Mengenal Senjata-Senjata Yang Dipakai TNI dan Polri

Selamat Siang Agan-Agan Sekalian
Kali ini Ane akan berbagi tentang persenjataan yang digunakan oleh TNI dan Polri kita . Terutama senjata perorangan atau yang masuk dalam kategori firearms. Dalam hal ini ane batasi senjata yang masuk dalam kategori Senapan Serbu, Senjata Sub Mesin, Senapan Mesin dan Sniper Rifles.

Langsung aja, Cekibrot:

SENAPAN SERBU
Senapan serbu merupakan senjata utama infanteri. Senjata yang masuk klasifikasi senapan serbu adalah senjata dengan kaliber menengah, berlaras medium sampai panjang dan memiliki mode penembakan selektif (bisa semiotomatis dan otomatis penuh). Berikut beberapa senapan serbu yang digunakan oleh TNI dan Polri.

SS1
Quote:
Spoiler for SS1:


SS1 merupakan senapan serbu utama bagi TNI. Berbagai kesatuan infanteri di tubuh TNI menggunakan SS1. Senapan serbu ini merupakan produk dalam negeri yang dibuat oleh PT. Pindad berdasarkan lisensi dari Fabrique Nationale Herstal, Belgia. Senjata asli buatan FN Herstal yang lisensinya dibeli PT. Pindad adalah FNC kaliber 5,56 mm.
SS1 disesuaikan dengan ergonomi dan postur tentara Indonesia. Ada beberapa varian SS1 yaitu:
SS1-V1 : Panjang laras standar dengan popor lipat.
SS1-V2 : Laras lebih pendek dengan popor lipat
SS1-V3 : Laras standar dengan popor tetap.
SS1-V4 : Seperti V1 tetapi dengan tambahan teleskop.
SS1-V5 : Laras sangat pendek (karabin)
SS1-R5 : Untuk pasukan Batalyon Raider
Sabhara : SS1 untuk kepolisian, menggunakan amunisi 7,62 X 45 mm


Spoiler for SS1 TNI:



M16
Quote:
Spoiler for M16:


M16 masuk kedalam TNI pada sekitar tahun 1970an ketika kerjasama militer dan politik antara Indonesia dengan Amerika Serikat sedang mesra-mesranya mengingat waktu itu Orde Baru menjadikan Komunisme sebagai momok bagi bangsa dan AS juga sedang memperluas pengaruhnya dalam membendung Komunisme. Pada waktu itu terjadi penggantian besar-besaran senjata personal terutama di angkatan darat. Ada 100 batalyon yang mendapatkan senjata M16 sebagai pengganti senjata buatan Sovyet seprti Ak47.
Saat ini M16 masih digunakan oleh TNI baik dalam latihan maupun sebagai senjata bagi pasukan teritorial seperti di Kodim dan Koramil.

Spoiler for M16 TNI:



SS2
Quote:
Spoiler for SS2:


SS1 merupakan senapan serbu generasi kedua dari PT. Pindad. SS2 dibuat dengan reverse engineering dari senapan SS1/FNC, M16 dan Ak 47. SS2 digadang-gadang akan menggantikan SS1 sebagai senapan serbu utama bagi TNI. Pada tahun 2006 TNI sudah memesan sebanyak 10.000 pucuk SS2 dari PT. Pindad. Saat ini SS2 sudah dipakai oleh pasukan elit TNI seperti Kopassus, Paskhas dan Marinir.

Spoiler for SS2 TNI:



AK47
Quote:
Spoiler for AK47:


AK47 merupakan senjata "peninggalan" Orde Lama. Pada masa itu Ak47 merupakan senjata yang banyak digunakan satuan-satuan TNI baik itu KKO (marinir), RPKAD, dan pasukan Cakrabirawa.
Saat ini AK47 digunakan secara terbatas di satuan-satuan TNI sebagai senjata latihan dan untuk misi-misi khusus.Latihan Dopper (merayap sambil ditembaki) Kopassus menggunakan senjata AK47 dengan alasan peluru kaliber 7,62 mm tidak akan pecah atau mental saat mengenai tanah. AK47 juga masih digunakan oleh Polairud.

Spoiler for AK47 TNI:



AUG
Quote:
Spoiler for AUG:


AUG merupakan singkatan dari Armee Universal Gewehr atau dalam bahasa Inggrisnya Army Universal Gun. Senjata buatan Steyr ini mudah dikenali karena sosoknya yang futuristik. Senjata ini menganut sistem Bullpup atau magasin berada di belakang pistol grip dan mekanisme senjata berada di dalam popor yang memungkinkan senjata bisa dibuat lebih pendek tanpa mengorbankan panjang laras. Di Indonesia AUG sering disebut sebagai Steyr digunakan terutama oleh Gegana Polri, selain itu Kopassus dan Marinir juga memilikinya.

Spoiler for AUG TNI:




Galil MAR
Quote:
Spoiler for Galil:


Senapan serbu Galil buatan Israel dipakai oleh Peleton Intai Tempur (Tontaipur) Kostrad. Varian Galil yang dipakai adalah Galil MAR atau biasa disebut Micro Galil.

Spoiler for Galil TNI:



AK101
Quote:
Spoiler for AK101:


AK101 adalah keturunan dari AK47 yang melegenda. AK101 sebenarnya lebih dekat ke AK74 daripada AK47. AK101 bisa dibilang versi ekspor dari AK74 karena memakai kaliber NATo yaitu 5,56 x 45 mm, berbeda dengan AK74 yang memakai kaliber 5,45 x 39 mm. AK101 di Indonesia digunakan oleh Brimob Polri, selain itu beberapa kesatuan di TNI juga memilikinya.

Spoiler for AK101 TNI:



M4
Quote:
Spoiler for M4:


Senjata yang identik dengan pasukan elit Amerika ini pada dasarnya adalah M16 dengan laras pendek (karabin) dan popor model teleskopik. Di Indonesia M4 dipakai oleh Densus 88 Polri dan beberapa kesatuan di TNI seperti Kopassus, Kopaska dan Marinir.

Spoiler for SS1 TNI:



G36
Quote:
Spoiler for G36:


G36 merupakan senapan serbu buatan Heckler & Koch Jerman. Di Indonesia senjata ini digunakan dalam jumlah kecil oleh Kopassus dan Denjaka.

Spoiler for G36 TNI:



Sa VZ58
[quote=]
Spoiler for Sa Vz58:


Sa VZ58 merupakan copy dari AK47 yang dibuat Republik Ceko. Sa Vz58 digunakan oleh awak KRI (Kapal Republik Indonesia)

Spoiler for Sa Vz58 TNI:

[/quote]

HK416
[quote=]
Spoiler for HK416:


Senjata buatan Heckler & Koch Jerman ini dipakai oleh Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL.

Spoiler for HK416 TNI:

[/quote]

APS Underwater
Quote:
Spoiler for APS:


Senjata buatan Rusia ini adalah senjata khusus yang digunakan untuk menembak di bawah air. Satuan TNI yang menggunakan APS Underwater adalah Korps pasukan Katak (Kopaska) TNI AL.

Spoiler for APS TNI:



Oke sekian dulu Gan, masih ada beberapa yang belum ane masukin. Ntar kalo ada yang ngasih ane update lagi.

Sorry, belum semuanya. Masih
UNDER CONSTRUCTION
banyak juga senjata TNI, polri...
SENJATA SUB MESIN / SUBMACHINEGUN (SMG)
Senjata sub mesin adalah senjata yang mampu memberondongkan peluru seperti senapan mesin namun memakai amunisi dengan kaliber sama dengan kaliber pistol. Senjata sub mesin cocok digunakan untuk pertempuran jarak dekat atau di ruangan-ruangan sempit. Makanya senjata ini menjadi senjata pilihan pasukan khusus terutama untuk pertempuran jarak dekat / Close Quarter Battle (CQB). Berikut SMG yang digunakan oleh TNI :

MP5
Quote:
Spoiler for MP5:


SMG buatan Heckler & Koch Jerman ini merupakan satu dari sedikit SMG yang ditembakkan dari bolt tertutup (closed bolt), menjadikannya lebih akurat dibanding SMG lain yang ditembakkan dari open bolt. Hal ini menjadikannya senjata favorit bagi pasukan khusus diberbagai negara termasuk di Indonesia. Hampir semua pasukan khusus di tubuh TNI baik itu Den 81 Gultor Kopassus, Detasemen Bravo Paskhas AU, Denjaka, Taifib, Kopaska menggunakan MP5 dengan berbagai variannya.
MP5 sendiri memiliki berbagai varian yaitu MP5 A1, A2, A3, termasuk MP5SD dengan peredam suara.

Spoiler for MP5 TNI:



Uzi
Quote:
Spoiler for Uzi:


SMG buatan Israel ini termasuk senjata yang cukup populer untuk pertempuran jarak dekat. Berbagai kesatuan elit TNI juga menggunakan Uzi baik yang standar maupun Mini Uzi yang lebih kecil.

Spoiler for Uzi TNI:



Vz. 61 Skorpion
Quote:
Spoiler for Skorpion:


Senjata buatan Ceko ini digunakan oleh Detasemen Bravo 90 TNI AU. Meskipun saat ini sebagian besar sudah diganti dengan MP5, namun Skorpion masih sering digunakan dalam latihan maupun simulasi pembebasan sandera.

Spoiler for Skorpion TNI:




Daewoo K7
Quote:
Spoiler for K7:


SMG buatan Korea Selatan ini banyak dipakai oleh Tim Penanggulangan Teror (Gultor) Batalyon Raider.

Spoiler for K7 TNI:



P90
Quote:
Spoiler for P90:


Senjata dengan desain futuristik bernama P90 ini merupakan SMG buatan FN Herstal Belgia. Mengusung kaliber 5,7 mm, senjati ini dengan magasin uniknya yang berada diatas badan senjata mampu memuat 50 butir peluru. Dalam jumlah terbatas, Kopassus memiliki P90 sebagai salah satu senjata yang mutakhir saat ini.

Spoiler for P90 TNI:



Senapan Mesin

SENAPAN MESIN / MACHINEGUN
Berikut ini berbagai jenis senapan mesin yang digunakan oleh TNI :

Minimi
Quote:
Spoiler for Minimi:


Minimi buatan FN Herstal Belgia merupakan salah satu senapan mesin paling populer di dunia saat ini. Minimi menggunakan kaliber 5,56 x 45 mm sama dengan senapan serbu seperti M16, G36, SS1 dsb sehingga membuat Minimi cocok sebagai senapan mesin regu dimana dalam satu regu pasukan bisa saling berbagi amunisi jika salah satu anggota kehabisan peluru. Berbagai kesatuan TNI baik di Kostrad, Marinir, Kopassus, Paskhas dan sebagainya memiliki Minimi sebagai senapan mesin regu-nya.
Minimi dapat menggunakan magasin standar m16 dengan 30 peluru, box berisi 100 atau 200 rangkaian peluru, atau rangkaian peluru bisa disambung-sambung dengan jumlah tak terbatas.

Spoiler for Minimi TNI:



Ultimax 100
Quote:
Spoiler for Ultimax 100:


Senapan mesin ringan buatan Singapura ini mulai menjadi saingan bagi Minimi. Bentuknya yang ramping dan ringan serta hentakan yang kecil merupakan kelebihannya. Ultimax 100 bisa menggunakan magasin standar M16 dengan 30 butir peluru atau magasin drum dengan 100 butir peluru.

Spoiler for Ultimax TNI:



FN MAG
Quote:
Spoiler for MAG:


MAG atau juga disebut GPMG/General Purpose Machine Gun buatan FN Herstal Belgia ini merupakan senapan mesin kelas menengah dengan kaliber 7,62 x 51 mm. Senapan ini umumnya digunakan untuk pasukan setingkat kompi.

Spoiler for MAG TNI:



RPD
Quote:
Spoiler for MP5:


Ruchnoy Pulemyot Degtrayev (RPD) buatan Rusia dengan kaliber 7,62 x 39 mm digunakan setidaknya oleh Korps Brimob dan Marinir.

Spoiler for RPD TNI:



Browninfg M2
Quote:
Spoiler for M2:


Sebagai senapan mesin berat dengan kaliber .50 atau 12,7 mm, M2 jelas tidak bisa ditenteng-tenteng oleh prajurit. M2 biasanya dipasang pada kendaraan tempur atau dipasang stasioner dengan tripod atau monopod. TNI menggunakan M2 sebagai salah satu senapan mesin berat-nya.

Spoiler for M2 TNI:



CIS 50
Quote:
Spoiler for CIS 50:


Senapan mesin berat kaliber .50 buatan CIS singapura ini mulai mendampingi M2 sebagai arsenal senapan mesin berat yang dimiliki TNI. Berbagai kesatuan mulai dari Raider, Kopassus dan Marinir menggunakan CIS 50 ini.

Spoiler for CIS 50 TNI:


Ruangan untuk Sniper Rifles
mantep.... matabelo
Quote:Original Posted By kamezilla
banyak juga senjata TNI, polri...


Tapi kalo terlalu bermacam-macam sebenarnya malah kurang efisien Gan. Paling susah kalo pas perang nanti buat suplai logistiknya, apalagi kalo kalibernya beda-beda. Bakal bikin pusing..!
handle Galil kayanya enak tuh. ayo beresin tritnya gan
karena tread ini bermanfaat,maka ane bantu


keren juga senjata2 TNI
Mantab gan,thread seperti ini yang menambah pengetahuan banget... ane udah bantu rate 5 gan,maklum belum iso jd belum bisa kasih yang seger2
sempet heran dah senjata2 buatan PT pindad kan bagus2 knp indonesia masih tetep beli snjta buatan laur ya..?







Quote:
Gratis Aplikasi PETA Indonesia Untuk Android&Iphone
ane lebih suka Ak47 gan klw bsa sih M4A1
mantap2 banget gan senjatanya hehe
update ya gan
ditunggu updateannya sekalian ane rate *****






kalo berkenan berkunjung kesini ya
Gut Trit gan... Mantap
gilaa keren...
m4 bagus tuh..
ga ada shotgun ya gan... ditunggu updatenya
nnti ada yg macaet senjata nya gan, kayak kejadian di Bank CIMB medan......
mangstab gan, di tunggu up-datenya







________________________________________
This comment was posted by Dezavu_1,
Powered by Amulet :: All rights reserved · 2012

wow
keren2 gan,
tp yang buatan dalem negeri hanya sedikit..
hahaha
Ternyata Indonesia pake juga buatan israel ya