Ah, Leganya Kereta Khusus Wanita...



Spoiler for :


JAKARTA, KOMPAS.com - Rangkaian kereta khusus wanita mulai dioperasikan hari ini, Senin (1/10/2012) untuk relasi Bogor-Jakarta Kota dan Bogor-Jatinegara. Sebanyak delapan gerbong kereta ini hanya boleh dinaiki penumpang wanita dan anak-anak.

Pantauan Kompas.com, kereta khusus wanita yang pertama kali dioperasikan adalah kereta dengan nomor KLB 5381 rute Bogor-Jakarta yang berangkat pukul 06.30 dari Bogor dan dijadwalkan tiba pukul 07.55. Pengamatan di Stasiun Universitas Indonesia (UI), kereta dengan gerbong paling depan bertuliskan "Khusus Wanita" ini tiba terlambat lima menit dari jadwal tiba di stasiun ini pukul 07.03 WIB.

Dibandingkan dengan kereta ekonomi atau kereta commuter line yang ada sebelumnya, kereta ini terbilang lengang meski ramai peminatnya. Penumpang wanita tidak lagi harus berdesak-desakan seperti saat menaiki kereta umum biasanya di pagi hari yang super padat. Pemandangan ini kontras dengan apa yang terjadi di kereta ekonomi dan commuter line yang berangkat tepat di depannya. Kedua kereta itu sudah penuh sesak akan penumpang. Pintu-pintu tidak lagi bisa menutup lantaran penumpang yang sudah terdesak sampai ke pinggir pintu.

Pada kereta ekonomi, bahkan "atapers" masih santai duduk di dekat kabel listrik tegangan tinggi. Para penumpang wanita yang menaiki kereta khusus wanita ini pun mengaku lega.

"Enak yah, kosong banget. Jadi berdirinya enggak sesak," ujar Ati, pegawai kementerian Kehutanan.

Ati mengaku, sehari-hari biasanya dia menumpang commuter line dan selalu masuk di gerbong campuran. Menurutnya, ketersediaan gerbong wanita yang hanya ada di gerbong 1 dan 8 rangkaian kereta tidak cukup menampung banyaknya penumpang wanita yang memakai moda transportasi ini.

"Jadi, dengan adanya kereta khusus perempuan ini, lebih banyak ruang buat perempuan karena semua gerbongnya khusus peremouan," ujar Ati.

Berikut jadwal kereta khusus wanita yang mulai diberlakukan hari ini, kecuali hari libur dan hari libur nasional:

1. KLB 5381 berangkat Bogor 06.30 tiba Jakarta Kota 07.55
2. KLB 5382 berangkat Jakarta Kota 08.07 tiba Bogor 09.31
3. 487 berangkat Bogor 10.05 tiba Jakarta Kota 11.27
4. 488 berangkat Jakarta Kota 11.38 tiba Bogor 13.00
5. 533 berangkat Bogor 13.14 tiba Jakarta Kota 14.36
6. 534 berangkat Jakarta Kota 14.47 tiba Bogor 16.09
7. KLB 5383/5384 berangkat Bogor 16.38 tiba Jatinegara 16.31
8. KLB 5385/5386 berangkat Jatinegara 18.36 tiba Bogor 20.37


------------------------------

mantap .. ladies first.. semoga bebas pelecehan bebas copet

wah bagus nih..jadi meminimalisir pelecehan thd wanita meski ada konsekuensi nya
kalo gerbong khusus wanita, di jam sibuk masih ada cowok yg masuk ..
klo KRL khusus wanita ini masih ada pria yang nyelip gak yaah ?
Syukurlah... minimal saudari2 kita bisa terhindar dari tindakan2 yg tidak mengenakan. Kedepannya PJKA diharapkan meningkatkan layanannya
curang
kereta khusus laki laki kapan nih ?
efek dari banyak pelecehan di kereta ....

siap² dah sepet pandangan dalem gerbong ..............



kalo ada cowok nyempil kemari kira2 diapain yah
Wah, kok gua jadi inget film JAV yg maennya di kereta yah..... :
bagus lah setidaknya pemerintah sudah sedikit memberikan rasa aman dan nyaman di dalam transportasi, untuk bus angkutan juga perlu lah khusus cewek...
ini menurut gw trobosan terbodoh.. sorry ladies, bukannya diskriminasi gender, tpi coba pikir, gimana ga kurang tol*lnya PT KAI, mereka pikir rel ada banyak kali ya? buat nambah jadwal yg cuman kusus wanita doang...
dear stupid PT KAI, kalo yg naik wanita2 kantoran / kerja, mereka juga akan naik krl yg pagi2!!! its USELESS klo lo nambah krl KUSUS WANITA doang!
daripada lo tambahin kereta kusus wanita, mending lo gabungin ama krl yg ada (+ gerbong wanitanya) & tambah gerbong jadi 12 atau lebih!

sori caci makinya
keep calm & f*ck PT KAI
asal tarifnya murah dan pemerintah mau memberikan subsidi untuk ini.....
Kalo ada copetnya....harus cewe' juga tuh....

Kalo perlu setiap copet dikasih ID Card kuhus...tokh PJKA biasanya udah tau mana yang copet and mana yang penumpang
ciyus nih ntar yang udah2 kyak gerbong khusus wanita lagi
realitanya tadi pagi


udah gitu ACnya mati
http://twitter.yfrog.com/ocaeljqsj
coba aja kita lihat.. apa bener bisa bertahan lama
penumpang pria ttp jadi pepesan ya

ngape ga nambahin gerbong aje sih ya, sm frekwensi kedatangan keretanya diseringin gitu
Selamat berbahagia buat para wanita metropolis....
Quote:Original Posted By gajinov
penumpang pria ttp jadi pepesan ya
ngape ga nambahin gerbong aje sih ya, sm frekwensi kedatangan keretanya diseringin gitu


maklum PT KAInya terlalu bodoh gan..
coba bayangin jadwal CL biasa itu diganti sama tambahan kereta CL campur dengan 12 gerbong + gerbong wanita jadiin 4...
bukannya makin banyak yg kaga nunggu :S
Quote:Original Posted By colz
ini menurut gw trobosan terbodoh.. sorry ladies, bukannya diskriminasi gender, tpi coba pikir, gimana ga kurang tol*lnya PT KAI, mereka pikir rel ada banyak kali ya? buat nambah jadwal yg cuman kusus wanita doang...
dear stupid PT KAI, kalo yg naik wanita2 kantoran / kerja, mereka juga akan naik krl yg pagi2!!! its USELESS klo lo nambah krl KUSUS WANITA doang!
daripada lo tambahin kereta kusus wanita, mending lo gabungin ama krl yg ada (+ gerbong wanitanya) & tambah gerbong jadi 12 atau lebih!

sori caci makinya
keep calm & f*ck PT KAI




Good gan...ane stuju bgt sama pendapat agan. Yang bener masukin jadwal kereta khusus wanita ini ke dalam jam tersibuk krl antara jam 6-7 pagi. Berangkat Bogor jam 6, Depok jam 6.30. Jadi sebagian wanita pengguna krl yg otomatis banyak masuk kerja dibawah jam 8 akan ikut terangkut di kereta khusus wanita ini.

Kalo tadi yg ane rasain tdk ada perubahan di kepadatan penumpang di krl tidak berkurang malah spertinya tambah padat penumpang krl lain. Baru pas kereta khusus wanita ini tiba di stasiun ane jam 7 lewat dikit pagi tadi terlihat di dalam gerbongnya bisa mengangkut penumpang wanita dari krl lain di jam sebelumnya lbh banyak. Sehingga kepadatan penumpang di krl di jam sebelumnya bs berkurang.

Come on KCL...SMART THINKING LAH!!! Apa per 1 Okt 2012 tarif naik 2000 hanya utk menambah jadwal kereta khusus wanita ini saja? Masih banyak yg perlu diperbaiki sperti contoh sbb:
Ane bs beli karcis ekonomi 1500 tp ane naik KCL yg karcisnya 8000 yg cuma selang 1 jadwal pemebrangkatan aja. Toh waktu di pintu masuk ane cuma di cek punya karcis apa enggak? Bukannya di cek ane mau naik kereta apa?

Ane tau dilema kalo menghilangkan kereta ekonomi menjadi KCL semua. Sangat tdk pro rakyat kecil. Tapi toh kreta ekonomi jg tdk ada prubahan drastis naik jumlah kereta dibanding jumlah penumpang yg banyak. Yg ada malah jumlah kreta ekonomi turun penumpang tambah banyak. Jadi sperti duri dalam daging.

So skali lagi SMART THINKING LAH KCL!!!