Thumbs up Jokowi Gubernur Termiskin Di Dunia

Mohon Maaf kalo Repost Gan, hanya ingin sekedar Share

Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada DKI Jakarta telah dilaksanakan 20 September yang lalu. Dan hasil perhitungan cepat berbagai lembaga survei menyatakan Jokowi yang masih aktif menjabat sebagai walikota Solo adalah sebagai pemenang.

Jokowi - Mujica


Mungkin sudah banyak yang mengetahui kalau Jokowi mempunyai kebiasaan untuk tidak mengambil gajinya sebagai walikota. Dari berita yang ditulis di berbagai media massa mengatakan bahwa Jokowi juga berencana untuk tidak mengambil gajinya saat nanti resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Hal seperti ini sebenarnya juga dilakukan oleh seorang presiden dari Uruguay, José Mujica. Meskipun tidak sama persis seperti Jokowi yang tidak mengambil semua gajinya, Mujica mendapat julukan el presidente mas pobre atau presiden termiskin karena hanya mengambil 10% dari gajinya.

Mujica sendiri sesungguhnya dapat menikmati seluruh gajinya yang sebesar $12.500 setiap bulannya, namun dia memilih untuk mengambil hanya $1.250 atau 11,8 juta rupiah saja.

Antara Jokowi dan Mujica memiliki kesamaan, yaitu mengenai alasan mengapa mereka melakukan hal yang sama, tidak mau mengambil gaji mereka sebagai pejabat negara.

“Selama masih ada yang miskin, membutuhkan ya biar dipakai yang membutuhkan,” kata cagub yang diusung oleh PDI-P dan Gerindra itu, saat ditemui di di posko pemenangan pasangan Joko Widodo-Basuki T Purnama (Jokowi-Ahok), di Jalan Borobudur no 22, Menteng Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2012) malam.


Sementara itu, Mujica mengatakan hal yang kurang lebih sama.

“Saya cukup dengan jumlah itu. Saya harus mencukupkan diri dengan jumlah itu, karena banyak orang Uruguay yang hidup dengan lebih sedikit dari jumlah itu,” kata Mujica.


Selain itu keduanya juga memiliki kesamaan mengenai prestasi yang ditorehkannya selama menjabat di daerahnya masing-masing. Jokowi menjadi walikota kesayangan warga kota Solo karena berbagai macam prestasinya dan sanggup membuat kota Solo menjadi kota yang lebih baik. Dengan kata lain Solo mengalami masa kejayaan saat dipimpin oleh Jokowi. Pun demikian dengan Uruguay, banyak orang mengatakan Uruguay mengalami masa kejayaan selama dipimpin oleh Mujica.

Cukup

Tentu saja setiap orang dan setiap pejabat mempunyai pendapatnya masing-masing mengenai menyumbangkan gajinya untuk kepentingan sosial. Tidak ada unsur pemaksaan untuk melakukan hal yang sama seperti Jokowi dan Mujica. Karena masalah memberi atau tidak, semua tergantung kepada masing-masing pribadi untuk melakukannya. Toh seandainya mereka tetap mengambil gajinya juga tak mengapa dan sah-sah saja.

Tetapi disini Jokowi dan Mujica mampu memberikan contoh kepada masyarakat bahwa kedamaian dalam hidup dapat diperoleh salah satu caranya adalah dengan memberi kepada orang lain yang membutuhkan. Kedamaian hidup diperoleh karena didalam hati merasakan apa yang dinamakan dengan “cukup”.

Jokowi merasa sudah cukup dapat menafkahi anak istrinya dari usaha mebel dan tekstil, sementara Mujica merasa dari 10% gajinya sudah cukup untuk menafkahi istrinya.

Sesuatu yang bisa saya ambil dari kisah Jokowi dan Mujica adalah kata “cukup” tersebut. Karena dengan merasa cukup, hidup kita akan menjadi lebih tenang dan damai. Dengan merasa cukup manusia tidak lagi mudah diombang-ambingkan dengan sifat serakah yang sering menghinggapi perasaan manusia.

Dalam hal ini saya tidak mengagung-agungkan Jokowi dan Mujica sebagai manusia luar biasa, apalagi mendukung Jokowi di Pilkada kemarin. Karena saya sendiri bukan warga Solo atau Jakarta, apalagi Uruguay.

Dengan kesamaan Jokowi dan Mujica yang dijuluki dengan presiden termiskin karena mengambil hanya sebagian gaji dan menyumbangkannya, mungkin sah-sah saja bila Jokowi juga diberi julukan gubernur termiskin.

SumberInformasi


Komeng titipan dari kaskuser :

Quote:Original Posted By truesight
Sebenarnya dlm keuangan negara, kalau Gaji g diambil. Percuma juga, g bs diapa2in cm nimbrung di Pagu Alokasi Anggaran. Karena Pindah Mata Akun, jg mesti nunggu Revisi ke DPR. Mendingan G usah dialokasikan aj Gaji buat GUbernur DKI Jakarta, jadi bs dipakai untuk kegiatan lain.

Semoga JOKOWI bs membawa perubahan yg positif, g sprti si F***.



Quote:Original Posted By idhamdjuanda
gan, kalo pejabat2 kaya gitu smua, indonesia bisa makmur gan, taro dech, 50% pejabat, misalnya dr total anggaran gaji keselurusan pejabat yang ada di jakarta misalnya aja 10T trus 50%nya ingin gajinya di hanya di ambil 10% saja, brarti 5T x 10% = 500M sebulan gan BUAT GAJI PARA PEJABAT,,, trus 5T - 500M
BRARTI NEGARA AKAN ADA SUMBANGAN 4,5T BUAT KEMAKMURAN DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT GAN,,,


salut banget deh ama gubernur kita


Quote:Ingin TINGGI, Pilih yg ASLI aja gan

Quote:Original Posted By luigilea
salut banget deh ama gubernur kita


[/center]


Iyaaa gan, sangat jarang pemimpin seperti beliau ini.
Tapi ya gitu, orang baik gak bertahan lama di Indonesia kita.

Quote:Original Posted By rotikelapa
Iyaaa gan, sangat jarang pemimpin seperti beliau ini.
Tapi ya gitu, orang baik gak bertahan lama di Indonesia kita.

semoga ga seperti yg agan pikirkan
semoga kali ini RAKYAT lebih KOMPAK membantu kinerja Para Pejabat/Politikus yg Jujur terlebih KPK & JOKOWI mari kita dukung NYATA bkn hanya teori
berjihad BERSAMA demi NKRI
Quote:Original Posted By Mr.Tile

semoga ga seperti yg agan pikirkan
semoga kali ini RAKYAT lebih KOMPAK membantu kinerja Para Pejabat/Politikus yg Jujur terlebih KPK & JOKOWI mari kita dukung NYATA bkn hanya teori
berjihad BERSAMA demi NKRI


Mantaaaap gan..
Menuju Indonesia yang jauh lebih baik...
over posting terus

dapet pejwan gak nih?
Setiap orang kalau kita biasakan untuk memandang baik nya, mereka semua baik. Siapapun itu..
ke kantor aja naek sepeda om jokowi

salut ane sama om jokowi low profile banget
Alhamdulillah.. semoga beliau tetap konsisten diJakarta.
Gak sia2 perjuangan JB Kaskus 'menculik' Pak Jokowi kesini.

@Diablos: lw gak usah mewek yee...
nih 76 bonus es teh manis.
selamat pak!!

di propinsi dengan apbd terbesar se-Indonesia anda menjadi Gubernur termiskin... :
Quote:Original Posted By BingkuangBusuak
Setiap orang kalau kita biasakan untuk memandang baik nya, mereka semua baik. Siapapun itu..


Bener juga yaa gan..
Semoga saja..
hidup sederhana itu lebih baik apalagi kalau itu tidak hanya jadi topeng
Jokowi patut dikasih semangat gan......




Met pak!!

di propinsi dg apbd terbesar se-Indonesia anda menjdii Gubernur termiskin :
Quote:Original Posted By rotikelapa


Iyaaa gan, sangat jarang pemimpin seperti beliau ini.
Tapi ya gitu, orang baik gak bertahan lama di Indonesia kita.



memang sdh bnyak orang baik yg tersisih gan
tapi kita harus tetep optimis Bang Jo bisa beresin jakarta dan indonesia kelak







ga salah ane ama keluarga ane pilih beliau
betul gan harus kita dukung orang2 yg seperti itu,sama seperti pak dahlan
ane terharu gan
kapan semua pemimpin di indonesia bisa kek gini ya...

PEJWAN LUMAYAN GAN
semangaaat pakde.......
Semoga pak jokowi bisa sukses memimpin jakarta menjadi jauh lebih baik :thumpup: