Inilah Perbedaan Utama Gula Kelapa (Gula Merah) dan Gula Aren

SELAMAT SIANG AGAN-AGAN PECINTA MANIS...
Lagi-lagi soal gula kelapa nih. sesuai judul, ane kasih quote-nya langsung deh.


Quote:Kita tahu bahwa gula aren berbeda dengan gula kelapa (sering disebut gula jawa atau gula merah) dalam hal :

1. Sumber niranya.
Gula kelapa dibuat dari nira pohon kelapa, sedangkan gula aren dibuat dari nira pohon aren.

2. Komposisi kimianya.
Komposisi gula sederhana dan gula komplek antara gula aren dan gula kelapa sangat berbeda. Juga kandungan zat gizi dan non gizinya sangat berbeda.

3. Sifat fisiknya.
Salah satu sifat fisik yang mencolok perbedaannya adaah warnanya. Gula aren lebih gelap dibandingkan gula kelapa. Apalagi gula aren yang berasal dari Banten, relatif lebih gelap dibandingkan gula kelapa. Hal ini terkait dengan proses pemanenan nira aren dan pengoahannya.

4. Sifat organoleptiknya.
Satu-satunya keunggulan dari gula aren jika dibandingkan dengan gula kelapa adalah aromanya. Aroma gula aren sangat khas keharumannya sehingga digunakan dalam pembuatan beberapa minuman khas daerah seperti bandrek dll. Juga digunakan sebagai
pemanis dalam pembuatan kopi. Namun dari sisi kesehatan, jauh lebih baik gula kelapa.

5. Glikemik indeks nya.
Glikemik indeks gula aren nilainya 70. Angka ini adalah 2x lebih besar dibandingkan nilai glikemik indeks gula kelapa yang niainya 35.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa glikemik indeks gula aren nialinya 35, tetapi setelah kami telusuri ternyata mereka salah mengutip dari gula kelapa. Hal ini dapat membahayakan kesehatan bagi pelaku diet, apalagi bagi penderita diabetes.


SUMBER

ALL ABOUT GULA, kesini:
Spoiler for Jangan dibuka kalo gak mau sehat!!! (klik salah satu):


KLIK GAMBAR DI BAWAH INI UNTUK NGASIH CENDOL
makasih sudah share informasinya
nice info gan....



nitip 'n kunjungi lapak ane y agan" ganteng 'n sista" cantik
Quote:
kaos distro OceanSeven #1
hadir dengan kualitas terbaik, desain keren, dan harga mumer
segera dapatkan kaos u disini
9gag series
All About kaskus series
All about NBA series
camera 'n pothography series
Football cartoon series
Football superstars series
Football Years series

I love My bike series
Keep calm series
K-pop lovers series
liga calcio & la liga series
National Geographic seris
Premier league series
Proud to be Muslim
All about Indonesia Raglan series
Rock legend series
Save our World series
T-shirt says series
Vespa series

ada update desain na juga lhoo...
kunjungi FansPage kami disini KLIK

Quote:Original Posted By kouken
makasih sudah share informasinya

sama2 gan.. -nya dunx..

Quote:Original Posted By elkafa
nice info gan....



sama2 gan..
ane pecinta manis gan ,,, info nya bagus
Quote:Original Posted By apexxxi
ane pecinta manis gan ,,, info nya bagus


kalo gitu, mampir juga ke trit gula ane yang lainnya gan..
perasaan gula merah ama gula aren gelapan gula merah deh..
Quote:Original Posted By krishonetho
perasaan gula merah ama gula aren gelapan gula merah deh..


masalah kebiasaan orang aja gan..
kalo ane lebih suka nyebutnya gula jawa.
Nice inpo gaan..Ngomong2 cendolnya segeerr banget tuh kelihatannya buat panas2 gini..

Quote:
Numpang Nitip lapak gan...

Bisnis online paling mantab, terbukti membayar membernya dan bukan scam. http://www.idsurvei.com/survei/gadisa

Salah satu testimonial member:

Alhamdulillah ... hanya dalam hitungan beberapa hari saja (tepatnya 6 hari) sejak ane join dengan idsurvei.com ... PO pertama masuk rekeningku dengan selamat, ayo yang lom gabung cepetan, ini bukan scam .. ane dah buktiin ... dan sekarang ane tinggal nunggu tanggal pencairan tuk PO ke-2.

Dede Muhsin Zauhari - Cimahi

KLIK DISINI INFO SELENGKAPNYA
Keren gan infonya...
sayangnya sekarang banyak yang gak jujur, gulanya gak padet tur bonusnya juga macem2 kadang ada mayat lebah, lalat bahkan cuilan batok
Quote:Original Posted By cantikasaputri
Nice inpo gaan..Ngomong2 cendolnya segeerr banget tuh kelihatannya buat panas2 gini..

makasih gan.. iya emang seger banget cendolnya..

Quote:Original Posted By PujanggaEdan
Keren gan infonya...

makasih gan..

Quote:Original Posted By TH3REDs
sayangnya sekarang banyak yang gak jujur, gulanya gak padet tur bonusnya juga macem2 kadang ada mayat lebah, lalat bahkan cuilan batok

makanya kita emang harus selektif juga gan..
gan..
bantu sundul, komen, , dan
kalo kandungan gizinya gula merah ama gula aren bagusan mana gan...?
bermanfaat gan trit nya,, es cendolnya mau dong
Gula kelapa dibuat dari nira pohon kelapa, sedangkan gula aren dibuat dari nira pohon aren.


.........jadi perbedaannya cuma hanya di nira nya aja,jadi yg manis itu nira nya ya gan?
lebih bagusan gula merah gan
nice infonya gannn, mantaappp
jadi pengen minum es nira gan, segerrrrr
Quote:Original Posted By TH3REDs
sayangnya sekarang banyak yang gak jujur, gulanya gak padet tur bonusnya juga macem2 kadang ada mayat lebah, lalat bahkan cuilan batok


kalo itu berarti anda belom beruntung gan...