CIA STALLING STATE DEPARTMENT HISTORIES

http://www2.gwu.edu/~nsarchiv/NSAEBB/NSAEBB52/

STATE HISTORIANS CONCLUDE U.S. PASSED NAMES OF COMMUNISTS TO INDONESIAN ARMY, WHICH KILLED AT LEAST 105,000 IN 1965-66

National Security Archive Electronic Briefing Book No. 52

Published – July 27, 2001

Edited by Thomas Blanton

For more information contact:
Thomas Blanton 202/994-7000 or nsarchiv@gwu.edu

Washington, D.C., July 27, 2001 – George Washington University's National Security Archive today posted on the Web (www.nsarchive.org) one of two State Department documentary histories whose release the U.S. Central Intelligence Agency is stalling, even though the documents included in the volumes were officially declassified in 1998 and 1999, according to public State Department records. The two disputed State Department volumes cover Indonesia-Malaysia-Philippines in the years 1964-68 and Greece-Turkey-Cyprus in the same period.

The CIA, as well as action officers at the State Department, have prevented the official release of either volume, already printed and bound by the Government Printing Office. The National Security Archive obtained the Indonesia volume posted today when the GPO shipped copies to various GPO bookstores; but the Greece volume is still locked up in GPO warehouses.

The Indonesia volume includes significant new documentation on the Indonesian Army's campaign against the Indonesia Communist Party (PKI) in 1965-66, which brought to power the dictator Suharto. (Ironically, Suharto's successor, ex-President Wahid, is on his way to Baltimore this week for medical treatment, and has been replaced by his vice-president, who is the daughter of the man Suharto overthrew.) For example, U.S. Embassy reporting on November 13, 1965 passed on information from the police that "from 50 to 100 PKI members were being killed every night in East and Central Java…."; and the Embassy admitted in an April 15, 1966 airgram to Washington that "We frankly do not know whether the real figure [of PKI killed] is closer to 100,000 or 1,000,000 but believe it wiser to err on the side of the lower estimates, especially when questioned by the press." On page 339, the volume seems to endorse the figure of 105,000 killed that was proposed in 1970 by foreign service officer Richard Cabot Howland in a classified CIA publication.

On another highly controversial issue – that of U.S. involvement in the killings – the volume includes an "Editorial Note" on page 387 describing Ambassador Marshall Green's August 10, 1966 airgram to Washington reporting that an Embassy-prepared list of top Communist leaders with Embassy attribution removed "is apparently being used by Indonesian security authorities who seem to lack even the simplest overt information on PKI leadership at the time…." On December 2, 1965, Green endorsed a 50 million rupiah covert payment to the Kap-Gestapu movement leading the repression; but the December 3 CIA response to State is withheld in full (pp. 379-380).

The CIA's intervention in the State Department publication is only the latest in a series of such controversies, dating back to 1990 when the CIA censored a State volume on Iran in the early 1950s to leave out any reference to the CIA-backed coup that overthrew Mossadegh in 1953. The chair of the State Department historical advisory committee resigned in protest, producing an outcry among academics and journalists (see "History Bleached at State," New York Times editorial, May 16, 1990, p. A26: "At the very moment that Moscow is coming clean on Stalin's massacre of Polish officers, Washington is putting out history in the old Soviet mode."). Congress then passed a law in 1991 requiring the State Department volumes to include covert operations as well as overt diplomacy, so as to provide an accurate historical picture of U.S. foreign policy, 30 years after the events.

* * *

Exhibits:

1. Editorial note from the Indonesia volume on the number of Indonesian PKI members who were killed in 1965-66, pp. 338-340.

2. Editorial note from the Indonesia volume on the U.S. Embassy's role in providing lists to the Indonesian Army of PKI members, pp. 386-387.

2a. Ambassador Green's December 2, 1965 endorsement of a 50 million rupiah covert payment to the "army-inspired but civilian-staffed action group [Kap-Gestapu]... still carrying burden of current repressive efforts targeted against PKI...." The document immediately following, presumably CIA's response to this proposal from December 3, 1965 (written by William Colby of CIA's Far East division to the State Department's William Bundy), was withheld in full from the volume. (pp.379-380)

3. Description of the declassification review of the Indonesia volume, written by the State Department historian, p. VII. This includes the official description of the "High Level Panel" which makes final decisions on acknowledgement of covert operations.

4. State Department Historical Advisory Committee's summary as of September 1, 1999 of the "Status of Johnson and Nixon Era FRUS High Level Panel Covert Action Cases" (2 pages). This document shows that the Panel decided on April 20, 1998 to acknowledge covert action in Indonesia, that the CIA completed review of the documents on August 28, 1998, and that the volume then went into page proofs, "however, publication has been delayed." The summary also shows that CIA completed its review of the Cyprus-Greece-Turkey volume on May 14, 1999, that the volume was in revised page proofs as of September 1 and was expected to be published by December 1999.

5. Excerpts from the House of Representatives' final version of Public Law 102-138, signed by President George H.W. Bush on October 28, 1991, which requires that the Foreign Relations of the United States series be a thorough, accurate, and reliable record of major U.S. foreign policy decisions and significant U.S. diplomatic activity.

6. Title page and table of contents of the Indonesia volume.



* * *


Foreign Relations of the United States, 1964-68

Volume XXVI

Indonesia;
Malaysia-Singapore;
Philippines

Table of Contents

(Note: This table is posted in sections corresponding to the divisions of the original)


Preface.................................................................... .................................III

Johnson Administration Volumes...........................................................IX

Sources ........................................................................... ......................XIII

Abbreviations ........................................................................... ...........XXI

Persons ........................................................................... .................XXVII

Note on U.S. Covert Action Programs ..........................................XXXIII

Indonesia

Sukarno's confrontation With Malaysia: January-November 1964 ..... 1

Sukarno's confrontation With the United States: December 1964-
September 1965 ........................................................................... .. 189

Coup and Counter Reaction: October 1965-March 1966................. 300

The United States and Suharto: April 1966-December 1968 ............ 427

Malaysia-Singapore ........................................................................... 577

Philippines................................................................ ............................ 649

Index ........................................................................... ...................... 843

Note from the National Security Archive: The following documents are very large. If you have difficulty accessing them, please click here. A mirror image of the documents may be found on the web site of the Federation of American Scientists (FAS). We thank the FAS and Steve Aftergood for their cooperation.
Quote:Original Posted By gayus.kristus


AL cenderung pro Sukarno, AU (menPangAU) jelas pro Sukarno, Pulisi gak tau deh...

AL tidak bergerak karena saat itu Sukarno "tidak menjadi sasaran G30S". Seandainya Dewan Revolusi nyata-nyata mengkudeta Sukarno mungkin AL akan ikut bergerak.


Saya baca di wikipedia sesudah G 30 S PKI terjadi Menteri/Panglima Angkatan Laut Raden Eddy Martadinata justru mengutuk gerakan tersebut dan bekerjasama dengan AD untuk menumpas PKI, sikap R.E. Martadinata yang menyebabkan dia tidak disukai Soekarno dan dicopot jabatannya sebagai Menteri/Panglima Angkatan Laut, kalau Marinir AL memang jelas2 Pro-Sukarno.

Apakah sumber wikipedia ini valid? ada agan2 yang bisa ngasih tambahan?



Spoiler for versi gede:



Hasil visum, salah 1 korban G-30 SPKI

Ditembak, tp ga di mutilasi / di siksa.
Entah otentik ato ga.
mumpung hari ini 30 September, memperingati sekaligus mendiskusikan kejadian 48 tahun silam di malam ini hingga besok pagi

Well....., history is always update......
Quote:Original Posted By ndedezz
Sejarah gak bisa dihapus.. Sejarah hanya bisa ditulis ulang...


dan di pahami (sebab-akibat)
Kalo ane ngeliatnya sebagai peristiwa G30S sebagai Purge (pembersihan) bukannya Coup, mirip kayak revolusi budaya di cina tapi dalam skala kecil, buktinya sudah jelas cuma mau menyingkirkan Perwira2 yang dianggap berseberangan dengan Soekarno dan anti komunis doang, makanya setelah para Jendral berhasil "dinetralisir", operasi sudah dianggap berhasil, tidak ada operasi lanjutan lagi seperti umumnya operasi kudeta.

Mungkin peranan Amrik terbesar adalah pasca G30S menurut ane, pas pihak Amrik ngebantu ngasih daftar nama2 anggota PKI dan simpatisannya ke TNI untuk diciduk

Quote:Original Posted By normanred
Kalo ane ngeliatnya sebagai peristiwa G30S sebagai Purge (pembersihan) bukannya Coup, mirip kayak revolusi budaya di cina tapi dalam skala kecil, buktinya sudah jelas cuma mau menyingkirkan Perwira2 yang dianggap berseberangan dengan Soekarno dan anti komunis doang, makanya setelah para Jendral berhasil "dinetralisir", operasi sudah dianggap berhasil, tidak ada operasi lanjutan lagi seperti umumnya operasi kudeta.

Mungkin peranan Amrik terbesar adalah pasca G30S menurut ane, pas pihak Amrik ngebantu ngasih daftar nama2 anggota PKI dan simpatisannya ke TNI untuk diciduk



Operasi G30S/PKI kan bukan cuma di Jakarta gan..

di Semarang dan Jogja juga ada, kalo pembersihan kok di semarang ngga ada yang dibersihkan? kalo pembersihan dewan jendral, kok danrem dan kasrem pamungkas jadi sasaran ?

Operasi lanjutan tidak berhasil karena Sukarno menyuruh STOP.
yaa ya ya...byk amat revisionis yg belain pki
diliat aja komunis zaman jebott itu gimana...
khmer merah ?
revolusi budaya mao ?
kalo PKI menang sejarah indo jadi kyk gitu mau ?
Quote:Original Posted By aschu


Operasi G30S/PKI kan bukan cuma di Jakarta gan..

di Semarang dan Jogja juga ada, kalo pembersihan kok di semarang ngga ada yang dibersihkan? kalo pembersihan dewan jendral, kok danrem dan kasrem pamungkas jadi sasaran ?

Operasi lanjutan tidak berhasil karena Sukarno menyuruh STOP.


Makanya ane bilang purge dalam bentuk mini, ngak masif dan terencana seperti kayak Stalin atau Mao, mungkin kalo di negara komunis lebih gampang untuk ngelakuin pembersihan karena militernya dibawah kendali partai komunis. Sama kaya Mao setelah gagal kan kekuasannya bukan malah besar malah tambah ciut.

Makanya operasinya dari awal emang udah gagal, kalo pun ada operasi lanjutan pun pasti dapet ditumpas juga,karena struktur komando di TNI-AD masih solid, kedua kelompok militer yang anti komunis masih lebih besar dan kuat daripada kelompok binaannya PKI

Surat surat Dewi Sukarno untuk Suharto

Untuk agan 2 ini Ada link yang interesting untuk di baca ..rosodaras@ Wordpress .com . Sila hakan disimak thanks.
Quote:Original Posted By kimi mabok
yaa ya ya...byk amat revisionis yg belain pki
diliat aja komunis zaman jebott itu gimana...
khmer merah ?
revolusi budaya mao ?
kalo PKI menang sejarah indo jadi kyk gitu mau ?


errrr sebentar, jangan langsung bilang belain PKI, kalau soal pasca itu ada pembantaian (yang diakui oleh mendiang sarwo edhie dan saya salut atas kejujuran beliau dan lurusnya beliau, tentara banget!) itu yang sering jadi masalah, karena yang terbantai bukan hanya PKI (even yang ga tau menahu pun ada yang dibantai).....
Quote:Original Posted By kimi mabok
yaa ya ya...byk amat revisionis yg belain pki
diliat aja komunis zaman jebott itu gimana...
khmer merah ?
revolusi budaya mao ?
kalo PKI menang sejarah indo jadi kyk gitu mau ?


kalo nurut ane bukan soal belain PKI, soalnya sejarah yang ditulis dan diceritakan kepada kita, apakah memang benar adanya atau ada yg direkayasa ditambah2in dan sbagainya

soal penyiksaan, dulu pernah baca dimana lupa, kalo penyiksaan sadis itu gak ada, kyk disilet dan semacamnya, jadi kyknya hal2 tersebut dihembuskan untuk propajanda memancing esmosi masa,,

betewe pada liat kan saat iring2an panser bawa jenazah, tuh ada kan plang nama masing2 jenderal, itu plangnya bisa berapa hari sih bisa selesai dibikin, kyk tau aja kalo jenderalnya udah pada mati semua

Quote:Original Posted By raisa_farizza


errrr sebentar, jangan langsung bilang belain PKI, kalau soal pasca itu ada pembantaian (yang diakui oleh mendiang sarwo edhie dan saya salut atas kejujuran beliau dan lurusnya beliau, tentara banget!) itu yang sering jadi masalah, karena yang terbantai bukan hanya PKI (even yang ga tau menahu pun ada yang dibantai).....


kakek ane pernah difitnah ama tetangganya dibilang anggota pki, sempat diciduk tni, cuman karena kakek ane guru ngaji ama sering jadi imam di masjid akhirnya dilepas lagi
kalo Pemberontakan PKI yang di Madiun tahun 1948 itu bedanya sama yg 1965 gmn..??? mereka juga sama2 menusuk NKRI dari belakang..terlepas benar ato salah sejarah ditulis, PKI tetaplah penghianat, musuh dalam selimut waktu itu
Quote:Original Posted By igoor
kalo Pemberontakan PKI yang di Madiun tahun 1948 itu bedanya sama yg 1965 gmn..??? mereka juga sama2 menusuk NKRI dari belakang..terlepas benar ato salah sejarah ditulis, PKI tetaplah penghianat, musuh dalam selimut waktu itu


rrrrr sepertinya judul thread ini ga bilang PKI salah bener.....justru yang didiskusikan informasi saat itu.... jangan terlalu jauh....
Quote:Original Posted By humus


Spoiler for versi gede:



Hasil visum, salah 1 korban G-30 SPKI

Ditembak, tp ga di mutilasi / di siksa.
Entah otentik ato ga.


pernah baca di salah satu buku, ada bola mata dari jasad salah seorang yang jenderal yang mencelat keluar, tapi bukan karena disiksa melainkan karena proses pembusukan, itu salah satu keterangan yang dikeluarkan ketua tim dokter forensik yang mengotopsi jenasah korban penculikan G30 S
Quote:Original Posted By kimi mabok
yaa ya ya...byk amat revisionis yg belain pki
diliat aja komunis zaman jebott itu gimana...
khmer merah ?
revolusi budaya mao ?
kalo PKI menang sejarah indo jadi kyk gitu mau ?


yg jelas hancurnya PKI dengan faham komunisnya (bagi ane pribadi) merupakan berkah.
tapi yg masih ane belum paham gk habis pikir, kenapa pak Harto gk masuk list buruan G30S? oke lah kalau dikatakan Kostrad jaman segitu masih kosong gk seperti sekarang, tp setau ane dr buku2 sejarah disebutkan kalau Panglima AD berhalangan, maka Pangkostrad yg menggantikannya, artinya kalau pihak G30S mau menghancurkan pucuk pimpinan AD, seharusnya Pangkostrad juga dihancurkan, apalagi Pak Harto sebenarnya juga "simpatisan" gerakan Permesta (Vantje Sumual) yg jelas2 anti komunis
Quote:Original Posted By dayatseila


yg jelas hancurnya PKI dengan faham komunisnya (bagi ane pribadi) merupakan berkah.
tapi yg masih ane belum paham gk habis pikir, kenapa pak Harto gk masuk list buruan G30S? oke lah kalau dikatakan Kostrad jaman segitu masih kosong gk seperti sekarang, tp setau ane dr buku2 sejarah disebutkan kalau Panglima AD berhalangan, maka Pangkostrad yg menggantikannya, artinya kalau pihak G30S mau menghancurkan pucuk pimpinan AD, seharusnya Pangkostrad juga dihancurkan, apalagi Pak Harto sebenarnya juga "simpatisan" gerakan Permesta (Vantje Sumual) yg jelas2 anti komunis


itulah salahnya PKI, strateginya kurang mateng...
padahal selain soeharto masih banyak jenderal-jenderal yang capable untuk menggantikan para perwira yang diculik
misal sarwo edhie wibowo, M jusuf, Amir machmud

yang di BOLD : sebenarnya permesta itu awalnya bukan pemberontakan kok, permesta itu semacam piagam yang di tanda tangani oleh tokoh-tokoh indonesia timur (jenderal M. jusuf juga ikut)...agar jakarta lebih memperhatikan pembangunan di indonesia timur
tetapi respon jakarta ternyata berbeda, permesta ini dianggap rencana untuk makar di tambah lagi, beberapa tokoh yang ikut menandatangani "piagam" tersebut lari ke hutan dan bergerilnya bersama PRRI (andi sose dan andi sele)
jadi di buku sejarah yang selalu mendampingkan permesta/PRRI. itu sebenarnya salah kaprah
Quote:Original Posted By mikhey
ada yg bisa elaborasi cerita ini ndak..........................

"Badai di AURI"

sesudah GESTOK dan SUPERSEMAR, Men/Pangau, Sri Muljono Herlambang telah "dikudeta" oleh Komodor Udara Suyitno Sukirno, Komodor Udara Rusmin Nuryadin, dan Komodor Udara Leo Wattimena dengan bantuan panser dari Kostrad.



BADAI AURI
Marsda Purn. Suyitno Sukirno.

"Pada akhir setiap bulan September, menjelang 1 Oktober tiap tahun saya selalu terkenang suatu peristiwa yang telah menimpa negara dan bangsa Indonesia ditahun 1965. Dalam hal ini, AURI tidak luput dari peristiwa itu. Peristiwa yang dimaksud adalah Gerakan 30 September. Karena hingga kini, belum pernah peristiwa yang menyangkut AURI dibincangkan secara luas, maka dengan kesempatan ini saya akan menceritakan/mengungkapkan peristiwa yang saya alami sendiri, secara kronologis, yaitu PROLOG, PERISTIWA G30S/PKI, dan EPILOG-nya.

Pada peristiwa itu, saya menjabat selaku Panglima Komando Pertahanan Udara (Kohanud) merangkap Kepala Staf Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), setelah bertugas di Trikora sebagai Panglima Pertahanan Udara Gabungan Mandala, dan kemudian sebagai Komandan Wing Operasional 002/Taktis di Lanud Abd.Salleh Malang. Tidak terduga bahwa pemindahan ini akan melibatkan saya langsung dalam peristiwa AURI.

PROLOG
Saya tiba di Jakrta untuk jabatan Panglima Kohanud/Kepala Staf Kohanudnas pada akhir bulan JUni 1964. Disamping kesibukan saya dibidang teknis, terlihat juga oleh saya penigkatan kegiatan partai2 politik dimana2 dalam lomba mendapatkan perhatian pimpinan negara pada waktu itu. Begitu juga suasana AURI pada umumnya dan khususnya Dewan AURI, yaitu suatu dewan yang terdiri atas para perwira senior dan beberapa purnawiran yang dipimpin oleh Menpangau, Omar Dhani.

Sebagai anggota baru, pada mulanya saya hanya mendengar saja. Topik yang dibicarakan dewan hanya kebanyakan menggarsi bawahi konsep NASAKOM dan berdiri di belakang Pimpinan Besar Revolusi/Panglima Tertinggi/Presiden Soekarno tanpa reserve, dengan sikap negatif terhadap semuanya yang ragu2/tidak dapat menerima konsep itu.

Pada suatu kesemepatan, saya pernah tanyakan kepada Menpangau, Omar Dhani kenapa AURI membantu penyebaran pamflet pada Hari Ulang Tahun PKI. Dijawab ya, karena hanya PKI yang minta bantuan AURI. Mendengar jawaban demikian, saya merasa tidak ada gunanya lagi meneruskan pembicaraan. Meskipund emikian, obyektifitas, saya memberanikan diri dalam suatu rapat Dewan dengan mengusulkan apakah AURI tidak bisa membuat penilaian situasi sendiri. Apakah AURI harus selalu bersikap bersikap ban serep? Dengan tidak terduga reaksi terhadap usulan saya itu dinilai sebagai buta politik.

Dengan dicapnya saya sebgaai buta politik, saya merasa tersinggung dan menjadi ragu terhadap diri saya sendiri. Oleh karena itu, pada bulan Juni saya pergi ke Bandung dan minta dilakukan psychotest oleh Kapten Udara Wiryawan (Kepala Bagian psychotest AURI) dengan alalsan kenapa pendirian saya/pendapat saya lain daripada kebanyakan anggota Dewan AURI.

Saya dites dan hasilnya malah menyatakan bahwa pemikiran saya adalah lebih dewasa (mature) dari sebelumnya. Mendengar itu, tanpa saya sadari terucap oleh saya kepada Kapten Wiryawan kata2, I don't know when i how, but i feel that a bomb will explode" (tanpa terduga, peristiwa G30SPKI pecah lebih kurang 3 bln setelah ucapan saya ini)

Rapat Dewan AURI berjalan terus dengan briefing poltiknya oleh Menpangau dan tidak jarang, bahkan lebih sering oleh Deputi Operasi AURI Laksda Udara Sri Muljono Herlambang yang juga sebagai Kepala Staf KOTI, dengan tambahan julukan orang yg dekat dengan Pak Ban (Soebandrio). Mendengar briefing politik itu, terasa oleh saya meningkatnya suhu politik dengan peristiwa2 yang terjadi di daerah2.

Pernah terucap oleh saya kepada Komodor Dewanto, setelah suatu rapat di kediaman Menpangau, kenapa sikap kita terhadap AD apriori? Bukankah mereka saudara seperjuangan kita juga? Apakah kita tidak bisa mencari titik2 persamaan dalam menghadapi situasi yang kian meningkat?

Mendengar ucapan saya ini, Dewanto hanya mengangguk-anggukan kepala saja. Tidak lama kemudian, saya diperintahkan untuk menyerahkan 2 Flight Mig-17 untuk suatu Operasi Khusus. (Konon Operasi Khusus itu adalah Operasi untuk menggempur mereka yang anti NASAKOM)