KASKUS

Perjalanan Jakarta-Mt.Rinjani-Bali Bulan Juli 2012

Permisi Agan-agan yang budiman semua

Saya mau sedikit menulis perjalanan kemarin tanggal 11 Juli ke Mt.Rinjani

Semoga berkenan membaca sedikit cerita saya

Langsung aja deh yak :

Berawal dari keinginan setahun lalu ,pergi ke Rinjani walaupun cuman ber 2 ,niat mau brangkat bareng pendakian masal ,tapi karena waktu temen ane kepake buat revisi sidang TA ,akhirnya diundur deh jadi tanggal 11 Juli 2012 ,ditambah 2 orang temen saya lagi ,total jadi 4 orang .


04 Juli 2012

Ngantri tiket di St.Senen Jakarta ,Beli tiket Kutojaya Utara tujuan Kutoarjo ,karena yang ke Jogja/Surabaya sudah Sold Out .Sekalian juga beli tiket Sri Tanjung dari Lempuyangan-Banyuwangi PP ,sama tiket kereta Gaya Baru Malam Selatan .

11 Juli 2012

Bangun pagi2 banget ,brangkat dari kostan(depok)jam 04.45 pagi ,naik kereta KRL dari Pondok Cina Jam 05.00 ,sampai di Tanah Abang Jam 06.15 .Ternyata kereta Kutojaya sudah menunggu di Peron sebelah .

Langsung masukin barang2 kedalam kereta ,cari tempat duduk yang nyaman dan sesuai tiket

Jam 07.45 kereta pun melaju ,dengan penumpang yang lumayan rame ,jadi suasana kereta menjadi panas ,ditambah lagi perjalanan pada siang hari .

Kereta Pun tiba di St.Kutoarjo jam 03.00 ,ngaret sekitar 1 jam dari yang dijadwalkan ,dan ahirnya ketinggalan kereta Pramex ke Jogja ,dan harus menunggu kereta berikutnya jam 05.00 Sore .

Spoiler for judul:


Sambil menunggu kereta jam 05.00 ,kami mencari makan dulu sama pom bensin buat beres2 sama Sholat ,makan di masakan Padang dengan lauk Kikil + Sayur + Air Putih + nasi =12rb ,kenyang dah perut .

Balik ke St.kutoarjo ,sekitar 1/2 jam menunggu akhirnya kereta pun tiba ,langsung cabut masuk kedalam kereta dan cari tempat duduk .

Spoiler for judul:


Kereta Pramex sampai di St.Lempuyangan jam 07.15 ,langsung kontek temen yang mau minjemin nesting ,selanjutnya jalan2 di Jogja sambil bawa2 keril kaya orang sarap , ,dan akhirnya menginap di Stasiun karena kereta Sri Tanjung berangkat besok pagi .

12 Juli 2012
Bangun Pgi2 ,Lari ke Musholah ,sholat ,MCK ,dll ,Kereta Sri Tanjung Brangkat Jam 07.30 Pagi ,,,,Selama di Perjalanan ,banyak kenalan sama backpeker yang lain ,ada yang mau ke Baluran ,Gili Trawangan ,dll .

Spoiler for wajah bete di kereta:


Spoiler for Tanggul Lapindo:


Spoiler for Rumah Hancur Akibat Lumpur:


Sekitar Jam 09.00 kereta pun tiba di Stasiun Banyuwangi Baru ,ngobrol2 sama orang asli Lombok sebelum melanjutkan perjalanan ke pelabuhan ,dan dikasih pencerahan tentang akses kesana ,thanks kawan .

Sebelum masuk Pelabuhan ,beli makan dulu dengan harga 6000 udah pake ayam , ,mampir di Masjid buat Sholat yang jaraknya deket sama Pelabuhan .

Semua udah beres ,cuman hanya sendok ,piring ,victo ,gelas ,garpu yang memang kaga bawa dari rumah ,kacau

Spoiler for Pelabuhan Ketapang:


Spoiler for judul:


Sekitar jam 23.00 kapal melaju menuju Bali ,jam 01.00 kapal merapat di gilimnuk Bali (waktu maju 1 jam)

13 Juli 2012

Keluar pelabuhan ,periksa KTP ,langsung menuju terminal disebelah kiri kira2 200m dari pelabuhan ,ternyata sudah ada bus yang menunggu dengan tujuan Padang Bai ,Bus AC dngan tarif 40rb .selama perjalanan tidur gan ,cape soalnya

Tiba di Padang Bai sekitar Jam 06.30 pagi ,baru masuk pelabuhan ,tapi langsung di serbu sama para calo ,nawarin angkutan bus AC dengan tarif 25rb sampai Lembar ato 50rb sampai mataram ,emang lebih irit sih ,okelah sikat langsung .

Spoiler for Di kapal:


Spoiler for Di kapal:


Spoiler for di kapal dengan teman baru:


Spoiler for :


Spoiler for judul:


Setelah Pejalanan 5 jam di Kapal ,akhirnya kapal pun merapat di pelabuhan Lembar ,langsung naik Bus ,dan melanjutkan perjalanan ke Mataram .

Spoiler for Saat sampai di Lombok:


Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Di lembar Kami berpisah sama 2 orang sahabat baru ,mereka mau ke Gili Trawangan ,sedangkan Kami mau Ke Rinjani ,sampai jumpa Kawan ,Sampai Ketemu di Bali yak .

Sampai Di Mataram ,langsung banyak banget angkot yang menyerbu ,tapi untungnya ,ada teman baru kami yang orang asli Lombok ,langsung di Nego sama do'i ,akhirnya dapet fix harga 30rb diantar sampai Pos Sembalu ,teman baru kami mau mampir kerumahnya dulu ,besok mereka baru ke Rinjani ,oke kawan kami duluan ,thanks banget yak .

Sampai di Masbagik ,akhirnya kami dioper ke pick up sama sopir elf nya ,mana nambah 5rb lagi/orang ,tapi gag papa ,karena kami memang belum punya logistik ,karena kalo sudah sampai Sembalun agak susah mencari Logistik .

Spoiler for Perjalanan Ke Sembalun:


Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Sampai Di Sembalun Sore ,Jam 17.00 ,Sebelum nya daftar pendakian dulu ,10rb per orang ,lanjut lagi diantar samapai Jalur Pendakian

Karena waktu sudah mulai larut ,diputusin besok pagi baru mulai melanjutkan perjalanan ,akhirnya mencari bantuan sama warga sekitar buat numpang dirumahnya malam ini,

Untuk mencari makan ,bisa di warung Jawa ,buka 24 jam ,denga harga 8-10 rb pake ayam dll .

14 Juli 2012
Sekitar jam 05.00 ,semua udah bangun dan mengecek barang2 masing2 ,setelah semua sudah siap ,langsung perjalanan pun dimulai .

Spoiler for judul:



Spoiler for judul:


Pejalanan cukup berat ,dimana kami belom sarapan ,ditambah persediaan air yang sangat sedikit ,cuman bawa 2 botol air 1,5 Lt. ber 4 ,cuaca cerah dengan matahari yang menyengat membuat dahaga cepat kering .akhirnya manajemen air dimulai ,sampai di pos 2 yang katanya ada air .

Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Pos satu telah dilalui ,lanjut ke pos 2 yang jaraknya katanya gag terlalu jauh ,di pos 2 banyak monyet nya gan ,untuk ngambil air ikutin jalan setapak di sebelah kiri ,tepatnya di sungai yang ciram ,sayang sekali ,karena belum turun hujan ,air yang tersisa hanya tinggal genangan saja dan banyak jentik nyamuk nya .

Spoiler for Selama Perjalanan:


Spoiler for judul:


Spoiler for Photo bareng TNI:


Sebelum Pos 3 ,kembali kami kehabisan air ,terlihat para porter sedang berada di jurang/sungai besar ,pasti lagi ambil air ,ternyata benar mereka sedang mengambil air ,langsung temen ane mencari jalan untuk turun kebawah ,dan akhirnya mendapatkan air yang masih jernih .

Selanjutnya perjalanan melewati Bukit berbukit ,ada 9 bukit ,setiap bukit mempunyai nama katanya ,dan yang ane inget cuma bukit penyesalan doang

Disinilah trek yang cukup melelahkan ,jalan 5 langkah beristirahat ,tenega sepertinya sudah habis ,tinggal mental dan semangat aja yang membuat kaki terus melangkah .

[spoiler=Sebelum di pelawangan] [/spoiler]

Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Setelah berjalan cukup jauh dan lama ,akhirnya terlihat juga yang namanya Plawangan Sembalun dan Puncak Rinjani .

Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Sebelum sampai di Plawangan Sembalun ,ada baiknya kita menikmati indahnya Sunset dulu .

Spoiler for Sunset di Plawangan Sembalun:


Spoiler for judul:


Sekitar jam 06.30 kami sampai di Plawangan Sembalun ,langsung cari tempat buat diriin tenda ,istirahat ,ngopi2 ,dll .

Karena males ,persediaan air sudah habis ,akhirnya gag usah makan aja ,langsung tidur ,pasang alarm ,istirahat nanti malam kita ambil airnya sambil jalan menuju puncak .
15 Juli 2012
Bangun jam 03.00 ane bangun ,trus bangunin temen ane ,beres2 dan persiapan buat Summit ,jam 03.30 Kami berangkat ber 2 ,2 temen ane tinggal di Tenda,sebelum itu ambil air dulu di sumber air yang jaraknya 5 menit dari jalur pendakian .

Karena kaki temen ane keram ,ane berangkat sendirian .katanya dia bakalan menyusul ,oke ane percaya sama dia ,ane kasih sarung tangan ane yang sebelah kanan ,air 600 ml ,sampai ketemu di Puncak kawan .

Ane ngebut jalannya ,karena emang sudah kesiangan kalo mau muncak jam segini ,ditengah perjalanan kenapa rasanya males banget deh ,ngantuk pula ,akhirnya ane cari tempat istirahat yang nyaman hingga ketiduran sampai 1/2 jam .

Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Ada pikiran buat gag usah jalan ampe puncak ,tapi ,jauh2 dari Jakarta buat ke rinjani ,berangkat ber 4 ,masa satu orang pun gag ada yang sampai puncak ,semangat masih tersisa buat sampe puncak .

Spoiler for Jalur ke Puncak:

Udah sepi kan ,cuman ane aja yang masih mau kepuncak

Spoiler for judul:


Spoiler for Oarang2 pada turun ane masih perjalanan naik:


sekitar jam 07.30 ,ane sampai di puncak ,ane gag lama2 disana ,karena memang sudah siang ,ane ditemani beberapa orang yang sedang menikmati puncak ,sambil memikirkan teman ane yang berpisah ditengah jalan tadi ,pikiran khawatir pun tiba ,ah ane yakin sama dia ,dia mentalnya kuat .

Spoiler for Majang dulu ah:


Spoiler for judul:


Sekitar Pukul 08.00 ane bergegas turun besama beberapa bule yang masih berada di puncak sama ane .

Ditengah jalan ,Sekitar jam 08.15 kalo gag salah ,ane ketemu temen ane ,dia masih mau kepuncak katanya ,dia tetep ngotot ke puncak ,oke tapi istirahat dulu ,makan roti ,ngerokok ,minum yang banyak ,salaman ,hati2 kawan ,gw tunggu di tenda yak .

Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Sampe tenda temen2 ane pada nanyain temen ane yang atu ini ,ane bilang aja palingan baru nyampe Puncak ,hheee

Ane istirahat makan ,gnopi ,dll ,tapi temen ane belom sampe juga ,mana kabut dan angin kenceng mulai menutupi pemandangan di puncak ,oke positif aja .

Sekitar jam 12.15 ,Temen ane nyampe di tenda ,wwwwaaaaaahhhhh gila Lo bikin semua KHAWATIR ,sumpah .....

Bikinin makanan ,kasih minum ,dan bercerita kalo dia di puncak sendirian ,memang indah Puncak Mt.Rinjani katanya ,bikin ngiler 2 temen ane yang kaga ke puncak .

Sambil nunggu temen ane lagi istirahat ,ane ber 3 siap2 buat melanjutkan perjalanan ,karena sore ini udah harus di Segara Anak

Sekitar jam 03.00 semua sudah siap melanjutkan perjalanan ke Segara Anak .Perjalanan ke Segara Anak cukup adem ,jalurnya menurun ,sering sekali kami berpapasan dengan bule diperjalanan .

Saat perjalanan ke Segara Anak
Spoiler for judul:



Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Spoiler for judul:



Sekitar jam 06.30 kami sampai di segara Anak ,langsung cari spot buat diriin tenda ,karena gag punya pancingan ,minjem sama tetangga sebelah ,tapi sayang gag dapet .

16 Juli 2012
Besok nya langsung coba mancing lagi ,eh ketemu sama warga yang lagi kebetulan mancing ,eh diajakin sama dipinjemin pancingan deh ,akhirnya dapet banyak ikan Mujair .


Spoiler for judul:



Spoiler for judul:



Spoiler for judul:



Spoiler for Bule pada Ngobak:


Spoiler for Diajakin Photo bareng ,ayok dah lumayan:



Spoiler for judul:



Spoiler for judul:



Spoiler for judul:


Jam 15.00 ane berangkat dari Segara Anak ,niatnya mau nge camp lagi di Plawangan Senaru nanti ,tapi karena hari semmakin malam ,penerangan cuman ada 2 senter dan yang 1 lagi redup ,ditambah suara anjing hutan yang mengaung bikin merinding ,akhirnya kami merapat untuk mencari spot buat mendirikan tenda .

17 Juli2012
Jam 05.00 ,semua udah bangun ,masak dan sarapan ,paking buat melanjutkan perjalanan .

Perjalanan kembali dilanjutkan ,untung sekali kami gag melanjutkan perjalanan semalam ,karena jalurnya banget rawan longsor pula .

Sekitar 2 jam perjalanan ,kami sampai di Plawangan Senaru .
Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Di Plawangan Senaru beristirahat ,tapi gag terlalu lama ,takut kemalaman lagi dijalan ,disini jalur didomonasi pasir bercampur tanah halus ,harus menjaga jarak sesama pendaki ,karena debunya tebel banget ,ditambah lagi terik matahari yang menyengat .

Setelah melewati Pos 3 ,baru lah jalur mulai landai ,jalur mulai memasuki hutan ,suasana nyaman ,tenang dan sedikit gerimis membuat cuaca adem banget

Akhirnya sampai juga di Gerbang pedakian ,disini terdapat warung gan ,kami ditawari ojek dengan harga 25rb/orang sampai terminal ,langsung cabut deh naik ojek ,lapor dulu di pos pendaftaran kalo kami udah turun dengan selamat .

Spoiler for judul:


Sampai di terminal ,karena suda kesorean ,katanya gag ada angkot lagi ,yaudah sewa angkot aja ,300rb sampai di Lembar ,Sikat .

Sampai di Lembar ,ditawarin naik truk sama calo sampai Padang Bai ,ane maunya naik bus ,karena gag ada bus ,yaudah beli tiket di loket deh .

18 Juli 2012-20 Juli 2012
Sampai di Padang Bai subuh ,belom ada bus ke Denpasar ,langsung caro berdatangan ,30rb sampai Denpasar naik angkot deh .

Sampai di Denpasar ,sewa Taxi ke Legian ,mau main2 dulu di Bali ,karena kostan temen ane penuh akhirnya keluar lah biaya tambahan buat sewa kamar .

Sedikit hasil dari main2 di Bali :

Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Spoiler for judul:


Belajar ngomong bahasa Inggris sama bule ,eh doi minta di Photo .
Spoiler for 18+:


Kuta Bali .
Spoiler for judul:


Besok Sere siap2 pulang dari Legian ,karena udah agak bete ,sama yang paling penting udah keabisan ongkos ,

Naik Taxi ke Denpasar ,dilanjut kan naik bus ke Gilimanuk ,langsung nyebrang ke Banyuwangi .

Spoiler for judul:


21 - 23 Juli 2012
Sampai di Banyuwangi sore ,karena kereta Sri Tanjung berangkat Pagi Hari ,kami harus menginap di Stasiun dulu

Sampai di Surabaya ,Jam 13.00 ,ane mampir dulu di rumah Sodara 2di Surabaya ,sekalian Silaturahmi ,2 malam ane di Surabaya ,dan kebetulan sudah masuk bulan Ramadhan .

23 - 24 Juli 2012
Jam 12.00 sudah di stasiun ,kereta GBMS berangkat jam 14.00 ,sampai di Jatinegara jam 07.00 pagi .

Mungkin Sekian dari cerita ane gan ,semoga ada manfaatnya ,kalo trit dan ceritanya berantakan dan sedikt ngawur ,ane mohon maaf ,maklum nubi yang baru belajar ngepost .

Trit ini juga akan ane rapihin lagi nantinya ,karena masih berantakan .

Sekian dan Terima Kasih
gelar matras dulu ,.nunggu kelanjutannya

ratjun rinjani lgi
selamat gan
selamat gan
rinjani emang ga ngebosenin
Ongkos Ekonomi Jakarta-Mt.Rinjani-Bali :

1.Kereta Kutojaya Utara ,Tanah Abang-Kutoarjo =Rp.28.000
2.Kerata Pramex ,Kutoarjo-Jogja =Rp.10.000
3.Kerata Sri Tanjung ,Jogja-Banyuwangi =Rp35.000
4.Ferry ,Ketapang-Gilimanuk =Rp.6.000
5.Bus AC ,Gilimanuk-Padang Bai =Rp.40.000
6.Bus AC + Ferry ,Padang Bai-Lembar =Rp.50.000
(lebih baik lewat calo ,Padang Bai-lembar Rp.25.000 ,nanti di bus bilang langsung ikut ke Mataram ,nambah Rp.10.000 ,kalo ane waktu ntu bilang ama calo langsung ke Mataram)
7.Elf ,Mataram-Sembalun =Rp.40.000
8.Pendaftaran =Rp.10.000
Total =Rp.219.000

Ongkos Pulang :
1.Sewa Ojek ,Senaru-Terminal =Rp.25.000
2.Sewa Angkot ,Terminal-Lembar =Rp.300.000 : 4 =Rp.75.000
(kalo lebih banyak Orang ,Lebih hemat)
3.Ferry ,Lembar-Padang Bai =Rp.36.000
(Mending kalo maulebih hemat lewat calo ,50rb udah sampe denpasar naik Bus AC ,kalo cuman sampe Padang Bai Rp.25.000)
3.Sewa Angkot ,Padang Bai-Denpasar =Rp.30.000/Orang
4.Taxi ,Denpasar-Legian/Poppies Lane 2 =Rp.25.000/Orang ,Lebih murah kalo lebih banyak orang)
Total :Rp.191.000
(Sewa Kamar di Legian ,Rp.90.000/Hari untuk 2 Orang ,jadi Rp.45.000/Orang)

Ongkos Bali-Jakarta :
1.Taxi ,Legian-Denpasar =Rp.25.000/Orang
(lebih baik cari sewaan Motor di Denpasar ,jadi gag usah sewa Taxi/angkot lagi pas berangkat dan pulang)
2.Bus Kecil ,Denpasar-Gilimanuk =Rp.25.000
3.Ferry ,Gilimanuk-Ketapang =Rp.6.000
(Kapal siap 24 Jam)
4.Sri Tanjung ,Banyuwangi-Surabaya =Rp.35.000
(berangkat Jam 05.00)
5.Kerat Gaya Baru Malam Selatan ,Surabaya-Jakarta =Rp.35.000
(Sri Tanjung sampai di Surabaya Jam 13.00 ,Kerata GBMS berangkat Jam 14.00 ,kalo mau aman mending pesen Kereta Kertajaya ,berangkat jam 15.00 dari Pasar Turi dengan Harga ,Rp.43.000)
Total :Rp.124.500

Kalo Agan2 mau ke Mt.Rinjani ,ane masi punya nomer Kontak yang siap nyariin Porter ,harga sekitar Rp.100.000-Rp.125.000/Hari ,kalo mau dijemput dari Lembar ke Sembalun juga Bisa naik Elf ,dengan harga Rp.30.000/Orang ,tapi minimal 10 Orang.)
ratjun rinjani bertebaran di mana2


salmek yah kk :

saia blm pernah ngetrip
wah ngilerr jadi penegn kesana hahah
Salmek Gan atas tripnya..
Bener-bener ratjoen nih...
guueee Haruss bilang woowww!!!
kapan yah nubi macam saya di hajak sesepuh
Quote:Original Posted By kraksaantimur
Salmek Gan atas tripnya..
Bener-bener ratjoen nih...


Tengkyu gan yak .

Quote:Original Posted By krisnawahyu
guueee Haruss bilang woowww!!!
kapan yah nubi macam saya di hajak sesepuh


Ane juga nubi gan ,sama2 dong
Mungkin dilain kesempatan kita bertemu gan
mantap gan, sayang juga yg 2 lainnya g muncak....
selamat y...
ya gan ,mangstab banget deh .

biaya nya juga hemat banget .
wow rinjani wow
kapan nubi bisa ke rinjani


: aw aw aaw aw :
wow dengkulnya racing juga nih..
saya sama temen2 abis darisana juga kemarin..
total 6 hari ngesot

mantap gan FR nya..

bule nya itu loh :
wow


adalah kk buatt trip nyah
manteb gan, ane rencana summer taun depan ke rinjani lagi
ijin share buat yg mau ke Rinjani, ini saatnya, mendaki + dapat hadiah (total 30jt)di lomba lintas Rinjani 2-6 nop 2012,,cek selebaran boss sekalian




Grup FB


Quote:Original Posted By anak.waroe21
wow dengkulnya racing juga nih..
saya sama temen2 abis darisana juga kemarin..
total 6 hari ngesot

mantap gan FR nya..

bule nya itu loh :


asik dong gan sampe 6 hari ,bisa santai banget ,
banyak bule gan ,lumayan dah ...

Quote:Original Posted By madebianca
wow


adalah kk buatt trip nyah


thanks yak gan
Quote:Original Posted By hadiyoo
manteb gan, ane rencana summer taun depan ke rinjani lagi

semoga sukses gan perjalanan nya nanti yak ,ditunggu oleh2 nya ,

Quote:Original Posted By teguh99ers
ijin share buat yg mau ke Rinjani, ini saatnya, mendaki + dapat hadiah (total 30jt)di lomba lintas Rinjani 2-6 nop 2012,,cek selebaran boss sekalian




Grup FB




WOW ,nice impo gan .:
Mantap banget gan, bikin ngiler aja :

-----------------------------------
kapaaaaaaaaaaaaaaaaaaan iso tekan rinjani
×