya bank, ngasih bunga diatas 5,5% berati kelebihan bunga tersebut TIDAK ditanggung LPS, sehingga ketika bank tersebut kolaps maka LPS hanya akan menanggung mak 2M dengan bunga 5,5%
*ini hanya berlaku pada bank yg terdaptaf dalam LPS ya gan
BNI syariah sdg mnglami trend prtmbhn yg positif. Dana nasabah ins allah sllu aman. krn prinsip dr BNI syriah itu sndri amanah dan jamaah. Pegawai ny pun ramah2 dann berbicaran dgn sopan santun yg sangat manis.Saya pun ada deposito dsana.ins allah ke depan BNI syrh mnjd bank syrh no.1 d IND.
ini gan ane ada masukan perhitungan bagi hasil yg ane kopi dari http://annisaqu.blogspot.com/2009/06...k-syariah.html

Buat para blogger yang belum mengetahui bagaimana cara perhitungan bagi hasil yang kita dapatkan apabila dana kita ditempatkan di Bank Syariah. Baerikut ini saya coba simulasikan sedikit cara perhitungan bagi hasil untuk Deposito

Jika diketahui :
1. Nominal Deposito di Bank Syariah Rp. 10.000.000,00 dengan jangka waktu 1 bulan
2. Saldo rata-rata seluruh Deposito di Bank tersebut yang memiliki jangka waktu 1 bulan adalah Rp.5.000.000.000.000,00
3. Saldo pendapatan distribusi bagi hasil seluruh Deposito yang ada di Bank tersebut yang memiliki jangka waktu 1 bulan Rp.50.000.000.000,00
4. NISBAH bagi hasil Deposito dengan jangka waktu 1 bulan adalah 55,00 % untuk Nasabah dan 45,00 % untuk Bank.
5. maka bagi hasil yang diterima oleh Nasabah tersebut adalah



Jadi dari simulasi tersebut didapatkan, jika kita menempatkan dana kita berupa Deposito senilai Rp.10.000.000,00 dengan nisbah 55,00%. Pada bulan berikutnya, kita akan mendapat bagi hasil dari Bank sebesar Rp. 55.000,00. Cukup adil bukan ?.Perhitungan tersebut baru bisa diketahui pada bulan berikutnya.

Lain halnya dengan Deposito di Bank Konvensional, dimana bila kita menempatkan dana kita saat ini pada bank Konvensional, maka berapa yang akan didapat pada bulan yang akan datang, kita sudah bisa mengetahui saat ini juga dengan mengalikan dana kita tersebut dengan besaran bunga yang sudah ditetapkan oleh Bank tersebut tanpa kita memperdulikan berapa pendapatan Bank pada bulan berikutnya.

Semoga contoh ini dapat bermanfaat, dan para blogger juga bisa menilai mana yang lebih adil bagi pihak Nasabah maupun pihak Bank sebagai pengelola dana.
aman gan..,tetap dijamin LPS,kalo yang maksimal 5,5% itu benar konvensional, dan tidak berlaku di bank syariah,coba perhatikan stikernya lps yang ditempel di pintu bank,ada tanda * kecuali bank syariah, jadi dana agan tetap terjamin sd 2M tapi tidak terikat bunga 5% seperti di konven
bank syariah mau pun bank konvensional tetep bank, mereka melakukan usaha walaupun visi dan landasan nya beda. karena ini tetep bisnis, resiko teteap ada.

mgkn Secara global dan kasar, tambah pertumbuhan indonesia lagi bagus, likuidasi bank hamipir kecil terjadi, tambah BNI juga bank yang besar, jadi bisa di bilang resiko kecil.

walaupun seperti itu, bukan berarti bank syariah bukan tidak mungkin bangkrut, karena faktor bangkrut nya perusahaan kan bukan cuman landasan dan visnya, tapi bisa juga operasional dan faktor lain.

Deposito selalu di angggap investasi yang paling aman, jadi kalo resiko dari deposito blm bisa di terima,mgkn ORI atau tabungan aja yang "lbh" kecil resko nya.

kalo ane sih,kalo emang udh pgn deposito di sana, deposito aja, karena kalo bank sebesar BNI ancur, mgkn banybank lain juga drop kali ya....IMHO
menurut saya sih kalo bank bank besar, gk perlu terlalu pusing kolaps.
karena kalo bank bank gede itu kolaps Indonesia masuk masa seperti 97-98 lagi.

kalo liat suku bunga kredit, masih jauh d.
tapi perlu di inget bawha Bank bank syariah cuman dapet bantuan modal dari bank asli nya , seperti BSM, dan lain lain, mereka adalah PT lain yang dapat kurcuran dana dari bank induk nya. beberapa bank masih memasukkan bank syariah dalam divisi nya, blm terpisah secara mutlak.
tapi secara keseluruhan bank syariah di indonesia kayaknya masih uptrend ya.
gan kmrn liat kog cuma 5,76% pertahun ea ???
apa tiap daerah beda ??????????

Quote:Original Posted By luphybrown
gan kmrn liat kog cuma 5,76% pertahun ea ???
apa tiap daerah beda ??????????


Tanggalnya beda.
Quote:Original Posted By MyHob
Siang agan"..

saya posisi sedang menanam uang deposito di bank BNI syariah, yang saya ingin tanyakan, mereka kan menyebut sistem nya bagi hasil dan di jamin oleh LPS, tetapi bunga rata" yang mereka kasih itu 6,5-7% / tahun...

Nah sedangkan LPS kan hanya menjamin dana yang disimpan dengan bunga tdk lbh dari 5,5%

Setelah saya mina info dari CS nya bank, mereka bilang kalau aturan itu tdk berlaku di bank syariah, memang limit seperti 2 miliyar tetap ada , tetapi untuk sistem pembagian bank syariah bunga seperti bunga, tetapi melainkan bagi hasil...


@_____@ jadi bingung deh, secara saya buka masalah keuangan dan perbankan...

Menurut agan" yang lbh ahli, gmn ya?aman atau tidak deposito di bank syariah? setau saya sih di bank" konvensional lainnya bunga cuma 3,5-4,5% aja....

Salam kenal, Agan. Menabung di Bank (Biasa/Syariah), yg kita dpt adalah investasi max 2% sdangkan inflasi di indonesia berkisar 9-10%, jd uang kita setelah 10 th secara jumlah bertambah 2% tp secara nilai jauh berkurang. belum kalo nasabah mengalami resiko hidup spt: sakit kritis, cacat tetap krn kecelakaan serta meninggal adalah ditanggung si nasabah sendiri.
Bagaimana dgn menabung di PruSyariah?
Nasabah mendapatkan nilai investasi syariah (bagi-hasil) lebih besar dari bank (2%) dan deposito (6%), yakni rata-rata 23% per tahun dan jauh diatas inflasi.
Dan kalo nasabah mengalami resiko hidup spt:
• 33 macam sakit kritis (nasabah dapat uang santunan minimal 20 juta+biaya rmh sakit+stop nabung, krn PruSyariah akan menabungkanya sampai usia nasabah 65 th)
• Cacat tetap akibat kecelakaan (nasabah dapat uang santunan minimal 50 juta)
• Meninggal (nasabah dpt uang santunan minimal 90 juta).

Bagaimana menurut Agan? Mana yg lebih menguntungkan nasabah

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai produk ini, Sahabat bisa menghubungi saya di nomor 0816 1715 8329 atau 021-70886916.

Terima kasih, Sahabat. Semoga kesuksesan selalu bersama kita. Amin.

Syamsul Hikmat Hidayat
PT. Prudential Life Assurance
Agent Code : 00352459
Lisenced Code : 11477250
Quote:Original Posted By luphybrown
gan kmrn liat kog cuma 5,76% pertahun ea ???
apa tiap daerah beda ??????????

Salam kenal, Agan. Menabung di Bank (Biasa/Syariah), yg kita dpt adalah investasi max 2% sdangkan inflasi di indonesia berkisar 9-10%, jd uang kita setelah 10 th secara jumlah bertambah 2% tp secara nilai jauh berkurang. belum kalo nasabah mengalami resiko hidup spt: sakit kritis, cacat tetap krn kecelakaan serta meninggal adalah ditanggung si nasabah sendiri.
Bagaimana dgn menabung di PruSyariah?
Nasabah mendapatkan nilai investasi syariah (bagi-hasil) lebih besar dari bank (2%) dan deposito (6%), yakni rata-rata 23% per tahun dan jauh diatas inflasi.
Dan kalo nasabah mengalami resiko hidup spt:
• 33 macam sakit kritis (nasabah dapat uang santunan minimal 20 juta+biaya rmh sakit+stop nabung, krn PruSyariah akan menabungkanya sampai usia nasabah 65 th)
• Cacat tetap akibat kecelakaan (nasabah dapat uang santunan minimal 50 juta)
• Meninggal (nasabah dpt uang santunan minimal 90 juta).

Bagaimana menurut Agan? Mana yg lebih menguntungkan nasabah

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai produk ini, Sahabat bisa menghubungi saya di nomor 0816 1715 8329 atau 021-70886916.

Terima kasih, Sahabat. Semoga kesuksesan selalu bersama kita. Amin.

Syamsul Hikmat Hidayat
PT. Prudential Life Assurance
Agent Code : 00352459
Lisenced Code : 11477250
Quote:Original Posted By herozero29
betul gan di bank syariah ngga ada bunga, tapi bai hasil , jadi jumlah bagi hasil yg bakal agan terima tuh ngga seallu sama jumlahnya, bisa besar bisa keil, tergantung keuntungan yg bank dapatkan tahun itu,

kalo bank konvensional kan bunganya jelas misal 5%, kalo bank syariah ngga tentu , kalo lagi untung banknya kita bisa dpt bagi hasil yg banyak, tapi kalo lg seret ya bisa dapet bagi hasil yg dikit juga..

semoga membantu..

Salam kenal, Agan. Menabung di Bank (Biasa/Syariah), yg kita dpt adalah investasi max 2% sdangkan inflasi di indonesia berkisar 9-10%, jd uang kita setelah 10 th secara jumlah bertambah 2% tp secara nilai jauh berkurang. belum kalo nasabah mengalami resiko hidup spt: sakit kritis, cacat tetap krn kecelakaan serta meninggal adalah ditanggung si nasabah sendiri.
Bagaimana dgn menabung di PruSyariah?
Nasabah mendapatkan nilai investasi syariah (bagi-hasil) lebih besar dari bank (2%) dan deposito (6%), yakni rata-rata 23% per tahun dan jauh diatas inflasi.
Dan kalo nasabah mengalami resiko hidup spt:
• 33 macam sakit kritis (nasabah dapat uang santunan minimal 20 juta+biaya rmh sakit+stop nabung, krn PruSyariah akan menabungkanya sampai usia nasabah 65 th)
• Cacat tetap akibat kecelakaan (nasabah dapat uang santunan minimal 50 juta)
• Meninggal (nasabah dpt uang santunan minimal 90 juta).

Bagaimana menurut Agan? Mana yg lebih menguntungkan nasabah

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai produk ini, Sahabat bisa menghubungi saya di nomor 0816 1715 8329 atau 021-70886916.

Terima kasih, Sahabat. Semoga kesuksesan selalu bersama kita. Amin.

Syamsul Hikmat Hidayat
PT. Prudential Life Assurance
Agent Code : 00352459
Lisenced Code : 11477250
Kenapa tidak mencoba menyimpan logam mulia aja gan? Minim resiko
Quote:Original Posted By maxshak333
ini gan ane ada masukan perhitungan bagi hasil yg ane kopi dari http://annisaqu.blogspot.com/2009/06...k-syariah.html

Buat para blogger yang belum mengetahui bagaimana cara perhitungan bagi hasil yang kita dapatkan apabila dana kita ditempatkan di Bank Syariah. Baerikut ini saya coba simulasikan sedikit cara perhitungan bagi hasil untuk Deposito

Jika diketahui :
1. Nominal Deposito di Bank Syariah Rp. 10.000.000,00 dengan jangka waktu 1 bulan
2. Saldo rata-rata seluruh Deposito di Bank tersebut yang memiliki jangka waktu 1 bulan adalah Rp.5.000.000.000.000,00
3. Saldo pendapatan distribusi bagi hasil seluruh Deposito yang ada di Bank tersebut yang memiliki jangka waktu 1 bulan Rp.50.000.000.000,00
4. NISBAH bagi hasil Deposito dengan jangka waktu 1 bulan adalah 55,00 % untuk Nasabah dan 45,00 % untuk Bank.
5. maka bagi hasil yang diterima oleh Nasabah tersebut adalah



Jadi dari simulasi tersebut didapatkan, jika kita menempatkan dana kita berupa Deposito senilai Rp.10.000.000,00 dengan nisbah 55,00%. Pada bulan berikutnya, kita akan mendapat bagi hasil dari Bank sebesar Rp. 55.000,00. Cukup adil bukan ?.Perhitungan tersebut baru bisa diketahui pada bulan berikutnya.

Lain halnya dengan Deposito di Bank Konvensional, dimana bila kita menempatkan dana kita saat ini pada bank Konvensional, maka berapa yang akan didapat pada bulan yang akan datang, kita sudah bisa mengetahui saat ini juga dengan mengalikan dana kita tersebut dengan besaran bunga yang sudah ditetapkan oleh Bank tersebut tanpa kita memperdulikan berapa pendapatan Bank pada bulan berikutnya.

Semoga contoh ini dapat bermanfaat, dan para blogger juga bisa menilai mana yang lebih adil bagi pihak Nasabah maupun pihak Bank sebagai pengelola dana.


mantab nih gan infonya.
bank syariah lebih adil dan menentramkan.

Alhamdullilah sekarang sudah rada paham walau nda paham 100% sih matabelo
boleh sih cari bunga yang diatas LPS ga usah takut.. yang penting kita harus liat latar belakang bank tersebut melalui aset, bank milik pemerintah atau swasta. biasanya bank pemerintah ada namanya spesial rate tp biasanya nominal diatas 1 M dan kalo mau bermain diatas bunga LPS kalo bisa di bank bumn atau daerah karena ketahanannya dan biasanya jarang colapse tapi kalo swasta ga jamin apalagi BPR

Heart Informasi Mengenai DEPOSTIO BANK INDONESIA

Sobat sobat semua bisa baca informasi lebih lengkap mengenai Depostio BNI dan Depostio BNI Syariah... Agar nantinya saudara bisa lebih memahami dan mengani Depostio tersebut. Silahkan Baca Mengenal BNI Depostio dan BNI Syariah Deposito dan baca juga infomasi menenai Mengenal Lebih dekat Deposito Bank BRI

Terima kasih, kurang lebihnya mohon dimaafkan.
Pastiku Hamil Neschools
×