[HELP]Baca Rontgen Thorax PA

Mohon bantuan & pencerahannya agan2 sekalian.

Hasil Rontgen Thorax PA :
Corakan bronchovaskuler normal,sinus costophrenicus lancip,diafragma licin.
Cor : CTR > 0,5 ,Aorta tampak kalsifikasi,sistema tulang yg tervisualisasi intact.

Kesan : cardiomegali (ASHD)

tolong arti dr hasil rontgen tersebut apa yah?
Analisa penyakit apa?
UPDATE PIC :
Spoiler for Penampakan:
Thanks
Quote:Original Posted By YosepFX
Mohon bantuan & pencerahannya agan2 sekalian.

Hasil Rontgen Thorax PA :
Corakan bronchovaskuler normal,sinus costophrenicus lancip,diafragma licin.
Cor : CTR > 0,5 ,Aorta tampak kalsifikasi,sistema tulang yg tervisualisasi intact.

Kesan : cardiomegali (ASHD)

tolong arti dr hasil rontgen tersebut apa yah?
Analisa penyakit apa?
Thanks


dari pemeriksaan hasilnya jantungnya kesan membesar gan...cuman harus dievaluasi lagi apakah karena kurang inspirasi saat pengambilan foto, atau krn hal yang lain...

Ane saranin klo bisa fotonya di upload aja gan....
Quote:Original Posted By jenyongkoputro
dari pemeriksaan hasilnya jantungnya kesan membesar gan...cuman harus dievaluasi lagi apakah karena kurang inspirasi saat pengambilan foto, atau krn hal yang lain...

Ane saranin klo bisa fotonya di upload aja gan....

itu bukan rontgen ane gan.

punya tante ane jd ane gak pegang fotonya,gejala sakitnya nonjok di dada kiri,sesak napas,napas pendek,sering lemas,berat badan turun..
Ke dokter internis dikasi obat sbb :
-digoxin
-olmetec
-cordarone
-la...(lupa merknya ane,keluaran PT.LAPI kl ga salah)
kandungan obatnya spironolakton.
-natto 10
-tonicard escolab

obat di atas utk 3hari kt dokternya.
Selama 3hari membaik sih gan.

Nah kt teman tante ane,di saranin ke klinik macem t*ng f*ng(Tapi bukan t*ng f*ng) gt gan yg lg ngetrend dikaskus.

di kasih obat BRICASMA sm Rutin minum rebusan daun jati.
Tuh dokter klinik minta rontgen thorax AP.
Kt tuh dokter,paru paru yg bermasalah.

Dr hasil rontgennya gmn tuh gan kondisi paru2nya?
Kl aorta tampak kalsifikasi itu apa?
Makasih sebelumnya gans.
Buat yg ingin menambahkan monggo..
Quote:Original Posted By YosepFX
itu bukan rontgen ane gan.

punya tante ane jd ane gak pegang fotonya,gejala sakitnya nonjok di dada kiri,sesak napas,napas pendek,sering lemas,berat badan turun..
Ke dokter internis dikasi obat sbb :
-digoxin
-olmetec
-cordarone
-la...(lupa merknya ane,keluaran PT.LAPI kl ga salah)
kandungan obatnya spironolakton.
-natto 10
-tonicard escolab

obat di atas utk 3hari kt dokternya.
Selama 3hari membaik sih gan.

Nah kt teman tante ane,di saranin ke klinik macem t*ng f*ng(Tapi bukan t*ng f*ng) gt gan yg lg ngetrend dikaskus.

di kasih obat BRICASMA sm Rutin minum rebusan daun jati.
Tuh dokter klinik minta rontgen thorax AP.
Kt tuh dokter,paru paru yg bermasalah.

Dr hasil rontgennya gmn tuh gan kondisi paru2nya?
Kl aorta tampak kalsifikasi itu apa?
Makasih sebelumnya gans.
Buat yg ingin menambahkan monggo..


hahaha jangan dibawa ke klinik begtuan gan...klo dari obatnya kemungkinan sudah ke tahap gagal jantung...saya rasa obat tsb juga sudah tepat dan bagus...makanya dilanjutkan aja....

Bricasma nya di stop aja gan krn dapat menyebabkan berdebar / palpitasi...itu ngga boleh pada orang gagal jantung yang sedang / baru saja kumat krn dapat membebani kerja jtg...

Parunya klo dari thorax masih normal gan...kalsifikasi aorta itu menandakan proses aortosklerosis yang umum pada orang tua
Quote:Original Posted By jenyongkoputro
hahaha jangan dibawa ke klinik begtuan gan...klo dari obatnya kemungkinan sudah ke tahap gagal jantung...saya rasa obat tsb juga sudah tepat dan bagus...makanya dilanjutkan aja....

Bricasma nya di stop aja gan krn dapat menyebabkan berdebar / palpitasi...itu ngga boleh pada orang gagal jantung yang sedang / baru saja kumat krn dapat membebani kerja jtg...

Parunya klo dari thorax masih normal gan...kalsifikasi aorta itu menandakan proses aortosklerosis yang umum pada orang tua

bricasma ane larang buat diminum gan,soalnya tau efek sampingnya spt yg agan blg diatas.
Perhatian utk hipertensi dan DM.

Sebelum ke dokter internis,sempat ke dokter umum langganan keluarga uda ke sohor jg di kota ane
Dikasih obat sbb:
- bisoprolol
-isorbid
-astharol (salbutamol)

dokter umum blg denyut jantungnya cepat,saran dokter kurangin konsumsi garam.
Hampir habis 1 resep gak kunjung sembuh,jd obat di hentikan.
Tante ane jg pgn berobat ke dokter internis aja.
Slnya thn 2000 pernah di opname gara2 jantung.
Belum sempat ke dokter internis krn minggu gak praktek.
Jd rencana senin ke dokternya.
Senin dinihari jam 02:00an kejang2,sorot matanya beda,di ajak bicara gak respon,ane liat sudut bibir sebelah kiri ky digigit gt.
Ane takut kena stroke,lgsg di bawa kerumah sakit msk UGD dipasangin alat di telunjuk kiri,di tensi,sama di kasih oksigen.
Kt perawat suhu badan normal,cuma pas masuk tekanan darah sempat 150.
Setelah di kasih oksigen 130-140.
saran dokter jaga di opname aja.
Tapi tante ane minta pulang..
Sore nya ke dokter internis yg sama wkt di opname thn 2000 dikasih obat digoxin dll ky diatas..

Oya Cardiomegali (ASHD) itu penyakit/faktor bawaan? pencetusnya apa gan?!
Quote:Original Posted By YosepFX
bricasma ane larang buat diminum gan,soalnya tau efek sampingnya spt yg agan blg diatas.
Perhatian utk hipertensi dan DM.

Sebelum ke dokter internis,sempat ke dokter umum langganan keluarga uda ke sohor jg di kota ane
Dikasih obat sbb:
- bisoprolol
-isorbid
-astharol (salbutamol)

dokter umum blg denyut jantungnya cepat,saran dokter kurangin konsumsi garam.
Hampir habis 1 resep gak kunjung sembuh,jd obat di hentikan.
Tante ane jg pgn berobat ke dokter internis aja.
Slnya thn 2000 pernah di opname gara2 jantung.
Belum sempat ke dokter internis krn minggu gak praktek.
Jd rencana senin ke dokternya.
Senin dinihari jam 02:00an kejang2,sorot matanya beda,di ajak bicara gak respon,ane liat sudut bibir sebelah kiri ky digigit gt.
Ane takut kena stroke,lgsg di bawa kerumah sakit msk UGD dipasangin alat di telunjuk kiri,di tensi,sama di kasih oksigen.
Kt perawat suhu badan normal,cuma pas masuk tekanan darah sempat 150.
Setelah di kasih oksigen 130-140.
saran dokter jaga di opname aja.
Tapi tante ane minta pulang..
Sore nya ke dokter internis yg sama wkt di opname thn 2000 dikasih obat digoxin dll ky diatas..

Oya Cardiomegali (ASHD) itu penyakit/faktor bawaan? pencetusnya apa gan?!


ini penyakitnya dah kompleks ya gan....klo sampe ada hemiparesis / kelemahan kayak gitu bisa jadi itu sttroke ringan atau TIA yang memang membaik sendirinya...

Klo memang sudah lama gagal jantung sering irama jadi tidak normal yang disebut AF nah bekuan di jantung bisa lepas ke otak jadilah TIA...

Kejadian tsb sangat mungkin berulang kembali bahkan bisa jadi stroke gan...saran ane MRS / ngamar aja

Klo ditanya pencetus gagal jantung banyak gan tapi yang paling utama ya PJK...

Saran ane ke Sp.JP aja gan yang khusus jantung bukan internis lagi ranahnya...
oiya gan...ane siap klo ada yang mau ditanyakan di lapak ane aja (di trit ane)...jadi ane cepet nemuin nya ntar dan cepet jawabnya...

mengenai terapi nya dah tepat kok gan yang pertama...cuman ada warning2 khusus yang harus dicermati
Quote:Original Posted By jenyongkoputro
oiya gan...ane siap klo ada yang mau ditanyakan di lapak ane aja (di trit ane)...jadi ane cepet nemuin nya ntar dan cepet jawabnya...

mengenai terapi nya dah tepat kok gan yang pertama...cuman ada warning2 khusus yang harus dicermati

iya gan ntar ane mampir ke lapak agan..
Sementara naikin neh lapak dl.
Pic uda ane upload monggo di terawang penampakannya gan.

buat bpk/ibu dokter spesialis paru atau jantung dan pembuluh darah yg kebetulan kaskuser jg mohon pencerahannya
Sy, bukan radiolog ya bro, tapi lumayan sering baca foto thorax, terutama untuk kasus trauma, itu paru2 keliatannya gak ada masalah, gambaran radioopaq di pembuluh darah juga bisa dibilang normal untuk orang tua, yg keliatan besar ya jantungnya.

Kalau boleh tahu, memang keluhan pasien apa? Apa ada penyakit penyerta yg lain?
Quote:Original Posted By reverser
Sy, bukan radiolog ya bro, tapi lumayan sering baca foto thorax, terutama untuk kasus trauma, itu paru2 keliatannya gak ada masalah, gambaran radioopaq di pembuluh darah juga bisa dibilang normal untuk orang tua, yg keliatan besar ya jantungnya.

Kalau boleh tahu, memang keluhan pasien apa? Apa ada penyakit penyerta yg lain?

keluhannya jantung berdebar-debar,dada kiri nonjok,sesak napas,napas pendek,terakhir berat badan turun 5kg.

Ane mau tanya dl neh gan,
orang kurus bisa kena DM??
Soalnya pernah tante ane ada bekas gigitan nyamuk di kaki lukanya dikorek2 gt lama kelamaan membesar,basah,bau jd borok & pergelangan kaki bengkak menghitam ky kulit gosong.
Sama dokter di kasih antibiotik bengkaknya kempes tapi lukanya tetap basah.
Uda dikasih obat china "Die Da Yao Jing" & "Yunnan Baiyao" gak ngefek sama sekali.
Jd binggung ane,normalnya luka borok dikasih Yunnan Baiyao cpt kering.
Kebiasaan tante ane tiap pagi minum teh manis,ane minta stop dl trs ane beliin ektrak mengkudu diminum rutin tiap hari.
Luka boroknya berangsur kering ada 1bln lebih keringnya.

Apa ada hubungannya antara DM & Cardiomegali?!
Quote:Original Posted By YosepFX
iya gan ntar ane mampir ke lapak agan..
Sementara naikin neh lapak dl.
Pic uda ane upload monggo di terawang penampakannya gan.

buat bpk/ibu dokter spesialis paru atau jantung dan pembuluh darah yg kebetulan kaskuser jg mohon pencerahannya


iya gan dari gambaranny emang jantungnya yag membesar....dilanjutkan aja terapi dari dokter spesialis nya...
Quote:Original Posted By YosepFX
keluhannya jantung berdebar-debar,dada kiri nonjok,sesak napas,napas pendek,terakhir berat badan turun 5kg.

Ane mau tanya dl neh gan,
orang kurus bisa kena DM??
Soalnya pernah tante ane ada bekas gigitan nyamuk di kaki lukanya dikorek2 gt lama kelamaan membesar,basah,bau jd borok & pergelangan kaki bengkak menghitam ky kulit gosong.
Sama dokter di kasih antibiotik bengkaknya kempes tapi lukanya tetap basah.
Uda dikasih obat china "Die Da Yao Jing" & "Yunnan Baiyao" gak ngefek sama sekali.
Jd binggung ane,normalnya luka borok dikasih Yunnan Baiyao cpt kering.
Kebiasaan tante ane tiap pagi minum teh manis,ane minta stop dl trs ane beliin ektrak mengkudu diminum rutin tiap hari.
Luka boroknya berangsur kering ada 1bln lebih keringnya.

Apa ada hubungannya antara DM & Cardiomegali?!


sangat ada gan...DM dapat menyebabkan penyakit jantung macam2 seperti cardiomyopathy dan PJK yang ujung2 nya gagal jantung
coba bantu jelasin dan nambahin ya bos sisa2nya udah dikasitau sama agan2 diatas.

Quote:Original Posted By YosepFX

Ane mau tanya dl neh gan,
orang kurus bisa kena DM??
Soalnya pernah tante ane ada bekas gigitan nyamuk di kaki lukanya dikorek2 gt lama kelamaan membesar,basah,bau jd borok & pergelangan kaki bengkak menghitam ky kulit gosong.
Sama dokter di kasih antibiotik bengkaknya kempes tapi lukanya tetap basah.
Uda dikasih obat china "Die Da Yao Jing" & "Yunnan Baiyao" gak ngefek sama sekali.


nambahin gan jenny, semua orang yang punya DM lama dan tidak terkontrol pasti bakal kurus. Gula (makanan buat sel2nya) cuma muter2 aja di darah ngga bisa masuk sel dengan sempurna. istilah kulonnya mah 'cell starvation'

sehubungan dengan penyembuhan luka, makin lama sirkulasi darah juga terganggu, aliran darah jadi gak lancar, sembuh jadi lama. Di tingkat jaringan, kemampuan untuk penyembuhan luka akan sangat terganggu, lalu, secara gula itu adalah medium yang bagus untuk pertumbuhan kuman, ya terang aja makin bonyok.



Quote:Original Posted By YosepFX

Jd binggung ane,normalnya luka borok dikasih Yunnan Baiyao cpt kering.
Kebiasaan tante ane tiap pagi minum teh manis,ane minta stop dl trs ane beliin ektrak mengkudu diminum rutin tiap hari.
Luka boroknya berangsur kering ada 1bln lebih keringnya.

Apa ada hubungannya antara DM & Cardiomegali?!


JANGAN PERNAH kasi yunnan baiyao ke borok orang DM yang gula darahnya ngga kekontrol gan. Percayalah, luar kering dalem bonyok. Sampe bosen saya ketemu yang model gitu. Dah bener banget agan kasi mengkudu yang notabene kaya antioksidan untuk melawan oksidan dan memperbaiki kemampuan penyembuhan.

urusan DM dan cardiomegali nggak langsung telor jadi ayam, tapi telor kodok jadi kecebong dulu baru kodok.. muter2 jalannya gan.

intinya siih, kalu bisa cek lagi karena DM (atau penyakit vaskular lain tidak disebut2 dalam keterangan2 sebelumnya), jadi kesannya kalo baca post agan, kita lagi liat penderita dengan gangguan jantung
Quote:Original Posted By jenyongkoputro
iya gan dari gambaranny emang jantungnya yag membesar....dilanjutkan aja terapi dari dokter spesialis nya...

ane pengennya gt gan,kt dokter spesialis cek lab ECG,Thorax AP,Hemoglobin,lekosit,hitung jenis,LED,Urine lengkap,SGOT,SGPT,Total protein,albumin,cholesterol,trigliserida,HDL,LDL,ureum,creatin,asam urat,gula darah,T-3,T-4,TSHs.

Tante ane kg mau,malah ke klinik totok jari atas saran temannya.
Kt dokter klinik suruh rontgen Thorax PA.
Setelah liat rontgen ktnya paru paru bermasalah.
Makanya ane buat trit ini.
Quote:Original Posted By forcefollow
coba bantu jelasin dan nambahin ya bos sisa2nya udah dikasitau sama agan2 diatas.

nambahin gan jenny, semua orang yang punya DM lama dan tidak terkontrol pasti bakal kurus. Gula (makanan buat sel2nya) cuma muter2 aja di darah ngga bisa masuk sel dengan sempurna. istilah kulonnya mah 'cell starvation'

sehubungan dengan penyembuhan luka, makin lama sirkulasi darah juga terganggu, aliran darah jadi gak lancar, sembuh jadi lama. Di tingkat jaringan, kemampuan untuk penyembuhan luka akan sangat terganggu, lalu, secara gula itu adalah medium yang bagus untuk pertumbuhan kuman, ya terang aja makin bonyok.

JANGAN PERNAH kasi yunnan baiyao ke borok orang DM yang gula darahnya ngga kekontrol gan. Percayalah, luar kering dalem bonyok. Sampe bosen saya ketemu yang model gitu. Dah bener banget agan kasi mengkudu yang notabene kaya antioksidan untuk melawan oksidan dan memperbaiki kemampuan penyembuhan.

urusan DM dan cardiomegali nggak langsung telor jadi ayam, tapi telor kodok jadi kecebong dulu baru kodok.. muter2 jalannya gan.

intinya siih, kalu bisa cek lagi karena DM (atau penyakit vaskular lain tidak disebut2 dalam keterangan2 sebelumnya), jadi kesannya kalo baca post agan, kita lagi liat penderita dengan gangguan jantung

Makasih gan..
betul kata agan,ane kira borok biasa jd tak kasih yunnan baiyao di minum gak ngefek.
Ditaburin malah ky diserap ma tuh borok kn normalnya ketutup dan lama2 kering.
Makin hari boroknya ky kawah gt pinggiran kering tengah2 cekung hampir keliatan tulang..

ane nyimpulin sendiri aja itu BBB(Bukan Borok Biasa)

tante ane DM.
Soalnya susah ngajak cek lab buat mastiin penyakitnya.
dari RONTGEN itu , mengalami PEMBESARAN JANTUNG atau KARDIOMEGALI. Itu tanda gagal jantung gan, gejala umumnya sesak dan pembesaran ujung jari. Trus ane lupa liat itu FOTO RONTGEN AP apa PA. Kalo PA berarti emg gagal jantung gan. CHR itu gausah dipikirin yg penting tante ente gagal jantung, bdasarkan foto torax. Obatnya byk gan, tergantung ada komplikasi DM, Paru sm Ginjal ga. Obat gagal jantung itu biasanya jg nurunin Hipertensi kok.

Untuk berat - ringan gagal jantung tante ente, bisa diliat di mari :
Grade 1 : Tak ada sesak saat aktivitas apapun
Grade 2 : Sesak saat aktivitas berat
Grade 3 : Sesak saat aktivitas ringan, kek nyapu, jalan dikit
Grade 4 : Istirahat juga sesak

Harus sering2 kontrol ke dokter itu, klo udh parah harus brenti kerja n harus dioperasi

ini aja yg bisa dishare, moga tante ente cepet sembuh ya gan