KASKUS

[Mau Tanya] Apa Bacaan Niat Puasa Mutih?

Permisi para Sesepuh di Forum Supranatural

Disini ane cuma mau nanya aja, apa sih bacaan niat puasa mutih itu? dan gimana tata caranya melakukan puasa mutih ini? Ane rencananya mau ngelaksanain selama 3 hari.
Puasa mutih yang ane mau kerjakan ini bukan semata untuk nyari ilmu, tapi Ane mau ngerjain puasa ini Karena Allah.

Maaf sebelumnya kalo ngerepotin, dan Kalo ada salah salah kata.
kalo Sesepuh ada yang tau, tolong banget kasih tau ane ya..
Terimakasih,
Ribet amat gan.knapa ga senin kamis aja ?
Kalo mutih biasa buat ngelmu,minimal utk kepekaan batin.
niat ingsung poso mutih ing sedina sesok lillahi ta'ala..
Quote:Original Posted By almasy.noceng
kalo buat cari ngilmu niatin buat ngilmu apa mbah
tapi kalo lillahi ta'ala ya cukup nawaitu shauma sunnatan lillahi taala
Saya niat puasa sunnah karena Allah taala.
bahasa indo juga boleh


mantap nih pembabaran suhu

kalo bahasa ghaib bisa gak mbah
Quote:Original Posted By almasy.noceng
kalo buat cari ngilmu niatin buat ngilmu apa mbah
tapi kalo lillahi ta'ala ya cukup nawaitu shauma sunnatan lillahi taala
Saya niat puasa sunnah karena Allah taala.
bahasa indo juga boleh


Nah.. ini dia jawaban yang ane cari cari selama ini, makasih banyak mbah..

Cendol Sent Mbah..

Quote:Original Posted By FaizalIbrohim
Ribet amat gan.knapa ga senin kamis aja ?
Kalo mutih biasa buat ngelmu,minimal utk kepekaan batin.


Iya sih mbah
tapi ane mau tau juga puasa yang bisa dilakuin setiap minggu selain puasa senin kamis tuh apa aja, dan Semoga dengan puasa mutih ini kepekaan batin ane juga bisa semakin peka

Quote:Original Posted By wonglebay
niat ingsung poso mutih ing sedina sesok lillahi ta'ala..


Makasih banyak mbah atas jawabannya, InsyaAllah kalo ga lupa besok cendol langsung sent ke mbah

di islam ga ada istilah puasa mutih gan, ada juga puasa sunah, tapi ya sama seperti puasa biasa kecuali ga boleh dilakukan di hari jumat. puasa mutih itu kejawen. CMIIW
alhamdulillah kes klos
...........................edited.....................................
gk nyangka ini termasuk yg sensitip utk dibicarain di forsup.....sdh...komentar sy sebelumnya sdh sy hapus. tks masukannya.
Sebenernya apa sih manfaat dr puasa mutih itu? ada yg pny jawaban ga?
Di ISLAM gk ada puasa mutih.. pesantren yang mengatas namakan ISLAM ada puasa mutih patut dipertanyakan
Quote:Original Posted By c4h.g4nteng
Sebenernya apa sih manfaat dr puasa mutih itu? ada yg pny jawaban ga?


sorry ne gan, kayaknya sii kalo manfaat sendiri hanya buat ngambil ilmu (buat yang kejawen) namun lebih baik sii di hindarkan karena emang ga ada hubungannya sama agama islam sendiri...

gan emang kalo kita puasa mutih bisa kenyang yah? secara cuma mamam nasi kan?
Quote:Original Posted By arief58
Di ISLAM gk ada puasa mutih.. pesantren yang mengatas namakan ISLAM ada puasa mutih patut dipertanyakan


setubuhhh gan,... kejawen total, nnti syareat baru, ada kemungkinan islamnya bukan yang di ajarkan rasulullah..
klo niat semata" karna allah puasa senin kamis aja gan..
puasa mutih itu biasanya buat ngilmu, islam juga gak ada istilah puasa mutih tuh biasa nya kejawen
puasa mutih gak ada gan dalam Islam....
lebih baik ngelakuin puasa sunnah spt yg dilakukan para nabi dahulu
---- puasa senin-kemis / puasa selang seling, puasa rajab dll
kalo niatnya lilahitala mah ngapain puasa mutih...

puasa 20 hari aja sebulan >> Puasa Nabi Daud + Puasa Senin-Kamis + Puasa yaumil bidh (Puasa tengah bulan tgl 13,14,15 tiap bulannya) itung aja jatohnya 20 hari dalam satu bulan (bulannya bulan hijriah)..
kalo emang pengen puasa karna Allah, kenapa gak puasa yg jelas2 ada syariatnya gan? pahala malah lebih gede.
kalo mutih itu puasa untuk tertentu kaya nyari ilmu..
puasa mutih....biasa buat klo yg kejawen...tp tergntung kejawennya...ada juga yg cara jawa puasa itu dilarang....krn memaksakan kehendak mnusia lewat puasa....klo mau minta sesuatu ya berdoa saja yg bener2 jujur....dr hati....
ini kan forsup....nah klo agan ngomng mau dngan cara islam...gk da puasa mutih.....klo cr kejawen ya ngomngnya atas nama gusti ingkang moho suci....podo wae...cm cara ibadah mnusia kan beda2....
klo agan kristen ya beda lg toh....

berdoa dengan bahasa apapun gan...niat dengan bahasa apapun....asal dr hati....jd ibadah dngan cr apapun asal dr hati agan yg tulus....tuhan tau segala macam bahasa

back to basic

Sebelum adanya agama, Para Nabi atau orang suci pada zaman dulu sudah menjalani puasa

Puasa pun ada berbagai macam seperti yang sudah diketahui banyak orang namun ada yang tertulis & ada juga yang tidak tertulis

semua itu tergantung hati, karena Allah melihat hati manusia....
setiap orang punya puasa yang berbeda-beda karena hari lahir setiap orang pun berbeda-beda

Puasa yang sering saya jalani puasa 7 kali di hari kelahiran
Misalnya lahir di hari Rabu, maka puasa hanya seminggu sekali selama 7 kali Rabu berturut-turut ( tidak boleh boleh bolong, kecuali bagi wanita)

Isi Doanya pun benar-benar 100% kepasrahan

Semoga membantu,,,
l
mana ada niatan puasa mutih, secara Islam puasa mutih itu gak ada, itu puasanya orang Indonesia asli, gak ada sunahnya itu mutih, jgn asal
puasa mutih ya silahkan, gak ada niatnya