- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Bagi agan yang punya cita-cita jadi ASTRONOT


TS
SquerPenTs
Bagi agan yang punya cita-cita jadi ASTRONOT
Langsung aja cekidot!
1. Menjadi Seorang WN Suatu Negara Yang Memiliki Badan Antariksa Yang Mampu Mengirim Manusia Ke Luar Angkasa/Antariksa.
Untuk menjadi seorang astronot, Anda harus menjadi seorang WN dari suatu negara yang mampu mengirim manusia ke luar angkasa, baik melalui Badan Antariksa dari negara Anda sendiri ataupun dari Badan Antariksa dari negara lain yang memiliki kesepakatan/perjanjian dengan negara Anda.
Contohnya, NASA (Amerika Serikat) dan ROSCOSMOS (Rusia) , yang mana keduanya mampu untuk melakukan penerbangan ke luar angkasa, China juga memiliki kemampuan yang sama.
2. Memperoleh Grade/Nilai Yang Sangat Baik Pada Semua Mata Pelajaran Anda Di Sekolah.
Matematika dan Ilmu Sains adalah yang terpenting, namun kemampuan berbahasa inggris juga diperlukan sehingga nantinya anda tidak terlihat seperti seorang idiot pada saat berada di depan Komite Pemilihan.
Sejarah adalah sebuah mata pelajaran menyenangkan untuk dipelajari dan secara khusus, sejarah penerbangan antariksa berawak juga cukup menarik, namun hal tersebut tidak terlalu diperlukan untuk menjadi seorang astronot.
3. Berkuliah Di Universitas Yang Baik.
Gelar kesarjanaan dalam bidang matematika, fisika, teknik, ataupun sains dari sebuah universitas yang bereputasi tinggi sangat diperlukan. Jangan terganggu dengan kehidupan sosial kuliah anda. Grade/nilai kuliah anda adalah perhatian anda yang paling utama dan penting.
Pilihlah Program ROTC (Reserve Officers' Training Corps), terutama pada jurusan Air Force (Angkatan Udara) dan Navy (Angkatan Laut) dalam kuliah anda.
Tujuan terakhir anda yang paling utama dalam militer adalah menjadi seorang Test Pilot (Pilot Penguji), karena seorang Pilot Penguji memiliki pengalaman terbesar dalam ujicoba penerbangan pesawat.
4. Harus Memiliki Pengalaman Kerja Selama Kurang Lebih 3 Tahun.
Hal ini bisa dalam bentuk pengalaman kerja profesional ataupun dalam bentuk gelar kesarjanaan.
- Jika anda memiliki pengalaman bekerja sebagai seorang pilot, Anda harus memiliki minimal durasi 1000 jam terbang sebagai pilot pesawat. Dan pastikan anda juga memiliki pengalaman uji tes penerbangan.
- Bila anda memilih jalur gelar kesarjanaan, ketahuilah bahwa gelar Master dianggap sebagai pengalaman kerja 1 tahun dan gelar PhD dianggap sebagai pengalaman kerja 3 tahun, tanpa menghiraukan berapa lama waktu yang anda harus habiskan untuk memperoleh gelar tersebut.
- Bila anda semata-mata memilih pengalaman kerja profesional, dapatkan suatu bidang pekerjaan yang berhubungan dengan sesuatu yang harus dilakukan seorang astronot. Contohnya meliputi, navigasi, pilot, bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer, bidang kimia/biologi, atau mengendalikan sebuah kapal.
Anda juga harus mencatat, bahwa kegiatan mengajar juga merupakan sebuah bagian penting untuk menjadi seorang astronot, dan oleh karena itu para pengajar/guru (baik di universitas dan K-12) didorong untuk melamar sebagai astronot.
5. Kirimkan Lamaran Kerja Anda.
Perlu diingat bahwa para pelamar harus mengirim lamaran kerja melalui [url]www.usajobs.gov[/url] dan seluruh personel tugas militer yang aktif, harus mengirim lamaran ke masing-masing pusat pelayanan mereka.
6. Harus Melewati Ujian Tes Fisik Jika Anda Tidak Memiliki Latar Belakang Sebagai Pilot.
Untuk menjadi seorang astronot, pandangan jarak dekat dan jarak jauh anda harus berada pada tingkat akurasi penglihatan 20/20 pada kedua mata. Tekanan darah anda tidak boleh di atas 140/90 dalam posisi duduk. Dan terakhir, tinggi anda harus berkisar antara 62 dan 75 inch ketika berdiri.
- Perlu dicatat bahwa jika anda berhasil melewati ujian pertama, penampakan visual tambahan akan dimunculkan.
Untuk melewati ujian ini, tingkat kesalahan refraktif pandangan visual anda harus berada di antara diopter +5.50 dan -5.50 di segala titik meridian (Jika anda tidak memiliki latar belakang sebagai pilot) dan harus berada di antara diopter +2.50 dan -4.00 (Jika anda memiliki latar belakang sebagai pilot). Dan juga perlu dicatat bahwa anda tidak boleh memiliki penyakit mata kabur (astigmatisme) yang memerlukan lebih dari 3.00 diopter koreksi silinder (Jika anda tidak memiliki latar belakang sebagai pilot) dan lebih dari 2.00 (Jika anda memiliki latar belakang sebagai pilot) serta penyakit anisometropia yang memerlukan lebih dari 3.5 diopter (Jika anda tidak memiliki latar belakang sebagai pilot) dan lebih dari 2.5 diopter (Jika anda memiliki latar belakang sebagai pilot).
7. Harus Dapat Melewati Seluruh Latihan Yang Ada.
Latihan akan dilakukan di Texas dan berlangsung selama 2 tahun. Anda harus melewati tes militer bertahan hidup di perairan dan harus memperoleh sertifikasi SCUBA sebelum mengikuti ujian tersebut.
Anda juga diharuskan untuk melewati ujian renang selama bulan pertama latihan yang meliputi, berenang di kolam ronang sepanjang 25 meter sebanyak 3 kali tanpa henti, dan lalu melakukan hal yang sama namun dengan mengenakan pakaian terbang dan memakai sepatu tenis. Anda juga harus dapat secara terus-menerus berjalan di air selama 10 menit.
1.Pesawat ulang-alik Columbia
Pesawat ulang-alik Columbia (kode pesawat NASA: OV-102) adalah pesawat ulang-alik pertama dalam armada pengorbit NASA. Misi pertamanya, STS-1 berlangsung dari 12 April hingga 14 April 1981. Pada 1 Februari 2003, pesawat ini meledak dalam misi ke-28nya, STS-107, menewaskan seluruh awaknya yang berjumlah tujuh orang.
Sepanjang sejarahnya, Columbia telah melakukan 28 penerbangan, menghabiskan masa selama 300,74 hari di luar angkasa, menyelesaikan 4.808 orbit, dan terbang sejauh 201.497.772 km, termasuk misi terakhirnya.
Lihat pula
2.Pesawat ulang-alik Challenger
Challenger adalah pesawat ulang-alik NASA yang kedua. Peluncuran perdananya berlangsung pada tanggal 4 April 1983. Pesawat ini sempat menjalani misi sebanyak 9 kali sebelum akhirnya hancur berantakan pada detik ke-73 peluncuran untuk misinya yang kesepuluh dan menewaskan seluruh awak pesawat yang berjumlah tujuh orang pada tanggal 28 Januari 1986. Challenger digantikan oleh pesawat Endeavour yang melakukan peluncuran perdananya pada tahun 1992, enam tahun setelah musibah.
Astronot Challenger Mereka yang tewas ;Michael Smith,Dick Scobee,Judith Resnik,Ronald McNair,Ellison Onizuka,Gregory Jarvis dan Christa McAuliffe
Misi yang Sangat Diminati Masyarakat Amerika Misi Challenger sangat diminati oleh masyarakat AS karena kehadiran guru sekolah menengah atas yang berasal dari New Hampshire, Christa McAuliffe-orang pertama yang berasal dari masyarakat biasa-dan pelantikan program Guru di Ruang Angkasa NASA. McAuliffe dijadualkan untuk memberi pengajaran dari ruang angkasa kepada murid-muridnya, sebuah program yang inovatif dan mencengangkan yang dapat membangkitkan antusiasme sangat besar dikalangan pendidik dan siswa.
3.Pesawat ulang-alik Discovery
Pesawat ulang-alik Discovery (kode pesawat NASA: OV-103) adalah sebuah pesawat ulang-alik (Space Shuttle) NASA.
Pertama kali diterbangkan pada 30 Agustus 1984, Discovery adalah pesawat ulang-alik ketiga dan yang tertua yang masih dioperasikan hingga saat ini. Fungsi-fungsinya adalah untuk misi-misi penelitian dan pemasangan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Nama Discovery berasal dari nama HMS Discovery, sebuah kapal yang pernah digunakan sang penjelajah, James Cook.
Hingga Juli 2005, Discovery telah mengadakan 31 penerbangan, menghabiskan 241,95 hari di angkasa, menyelesaikan 3.808 orbit dan terbang sejauh 158.859.429 km.
Discovery adalah pesawat ulang-alik yang meluncurkan Teleskop Hubble.
Dalam misi luar angkasa pertama NASA setelah meledaknya Columbia, STS-114, ditemukan bahwa sepotong busa untuk insulasi lepas dari pesawat saat peluncuran. Misi yang berlangsung dari 26 Juli 2005 tersebut berhasil diselesaikan pada 9 Agustus 2005, sehari terlambat dari jadwal. Setelah kejadian tersebut, NASA menunda seluruh peluncuran yang telah direncanakan hingga masalahnya dipecahkan.
Pada tanggal 4 Juli 2006, NASA tetap meluncurkan pesawat angkasa luar Discovery, meskipun sebelumnya timbul kekhawatiran karena munculnya gangguan teknis pada tubuh pesawat.
4.Pesawat ulang-alik Atlantis
Pesawat Ulang-alik Atlantis (Orbiter Vehicle Designation: OV-104) merupakan salah satu armada wahana antariksa yang dimiliki oleh NASA. Atlantis merupakan pesawat ulang-alik keempat yang dibuat. Menyusul hancurnya Challenger dan Columbia, Atlantis merupakan salah satu dari tiga pesawat ulang-alik yang beroperasi sepenuhnya yang tinggal di dalam armada itu. Dua lagi adalah Discovery dan Endeavour.
Sejarah Operasi
Atlantis telah membuat penerbangannya yang pertama dalam bulan Oktober 1985, melakukan aktivitas-aktivitas militer yang sulit, satu dari lima penerbangan yang sama. Dalam tahun 1989, Atlantis telah mengatur kedudukan dua kuar planet, Magellan dan Galileo, dan dalam tahun 1991, ia telah mengatur kedudukan Observatorium Sinar Gamma Compton.
5.Pesawat ulang-alik Endeavour
Endeavour (Orbiter Vehicle Designation: OV-105) merupakan salah satu dari tiga buah pesawat ulang-alik yang masih beroperasi di dalam armada NASA, badan luar angkasa Amerika Serikat. Dua pesawat luar angkasa yang lain adalah Discovery dan Atlantis. Endeavour dibuat untuk menggantikan Challenger yang telah musnah di dalam sebuah malapetaka pada tahun 1986. Endeavour merupakan pesawat luar angkasa kelima dan terakhir yang dibuat oleh NASA.
Inilah sejarah Astronot INDONESIA ALM.Pratiwi Sudarmono.

Spoiler for SYARAT-SYARAT MENJADI ASTRONOT:
1. Menjadi Seorang WN Suatu Negara Yang Memiliki Badan Antariksa Yang Mampu Mengirim Manusia Ke Luar Angkasa/Antariksa.
Untuk menjadi seorang astronot, Anda harus menjadi seorang WN dari suatu negara yang mampu mengirim manusia ke luar angkasa, baik melalui Badan Antariksa dari negara Anda sendiri ataupun dari Badan Antariksa dari negara lain yang memiliki kesepakatan/perjanjian dengan negara Anda.
Contohnya, NASA (Amerika Serikat) dan ROSCOSMOS (Rusia) , yang mana keduanya mampu untuk melakukan penerbangan ke luar angkasa, China juga memiliki kemampuan yang sama.
2. Memperoleh Grade/Nilai Yang Sangat Baik Pada Semua Mata Pelajaran Anda Di Sekolah.
Matematika dan Ilmu Sains adalah yang terpenting, namun kemampuan berbahasa inggris juga diperlukan sehingga nantinya anda tidak terlihat seperti seorang idiot pada saat berada di depan Komite Pemilihan.
Sejarah adalah sebuah mata pelajaran menyenangkan untuk dipelajari dan secara khusus, sejarah penerbangan antariksa berawak juga cukup menarik, namun hal tersebut tidak terlalu diperlukan untuk menjadi seorang astronot.
3. Berkuliah Di Universitas Yang Baik.
Gelar kesarjanaan dalam bidang matematika, fisika, teknik, ataupun sains dari sebuah universitas yang bereputasi tinggi sangat diperlukan. Jangan terganggu dengan kehidupan sosial kuliah anda. Grade/nilai kuliah anda adalah perhatian anda yang paling utama dan penting.
Pilihlah Program ROTC (Reserve Officers' Training Corps), terutama pada jurusan Air Force (Angkatan Udara) dan Navy (Angkatan Laut) dalam kuliah anda.
Tujuan terakhir anda yang paling utama dalam militer adalah menjadi seorang Test Pilot (Pilot Penguji), karena seorang Pilot Penguji memiliki pengalaman terbesar dalam ujicoba penerbangan pesawat.
4. Harus Memiliki Pengalaman Kerja Selama Kurang Lebih 3 Tahun.
Hal ini bisa dalam bentuk pengalaman kerja profesional ataupun dalam bentuk gelar kesarjanaan.
- Jika anda memiliki pengalaman bekerja sebagai seorang pilot, Anda harus memiliki minimal durasi 1000 jam terbang sebagai pilot pesawat. Dan pastikan anda juga memiliki pengalaman uji tes penerbangan.
- Bila anda memilih jalur gelar kesarjanaan, ketahuilah bahwa gelar Master dianggap sebagai pengalaman kerja 1 tahun dan gelar PhD dianggap sebagai pengalaman kerja 3 tahun, tanpa menghiraukan berapa lama waktu yang anda harus habiskan untuk memperoleh gelar tersebut.
- Bila anda semata-mata memilih pengalaman kerja profesional, dapatkan suatu bidang pekerjaan yang berhubungan dengan sesuatu yang harus dilakukan seorang astronot. Contohnya meliputi, navigasi, pilot, bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer, bidang kimia/biologi, atau mengendalikan sebuah kapal.
Anda juga harus mencatat, bahwa kegiatan mengajar juga merupakan sebuah bagian penting untuk menjadi seorang astronot, dan oleh karena itu para pengajar/guru (baik di universitas dan K-12) didorong untuk melamar sebagai astronot.
5. Kirimkan Lamaran Kerja Anda.
Perlu diingat bahwa para pelamar harus mengirim lamaran kerja melalui [url]www.usajobs.gov[/url] dan seluruh personel tugas militer yang aktif, harus mengirim lamaran ke masing-masing pusat pelayanan mereka.
6. Harus Melewati Ujian Tes Fisik Jika Anda Tidak Memiliki Latar Belakang Sebagai Pilot.
Untuk menjadi seorang astronot, pandangan jarak dekat dan jarak jauh anda harus berada pada tingkat akurasi penglihatan 20/20 pada kedua mata. Tekanan darah anda tidak boleh di atas 140/90 dalam posisi duduk. Dan terakhir, tinggi anda harus berkisar antara 62 dan 75 inch ketika berdiri.
- Perlu dicatat bahwa jika anda berhasil melewati ujian pertama, penampakan visual tambahan akan dimunculkan.
Untuk melewati ujian ini, tingkat kesalahan refraktif pandangan visual anda harus berada di antara diopter +5.50 dan -5.50 di segala titik meridian (Jika anda tidak memiliki latar belakang sebagai pilot) dan harus berada di antara diopter +2.50 dan -4.00 (Jika anda memiliki latar belakang sebagai pilot). Dan juga perlu dicatat bahwa anda tidak boleh memiliki penyakit mata kabur (astigmatisme) yang memerlukan lebih dari 3.00 diopter koreksi silinder (Jika anda tidak memiliki latar belakang sebagai pilot) dan lebih dari 2.00 (Jika anda memiliki latar belakang sebagai pilot) serta penyakit anisometropia yang memerlukan lebih dari 3.5 diopter (Jika anda tidak memiliki latar belakang sebagai pilot) dan lebih dari 2.5 diopter (Jika anda memiliki latar belakang sebagai pilot).
7. Harus Dapat Melewati Seluruh Latihan Yang Ada.
Latihan akan dilakukan di Texas dan berlangsung selama 2 tahun. Anda harus melewati tes militer bertahan hidup di perairan dan harus memperoleh sertifikasi SCUBA sebelum mengikuti ujian tersebut.
Anda juga diharuskan untuk melewati ujian renang selama bulan pertama latihan yang meliputi, berenang di kolam ronang sepanjang 25 meter sebanyak 3 kali tanpa henti, dan lalu melakukan hal yang sama namun dengan mengenakan pakaian terbang dan memakai sepatu tenis. Anda juga harus dapat secara terus-menerus berjalan di air selama 10 menit.
Spoiler for Pesawat Ulak-Alik(SPACE SHUTTLE):
1.Pesawat ulang-alik Columbia
Pesawat ulang-alik Columbia (kode pesawat NASA: OV-102) adalah pesawat ulang-alik pertama dalam armada pengorbit NASA. Misi pertamanya, STS-1 berlangsung dari 12 April hingga 14 April 1981. Pada 1 Februari 2003, pesawat ini meledak dalam misi ke-28nya, STS-107, menewaskan seluruh awaknya yang berjumlah tujuh orang.
Sepanjang sejarahnya, Columbia telah melakukan 28 penerbangan, menghabiskan masa selama 300,74 hari di luar angkasa, menyelesaikan 4.808 orbit, dan terbang sejauh 201.497.772 km, termasuk misi terakhirnya.
Lihat pula
2.Pesawat ulang-alik Challenger
Challenger adalah pesawat ulang-alik NASA yang kedua. Peluncuran perdananya berlangsung pada tanggal 4 April 1983. Pesawat ini sempat menjalani misi sebanyak 9 kali sebelum akhirnya hancur berantakan pada detik ke-73 peluncuran untuk misinya yang kesepuluh dan menewaskan seluruh awak pesawat yang berjumlah tujuh orang pada tanggal 28 Januari 1986. Challenger digantikan oleh pesawat Endeavour yang melakukan peluncuran perdananya pada tahun 1992, enam tahun setelah musibah.
Astronot Challenger Mereka yang tewas ;Michael Smith,Dick Scobee,Judith Resnik,Ronald McNair,Ellison Onizuka,Gregory Jarvis dan Christa McAuliffe
Misi yang Sangat Diminati Masyarakat Amerika Misi Challenger sangat diminati oleh masyarakat AS karena kehadiran guru sekolah menengah atas yang berasal dari New Hampshire, Christa McAuliffe-orang pertama yang berasal dari masyarakat biasa-dan pelantikan program Guru di Ruang Angkasa NASA. McAuliffe dijadualkan untuk memberi pengajaran dari ruang angkasa kepada murid-muridnya, sebuah program yang inovatif dan mencengangkan yang dapat membangkitkan antusiasme sangat besar dikalangan pendidik dan siswa.
3.Pesawat ulang-alik Discovery
Pesawat ulang-alik Discovery (kode pesawat NASA: OV-103) adalah sebuah pesawat ulang-alik (Space Shuttle) NASA.
Pertama kali diterbangkan pada 30 Agustus 1984, Discovery adalah pesawat ulang-alik ketiga dan yang tertua yang masih dioperasikan hingga saat ini. Fungsi-fungsinya adalah untuk misi-misi penelitian dan pemasangan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Nama Discovery berasal dari nama HMS Discovery, sebuah kapal yang pernah digunakan sang penjelajah, James Cook.
Hingga Juli 2005, Discovery telah mengadakan 31 penerbangan, menghabiskan 241,95 hari di angkasa, menyelesaikan 3.808 orbit dan terbang sejauh 158.859.429 km.
Discovery adalah pesawat ulang-alik yang meluncurkan Teleskop Hubble.
Dalam misi luar angkasa pertama NASA setelah meledaknya Columbia, STS-114, ditemukan bahwa sepotong busa untuk insulasi lepas dari pesawat saat peluncuran. Misi yang berlangsung dari 26 Juli 2005 tersebut berhasil diselesaikan pada 9 Agustus 2005, sehari terlambat dari jadwal. Setelah kejadian tersebut, NASA menunda seluruh peluncuran yang telah direncanakan hingga masalahnya dipecahkan.
Pada tanggal 4 Juli 2006, NASA tetap meluncurkan pesawat angkasa luar Discovery, meskipun sebelumnya timbul kekhawatiran karena munculnya gangguan teknis pada tubuh pesawat.
4.Pesawat ulang-alik Atlantis
Pesawat Ulang-alik Atlantis (Orbiter Vehicle Designation: OV-104) merupakan salah satu armada wahana antariksa yang dimiliki oleh NASA. Atlantis merupakan pesawat ulang-alik keempat yang dibuat. Menyusul hancurnya Challenger dan Columbia, Atlantis merupakan salah satu dari tiga pesawat ulang-alik yang beroperasi sepenuhnya yang tinggal di dalam armada itu. Dua lagi adalah Discovery dan Endeavour.
Sejarah Operasi
Atlantis telah membuat penerbangannya yang pertama dalam bulan Oktober 1985, melakukan aktivitas-aktivitas militer yang sulit, satu dari lima penerbangan yang sama. Dalam tahun 1989, Atlantis telah mengatur kedudukan dua kuar planet, Magellan dan Galileo, dan dalam tahun 1991, ia telah mengatur kedudukan Observatorium Sinar Gamma Compton.
5.Pesawat ulang-alik Endeavour
Endeavour (Orbiter Vehicle Designation: OV-105) merupakan salah satu dari tiga buah pesawat ulang-alik yang masih beroperasi di dalam armada NASA, badan luar angkasa Amerika Serikat. Dua pesawat luar angkasa yang lain adalah Discovery dan Atlantis. Endeavour dibuat untuk menggantikan Challenger yang telah musnah di dalam sebuah malapetaka pada tahun 1986. Endeavour merupakan pesawat luar angkasa kelima dan terakhir yang dibuat oleh NASA.
Spoiler for Nih gan VIDEONYA!:




Spoiler for ASTRONOT INDONESIA:

Inilah sejarah Astronot INDONESIA ALM.Pratiwi Sudarmono.

Spoiler for JANGAN!!:


0
2.2K
Kutip
7
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan