KASKUS

Untuk Hama walang sangit pestisida yang manjur dengan bahan aktif apa?sejenis fastac,sidamentrin tak lagi manjuro

baru nemu ni trit

pmisi agan2
butuh saran ni ttg kesehatan pohon mangga apel ane

berikut picnya

Spoiler for pohonnya:


Spoiler for daun1:


Spoiler for daun2:


Spoiler for buah:


yg ane tanya :

1. itu daun2nya putih2 & hitam2 kena apa ya ? gmn cara sembuhinya ?
2. batu2 kerikil dibawah pohon itu menganggu kesuburan tanah & kesehatan pohon ga ?
3. langkah2 apa yg perlu ane lakukan spy pohon mangga ane sehat,hijau & buahnya banyak & gede2 ?

sblumnya tx agan2
Quote:Original Posted By calmday_onefive
pmisi agan2
butuh saran ni ttg kesehatan pohon mangga apel ane

berikut picnya

Spoiler for pohonnya:


Spoiler for daun1:


Spoiler for daun2:


Spoiler for buah:


yg ane tanya :

1. itu daun2nya putih2 & hitam2 kena apa ya ? gmn cara sembuhinya ?
2. batu2 kerikil dibawah pohon itu menganggu kesuburan tanah & kesehatan pohon ga ?
3. langkah2 apa yg perlu ane lakukan spy pohon mangga ane sehat,hijau & buahnya banyak & gede2 ?

sblumnya tx agan2


Penyakit daun putih:
- Kutu Daun. Hama kutu daun biasanya menyerang tanaman dengan cara bergerombol dan mengisap cairan tanaman. Hama ini bersimbiosis dengan semut. Karena cairan madu yang dikeluarkan kutu daun sangat disenangi semut terutama semut rangrang atau semut hitam. Selain itu embun jelaga juga menyenangi cairan madu yang dikeluarkan kutu daun. Embun jelaga sebenarnya tidak merusak tanaman namun karena keberadaannya dapat menghalangi proses fotosintesis. Embun jelaga membuat daun atau ranting pohon menjadi hitam keabu-abuan. Selain itu kutu daun dapat menjadi vektor bagi virus yang membahayakan tanaman. Untuk itu pengendaliannya adalah dengan terlebih dahulu mengendalikan semut hitam dan semut rangrang. Dapat dilakukan pengasapan atau pembakaran sarang semut atau dengan menyemprotkan insektisida seperti Sevin 85 S, Bayrusil 25 EC, atau Matador 25 EC.

Bercak daun ada 3 sebab:

- Antraknosa. Penyakit ini disebabkan jamur Colletotrichum gloesporioider (Penz.) Sacc. Dianggap sebagai penyakit yang sering menyerang dan penting untuk di basmi. Penyakit ini menyerang daun muda, batang, bunga dan buah. Gejalanya pada daun berupa bercak tidak teratur, coklat keabuan dan ukurannya tidak klebih dari 5 mm, namun jika sudah banyak, bercak itu akan mengumpul dan menjadi bercak besar dan akhirnya akan membentuk lubang dan daun akan kering kemudian gugur. Gejala pada batang muda berupa bercak coklat keabuan, bisa membesar membentuk gelang melingkar batang, dan akhirnya membuat mati bagian yang terserang. Pada bunga akan terlihat bintik bintik kecil dan merontokkan bunga. Sedangkan pada buah terlihat bercak hitam pada kulit dan jika bercak banyak akan membuat daging buah dibawahnya menjadi busuk. Pengendalian dengan cara menghindari penanaman mangga saat curah hujan tinggi, memangkas dan menusnahkan bagian yang terserang, menjaga kelembaban kebun dengan pemangkasan rutin, pengelolaan air tepat dan mengatur sistem drainase kebun. Pencegahan dengna kimiawi dapat menggunakan Antracol 70 WP, Dithane M45 dan Benlate.

- Bercak Daun Stigmina. Penyakit ini disebabkan jamur Stigmina mangiferae (koord.)Ell. Gejalanya berupa bercak kecil bulat atau bersudut , hitam kecoklatan dan dikelilingi lingkaran klorotis yang jelas jika dilihat dari cahaya yang menembus daun. Biasanya penyakit ini ada pada saat tanaman membentuk daun muda. Pengendaliannya menjaga kelembapan sekitar tanaman, memangkas dan memusnahkan bagian yang terserang, pengelolaan air yang tepat atau menggunakan fungisida Benlate, Topsin M 70 WP dan Derosal 500/60 WP.

- Bercak Daun Kelabu. Penyakit ini disebabkan jamur Pestalotiopsis mangiferae (Henn.)Stey. Gejalanya pada daun muda berupa bercak putih keabuan, dapat membentuk bercak yang besar dan dibatasi tepiannya dengan warna gelap.akhirnya nanti daun akan berlubang dan gugur. Namun pengendalian khusus tidak perlu dilakukan karena tidak terlalu merugikan dan biasanya akan hilang bersamaan dengan kita membasmi penyakit lainnya.

Masalah kerikil

Sebenarnya masalah kerikil tidak terlalu merugikan, hanya saja lebih baik kerikil itu disingkirkan. Karena pohon mangga memiliki akar tunggal jangan terlalu extra juga untuk menggemburkan tanah tersebut.

AtheisBoy


Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia)


Letakan beberapa mengkudu matang di tempat yang sering didatangi tikus.
Seperti gudang, dapur dekat saluran air atau got dll.

Buah Bintaro (Cerbera Manghas)


Cara untuk mengusir tikus sama halnya dengan buah mengkudu.
Bisa disimpan ditempat datangnya tikus dan apabila memakannya tikuspun akan mati.
Namun hati-hati hampir semua tanaman ini mengandung racun carberin.
Tapi tanaman ini lebih sering untuk penghijauan karena bisa menyerap karbondiksida.

Daun Sirsak (Annona Muricata)


Letakan beberapa lembar daun sirsak segar di tempat ang sering dilewati tikus.
Tikus pun tidak akan datang, karena tikus tidak suka dengan bau daun sirsak.

Grin Saran

Daripada mengatasi dengan bahan kimia (pestisida,dll) mendingan make cara alami lebih aman untuh tumbuhan,lingkungan,pengkonsumsi sendiri , btw post nya panjang gan
Help....sy lagi asyik tanam sayur di pot...eh sawi yg berumur 2 minggu kena penyakit daun ;
[img][/img]
[img][/img]

Plz dibantu cara menanggulanginya..
Info ttg thrips nya mantab skl
Khususnya bg sy yg hobby memelihara nepenthes.

Jika bs, mohon dishare lebih lanjut ttg IATP tsb.
Ato jika sdh pernah di share, minta linknya ya
Mengingat nepenthes agak sensitif dgn obat2x kimia

Thanks before
salam kenal para mastah tanaman di sini.. ane nubi mohon bantuan..
mawar jambe ane sepertinya terkena hama.. di daunnya mulai muncul bercak2 putih dan kuning..
sempat ane nemuin di salah satu daunnya putih2 lebih besar dibanding yang lain, seperti kapas yg menempel.. ane potong lalu ane buang..
setelah saya balik daun yg lain, ternyata ada beberapa lagi di sana...
apakah ini termasuk hama?
bagaimana cara membasminya?
ada yg bilang diberi deterjen, amankah? bagaimana caranya?
mohon bantuannya.. ini mawar jambe ane satu2nya..
misi suhu dan master2 disini,

ane nanem pohon durian montong, tinggi kira2 udah 1,5meter,

belakangan ini daun pada lemes lunglai gitu dan pada rontok.

kira2 kenapa ya gan?

mohon pencerahannya dari sesepuh disini

thx
Thanks infonyaaa gannn

ask

kutu daun ama kutul kebul sama ga om??
klo beda cara pengendaliannya gimana, pake musuh alami atau dgn isektisida
makasih
nice trit nih
ikutan share ya...hati2 agan2 untuk tanaman sayuran atau buah2an yang mau di tangkarkan kalo sudah terkena THRIPS saya sarankan untuk tidak di tanam kembali calon bibitnya,,karena tanaman sayuran/buah2an jika sudah terkena THRIPS sudah dipastikan itu tanaman kena virus

ana juga gan kalo tanam kentang udah terkena THRIPS ana basmi pake obat 5 jari aka ana cabut semua berikut umbinya..

ana sarankan untuk THRIPS kalo bisa mencegah jangan mengobati

ana newbie gan kalo ada kekurangan mohon di kritik
gan mau tanya
kan kalo di area pepohonan / taman itu kadang suka ada kayak macam nyamuk kecil yg suka terbang bergerumul saling memutar
itu namanya apa seh
dan cara basmi nya gmn ya , itu termasuk hama bukan?
mohon bantuan di tanaman pepaya ane ada hama semacam kutu warna putih banyak beud.... bisa terbang2. dia jg nempel di daun jambu biji ane gan....

udah ane siram air ngalir masih aja dateng gan.

mohon bantuan dikasih apa ya???

akibatnya: daun pepaya ane pd kriting ga mau lebar2.

satu lagi hama kambing gan... gimana ngatasinya?

thengs
Quote:Original Posted By joyco
misi suhu dan master2 disini,

ane nanem pohon durian montong, tinggi kira2 udah 1,5meter,

belakangan ini daun pada lemes lunglai gitu dan pada rontok.

kira2 kenapa ya gan?

mohon pencerahannya dari sesepuh disini

thx



kebanyakan pupuk kali gan???? tempat ane jg gitu kmrn kirain dikasih pupuk banyak2 makin subur eee taunya kepanasan
Quote:Original Posted By tinggikurus
mohon bantuan di tanaman pepaya ane ada hama semacam kutu warna putih banyak beud.... bisa terbang2. dia jg nempel di daun jambu biji ane gan....

udah ane siram air ngalir masih aja dateng gan.

mohon bantuan dikasih apa ya???

akibatnya: daun pepaya ane pd kriting ga mau lebar2.

satu lagi hama kambing gan... gimana ngatasinya?

thengs


untuk kutu putih banyak yang pake larutan sabun cair om
disemprot ke daun yang kena hama
gan ane mo nanya ngatasin siput kebun ato bekicot gimana ?

catetan gan tanpa pake pestisida ato moluskisida yah. Thx
Quote:Original Posted By oninita4156
salam kenal para mastah tanaman di sini.. ane nubi mohon bantuan..
mawar jambe ane sepertinya terkena hama.. di daunnya mulai muncul bercak2 putih dan kuning..
sempat ane nemuin di salah satu daunnya putih2 lebih besar dibanding yang lain, seperti kapas yg menempel.. ane potong lalu ane buang..
setelah saya balik daun yg lain, ternyata ada beberapa lagi di sana...
apakah ini termasuk hama?
bagaimana cara membasminya?
ada yg bilang diberi deterjen, amankah? bagaimana caranya?
mohon bantuannya.. ini mawar jambe ane satu2nya..


kalo sampe nempel didaunnya keknya penyakit deh gan . . . biasanya sih jamur dari deksripsi yang ente bilang (seperti kapas yang menempel).

kalo hama ya bisa jadi kutu . . . nanganinnya pake larutan detergen semprot aja yang rajin

coba gan kalo ada fotonya disini akan sangat membantu

Quote:Original Posted By AntuSuprik
gan ane mo nanya ngatasin siput kebun ato bekicot gimana ?

catetan gan tanpa pake pestisida ato moluskisida yah. Thx


susah om kalo ngak pake obat,
soalnya saya pernah ngalamin, dibuangin bekicot tetep aja banyak
karena beranaknya cepat sekali

akhirnya saya taburin fur*d*n di sekitar bekicot ngumpul,
hasilnya ampuh

note : taburinnya dikit aja, obat keras
Quote:Original Posted By hoshiken
untuk kutu putih banyak yang pake larutan sabun cair om
disemprot ke daun yang kena hama

sabun mandi apa sabun cuci om??

daunnya jd gini ne om


kriting ta menentu