KASKUS

Smile Dahlan Iskan Bangun Ponpes Bertaraf Internasional di Kediri



JAKARTA–Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, berencana membangun pondok pesantren bertaraf internasional di daerah Kediri Jawa Timur. Ponpes ini nantinya merupakan ponpes kedua yang dibangun Dahlan karena sebelumnya ia sudah memiliki pesantren keluarga di Magetan, juga Jawa Timur.

Namun pesantren Magetan, katanya belum berstandar internasional. Yang akan dibangun di Kediri rencananya mengadaptasi kurikulum pesantren Al-Irshad Internasional di Singapura. Al Irshad adalah pesantren modern yang terhubung dengan University of Cambridge di Inggris.

“Nanti pesantrennya trilingual, ada Bahasa Inggris, Arab, dan Indonesia,” kata Dahlan. Jenjang pendidikannya pun dimulai dari TK hingga SMA. “Ya bertahap dulu, masak langsung dibangun untuk yang SMP?” katanya.

Soal biaya menurut Dahlan tetap akan dikenakan tetapi murah. Bagi siswa miskin dan pintar dapat memperoleh beasiswa. Tenaga pesantren pun tak sembarangan. “Nanti tim dari Singapura datang untuk menyeleksi,” kata Dahlan.

“Waktu mengelola pesantren keluarga (Magetan) manajemennya jelek semua,” ujar Dahlan. Oleh karena itu ia berharap, adaptasi sistem kurikulum dari negara tetangga bisa memperbaiki kualitas pesantrennya.

Ia pun bermimpi semua anak di Indonesia bisa Bahasa Inggris sejak kecil. “Jangan kaya saya nggak bisa Bahasa Inggris,” ia mengatakan.

Niat Dahlan dalam mengembangkan pendidikan muncul sejak beberapa tahun lalu kala dirinya divonis dokter usianya tinggal enam bulan akibat penyakit lever.

“Waktu itu saya cuma ingin jadi guru, guru jurnalistik,” kata dia. Ia pun menambahkan saat itu keinginan lainnya adalah menulis buku dan mengurus pesantren keluarga.
sumber :
http://www.harianterbit.com/2012/09/...nal-di-kediri/

Lulusan pesantren Dahlan bisa langsung sekolah ke Cambridge

Menteri BUMN Dahlan Iskan menceritakan keinginannya untuk mendirikan dua pesantren bertaraf internasional atau Islamic International School. Dua pesantren ini nantinya akan dibangun di Magetan dengan tingkatan TK dan SD sedangkan di Kediri setingkat SD. Dalam pendirian pesantren ini, Dahlan menggandeng Al Irsyad Singapura karena sekolah tersebut telah bekerjasama dengan Cambridge di Inggris.

Mantan dirut PLN ini menceritakan kalau nantinya lulusan pesantren mereka akan bisa langsung melanjutkan sekolah ke Cambridge Inggris karena telah menjalin kerjasama dengan Al Irsyad yang juga bekerjasama dengan pesantren Dahlan tersebut.

“Karena dia (Al Irsyad) sudah punya aliansi kesana (Inggris). Sehingga kita kalau langsung menembusnya susah, dan kita ikut dia (Al Irsyad),” ungkap Dahlan ketika ditemui di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (27/9).

Untuk melanjutkan sekolah ke Inggris nantinya murid murid tersebut bisa memilih apakah akan melanjutkan SMP atau SMA-nya di Cambridge ataupun setelah mereka lulus pesantren dan melanjutkan pendidikan kesana. Namun untuk melanjutkan ke Inggris memang ada syarat-syarat tertentu.

“Sekarang sekolahnya SD dulu nanti ada SMP-SMA nya lah. Boleh SMP di Inggris kalau nunggu tamat SMA juga boleh. Siapa saja yang memenuhi syarat, ada syaratnya,” jelasnya.

Tenaga pengajar di pesantren ini nantinya juga akan diseleksi langsung oleh Al Irsyad Singapura untuk mendapatkan kualitas yang baik. Pihak Singapura, lanjutnya, akan datang ke Magetan untuk melakukan standarisasi setiap bulannya. Guru tersebut bisa saja diberhentikan di perjalanan karirnya jika melenceng.

“Ini orientasi kita kualitas, tenaga pengajar yang menyeleksi Singapura. Jadi misalnya ada keluarga saya guru untuk menjadi guru saya tidak berhak. Saya akan serahkan ke Singapura,” jelasnya.

Dahlan berharap, dengan pendirian pesantren bertaraf internasional ini orang di daerah kecil bisa mempunyai kemampuan bahasa Inggris dan mendapatkan pendidikan yang layak. “Supaya jangan orang dari kota besar saja yang punya kesempatan dapat pendidikan baik. Biarpun dari desa mereka dapat pendidikan baik tidak kalah,” jelasnya
sumber :
http://www.merdeka.com/uang/lulusan-...cambridge.html

pak Dahlan Iskan
Masa di vonis 6 tahun lagi??

damn...kesian banget...

ga bisa nyalonin pilpres dong...

terus?
mantap neh DI selalu ada inovasi untuk memajukan indonesia..langkah besar dimulai dengan langkah kecil mau merubah negara harus dibina dari yang kecil kalo yang sma udah tawuran semoga yang tk ga ikut"an dan masuk ponpes biar jadi indonesia yang lebih baik
Quote:[QUOTE=rokodong;753804300]wah makin TOP SAJA Pak DI

@rokodong pantas aja generasi rusak. contonya agan ini rusak.
janganlah pake gambar porno
Oooo .... masih rencana thooo ....

Ya baguslah.
Quote:Original Posted By masmancung

Lulusan pesantren Dahlan bisa langsung sekolah ke Cambridge

Menteri BUMN Dahlan Iskan menceritakan keinginannya untuk mendirikan dua pesantren bertaraf internasional atau Islamic International School. Dua pesantren ini nantinya akan dibangun di Magetan dengan tingkatan TK dan SD sedangkan di Kediri setingkat SD. Dalam pendirian pesantren ini, Dahlan menggandeng Al Irsyad Singapura karena sekolah tersebut telah bekerjasama dengan Cambridge di Inggris.






Nah... kalo yang ini Bagus... Lulus dari Pesantren... Langsung Ke Negara Maju di Eropa untuk Melanjutkan Pendidikan...

Asal jangan Lulus dari Pesantren malah menuju Afganistan ikutan perang...
lanjutkan pak dahlan, ane mendukung
lanjutkan pak DAHLAN
sudah jarang sekali PEJABAT yg seperti BELIAU,yg lebih mementingkan rakyat

HIDUP PAK DAHLAN
DI oh DI pencitraan lagi bukan ya

tapi bagus deh kalo mau bikin pesantren


mantab nih pak Dahlan Iskand
semoga kinerja baik ini mampu terus beliau pertahankan
dan rencana ponpes tsb dapat direalisasikan tdk hanya sekedar wacana
Quote:Original Posted By fandihtm
lanjutkan pak DAHLAN
sudah jarang sekali PEJABAT yg seperti BELIAU,yg lebih mementingkan rakyat

HIDUP PAK DAHLAN



HIDUP PAK DAHLAN

Thread: Dahlan Iskan Bangun Ponpes Bertaraf Internasional di Kediri Reply to Thread
ye bagus sih...tapi kecil korelasinya neh sama jabatan dia....


mending lebih sibuk nyitra dengan merombak bumn jadi lebih baik deh pak DI..
makin menggila aja ini pak dahlan... lanjutkan kerja nya pak dahlan, bagus...
bikin pesantren taraf internasional
apa hubungannya sama kementrian BUMN?
Quote:Original Posted By KimaxKaw

Nah... kalo yang ini Bagus... Lulus dari Pesantren... Langsung Ke Negara Maju di Eropa untuk Melanjutkan Pendidikan...

Asal jangan Lulus dari Pesantren malah menuju Afganistan ikutan perang...


pulang2 jadi kaki-tangan kolonial gitu maksutnya?
Quote:Original Posted By gusrak54
apa hubungannya sama kementrian BUMN?


ya mungkin dia pengen mencetak SDM yang bermoral, ngerti agama dan bener2 mengamalkan dan taat sama ajarannya .tapi ini yang bener2 pesantren lho ya, bukan pesantren yng lulusannya malah jadi penganten
wah , kalo udah jadi ponpesnya . banyak lahir ilmuwan ilmuwan islam dari indo dong. mantaps
Quote:Original Posted By petruk.punk
wah , kalo udah jadi ponpesnya . banyak lahir ilmuwan ilmuwan islam dari indo dong. mantaps


setuju agan semoga lahirnya ponpes yg punya keluarga dahlan melahirkan satri santi yg bermanfaat nusa dan bangsa

HIDUP PAK DAHLAN
bravo pak dahlan
Lebih baik yang begini bertaraf internasional yang bisa mendidik rakyat Indonesia supaya dapat membangun Indonesia.

Daripada Ngruki yg jebolan dan lulusannya jadi penghancur Indonesia.
×