KASKUS

Beda Negara Beda Budaya Birokrat

Pengakuan Pemerintah bahwa birokrasi kita emang lelet, padahal jumlahnya gemuk luar biasa

Jakarta - Pemerintah saat ini tengah gencar melakukan reformasi birokrasi di tubuh pegawai negeri sipil (PNS). Harusnya PNS RI bisa mencontoh model birokrasi dari Singapura yang serba cepat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Azwar Abubakar menyampaikan birokrasi di Singapura sangat inovatif dan mempunyai semangat melayani, serta inisiatif tinggi.

Azwar menyampaikan hal ini seperti dikutip dari situs Kementerian PAN dan RB, Rabu (3/10/2012), saat membuka seminar reformasi birokrasi di Batam. "Batam harus dapat mencontoh Reformasi Birokrasi di Singapura," kata Azwar.

Menurut Azwar, Singapura menerapkan sistem birokrasi yang efisien dari segi sumber daya, peningkatan gaji atau bonus berbasis kinerja. Birokrasi Singapura juga berorientasi pada kepuasan pelanggan, serta pembaruan terus-menerus terhadap cara dan hasil kerja.

Dalam acara tersebut, Azwar meluncurkan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) online tingkat Pemerintah daerah. Azwar juga memberikan satu akun Password kepada para Inspektur Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota selaku Koordinator Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan pemerintah daerahnya, untuk dapat login kedalam sistem PMPRB On-Line.

Deputi Bidang Program dan Reformasi Birokrasi Kementerian PAN dan RB, Ismail Mohamad menambahkan, akun-akun yang diberikan tersebut digunakan untuk menentukan unit kerja yang akan dinilai. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan untuk melihat kemajuan serta menilai reformasi birokrasi pemerintah daerah yang bersangkutan.

"Selanjutnya mereka bisa menyampaikan hasil penilaian secara elektronik kepada PMPRB Resource Centre yang ada di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," ujar Ismail.


sumbernya disini
untuk mempercepat bahkan melampaui kinerja birokrat singapura, ... itu adalah tugas dari menteri pan dong, ...
Quote:Original Posted By CarcaJou



Azwar menyampaikan hal ini seperti dikutip dari situs Kementerian PAN dan RB, Rabu (3/10/2012), saat membuka seminar reformasi birokrasi di Batam. "Batam harus dapat mencontoh Reformasi Birokrasi di Singapura," kata Azwar.

sumbernya disini


kenapa hanya batam yang di minta??? harusnya semua aparat di negeri harus mencontoh reformasi birokrasi seperti di negara sebelah.
semoga bisa diadopsi, kami sudah bosan dengan berokrasi yang berbelit2, juga memakan waktu yg sangat lama jika harus berurusan dengan adminstrasi pemerintahan...
kalo pimpinan gak bikin target apik ya gak bakalan dapet hasil apik
Quote:Original Posted By anarsakus
untuk mempercepat bahkan melampaui kinerja birokrat singapura, ... itu adalah tugas dari menteri pan dong, ...


Katanya orang sepinter apapun klo udah menduduki jabatan yang jadi pikirannya gimana nggak dicopot dari jabatannya,tauk tuh mentri yang satu ini

Quote:Original Posted By midas
kenapa hanya batam yang di minta??? harusnya semua aparat di negeri harus mencontoh reformasi birokrasi seperti di negara sebelah.


Tergantung proyek kali tuh gan

Quote:Original Posted By saidhamada
semoga bisa diadopsi, kami sudah bosan dengan berokrasi yang berbelit2, juga memakan waktu yg sangat lama jika harus berurusan dengan adminstrasi pemerintahan...


Jadi inget iklan rokok yang nyepet kelakuan birokrat, sayang udah nggak tayang lageh

Quote:Original Posted By teng.tong
kalo pimpinan gak bikin target apik ya gak bakalan dapet hasil apik


apik tergantung dari sudut pandang siapa dulu kayaknya
×