KASKUS

Nasib Guru Honorer yang Menyedihkan (jangan foke Vs Jokowi mulu gan)

Pendidikan adalah pintu gerbang kemajuan suatu bangsa dan salah satu perangkatnya adalah GURU, Nasib guru di Indonesia tercinta ini dari jaman 'kuda gigit besi' begitu-begitu aja gak ada kemajuan dan jauh dari kesejahteraan , apalagi guru honorer. Kenyataanya bahwa guru 'dimiskinkan' secara struktural di negara ini niy beritanya gan....



JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Sulistiyo menyatakan, perlakuan pemerintah kepada guru honorer masih buruk. Menurut dia, hal itu terbukti dari tiadanya sistem perekrutan dan pembinaan yang jelas, disusul dengan kesejahteraan dan perlindungan yang menyedihkan.

"Perlakuan terhadap guru honorer sangat menyedihkan. Terlebih perlakuan kepegawaiannya jauh dari memadai," kata Sulistiyo di Jakarta, Kamis (9/8/2012).

Ia mengungkapkan, jika tak segera dibenahi, semua permasalahan itu akan semakin keruh dan sangat berpotensi merugikan masyarakat. Pasalnya, jumlah guru honorer yang tidak memenuhi persyaratan akan semakin banyak, baik kualifikasi akademik maupun kompetensinya.

"Kita harus paham, kondisi itu terjadi karena tak ada kejelasan untuk guru honorer. Keinginan menjadi PNS hanya harapan karena pemerintah sering tak peduli," tuturnya.

Semakin ironis, kata dia, karena guru honorer yang telah mengabdi puluhan tahun juga luput dari radar pemerintah. Mayoritas dari mereka ada di bawah garis kemiskinan.

"Kerja sepenuh waktu tetap tak dihargai, perhatian pemerintah seperti bumi dan langit," ucap Sulistiyo.



mohon komennya gan....

sumber :
http://edukasi.kompas.com/read/2012/...ng.Menyedihkan
standarisasi profesi guru juga menjadi penyebab para guru honorer tidak jua diangkat sebagai PNS.. harusnya dilihat dari pengalaman mengajarnya juga yang telah puluhan tahun mengajarkan kepada anak didiknya..
sapa suruh jadi honorer???
udah bagus dapet kerjaan ketimbang nganggur, masih aja mewek

tipikal orang indo
yaa kalo ngarep kaya kemudian milih jadi guru ya salah...


pinter2 aja deh nyari usaha sampingan, jangan hanya ngedumel ngarepin welas asih pemerintah...
jangan foke Vs Jokowi mulu gan

belooom saatnya "perang" ntar deket2 coblosan gans

____________________komentar_______________________


HONONER, semua butuh proses gan!!!! sabar aja dech
Quote:Original Posted By akhsan
Pendidikan adalah pintu gerbang kemajuan suatu bangsa dan salah satu perangkatnya adalah GURU, Nasib guru di Indonesia tercinta ini dari jaman 'kuda gigit besi' begitu-begitu aja gak ada kemajuan dan jauh dari kesejahteraan , apalagi guru honorer. Kenyataanya bahwa guru 'dimiskinkan' secara struktural di negara ini niy beritanya gan....


wkwkw..kemana aja gan selama ini..guru sekarang ga kayak dulu..sekarang PNS yang paling sejahtera itu ya GURU (tapi yg dah tersertifikasi lho ya )kalo yang honorer..ya jangan tanya, seperti kata om Bei di bawah..

V
V

Quote:Original Posted By kabei
sapa suruh jadi honorer???


wkwkw setuju om..lha masuknya aja biasanya karna ada hubungan keluarga dan hubungan2 yg lain,,masuk ga pake tes, ga jelas kompetensinya--lha baru lulus SMA dah dijadikan honorer guru ...gitu kalo dah lama jadi honorer ujung2nya nuntut ke pemerintah untuk diangkat..akibatnya pemerintah pusing karna harus mengangkat CPNS yg kompetensinya "diragukan"..akibat yg lain postur jumlah PNS jadi gembrot gara2 mengangkat honorern yg luar biasanya banyaknya..
kapan nih nasib guru bisa berubah??

katanya foke yang bikin gaji itu jadi tinggi???

ternyata masih kaya gini????
guru honorer depag
gaji 3jt perbulan
yang 500rb dibayar di muka, sisanya ntar di akheratt...
tapi di daerah saya seleksi untuk menjadi guru honorernya sangat menyedihkan.

kebanyakan yg jd honorer kwalitasnya rendah, krn jd honorer-pun harus dekat dg "orang2 penting"
kasihan gan para guru honorer tetep rela jadi guru honorer karena mereka memang terpanggil jiwanya untuk mengajar dan sharing ilmu kepada para murid

Quote:Original Posted By kabei
sapa suruh jadi honorer???


Quote:Original Posted By Auto....Banned
udah bagus dapet kerjaan ketimbang nganggur, masih aja mewek

tipikal orang indo


Quote:Original Posted By rockbenk
yaa kalo ngarep kaya kemudian milih jadi guru ya salah...


pinter2 aja deh nyari usaha sampingan, jangan hanya ngedumel ngarepin welas asih pemerintah...


betul agan semua ane juga guru honorer (tanpa gaji cuman pengabdian, suer deh)
btw klo semua guru honorer serentak mogok kerja 1 minggu aja apa yang terjadi ye?
Quote:Original Posted By arwilla
betul agan semua ane juga guru honorer (tanpa gaji cuman pengabdian, suer deh)
btw klo semua guru honorer serentak mogok kerja 1 minggu aja apa yang terjadi ye?


mogok ya mogok aja
emang ngaruh???
guru honorer mayoritas ada di kota artinya, kalo yu n friends mogok, ga akan berarti apa apa*

*di kota dalam kondisi kebanyakan guru, so tanpa guru honorer, kegiatan belajar mengajar tetep jalan
Quote:Original Posted By akhsan


mohon komennya gan....

sumber :
http://edukasi.kompas.com/read/2012/...ng.Menyedihkan


ente sendiri gak kasih komen.

Udah tau menyedihkan, ngapain juga tetep jadi Honorer??

jadi PNS donk, tuh Guru Take Home Pay nya bisa 8jutaan, bisa pada kredit Avanza tuh.
Quote:Original Posted By kabei
mogok ya mogok aja
emang ngaruh???
guru honorer mayoritas ada di kota artinya, kalo yu n friends mogok, ga akan berarti apa apa*

*di kota dalam kondisi kebanyakan guru, so tanpa guru honorer, kegiatan belajar mengajar tetep jalan


udah tau kebanyakan gurum trus ngapain pake ada Guru Honorer Bei??
Quote:Original Posted By kabei
sapa suruh jadi honorer???


komen ente sangar abis...wkwkwk...

kasian juga sih...

siapa suruh jg jadi guru honorer...

tp tetep aja pengabdiannya hrs dihitung.
Quote:Original Posted By reyvan3
udah tau kebanyakan gurum trus ngapain pake ada Guru Honorer Bei??


karena guru honorer ilegal kek gini rata rata masih ada hubungan keluarga dengan kepala sekolah/guru

*masak anak kepala sekolah duah lulus ikip nganggur???
Quote:Original Posted By marsipaturetena
komen ente sangar abis...wkwkwk...

kasian juga sih...

siapa suruh jg jadi guru honorer...

tp tetep aja pengabdiannya hrs dihitung.


kok kasihan??lulusan ikip yang pinter, tangguh, bukan tukang mewek udah pada jadi guru PNS tanpa perlu jadi honorer pas rekrutmen guru besar besaran kemaren
terimakasih kawan2 komennya ada yg pro ada jg yang kontra, ya itu dinamika pemikiran, ane tinggal didaerah gan kenyataan ini telah berlangsung lama, sedari kuliah ane dah belajar ngajar kebetulan di tempat ane ngajar ketemu sama guru ane dl waktu smp, beliau masih guru tidak tetap dengan gaji sangat2 minim, kl sore beliau tidak ada tugas ngajar beliau isi waktu untuk ngojek untuk menutupi kebutuhan sehari2 katanya.

setelah 10 tahun berselang didaerah2 ternyata banyak guru yang masih meu menjadi 'GURU', entah memang tidak ada pilihan lain atau memang niat luhurnya untuk mencerdaskan anak bangsa, dan sekali lagi besar gaji guru tidak tetap dan atau honorer masih dibawah buruh pabrik didaerah ane gan.

penghargaan dan kesejahteraan guru masih minim di negara sebesar Indonesia ini gan, PNS dan guru bersertifikasi cuma segelintir dari ribuan guru yang setiap hari harus bergelut dengan pekerjaan lain diluar profesinya untuk menutupi kebutuhan hidupnya.

Negara Jepang pasca dibom atom amerika mulai berbenah gan, yg dilakukan pertamakali adalah mengumpulkan para guru, sebagai aspek terpenting pendidikan dan hari ini Jepang menjadi negara maju dan modren.

Malaysia pernah meminta bantuan guru dari indonesia, namun hari ini malaysia telah jauh lebih maju meninggalkan Indonesia.

ini bukti bahwa suatu negara yang menghargai peran guru telah melewati gerbang keterpurukan menjadi negara maju dan moderen
Nih guru honorer kagak tau caranya bersyukur apa gimana?!?!

Kalo ngeluh mulu, ya udah, resign aja jadi honorer dan cari kerja lain!