KASKUS

Berapa Harga/Nilai jual Kendaraan Anda?

Kondisi Barang : -
Harga : Rp. 0
Lokasi Seller :
Kendaraan Bekas/Used Car..atau Kendaraan Kesayangan Anda,Punya Nilai Jual tentu saja.
Bagaimana cara menilainya?

Nilai suatu kendaraan ditentukan oleh:
a)Citra Merk Dagang
b)Depresiasi(penyusutan/penurunan kemampuan barang bergerak)
c)Pajak & Bea Masuk On The Road(OTR)
d)Konsumsi BBM(isi silinder)
e)Warna Kendaraan
f)Populasi Peminat
g)Sparepart/suku cadang
h)Atas Nama PT
i)Rekondisi
j)Kilometer

***Mari kita bahas satu persatu ***

A.Merk
-)Merk yg paling diminati adalah merk mobil Jepang,beberapa jenis kendaraan ini punya nilai jual yg lumayan fast moving,sangat diminati oleh para pedagang mobil bekas. Konsumen Indonesia punya karakter, ketika sebuah merek dikenal memiliki harga jual kembali jatuh, maka mereka enggan membelinya. Hal ini tidak mungkin bisa dipungkiri, karena masyarakatlah yg membuat image pasar tersebut. Hukum pasar (supply barang besar > permintaan sedikit, maka Harga menjadi Rendah) (supply barang sedikit < permintaan tinggi, maka Harga menjadi stabil).

B.Depresiasi
-)Mungkin beberapa orang belum awam dengan Depresiasi/ lebih dikenal dengan Penyusutan yg terjadi kepada barang bergerak, dihitung dalam jangka waktu minimal 1th. Untuk Depresiasi masih bisa dibagi menjadi 2 golongan, Merk & Kelas kendaraan. Beberapa Merk mobil Jepang punya nilai Depresiasi antara 10%-15% per/thn, namun untuk Merk mobil Eropa punya nilai Depresiasi antara 25%-30% bahkan ada beberapa merk yg punya nilai Depresiasi sampai 50%. Depresiasi bisa dilihat dari permintaan pasar dan kelas kendaraan. Untuk kelas mobil premium diatas 2.0 CC punya nilai depresiasi tinggi per/thnnya. Atau mobil dengan harga sparepart yg selangit punya nilai depresiasi tidak terbatas.

C.Pajak & Bea Masuk On The Road(OTR)
-)Sering kali orang kaget ketika ia membeli mobil harga 150juta,belum berjalan 100km,dengan masa pakai hanya 1 atau 2 hari,ketika ia ingin menjualnya harga jual hanya 110juta, mengapa bisa begitu? Coba anda cek pada faktur kendaraan anda , berapa harga kendaraan tertera pada faktur dengan nilai Off The Roadnya, pasti tidak sampai 150juta, hanya tertera 120juta, wajar saja ketika calon pembeli menawar dan menyebutkan harga 110juta,di karenakan nilai mobil anda tidak dihitung Pajak & Bea Masuk yg harus anda Bayarkan awal mula anda membeli kendaraan tersebut.

D.Konsumsi BBM(isi silinder)
-)Untuk kendaraan dengan isi silinder 2.0CC biasanya terkena dampak minimnya permintaan pasar. Ya sebut saja BOROS. Beberapa mobil dengan teknologi injeksi/EURO, mempunyai nilai permintaan yg cukup besar walaupun dengan isi silinder 2.0CC. Bahkan para pedagang mobil enggan membeli atau menyimpan stok jenis kendaraan yg terhitung boros, dikarenakan akan sulit sekali menjualnya, walaupun si penjual menawarkan harga Murah.

E.Warna Kendaraan
-)Warna adalah selera. Bagus atau tidak terserah anda menilainya. Namun Pasar yg menentukan bagus atau tidaknya warna yg diminati. Untuk kelas mobil city car,warna tidak begitu mempengaruhi pengurangan Nilai Jual kendaraan. Tapi untuk kendaraan kelas Premium(kelas < 200jutaan) warna Hitam satu satunya warna yg punya nilai jual stabil. Wajar saja ketika kendaraan anda dinilai jauh dari perkiraan anda, karena kendaraan anda punya warna yg kurang diminati pasar.

F.Populasi Peminat
-)Kendaraan dapat di produksi dengan ribuan bahkan jutaan unit, tergantung dari kebijakan produsen. Untuk permintaan besar, produsen berani memproduksi jutaan unit lagi. Tapi efeknya terkadang menjadi negatif, yaitu efek Diskon Besar Besaran ketika produsen kembali memproduksi jenis yang sama dalam waktu yg berbeda. Ini mempengaruhi harga jual kembali kendaraan anda yg akan menjadi semakin turun dan semakin turun drastis, dari perkiraan anda.

G.Sparepart/suku cadang
-)Beberapa kendaraan memiliki stok sparepart yg begitu sulit didapat di pasaran. Entah mengapa, semua tergantung dari kebijakan produsen. Namun kendala ini sangat mempengaruhi nilai jual kembali kendaraan anda. Siapa yg berminat beli kendaraan dengan sparepart yg sulit didapat?

H.Atas Nama PT(Perusahaan)
-)Mungkin anda pernah memiliki kendaraan dengan mengatas namakan PT(perusahaan anda), bisa dibilang "Jatah Kantor". Harga jual kembali kendaraan anda akan berada di bawah harga Normal Pasar sekitar dibawah 10juta. Umumnya pembeli malas dengan mobil PT karena mereka punya asumsi kelengkapan dokumen apa saja yg mereka tidak mengerti, atau dengan asumsi mobil dipakai "rame rame"/mobil operasional.

I.Rekondisi/Perbaikan
-)Biasanya orang awan memukul rata harga jual kendaraan mereka dengan harga pasaran. Ini Tidak Benar! Kendaraan siap jual dengan '0' nilai rekondisi/perbaikan boleh dijual dengan harga normal, namun untuk kendaraan yg butuh beberapa rekondisi, pasti memiliki nilai jual dibawah normal. Rekondisi dilihat dari panel body kendaraan,interior,kondisi ban minimal 70%.

J.Kilometer
-)Kendaraan dengan kilometer rendah memiliki nilai jual normal, bukan Tinggi ! tapi Normal, khususnya kendaraan Matic(AT) wajib memiliki angka kilometer rendah, maksimal 8000Km/tahun. Karena dikhawatirkan kondisi perbaikan Maticnya yg wajib diperhatikan. Untuk kendaraan Manual(MT) wajib maksimal 10.000km/tahun. Untuk kendaraan kelas premium(diatas 200jutaan) wajib 3000km/tahun. Wajar ketika pembeli menafsir harga jual kendaraan anda dengan kilometer Tinggi dengan Harga SUKA SUKA. Karena resiko besar yg harus pembeli tanggung.

nb: Harga Jual di Internet bukan Harga Patokan sebenarnya,Harga berubah ubah tergantung permintaan Pasar,diskon mobil baru,indent kendaraan baru,besarnya pajak yg harus dibayarkan,masa berlaku pajak STNK minimal 5 bulan.


***Dikutip dari Pengalaman & Kenyataan di lapangan,semoga bermanfaat***

**Untuk Informasi Harga Beli Kendaraan Anda silahkan hubungi 085755644048**