[BIOLOGI] All About Sistem Muskulo Skeletal ( Otot dan Rangka ) Manusia

[quote=]


[/quote]

Quote:
budayakan komen ya gan

bantu rate ya gan,,

kalo berkenan langsung kasih



Quote:
SISTEM MUSKULO SKELETAL


Quote:

PENDAHULUAN

Muskuloskeletal terdiri atas dua kata, yakni muskulus dan skeletal. Muskulus berasal dari bahasa latin ( musculus ) yang berarti otot atau tikus kecil, dan dari kata inilah kemudian dikenal istilah systema musculare untuk menyebut otot sebagai suatu sistem. Ilmu yang mempelajari tentang otot dikenal sebagai myologia yang berasal dari bahasa yunani, terbentuk dari kata myos yang berarti otot atau tikus dan logos yang berarti ilmu.

Spoiler for otot manusia:


Skeletal berasal dari bahasa latin ( skeleton ) yang berarti kerangka, dan dari kata ini dikenal istilah systema skeletale yang berarti tulang sebagai suatu sistem. Ilmu yang mempelajari tentang tulang dikenal dengan istilah osteologi yang berasal dari bahasa yunani, yakni osteon dan logos. Skeleton pada orang dewasa terdiri atas beberapa unit terpisah yang disebut tulang ( os atau osseus ), termasuk ke dalam unit-unit tersebut beberapa kartilago.

Spoiler for tulang manusia:


Tempat dua atau lebih unit (komponen) kerangka bertemu, per definisi, disebut sendi, tanpa memperhatikan apakah gerakan dapat terjadi atau tidak. Sendi dalam bahasa latin disebut article, sehingga dari istilah ini dikenal articulatio yang berarti sendi atau persendian. Ilmu yang mempelajari sendi disebut arthrologia yang berasal dari bahasa latin arthros (sendi) atau bahasa yunani arthron dan logos (ilmu). Tubuh manusia dapat melakukan gerak atau pergerakan dari satu tempat ke tempat lain apabila ketiga sistem tersebut di atas (sistem otot, tulang, dan persendian ) beserta sistem saraf ( systema nervosum ) melakukan aksi secara simultan dalam satu sistem yang dikenal dengan sebutan sistem lokomotor atau sistem gerak ( locomotion system ).

Spoiler for persendian:


Ilmu yang mempalajari tentang gerak bagian tubuh tidak saja terkait dengan bidang anatomi, namun juga terkait dengan bidang lain, seperti fisiologi dan biomekanika yang dikenal dengan istilah kinesiology. Istilah ini berasal dari bahasa yunani kinesis yang berarti pergerakan dan logos yang berarti ilmu.




Quote:

LINGKUP BAHASAN


Anatomi Makroskopik Muskulo Skeletal


Quote:

TULANG

Spoiler for tulang:


Spoiler for fungsi tulang:


Spoiler for pembagian tulang:


Sundul gan. Otot dan Tulang kan sama-sama turunan mesoderm, nah itu duluan mana gan terbentuknya? Terus antara otot dengan tulang kok bisa nempel (tendon) itu prosesnya gimana?
Quote:Original Posted By walangsuper
Sundul gan. Otot dan Tulang kan sama-sama turunan mesoderm, nah itu duluan mana gan terbentuknya? Terus antara otot dengan tulang kok bisa nempel (tendon) itu prosesnya gimana?


wah akhirnya ada juga yang baca

nanti secepetnya ane update ya gan,, maaf karena kesibukan, jadi belum lengkap banget ini gan,, kalo agan mau tambahin juga gpp gan,, kita sama2 belajar disini gan,,

bantu rate yaa gann
wow, masalah otot nih,
penasaran sama otot jantung,
bijimana bisa memompa darah (berdegub gitu) ?
apa yang terjadi pada otot tersebut sehingga begini ?
Quote:Original Posted By mjbr
wow, masalah otot nih,
penasaran sama otot jantung,
bijimana bisa memompa darah (berdegub gitu) ?
apa yang terjadi pada otot tersebut sehingga begini ?


wah ane penasaran juga nih ...kenapa Jantung yang cuman segede dan sekuat itu mampu memompa darah ke seluruh Tubuh lewat pembuluh darah ??? padahal kan Pembuluh darah panjangnya Ribuan Km kalau gak salah
Quote:Original Posted By juvestadium
wah akhirnya ada juga yang baca

nanti secepetnya ane update ya gan,, maaf karena kesibukan, jadi belum lengkap banget ini gan,, kalo agan mau tambahin juga gpp gan,, kita sama2 belajar disini gan,,
Ane kurang tau tentang anatomi gan, makanya nanya
Quote:Original Posted By walangsuper
Ane kurang tau tentang anatomi gan, makanya nanya


sipsip,,

weekend ini ane update ya gan
Quote:Original Posted By mjbr
wow, masalah otot nih,
penasaran sama otot jantung,
bijimana bisa memompa darah (berdegub gitu) ?
apa yang terjadi pada otot tersebut sehingga begini ?

mekanisme dan anatomi otot jantung berbeda (unik) dengan jenis otot yg lain
otot jantung berjalan secara otonom
Quote:Original Posted By juvestadium
sipsip,,

weekend ini ane update ya gan

sekedar saran gan
klo bisa jangan upload image di tinypic, soalnya disana gambarnya sering ilang, mending di upload di image host dengan mendaftar terlebih dahulu
kan sayang klo trit bagus tapi picnya nanti ilang
Quote:Original Posted By Jokiez
mekanisme dan anatomi otot jantung berbeda (unik) dengan jenis otot yg lain
otot jantung berjalan secara otonom

sekedar saran gan
klo bisa jangan upload image di tinypic, soalnya disana gambarnya sering ilang, mending di upload di image host dengan mendaftar terlebih dahulu
kan sayang klo trit bagus tapi picnya nanti ilang


makasih sarannya gan,, ane emang awalnya bingung mau uploadnya dimana dan gimana gan,, maklum baru mulai buat thread gan,,

iimage host yang mana ya gan ?? ane belum ngerti nih gan,, bisa tolong dijelasin gan
Quote:Original Posted By juvestadium
makasih sarannya gan,, ane emang awalnya bingung mau uploadnya dimana dan gimana gan,, maklum baru mulai buat thread gan,,

iimage host yang mana ya gan ?? ane belum ngerti nih gan,, bisa tolong dijelasin gan
coba diupload ke imgur saja bos.
Code:
http://imgur.com/
Quote:Original Posted By walangsuper
Sundul gan. Otot dan Tulang kan sama-sama turunan mesoderm, nah itu duluan mana gan terbentuknya? Terus antara otot dengan tulang kok bisa nempel (tendon) itu prosesnya gimana?


pembentukan otot dan tulang, masuk dalam bahasan embriologi gan,

sekitar usia kehamilan 3 bulan, otot dan tulang sama - sama mulai terbentuk sempurna, tentunya masih dalam batas perkembangan janin yang terus berjalan sampai usia kehamilan 9 bulan gan.

masalah duluan mana terbentuk, ane kurang begitu paham gan, yang jelas otot itu kan yang membungkus tulang ya gan, jadi kemungkinan lebih dulu tulang baru kemudian otot,
CMIIW

tendon merupakan perlekatan antara otot dengan tulang, kalo pertanyaannya prosesnya gimana, proses apanya gan ?? kalo proses perkembangannya bisa jadi melekat ya istilahnya seiring berjalannya waktu aja gan , mungkin maksud agan proses manusia bisa bergerak ya gan ?? otot berkontrasi, manusia bisa berjalan dsb ya gan ?? nanti ya gan ane update lagi, ternyata ribet juga ya nyusun - nyusunnya

Quote:Original Posted By mjbr
wow, masalah otot nih,
penasaran sama otot jantung,
bijimana bisa memompa darah (berdegub gitu) ?
apa yang terjadi pada otot tersebut sehingga begini ?


Quote:Original Posted By hahaha..
wah ane penasaran juga nih ...kenapa Jantung yang cuman segede dan sekuat itu mampu memompa darah ke seluruh Tubuh lewat pembuluh darah ??? padahal kan Pembuluh darah panjangnya Ribuan Km kalau gak salah


Quote:Original Posted By Jokiez
mekanisme dan anatomi otot jantung berbeda (unik) dengan jenis otot yg lain
otot jantung berjalan secara otonom


makasih agan jokiez

otot jantung bekerja secara involunter, melalui sistem saraf otonom, berkontraksi secara terus menerus tanpa kita sadari, mengalirkan darah yang berisi nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. CMIIW
Musculus / Otot

Otot adalah spesialis kontraksi pada tubuh. Kontraksi adalah proses otot yang menegang, seperti seorang binaraga yang memamerkan otot – otot kekarnya. Otot yang mendapat sinyal – sinyal listrik dari sistem syaraf, mengubah energi kimia ATP menjadi energi mekanis yang dapat bekerja pada lingkungan. Otot dibedakan menjadi 3, yaitu :






Walaupun secara susunan dan fungsi berbeda, ketiga jenis otot dapat diklasifikasikan dalam beberapa cara sesuai dengan dengan karakteristik umum mereka.
Pertama, otot digolongkan sebagai seran lintang (otot rangka dan jantung) atau polos (otot polos), bergantung pada apakah dapat ditemukan pita atau garis gelap terang berganti – ganti saat otot dilihat di bawah mikroskop cahaya.
Kedua, otot digolongkan sebagai volunter (otot rangka) atau involunter (otot jantung dan otot polos), bergantung pada apakah dipersarafi oleh sistem saraf somatik dan berada di bawah pengaruh kesadaran atau oleh sistem saraf otonom dan tidak berada di bawah kontrol kesadaran.

Spoiler for Tabel perbedaan otot rangka, otot polos, dan otot jantung:
Otot Rangka / Lurik

Otot rangka melekat ke tulang. Kontraksi otot rangka menyebabkan tulang tempat otot tersebut melekat menjadi bergerak, yang memungkinkan tubuh untuk melaksanakan aktivitas seperti mengunyah, menelan, dan juga bernafas. Kontraksi otot yang menghasilkan panas penting untuk mengatur suhu. Otot rangka juga dapat digunakan untuk menunjang kegiatan sehari – hari seperti berjalan, mengetik, dan menjauhi bahaya yang mengancam manusia.


Spoiler for otot wajah:


Spoiler for otot wajah:


Spoiler for otot leher :


Spoiler for otot leher :


Spoiler for otot leher :


Spoiler for otot dada:


Spoiler for otot dada:


Spoiler for otot punggung:


Spoiler for otot lengan atas:


Spoiler for otot lengan atas:


Spoiler for otot lengan bawah:


Spoiler for otot lengan bawah:


Spoiler for otot lengan bawah:


Spoiler for otot lengan bawah:


Spoiler for otot lengan bawah:


Spoiler for otot lengan bawah:


Spoiler for otot lengan bawah:


Spoiler for otot pergelangan dan jari tangan:


Spoiler for otot pergelangan dan jari tangan:


Spoiler for otot pergelangan dan jari tangan:


Spoiler for otot perut:


Spoiler for otot perut:


Spoiler for otot perut:


Spoiler for otot tungkai:


Spoiler for otot tungkai:


Spoiler for otot tungkai:


Spoiler for otot tungkai:


Spoiler for otot tungkai:


Spoiler for otot tungkai:


Spoiler for otot tungkai:


Spoiler for otot pergelangan dan jari kaki:


Spoiler for otot pergelangan dan jari kaki:


Spoiler for otot pergelangan dan jari kaki:

Otot Polos

Otot polos terdapat di dinding – dinding berongga dan saluran – saluran. Otot polos bertanggung jawab untuk mengatur aliran darah melalui pembuluh darah, gerakan makanan melalui saluran pencernaan, aliran udara melalui saluran pernafasan, dan aliran urin ( air seni ) keluar tubuh.

Spoiler for saluran pencernaan:


Spoiler for saluran kemih:


Spoiler for saluran pernafasan:


Spoiler for pembuluh darah:
Otot Jantung

otot ini hanya terdapat di dinding jantung yang kontraksinya secara terus menerus. Otot jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh guna kelangsungan hidup manusia.

Spoiler for otot jantung:
will be updated soon gan
Skeleton / Tulang

Tulang atau rangka adalah penopang tubuh manusia. Tanpa tulang, pasti tubuh kita tidak bisa tegak berdiri. Tulang mulai terbentuk sejak bayi dalam kandungan, berlangsung terus sampai dekade kedua dalam susunan yang teratur. Mengapa kita bisa bergerak? Manusia bisa bergerak karena ada rangka dan otot. Rangka tersebut tidak dapat bergerak sendiri, melainkan dibantu oleh otot. Dengan adanya kerja sama antara rangka dan otot, manusia dapat melompat, berjalan, bergoyang, berlari, dan sebagainya.

Menurut bahan pembentuknya, tulang dapat dibedakan menjadi :

  • Osteon / Tulang Keras

  • Cartilago / Tulang Rawan
Quote:Original Posted By juvestadium

makasih agan jokiez

otot jantung bekerja secara involunter, melalui sistem saraf otonom, berkontraksi secara terus menerus tanpa kita sadari, mengalirkan darah yang berisi nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. CMIIW


sama2 gan :
--
wah udah ada updatenya juga

keep share & post gan :
Quote:Original Posted By Jokiez
sama2 gan :
--
wah udah ada updatenya juga

keep share & post gan :


iya nih gan maaf lama

materinya cukup banyak sebenernya gan, cuma ribet nyusunnya, susah cari gambarnya juga, jadi updatenya rada lama gan

sukses ya om jokiez