Thumbs up [BERITA PENDIDIKAN] Kurikulum Baru, Jumlah Mata Pelajaran Dikurangi

Alhamdulillah HT #1

Spoiler for HT #1:





JAKARTA, KOMPAS.com - Kurikulum baru pendidikan nasional yang sedang dipersiapkan pemerintah bersama tim penyusun, nantinya akan memangkas jumlah mata pelajaran menjadi lebih sedikit, sehingga meringankan peserta didik. Demikian dikatakan Wamendikbud bidang Pendidikan, Musliar Kasim.

"Jumlah mata pelajaran yang banyak membebani siswa, dan menyebabkan siswa menjadi bosan," katanya dalam pertemuan pers bersama Wamendikbud bidang kebudayaan Wiendu Nuryanti, terkait Gerakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa, di Jakarta, Kamis (27/9/2012) petang.

Ia mengatakan kurikulum mendatang yang sedang disusun oleh tim yang terdiri para pakar dan tokoh pendidikan seperti Franz Magnis Suseno, Prof Juwono Sudarsono, serta lainnya, akan ditekankan pada model pembelajaran tematik, dan lebih mengarah pada pendidikan karakter.

Menurut dia, pendidikan karakter akan lebih banyak dipelajari siswa di tingkat sekolah dasar dimulai sejak dini.

Semakin tinggi jenjangnya, pelajaran terkait pendidikan karakter berkurang, dan diganti dengan pelajaran keilmuan.
Musliar mengatakan perubahan kurikulum tersebut merupakan program besar Kemdikbud yang dimulai sejak 2010.

Sementara itu, Wamendikbud bidang kebudayaan Wiendu Nuryanti mengatakan kurikulum yang sedang dalam penyusunan tersebut diharapkan akan memberikan perubahan pada model pembelajaran yang memberikan ruang gerak bagi siswa untuk berekspresi seluas-luasnya.

"Pembangunan karakter sebagai sentral dari pendidikan nasional akan disinergikan dengan kebudayaan untuk menyebarkan virus pembangunan karakter dan targetnya bukan hanya peserta didik tetapi juga guru dan masyarakat luas yang diwakili oleh komunitas-komunitas seperti seniman dan budayawan dan sebagainya," katanya.

Penyusunan kurikulum pendidikan nasional yang baru diharapkan rampung pada Februari 2013. Sebelum disahkan dan diaplikasikan, pemerintah akan melakukan uji publik terhadap rancangan kurikulum itu untuk memperoleh kritik dan masukan dari masyarakat.

Kemdikbud saat ini telah membentuk dua tim, yakni tim pertama bertugas menyusun kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Adapun tim kedua bertugas menyusun kurikulum pendidikan tinggi.

Tim penyusun juga mengevaluasi kurikulum yang berlaku saat ini, seperti soal banyaknya mata pelajaran yang harus dipelajari siswa, jam sekolah, hingga mencari penyebab mengapa sering terjadi tawuran siswa, rendahnya kemampuan siswa berbahasa asing, serta berbagai persoalan lain.

Gerakan Pembangunan Karakter

Wamendikbud Wiendu Nuryanti menjelaskan rencana pemerintah untuk melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Pembangunan Karakater Bangsa melalui program penanaman nilai budaya di lingkungan sekolah yang dilaksanakan di 10 propinsi, antara lain DKI Jkaarta, Aceh, Banten, Jawa Barat, NTB dan Maluku.

"Selain menyasar sekolah, gerakan pembangunan karakter juga akan dilaksanakan kepada masyarakat luas melalui Gerakan Bersih Desa Budaya yang difokuskan pada desa-desa yang dengan tradisinya masih menjalankan dan menopang karifan lokal, seperti budaya gotong royong," katanya.

Program Gerakan Bersih desa pada tahap awal sebagai pilot project dilaksanakan di enam daerah, yakni Laweyan, Lasem , Setu Babakan, Sasirangan, Pandesikek dan Cuci Nagari Maluku.


Sumber;
Code:
http://edukasi.kompas.com/read/2012/09/27/22554991/Kurikulum.Baru.Pangkas.Jumlah.Mata.Pelajaran


~ CMIIW=Cendol Me If I'am Wrong
untung dah gawe, coba ane hidup di zaman ini, bakal stres, ganti2 kurikulum terus :ilove indonesias
Ehm, makin enak aja generasi sekarang
Yang penting demi kemajuan Pendidikan di Indonesia aja
bagus lah...setuju kalo pelajaran dikurangi, di ganti dengan pendidikan karakter..
kampret ada yang ngiklan


moga pendidikan kita makin maju
kayak jepang dong
pelajaran dikit pulang cepet

tawuran deh kayak di cross zero

semoga makin cerdas bangsa ini dengan kurikulum baru
Yang mbingungi itu , ya karakternya para pejabat pendidik sendiri. :



Kebanyakan Kurikulum ini , itu.

wis enaknya ya dikulum sajalah
nice inpoh gan

moga bisa terealisasi dengan baik


Ane bener-bener terharu sekali gan, ane bisa mejeng di thread HT
yg penting sh peningkatan SDM nya.. terutama dalam hal disiplin..

buang sampah di tempatnya aja masih susah..
Quote:Original Posted By O.bby
kayak jepang dong
pelajaran dikit pulang cepet

tawuran deh kayak di cross zero

semoga makin cerdas bangsa ini dengan kurikulum baru


menggebu-gebu banget lo...
ampe salah tuh nulis judulnya..
yang bener crows zero...
kayak si genji...jagoannya sekolahan suzuran...




baguslah kalau mata pelajarannya semakin dikit..
biar kayak aussie...makin dikit dan bisa konsen pada mata pelajaran tertentu..
ga kayak dulu ampe srkang..di hajar banyak-banyak....
niatnya pengen buat siswa jago semua bidang...yang ada pikiran kebagi-bagi..pelampiasan yaa tawuran gitu..
jadi inget dulu gua pake KTSP=Kurikulum Tidak Siap Pakai
.
semoga makin banyak dewan2 yg mikirin gimana nasib anak2 nanti...
bagus, nih pembentukan karakter di didik dari kecil...
moga bisa brantas tawuran
Quote:Original Posted By milatherosa
menggebu-gebu banget lo...
ampe salah tuh nulis judulnya..
yang bener crows zero...
kayak si genji...jagoannya sekolahan suzuran...




baguslah kalau mata pelajarannya semakin dikit..
biar kayak aussie...makin dikit dan bisa konsen pada mata pelajaran tertentu..
ga kayak dulu ampe srkang..di hajar banyak-banyak....
niatnya pengen buat siswa jago semua bidang...yang ada pikiran kebagi-bagi..pelampiasan yaa tawuran gitu..


tenang gan
ane gurunya nih
keep study and follow the rules ya
asek nih bisa santai mikirnya
thanks infonya pak guru
Semoga kurikulum baru yg disiapkan ini benar2 demi kepentingan para pelajar demi menyongsong masa depan yah, bukan demi kepentingan para pejabat sendiri.
setuju sekali gan, kalo pendidikan indonesia kaya gini terus bakal ketinggalan sama negara lain, saat nya berubah dan jangan lupa untuk memperbaiki karakter moral beragama anak didik kita
anak2 skrg jadi kelinci percobaan cobain kurikulum baru, sistem baru bla bla bla
jangan cuman kurikulum aj yg diganti, sekalian juga tuh mendiknas nya diganti sekarang juga
Quote:Original Posted By hoshigake
jangan cuman kurikulum aj yg diganti, sekalian juga tuh mendiknas nya diganti sekarang juga


Iya, mendiknasnya sering banget gonta-ganti kurikulum.
Bikin bingung guru aja, dan yang jadi korban murid
Quote:Original Posted By u.raziel
jadi inget dulu gua pake KTSP=Kurikulum Tidak Siap Pakai
.
semoga makin banyak dewan2 yg mikirin gimana nasib anak2 nanti...
bagus, nih pembentukan karakter di didik dari kecil...
moga bisa brantas tawuran


iya bener banget, didaerah ane, bisa dihitung pake jadi, sekolah yang nerapin KTSP...

Kalo fokus ke pendidikan karakter ane setuju banget....

cuman kalo lini lain tidak ikut, bakal percuma juga, terutama dunia pertelevisian.. sebab TV juga ikut iandil jadi "guru" bagi yang menonton.
kenapa nggak dari dulu kamprettt :