KASKUS

Utang Indonesia Tertinggi kedua di ASEAN

Utang Indonesia Tertinggi kedua di ASEAN
Namun utang per penduduk Indonesia justru paling rendah.

VIVAnews - Awal September 2012 lalu, Departemen Keuangan Amerika Serikat mengumumkan data terbaru utang pemerintah AS yang mencapai US$16,4 triliun. Tumpukan utang tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah Negeri Paman Sam.

Hal yang lebih mengerikan, utang AS tersebut kian mencapai ambang batas maksimal yang sudah ditetapkan pemerintah sebesar US$16,4 triliun.

Masalah utang saat ini menjadi perhatian hampir seluruh negara di dunia. Krisis ekonomi yang berawal dari masalah utang di AS telah merembet ke berbagai belahan bumi dan memuncak di Eropa. Ditandai dengan jatuhnya ekonomi Yunani dan Spanyol yang masih dalam tahap pengawasan.

Melihat begitu bengkaknya utang negara dan kemampuan keuangan yang makin menipis, laman The Economist meluncurkan data-data mengenai kondisi utang seluruh negara di dunia. Lewat fitur The Global Debt Clock, Economist menyajikan data utang dunia yang berubah dari detik ke detik

Dari catatan economist pada pukul 10.31 WIB, posisi utang dunia hingga saat ini ditaksir mencapai US$48.872.955.713.191. Utang itu hanya berasal dari utang publik dan belum memperhitungkan utang swasta.

Dalam fitur tersebut, juga diperlihatkan posisi utang masing-masing negara. Indonesia, tercatat memiliki utang pemerintah hingga US$218,75 miliar. Dibandingkan dua negara terdekat, posisi utang Indonesia, secara nominal, lebih besar dibandingkan Malaysia dan lebih rendah dari Singapura.

Namun jika dibandingkan rasio utang per kapita, Indonesia justru merupakan negara terendah. Dengan jumlah penduduk sekitar 250 juta jiwa, satu orang di Indonesia harus menanggung utang pemerintah sebesar US$884 atau Rp7,956 juta (Rp9.000 per dolar)

Berikut adalah posisi utang negara-negara ASEAN berdasarkan nominal nilai utang seperti dikutip dari laman Economist:

6. Vietnam

Utang publik: US$67,88 miliar
Utang per kapita: US$759,90
Populasi: 89.259.016
Rasio utang terhadap PDB: 50,0 persen
Perubahan posisi utang per tahun: 11,4 persen

5. Filipina

Utang publik: US$121.83 miliar
Utang per kapita: US$1.179,74
Populasi: 103.226.229
Rasio utang terhadap PDB: 50,0 persen
Perubahan posisi utang per tahun: 9,6 persen

4. Malaysia

Utang publik: US$163,07 miliar
utang per kapita: US$5.643,54
Populasi: 28.890.983
Utang terhadap PDB: 55,8 persen
Perubahan posisi utang per tahun: 16,3 persen

3. Thailand

Utang publik: US$172,02 miliar
Utang per kapita: $2.505,81
Populasi: 68.627.868
Rasio utang terhadap PDB: 47,0 persen
Perubahan posisi utang per tahun: 15,8 persen

2. Indonesia

Utang publik: US$218,75 miliar
utang per kapita: US$884,02
Populasi: 247.454.098
Rasio utang terhadap PDB: 24,7 persen
Perubahan posisi utang tahunan: 12,2 persen

1. Singapura

Utang publik: US$262,37 miliar
utang per kapita: US$49.217,02
Populasi: 5.343.110
Rasio utang terhadap PDB: 96,7 persen
Perubahan posisi utang tahunan: 6,5 persen

Untuk saat ini, the Economist belum bisa memasukan data-data keuangan untuk 4 negara anggota ASEAN lain yaitu Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Myanmar. (umi)
source

Spoiler for jangan lupa:


santai gan..masih belom no 1 aja kq bingung
kebanyakan dikorup sih duiutnya, utangnya jadi banyak
negara ini kan sll d dorong utk brhutang.. kl gak percya tanya aj yg duduk d DPR RI
ternyata negara maju utangnya juga maju
Jangan diliat jumlah utangnya gan, tapi dari rasio utang terhadap PDB, Indonesia cuma 25 % persen berarti masih sehat. Batas sehat gaknya kalo gak salah 50 %. Bandingkan kayak negara eropa yang lagi krisis ini, bisa sampai diatas 200 persen lho.
wah......... utang yg di gedein ya
Pertanyaanya sekarang!!! Kapan Indonesia bisa melunasi Hutang2nya???

lobangnya di galimulu gan kapan nutupnya.....
gak nyangka singapura banyak utangnya juga no. 1 lagi
jangan bawa rakyat dong gan masa kita ga dapet duitnya yg suruh nanggung
Quote:Original Posted By


2. Indonesia

Utang publik: US$218,75 miliar
utang per kapita: US$884,02
Populasi: 247.454.098
Rasio utang terhadap PDB: 24,7 persen
Perubahan posisi utang tahunan: 12,2 persen



jangan liat dari nilai US$ utangnya gan..rasio utang kita dari PDB masih kecil artinya masih baik untuk perekonomian
ane nggak mau nanggung utang negara, paling kalau ane bayar juga nggak bakalan lunas tu utang
aduh gimna mw maju utang aja banyak banget
lhah katanya perekonomian indonesia meningkat..lha berarti hasing utang gan??
Quote:Original Posted By robeck2000
Jangan diliat jumlah utangnya gan, tapi dari rasio utang terhadap PDB, Indonesia cuma 25 % persen berarti masih sehat. Batas sehat gaknya kalo gak salah 50 %. Bandingkan kayak negara eropa yang lagi krisis ini, bisa sampai diatas 200 persen lho.


sip gan ane setuju dengan pendapat agan.. kalo pendapatan kita besar kita juga berani untuk hutang yg lebih besar. kalo pendapatannya kecil tapi hutangnya besar itu baru mengerikan gan..
Quote:Original Posted By Blogads
kalo semua negara ngutang , sebenernya yg di utangin itu siapa sih ?

yang ngutangin itu bank dunia,,
mereka termasuk perusahaan bebas dan pemilik modal terbesar di dunia,
makin banyak aja utang negara kita ini

wadoohhh...
kalo gitu ane coba dlu gan.