KASKUS

Talking Pelajaran IPA dan IPS Akan Dihapus

JAKARTA - Pemerintah akan menghapus pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPA IPS) di SD dan menggantinya dengan pelajaran sikap. Revisi ini nantinya berlanjut ke SMP dan SMA.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Khairil Anwar mengatakan, dari hasil diskusi yang berkembang di kementerian maka pelajaran di sekolah tingkat dasar akan lebih ditekankan kepada bagaimana membentuk anak yang disiplin, jujur dan bersih.

Sehingga mata pelajaran yang akan diajarkan nantinya di SD ialah pelajaran Agama, Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn), Pancasila, Bahasa Indonesia dan Matematika dasar saja. Namun meski disederhanakan mata pelajaran ini akan disesuaikan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD). “Jadi misalkan penilaian di pelajaran Agama. Tidak hanya praktek salat saja yang dinilai, namun dinilai juga apakah dia suka menjahili teman atau apakah dia suka mencuri?” katanya di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Kamis (27/9/2012).

Dia mengatakan, perubahan ini terkait dengan revisi kurikulum pendidikan nasional yang sudah tidak mengikuti perkembangan zaman. Dia menjelaskan, kurikulum pembentukan sikap ini akan memakan korban penghapusan pelajaran IPA IPS di SD. Penghapusan kedua mata pelajaran ini juga sebagai akibat pengurangan jam belajar karena pelajaran pembentukan sikap ini tidak lagi terkait dengan transfer ilmu Sains.

Untuk SMP pelajaran yang akan diberikan akan terfokus kepada pelajaran keterampilan melihat dan melakukan sesuatu yang dapat dilihat dengan mata. Kemungkinan IPA dan IPS masih tetap ada meskipun jam belajarnya tidak terlalu tinggi. Sementara pelajaran di SMA mulai mentransformasi keterampilan tersebut dengan ilmu pengetahuan yang lebih tinggi.

“Kurikulum ke depan itu harus lebih banyak ke proses obsurvei atau bagaimana mengamati, mempertanyakan dan bagaiaman meniru dan bagaimana melaporkan. Saat ini kita menilai anak-anak lemah dalam melaporkan. Orientasi lain dalam penyederhanaan kurikulum ini juga supaya kita lebih fokus (dalam memberikan mata pelajaran) dan tidak menganggap semua (mata pelajaran) seolah-olah itu penting. Lihat saja sekarang, anak SD banyak punggungnya memar karena terlalu banyak bawa buku,” tukasnya.

Guru Besar Ilmu Statistik Institut Pertanian Bogor (IPB) ini menambahkan, ujian akhir nantinya tidak hanya berbentuk pilihan ganda, namun bagaimana siswa itu mengimplementasikan pelajaran agama ke masyarakat.
(Neneng Zubaidah/Koran SI/rhs)

sumber

ada ada saja nih
berarti bentar lagi kurikulum akan berubah lagi
lumayan juga tuh proyek baru
saya mendukung semua mapel dihapus
Quote:Original Posted By 2011november11
berarti bentar lagi kurikulum akan berubah lagi
lumayan juga tuh proyek baru


tul gan endingnya proyek, trus uang pajak dll bs "disalurkan" ke kantong masing2...
alasan mmg selalu masuk akal (khas penyakit eskyusitas=pencari dalih)
resiko hidup di Indonesia tercinta [removed]void(0);
mapel olahraga jangn dihapus y
Bedo Silit, Bedo Anggit ( Lain Pantat, Lain Pendapat )
Itu lumrah, ntar kalo ganti pimpinan psti ganti aturan lagi " New Project"
yup. biarin aja anak sd kita gak tau bumi itu bulat
biarin aja anak-anak sd gak tahu bumi mengelilingi matahari
biarin aja anak-anak sd gak tau Indonesia ada di antara benua asia dan benua australia serta samudra hindia dan samudra pacific
biarin aja anak-anak sd gak tau nama-nama negara asean

yang penting kan bisa agama, jago berdoa serta afal 36 butir pancasila kan?

5 hari belajar diisi 5 mata pelajaran: senin agama; selasa ppkn, rabu pancasila (ppkn sama pancasila bedanya dimana ya?), kamis bahasa indonesia, jumat matematika (untung aja matematika masih ada)
ane kepengen sekolah di hapus di ganti aja dengan
sekolah jurusan jadi anak2 indonesia bebas pengen masuk jurusan mana dia suka , seperti seni, matematika, fisika , DLL
Hadeeeeeh...
ane bingung dengan jalan pikiran mereka
tiap tahun ajaran baru ganti kurikulum baru
Inti dari degradasi moral para penerus bangsa sekarang ini, bukan terletak di mata pelajaran yang mereka pelajari, tapi tidak adanya "teladan" tokoh di pemerintahan saat ini yang bisa mereka tiru. Wong kerjaan para birokrat cuma ribut dan ribut aja bisanya,,,,,,
Quote:Original Posted By 2011november11
berarti bentar lagi kurikulum akan berubah lagi
lumayan juga tuh proyek baru


Kalau kondisi begini, kurikulum baru ini kelihatannya lebih sederhana, karena banyak pelajaran yang dihilangkan. Berarti berkurang dong. Minimal, proyek pengadaan buku pelajaran IPS dan IPA sudah tidak ada lagi.
yang ngusulin gak mudeng kalo dunia ini lagi lomba kreatipitas teknologi buat maju


sok sial mah jangan kebangeten gitu laaah
Quote:Original Posted By nabilah.jkt48 
ane kepengen sekolah di hapus di ganti aja dengan
sekolah jurusan jadi anak2 indonesia bebas pengen masuk jurusan mana dia suka , seperti seni, matematika, fisika , DLL

setuju sama agan ini sekolah jurusan harusnya










Spoiler for jangan di buka:
semoga aja makin mantab gan buat adik2 kelas kita semuanya


asli ini yg ngusulin pengin rakyat bodoh padaha ipa adalaha dasar dari mata pelajaran fisika dan biologi terus mau di apus

mau di bawa ke mana nih negara ama pemerintah rakyat dari kecil mau di buat bodoh , emang pelajaran sikap begitu penting nya kah buat masadepan anak atau karna kasus marak nyatawuran terus mau bikin mata pelajaran sikap pelajaran sikap bukan nya dulu udah ada kayak PMP terus di apus
kok malah di hapus....
PORSINYA AJA DI KURANGI....DAN MATERINYA DIPERINGAN!!!!! :
seimbangkan antara otak kiri dan kanan....tidak semua anak itu otaknya seragam..





mikiro lan makaryo ojo muk sendiko
Quote:Original Posted By 0ralucu
[COLOR="DarkGreen"][B] kok malah di hapus....
PORSINYA AJA DI KURANGI....DAN MATERINYA DIPERINGAN!!!!! :
seimbangkan antara otak kiri dan kanan....tidak semua anak itu otaknya seragam..


Setuju Gan, kasihan kalo dari SD udah dikasih materi yg berat2...
menurut ane pelajaran2 penting di SD adalah :

1. Matematika
2. Bahasa Indonesia
3. Agama
4. Bahasa Inggris
buset IPA IPS dihapus mau dibawa kemana masa depan bangsa ini?

Pesantren/pendidikan berbasis agama (modern) aja masih berprinsip keseimbangan IMTAQ dan IPTEK kok

mendingan LP anak ditingkatkan jadi sekolah asrama khusus anak nakal yang dibina sama militer pak
Quote:Original Posted By siberiantigers
yup. biarin aja anak sd kita gak tau bumi itu bulat
biarin aja anak-anak sd gak tahu bumi mengelilingi matahari
biarin aja anak-anak sd gak tau Indonesia ada di antara benua asia dan benua australia serta samudra hindia dan samudra pacific
biarin aja anak-anak sd gak tau nama-nama negara asean

yang penting kan bisa agama, jago berdoa serta afal 36 butir pancasila kan?

5 hari belajar diisi 5 mata pelajaran: senin agama; selasa ppkn, rabu pancasila (ppkn sama pancasila bedanya dimana ya?), kamis bahasa indonesia, jumat matematika (untung aja matematika masih ada)

nggak seekstrim gitu juga khan bro. jangan under suudzon dulu lha....lagian ini khan baru wacana.
kalo menurut saya sih memang kurikulum kita itu agak menyimpang.contohlah di jepang di mana anak sd lebih banyak bermainnya daripada "serius belajar" seperti di indonesia. dan hasilnya bisa bro lihat sndiri khan???
nah loh kok mata pelajaran jenis ipa & ips dihapuskan dari sekolah dasar
dimana semangat mencerdaskan generasi penerus bangsa kita