KASKUS

Unhappy Malaysia Minta Izin Mau Klaim Songket Palembang (Malaysia Lagi Berulah)



Utusan Negara Bagian Selangor, Malaysia, yang berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan, Rabu, 19 September 2012, menyampaikan keinginan mereka menjadikan produk kain songket motif telepuk sebagai pakaian resmi di negeri mereka.

Pengurus Peribadatan Adat Melayu dan Warisan Negeri Selangor, Shafie Abubakar, di Palembang, mengatakan, mereka sudah enam tahun meneliti asal motif kain songket telepuk dan hiasan kelingkan yang ternyata asli dari Palembang.

"Kami sudah cukup lama meneliti, termasuk berkunjung ke sejumlah daerah di Riau. Ternyata songket motif telepuk dan kelingkan asli dari Kota Palembang," katanya.

Negara Bagian Selangor selama ini ingin menjadikan kain yang bermotif telepuk dan berhiaskan kelingkan itu menjadi busana resmi Negeri Selangor. Namun, sebagai langkah awal, mereka akan melakukan pendekatan kepada pemilik asli motif itu, yaitu pengrajin Palembang, melalui pemerintah kota setempat.

Ia berharap bisa segera melakukan kesepakatan bersama antara Negara Bagian Selangor dan Pemerintah Kota Palembang agar diperkenankan menjadikan kain bermotif telepuk dan berhiaskan kelingkan itu menjadi busana resmi Negeri Jiran.

Menurut Shafie, setelah diizinkan, mereka akan membuat duplikat motif tersebut untuk dikenakan sebagai pakaian resmi Negeri Selangor.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang, Thabrani, menjelaskan, perlu proses untuk menentukan apakah Negeri Selangor diizinkan menggunakan motif dan hiasan tersebut menjadi pakaian resmi mereka.

Koordinasi antar-instansi terkait tentunya harus segera mereka lakukan untuk menentukan sikap apakah keinginan utusan negeri tersebut bisa direalisasikan. Namun, ia menambahkan, dalam waktu dekat, mereka akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk memastikan apakah motif tersebut telah dipatenkan atau belum.

Jika belum dipatenkan, harus terlebih dahulu dilakukan koordinasi agar jelas hak atas kekayaan intelektual sehingga tidak bisa langsung mengizinkan keinginan pejabat Negeri Selangor itu.

Motif telepuk adalah salah satu dari puluhan motif songket warisan Kesultanan Palembang Darussalam, yang berbentuk bunga khas. Sedangkan kerajinannya juga berupa bunga berbahan perak yang sering digunakan sebagai hiasan kain.

Komentar dan Harapan : Mau ijin kek, mau klaim, got o he l mal!!!

Sumber : LINK
dah dibilangin ama pak KArno , ini mungkin wasiat yg harus dijalankan elemen negara!!!

GANYAM MALAYISA
Astaga emang gk ada pakaian lain apa disana ?
Quote:Original Posted By YoDawg
Astaga emang gk ada pakaian lain apa disana ?


gk ada kebudayaan mksudnya kalik
dr bendera, lagu kebangsaan sampe pkaian resmi nyomot dr kbudayaan org...
mungkin malah bagus buat kelestarian songket palembang, dari pada di negeri sendiri mungkin kurang diurus....

ini hanya asumsi koq....
________________
in jadi ingat si bibit kemaren yang berkata jaran kepang kampungan dan jelek

banyak yg kagak peduli sama budaya sendiri kalau udah muncul beginian pasti pd ribut
kenapa sih terus-terusan mengambil kebudayaan Indonesia... gak ada negara lain yang bisa diambil kebudayaannya ya?
Quote:Original Posted By Noenks
kenapa sih terus-terusan mengambil kebudayaan Indonesia... gak ada negara lain yang bisa diambil kebudayaannya ya?


malaysia mungkinsalah tafsiran akan "saudara serumpun".... atau kita dianggap negara lemah!!!
Quote:Original Posted By YoDawg
Astaga emang gk ada pakaian lain apa disana ?


sepengetahuan ane kagak ada budaya dr malaysia, yg gw kenal upin ipin doang
malysingshet terus!!!

kemarin keris dikasih ke pangeran william



Pangeran William dan Kate dapat keris dan batik di Malaysia

http://www.merdeka.com/dunia/pangera...-malaysia.html


- WAK CARIK ijin gabung, geser dan kasih tempat ya -
ijin dong mau klaim menara petronas
boleh ya
enak bener lu main ijin2 klaim punya negara lain
Quote:Original Posted By Noenks
kenapa sih terus-terusan mengambil kebudayaan Indonesia... gak ada negara lain yang bisa diambil kebudayaannya ya?


kebudayaan indonesia hampir mirip sama kebudayaan malaysia ( melayu )

klo bisa mah kita pinjamin tuh songket palembang tapi negara malaysia nya buat INDONESIA
Yah orang indo mah, kalo ga ada yang ngeklaim dicuekin aja ga dipelihara, giliran orang lain liat potensinya baru kebakaran jenggot..
Tumben Malaysia sekarang pakai minta izin. Biasanya langsung klaim. Sudah mulai sopan tuh Malaysia. Kayaknya mulai takut tuh

Cara Mudah Cari Uang Di Internet
what the fuck?

ini negara mending di aneksasi aja dah

Ni negara kok gak pernah punya inisiatif menciptakan sesuatu yang berguna sih? sukanya maen comot sana sini. Budaya orang aja diambil

Mau izin kek, mau bilang dulu kek tetep aje kagak kreatif
hadech, parah2 gimana neh, semuua kok di akui
masih aja nih berebut pengakuan barang
Quote:Original Posted By ZaidSeptember
Tumben Malaysia sekarang pakai minta izin. Biasanya langsung klaim. Sudah mulai sopan tuh Malaysia. Kayaknya mulai takut tuh

Cara Mudah Cari Uang Di Internet


mungkin gara2 kri klewang sm super tucano en rencana leopard kalik, jd agak ciut nyalinya
Awal2 ijin pakai, lama2 bakal di kalim tuh.......



Makin kelitan klo malay gak punya budaya sendiri, pake acara mu pake baju tradisional dr budaya indo....

×